10+ Tempat Wisata Flores (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata — Flores merupakan salah satu pulau yang berada pada wilayah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. 

Mungkin dulu Flores ini jarang kita dengar, namun sekarang pulau Flores memiliki banyak tempat wisata alam yang memukau, dan menarik tak hanya wisatawan lokal namun juga mancanegara.

Ada banyak lho, wisata Flores yang memiliki keindahan yang sangat memukau, mulai dari Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca dan masi banyak lagi.

Dengan luas mencapai 14.300 km2, kamu dapat berpetualang di wilayah bekas Portugis ini. Tentunya kamu akan mendapatkan suasana baru dan bisa melakukan aktivitas apapun dengan mengunjungi destinasi tersebut.

Dari sekian banyak destinasi wisata Flores, admin akan merekomendasikan 10 tempat wisata Flores yang wajib kamu kunjungi.

Berikut ini penjelasan selengkapnya!

Tempat Wisata Flores Sangat Eksotis

1. Labuan Bajo

Labuan Bajo
Labuan Bajo

Siapa nih, yang tidak kenal dengan Labuan Bajo? Labuan Bajo merupakan sebuah surga tersembunyi yang ada di Indonesia bagian timur. Desa ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Labuan Bajo adalah salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang sedang berkembangkan daerah Indonesia yang menjadi gerbang menuju Taman Nasional Komodo.

Nah, menikmati pemandangan langit senja juga bisa menjadi cara lain menikmati Labuan Bajo. Spot strategis untuk menikmati keindahan senja ini berada tak jauh dari Bandar Udara Internasional Komodo.

Selain itu, saat kamu berkunjung ke Labuan Bajo, kamu dapat memilih beberapa destinasi seprti Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia, untuk mengabadikan langit senja yang menentramkan jiwa. 

Jadi, Labuan Bajo ini sangat cocok untuk kamu kunjungi slah satu tempat wisata flores yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang masi asri sayang untuk kamu lewatkan.

2.  Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo

Rencana mau liburan? Namun, bingung mau kemana? Tempat wisata Flores ini bisa lho, jadi pilihan untuk kamu, salah satunya Taman Nasional Komodo

Taman Nasional yang terletak di antara Pulau Sumbawa dan Flores ini merupakan destinasi yang wajib kamu datangi minimal sekali seumur hidup karena Taman Nasional yang luasnya sekitar 2.000 km2 ini memiliki jutaan pesona yang mampu bikin kamu jatuh hati.

Selain menjadi habitat asli komodo, ternyata Taman Nasional Komodo juga menjadi rumah bagi berbagai jenis fauna lainnya, juga seperti beberapa jenis mamalia lainnya.

Nah, jika kamu berkunjung ke Taman Nasional Komodo tidak lengkap rasanya tidak menyelami pesona bawah lautnya yang memesona, kamu bisa melihat hamparan warna-warni terumbu karang, dan beragam spesies ikan yang menghuni kawasan ini.

Baca Juga:   Curug Ciwidey: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Yakin kamu gak mau berkunjung ke tempat wisata Flores ini? Terutama di Taman Nasional Komodo.

Oleh karena itu, jika kamu berkunjung ke Flores pastinya diving ke Taman Nasional Komodo akan jadi pengalaman liburan kamu yang tak akan terlupakan

3. Pulau Rinca

 Pulau Rinca
Pulau Rinca

Mungkin salah satu tempat wisata Flores ini sudah tidak asing lagi kamu dengar adalah Pulau Rinca? atau mungkin kamu pernah berlibur ke Pulau tersebut? Jika belum.

Pulau Rinca merupakan sebuah pulau kecil dekat Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, yang menawarkan pemandangan luar biasa yang patut untuk kamu kunjungi.

Pulau ini masi dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang mana memiliki sejuta pesona. Disini kamu juga bisa melihat Komodo yang hidup di alam bebas.

Tak hanya itu, Pulau Rinca juga memiliki padang savanna yang membuatmu merasa seperti daerah Afrika yang mampu memanjakan mata.

Selain menyuguhkan fasilitas wisata yang lebih memadai, harga tiket masuk Pulau Rinca juga menjadi alternatif dari mahalnya kenaikan biaya masuk Taman Nasional Komodo.

Namun, kamu tidak perlu khawatir kerena biaya tiket lebih terjangkau, yakni Rp50.000. Bahkan bisa lebih murah lagi jika kamu memilih paket tour sailing., tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok.

Maka dari itu, jika kamu sedang ingin berlibur ke tempat wisata Flores jangan sampai kelewatan ya untuk mengunjungi Pulau Rinca ini.

4.  Pulau Padar

Pulau Padar
Pulau Padar

Kamu masi bingung untuk mencari tempat wsiata Flore? jika iya, Pulau Padar ini bisa kamu jadikan tujuan untuk menikmati keindahan alam yang sangat memukau.

Pulau Padar ini memang menjadi salah satu tempat wisata Flores terbaik yang memiliki pemandangan alam yang begitu mempersona.

Selain itu, Pulau Padar juga ada pasir pantai bewarna abu-abu dan merah muda. Laut di sekitar pulau ini memiliki beberapa tempat yang populer untuk scuba diving dan Snorkeling jadi jangan Lewatkan saat kamu berada di pulau ini.

Nah, untuk melakukan Kunjungan wisata ke Pulau ini, kamu harus mempersiapkan tenaga dan persiapan fisik yang ekstra karena menempuh 3 hingga 4 hari untuk bisa sampai di Pulau Padar ini.

Walaupaun perjalanan menuju Pulau Padar ini sedikit melelahkan, tapi kelelahanmu akan di bayar dengan pesona indahnya pemandangan yang di suguhkan oleha Pulau Padar.

Dengan begitu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Flores, Pulau Padar ini bisa lho, jadi tujuan kamu untuk menikmati keindahan yang sangat memukau.

5. Taman Laut 17 Pulau

Taman Laut 17 Pulau
Taman Laut 17 Pulau

Bicara tentang keindahan pulau Flores memang tidak ada habisnya, salah satu tempat wisata Flores yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Laut 17 Pulau.

Taman Laut 17 Pulau merupakan salah satu temapat wisata Flores yang memiliki kekayaan fauna dan flora yang sangat beragam, kamu dapat melakukan berbagai macam ragam wisata ketika berada disana.

Baca Juga:   Curug Lontar: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Taman wisata alam laut 17 Pulau ini terletak pada Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Memiliki hewan purba mbou atau komodo, koloni kelelawar, dan sejumlah flora menarik, gugusan pulau besar dan kecil ini begitu memesona.

Sama seperti namanya, pulau ini terdiri dari 17 pulau yang saling berdekatan dan membentang dari timur hingga barat. Jika ingin melihat keindahannya lebih dalam lagi, kamu dapat berkeliling dengan menaiki speedboat lho.

Selain itu, jika kamu berkeliling ke tempat ini kamu akan melihat berbagai macam kerang hingga ratusan jenis ikan hias berwarna-warni.

6. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang
Danau Sano Nggoang

Selanjutnya tempat wisata Flores yang admin rekomendasikan adalah Danau Sano Nggoang juga menjadi salah satu tempat wisata Flores yang tak boleh kau lewatkan.

Danau Sano Nggoang ini memiliki luas sekitar 513 hektar ini memiliki air berwarna hijau yang membuatnya tampak terlihat indah. 

Selain itu, danau ini juga berada padatengah hutan-hutan yang masih asri sehingga membuatnya menjadi destinasi ekowisata yang tidak boleh dilewatkan.

Danau Sano Nggoang ini hanya bisa kamu kunjungi dari Labuan Bajo dengan medan yang terbilang sangat menantang. Karena alasan inilah sepertinya nama Sano Nggoang tak sepopuler nama destinasi wisata NTT lainnya yang telah lebih dulu terkenal.

Walaupaun perjalanan menuju Danau Sano Nggoang ini sedikit melelahkan, tapi kelelahanmu akan terbayar dengan pesona indahnya pemandangan yang sangat indah oleh Danau Sano Nggoang.

Jadi, jika kamu sedang mencari tempat wisata Flores, Danau Sano Nggoang ini bisa lho, kamu jadikan tujuan untuk menikmati keindahan alam yang masi asri.

7.  Cunca Rami

Cunca Rami
Cunca Rami

Bicara tetang pesona di Indonesia mamang tidak ada habisnnya, terutama tempat wisata Flores yang memiiki keindahan yang alam yang sangat indah mulai dari pantai hingga air terjun dan lain sebagainya.

Saat kamu berlibur ke Flores tak hanya bertemu komodo. Ada pula air terjun cantik yang bisa yang bisa kamu temukan, salah satunya bernama Cunca Rami.

Cunca Ramiini berada pada hutan yang rimbun dan asrinya pepohonan hijau, sehingga membuat sekitarnya tampak terlihat mempesona. Aliran air dari ketinggian 30 meter ini membentuk kolam kecil seperti danau.

Untuk mencapai Cunca Rami kamu bisa naik kendaraan dari Labuan Bajo dan lanjut trekking sekitar 40 menit. Jalur trekking berupa jalan setapak pada tengah hutan, sebelum akhirnya melewati sawah dan menyeberangi sungai.

Walaupaun perjalanan menuju Cunca Rami ini sedikit melelahkan, tapi kelelahanmu akan terbayar dengan pesona indahnya pemandangan yang berada pada tempat Cunca Rami.

Petualangan menuju Air Terjun Cunca Rami juga merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

8.  Cunca Wulang

Cunca Wulang
Cunca Wulang

Tempat wisata Flores memang tidak ada habisnya, salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Cunca Wulang, yang terletak pada Desa Wersawa, Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Baca Juga:   Asyiknya Berkunjung ke 10 Tempat Wisata Sawahlunto yang Sedang Hits Saat Ini

Cunca Wulang merupakan salah satu objek wisata air terjun dengan lembah sungai yang menyguhkan suasana seperti miniatur Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika.

Air terjun yang ada pada Labuan Bajo ini juga ada tebing batu menawan. kamu bisa menikmati keindahan Cunca Wulang dari atas tebing batu atau melakukan lompatan sebelum mulai berenang menyusuri aliran air.

Selain berenang, beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan saat ke Cunca Wulang seperti olah raga mendaki tebing yang tentunya harus berdapingan oleh profesional. Destinasi wisata ini cocok banget untuk seru-seruan bareng teman atau keluarga tercinta 

Kabayang dong kek mana keindahan yang berada pada Cunca Wulang?

Maka dari itu, jika kamu ingin berlibur ke tempat wisata Flores, Cunca Wulang ini bisa kmau jadikan tujuan selanjutnya.

9. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo
Desa Wae Rebo

Kampung tradisional Wae Rebo, Kecamatan Satarmese Selatan, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur masih tertutup untuk kamu kunjungi.

Desa ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan membutuhkan waktu 3-4 jam untuk mendakinya. Di desa ini kamu akan menemukan deretan rumah adat Flores dan dapat berinteraksi dengan warga asli sana.

Selain itu, saat malam tiba dan cuaca lagi cerah, kamu akan melihat pemandangan milky way yang akan mewarnai malam harimu bersama masyarakat lokal.

Desa Wae Rebo salah satu tempat tujuan utama orang berwisata pada Pulau Flores adalah berwisata ke kampung tradisional Waerebo.

10.  Gua Liang Bua

Gua Liang Bua
Gua Liang Bua

Nah, tempat wisata Flores yanga dmn rekomendasikan adalah Gua Liang Bua sebuah situs pemukiman di zaman prasejarah yang terletak di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Gua ini merupakan situs ditemukannya sisa-sisa peninggalan manusia purba, yaitu Homo Floresiensis. Uniknya adalah fosil manusia purba ini memiliki ukuran kecil, bahkan tinggi dan bertanya menyerupai Hobbit.

Selain itu, pada gua ini kamu akan menyuguhkan banyak stalaktit yang menggantung pada langit-langit secara menawan.

Maka dari itu, untuk kamu yang memilihat sisa-sisa peninggalan manusia purba, Gua Liang Bua ini bisa lho, kamu kunjungi untuk mengetahui pengetahuan mengenai prasejarah.

Tempat Wisata Flores Lainnya

Sampai disini saja pembahasan admin mengenai daftar rekomendasi 10 tempat wisata Flores yang menyuguhkan pemandangan sangat memukau.

Jika salah satu antaranya ada yang membuatmu tertarik untuk mengunjunginya, maka tak usah menunggu waktu lebih lama lagi, segera kunjungi tempat wisata tersebut.

Berikut ini ada informasi tambahan mengenai tempat wisata Flores lainya:

  • Pulau Kanawa
  • Pantai Pink
  • Danau Kelimutu
  • Pantai Koka
  • Pantai Nanganesa

Selamat mengunjungi 10 tempat wisata Flores tersebut. Supaya lebih seru, ajaklah keluarga dan temanmu untuk menyaksikan keindahan alam di Flores.

Baca Juga: