10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Karo, Unik dan Khas Banget Lho!

Wisatalombok.co.id, Oleh Oleh Khas Kabupaten Karo — Kabupaten Karo merupakan salah satu wilayah yang terletak di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Daerah ini dikenal sebagai salah satu surga bagi para pecinta kuliner yang mencari pengalaman otentik dengan rasa khas lokal yang menggugah selera.

Anyways, pernah berkunjung ke Kabupaten Karo nggak sih?

Perlu anda ketahui bahwa kawasan ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk perkebunan buah-buahan tropis, perbukitan hijau, dan keindahan Danau Toba yang legendaris, Kabupaten Karo juga dikenal karena kekayaan budaya dan tradisi yang kental.

….Siapa sih yang nggak kenal Danau Toba!

Kawasan Danau Toba sudah menjadi destinasi populer di Indonesia, bahkan ada banyak wisatawan Mancanegara yang juga datang ke Danau Toba ini.

Keindahannya cukup spektakuler lho ~

Selain itu, satu hal yang tak dapat dilewatkan ketika berwisata ke Kabupaten Karo adalah mencicipi berbagai kuliner unik dan khas daerah ini.

Ini recommended banget untuk anda yang suka travelling. Tidak hanya sekadar makanan atau cendera mata, tetapi juga menceritakan kisah tentang sejarah dan kehidupan masyarakat setempat.

Menelusuri sejarah, hingga berbelanja hal-hal unik dan khas daerah Karo. Salah satu oleh-oleh yang paling terkenal dari Kabupaten Karo adalah “arsik.”

Arsik merupakan masakan ikan khas Batak Karo yang diolah dengan rempah-rempah tradisional dan dimasak dalam bambu.

Kelezatan arsik terletak pada perpaduan antara cita rasa segar ikan dan harum rempah khas daerah ini. Rasanya yang gurih dan pedas membuat arsik menjadi hidangan yang tak boleh dilewatkan bagi para pengunjung.

Selain itu, masih terdapat banyak oleh oleh khas Karo yang bisa anda beli saat sedang liburan di Kabupaten Karo ini, simak dalam beberapa poin berikut ini:

Alat Kesenian Khas Kabupaten Karo

Alat Kesenian Khas Kabupaten Karo
Alat Kesenian Khas Kabupaten Karo

Alat-alat kesenian khas Kabupaten Karo ini merupakan bagian integral dari warisan budaya yang kaya dan terus dilestarikan oleh masyarakat setempat.

Melalui pertunjukan-pertunjukan seni tradisional ini, mereka dapat mempertahankan identitas dan kekayaan budaya mereka selama berabad-abad.

Berikut beberapa alat-alat musik khas Karo:

1. Gendang Karo

Gendang khas Karo merupakan sebuah alat musik tradisional berbentuk drum yang terbuat dari kayu dan kulit binatang.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Pematangsiantar, Ada Baju Bolak Balik Lho!

Gendang Karo dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan dan menjadi alat musik penting dalam berbagai pertunjukan kesenian Karo, seperti tari-tarian dan musik tradisional.

2. Serunai

Serunai dikenal sebagai salah satu alat musik tiup yang mirip dengan seruling atau suling. Biasanya terbuat dari bambu dengan 6 lubang untuk menghasilkan suara yang indah dan khas.

Serunai sering dimainkan dalam berbagai acara adat dan upacara tradisional di Kabupaten Karo.

3. Rebab Pilek

Rebab Pilek adalah alat musik gesek tradisional Karo yang digunakan sebagai pengiring dalam berbagai tarian dan pertunjukan seni.

Rebab Pilek memiliki dua atau tiga senar dan memiliki suara yang khas dan merdu.

3. Suling Karo

Suling Karo adalah alat musik tiup tradisional lainnya yang terbuat dari bambu. Suling ini memiliki nada yang indah dan sering dimainkan dalam pertunjukan musik dan tari tradisional.

4. Talempong

Talempong adalah set instrumen musik tradisional yang terdiri dari sejumlah kecil gong yang disusun dalam rangkaian kayu atau bambu.

Instrumen ini dimainkan dengan dipukul menggunakan alat khusus dan sering digunakan dalam acara-acara adat dan hiburan tradisional.

5. Kulcapi

Kulcapi adalah alat musik petik tradisional Karo yang mirip dengan kecapi atau kecap. Alat ini terbuat dari kayu dan memiliki senar yang dipegang oleh genggaman tangan.

Kulcapi digunakan sebagai alat musik pengiring untuk lagu-lagu dan tarian tradisional Karo.

Tenunan Uis dari Kabupaten Karo

Tenunan Uis dari Kabupaten Karo
Tenunan Uis dari Kabupaten Karo

Tenunan Uis merupakan salah satu karya seni tekstil khas Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Jenis tenun ini cukup populer di Indonesia.

Untuk anda yang belum tahu,

Uis Karo adalah sejenis kain tenun yang telah menjadi bagian penting dari budaya dan tradisi masyarakat Karo selama berabad-abad.

Kain tenun Uis umumnya dihasilkan oleh para perempuan di wilayah Kabupaten Karo dan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari serta upacara adat masyarakat Karo.

Ciri khas dari tenunan Uis adalah motifnya yang kaya dan indah dengan warna-warna yang cerah.

Motif yang sering ditemukan dalam kain Uis mencakup gambar-gambar alam seperti bunga, daun, burung, dan motif-motif geometris yang menggambarkan keindahan alam sekitar dan kreativitas seniman pembuatnya.

Tenunan Uis memiliki makna dan simbolisme yang mendalam dalam kehidupan masyarakat Karo.

Beras Ketan Khas Karo

Beras Ketan
Beras Ketan

Untuk anda yang suka mengolah makanan dengan bahan dasar Beras ketan bisa mencoba jenis ketan yang berasal dari Kabupaten Karo ini.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Solok: Kain Songket Hingga Kuliner Tradisional

Beras ketan khas kabupaten Karo yang pertama yang wajib dicoba.

Seperti yang kita ketahui, beras ketan bisa diolah menjadi berbagai macam kue yang lezat, seperti lontar, menjarak, dan amora.

Rasa manis pada beras ketan dapat membuat siapapun yang mencoba jadi ketagihan.

Kripik Singkong Pedas

Kripik Singkong Pedas
Kripik Singkong Pedas

Jenis kuliner camilan yang satu ini sudah cukup umum dan populer hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hanya saja, tiap daerah memiliki cira rasa yang berbeda-beda dan sama halnya dengan Kripik singkong Khas Karo ini.

Kripik singkong pedas bisa menjadi salah satu oleh oleh khas kabupaten Karo yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

Warna merah terang dari kripik singkong pedas menandakan tingkat pedas yang cukup tinggi di dalamnya. Rasanya yang pedas dan gurih sangat cocok untuk dinikmati bersama teman atau keluarga.

Balapis Khas Karo

Balapis Khas Karo 
Balapis Khas Karo

Belum pernah coba Balapis khas Karo? Ini cukup nikmat!

Jika anda sedang berada di Kabupaten Karo, sebaiknya mencoba jenis kue yang satu ini. Balapis khas Karo merupakan salah satu kuliner camilan yang khas dan hanya bisa ditemukan di Kabupaten Karo.

Balapis masih tergolong kue tradisional Karo yang terbuat dari beras ketan hitam dan warnanya yang khas membuat balapis khas Karo sangat unik.

Rasanya yang manis dan lezat sangat cocok untuk dijadikan camilan ketika berkunjung ke Kabupaten Karo.

Sidikalang Coffee

Sidikalang Coffee 
Sidikalang Coffee

Oleh oleh khas dari Kabupaten Karo tak hanya makanan, namun juga minuman. Sidikalang coffee adalah kopi khas dari Kabupaten Karo yang sangat terkenal.

Kopi Sidikalang memiliki rasa yang khas yaitu perpaduan antara rasa asam dan manis yang seimbang.

Biji kopi Sidikalang memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga tak heran jika banyak orang yang rela membelinya sebagai oleh oleh khas.

Sosis Khas Karo

Rumah Sosis Karo
Rumah Sosis Karo

Sosis Karo merupakan oleh oleh khas Karo yang terbuat dari daging sapi dan daging babi yang diolah bersamaan. Jenis sosis Karo ini memiliki cita rasa pedas yang khas, sehingga cocok bagi yang menyukai makanan dengan rasa pedas.

Jenis sosis yang satu ini terkenal cukup nikmat lho !

Selain itu, Sosis Karo juga dijual dengan beragam varian, sehingga pengunjung bisa memilih sesuai dengan selera masing masing.

Untuk anda yang Muslim, tidak disarankan anda membeli sosis dengan bahan daging babi.

Lebak Cibet

Lebak Cibet
Lebak Cibet

Lebak cibet adalah salah satu kerajinan tangan khas Karo berupa tikar yang terbuat dari daun pandan. Lebak cibet merupakan kebanggaan Kabupaten Karo karena keindahannya dan kualitasnya yang sangat baik.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Nias Selatan (Nisel) yang Wajib Dibawa Pulang

Seni anyaman yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Karo ini terbilang cukup unik dan keren. Mereka menganyam daun pandan hingga menjadi selembar tikar.

Biasanya, lebak cibet sering dijadikan sebagai alas tidur yang nyaman. Soal kualitas, tak perlu ragu! Lebak Cibet ini dibuat secara manual dengan proses yang masih sangat tradisional.

Jeruk Peras Karo

Jeruk Peras Karo
Jeruk Peras Karo

Selanjutnya ada Jeruk peras Karo!

Jeruk peras Karo ini merupakan minuman khas dari Kabupaten Karo yang terbuat dari jeruk lokal yang sangat terkenal yaitu Jeruk Keprok.

Jeruk peras Karo memiliki rasa yang segar dan tidak terlalu manis, sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai minuman segar ketika cuaca sedang panas.

Ini sangat segar lho ~

Asinan Udang

Asinan Udang 
Asinan Udang

Ada banyak pengunjung yang ngiler ketika melihat Asinan udang khas karo ini. Asinan udang khas dari Kabupaten Karoterbuat dari udang segar yang dicampur dengan sayuran segar, seperti mentimun, pare, cabai dan lain-lain.

Ini akan sangat menggugah selera anda!

Asinan udang Karo memiliki rasa yang sedikit asam dan pedas yang khas, sehingga cocok sebagai makanan penutup setelah makan berat.

Kecap Asin Khas Karo

Kecap Asin Khas Karo 
Kecap Asin Khas Karo

Kecap asin khas Karo bisa anda jadikan oleh oleh khas Kabupaten Karo.

Jenis kecap asin yang terbuat dari kedelai dan garam. Kecap asin Karo memiliki rasa yang gurih dan sedikit asin, sehingga cocok untuk dicampurkan sebagai bumbu pada makanan berat.

Jangan lupa beli ya ~

Oleh Oleh Khas Karo Lainnya

Selain beberapa informasi dan referensi oleh oleh khas karo yang sudah admin jelaskan diatas, masih ada banyak jenis oleh oleh yang bisa anda dapatkan.

Berikut ini beberapa Oleh Oleh Khas Karo Lainnya yang bisa anda beli:

  1. Arsik Nurung Mas
  2. Kidu-kidu
  3. Babi Panggang Karo
  4. Manuk Getah
  5. Terites
  6. Gule Kuta-Kuta

Itulah beberapa oleh oleh khas kabupaten Karo yang wajib anda coba dan beli ketika berkunjung ke sana.

Setiap oleh oleh khas memiliki ciri khasnya masing-masing, baik itu dari segi citarasa, keunikan atau keindahan.

Selamat mencoba ya!

Baca juga informasi lainnya :