10+ Tempat Wisata Lingga – Kepri (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata — Lingga merupakan salah satu wilayah kabupaten pada provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Ibu kotanya adalah Daik. Kabupaten Lingga memiliki 13 kecamatan, 7 kelurahan, dan 82 desa.

kabupaten Lingga terletak pada sisi timur Tanjungpinang dan Batam ini terdiri dari 531 pulau besar dan kecil yang masing-masing sangat berpotensi untuk dijadikan tujuan wisata.

Ada banyak wisata yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati liburan akhir pekan, yang memiliki pemandangan indah serta laut yang jernih.

Namun, sebelum admin lanjut, kamu sudah tahu belum tampat wisata Lingga, yang menawarkan pemandangan yang sangat memukau? jika belum, kamu tidak perlu khawatir.

Karena pada artikel kali ini admin bakal merekomendasikan beberapa tempat wisata Lingga yang bisa kamu jadikan tujuan untuk berlibur sambil menikmati pemandangan yang sangat indah.

Nah, untuk informasi selengkapnya, kamu bisa simak terus artikel kali ini hingga selesai ya!

Tempat Wisata Lingga, Kepri

1. Pulau Penaah

Pulau Penaah
Pulau Penaah

Tempat wsiata Kepulauan Riau memang tidak ada habisnya salah satu yang bisa kamu jadikan tempat berwisata adalah Pulau Penaah.

Suasana pada Pulau Penaah akan menjadi terapi meditasi yang paling tepat. Suasana alamnya juga sangat cantik, dengan hamparan laut biru yang jernih dan memiliki gelombang tenang sehingga cocok untuk tempat bermain air pada objek wisata Pulau Penaah ini.

Selain itu, Pulau Penaah terenal sebagai Pulau yang mempunyai biota laut yang indah. Terumbu Karang dan ikan tampak menghiasi air laut yang jernih. Pada sekitar laut juga tampak pohon bakau yang menjaga agar tidak terjadi erosi.

Melihat dari kondisi alamnya yang tiada duanya tidak heran jika pulau ini masuk dalam daftar populer tempat wisata Lingga yang kekinian dan sedang hits pada Provinsi Riau ini.

Dengan begitu, jika kamu berlibur ke Lingga Kepulauan Riau, Pulau Penaah ini bisa kamu kunjungu untuk menikmati keindahan alam yang masi asri bareng kelaurga ataupun pasangan.

2. Pulau Dungun

Pulau Dungun
Pulau Dungun

Masi bingung untuk mencari tempat wisata Lingga? Jika iya, Pulau Dungun ini bisa lho, kamu kunjungi untuk menikmati keindahan pantai yang sangat indah.

Nah, kamu bisa menikmati pemandangan kehidupan bawah laut pada pulau ini dari permukaan air yang dangkal dan jernih. Selain menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling dan diving.

Sedangkan pada pesisirnya terdapat hamparan bebatuan yang tersebar memanjang sepanjang garis pantai. Pun demikian air laut pantai ini terlihat sangat jernih dan berwarna biru muda.

Dengan karakteristik ombak yang tenang, pantai ini cukup aman untuk digunakan beraktivitas di air seperti berenang dan snorkeling.

Kebayang dong kek mana keindahan Pulau Dungun ini?

Maka dari itu, untuk kamu yang berminat untuk datang ke tempat wisata Lingga ini, lokasinya berada pada Teluk, Kec. Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata di Medan (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

3. Pulau Duyung

Pulau Duyung
Pulau Duyung

Nama Duyung berasal dari cerita yang menyatakan adanya batuan besar yang berbentuk ikan duyung padapulau ini.

Tempat ini terkenal sebagai surga bawah laut, kamu akan menyaksikan keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan cantik dan unik .

Pulau Duyung memiliki keindahan alam yang menarik banyak wisatawan. Selain terkenal dengan keindahannnya, pulau ini juga terkenal akan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, seperti hasil laut.

Nah, saat kamu berkunjung ke Pulau Duyung ini, kamu akan dengan jernihnya air laut sekitar pulau Duyung. Sehingga kamu dapat melihat segerombolan ikan-ikan berenang maupun terumbu karang yang terdapat pada dasar laut dengan kasat mata.

Selain itu, kamu  dapat menikmati keindahan pulau Duyung dengan melakukan berbagai aktivitas seperti misalnya berenang, snorkeling, ataupun diving bersama terumbu karang dan ikan-ikan. 

Oleh karena itu, Pulau Duyung ini sangat cocok untuk kamu kunjungi pada saat kamu sedang mencari tempat wisata Lingga.

4.  Pulau Benan

 Pulau Benan
Pulau Benan

Selanjutnya tempat wisata Lingga yang admin rekomendasikan adalah Pulau Benan, yang menawarkan pemandangan yang sangat spektakuler yang bisa bikin kamu betah berlama-lama ditempat ini.

Tidak hanya hamparan laut biru yang indah, pulau ini juga dikelilingi pemandangan hijau dari pegunungan yang menambah keindahan dan pesona pulau ini. tempat ini juga biasa orang -orang untuk kegiatan foto prewedding karena suasananya yang romantic.

Pulau Benan merupakan salah satu pulau yang terletak padaKecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Nah, saat kamu ingin berkunjung ke tempat wisata Lingga yang satu ini, Pulau ini berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari ibu kota kabupaten, Dabo Singkep.

Selain itu, untuk kamu yang datang ke Pulau Benan ini biasanya bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling, diving, dan memancing.

Jadi, jika kamu masi bingung untuk mencari tempat wisata Lingga, Pulau Benan ini bisa kamu jadikan opsi selanjutnya untuk kamu kunjungi.

5.  Air Terjun Resun

 Air Terjun Resun
Air Terjun Resun

Setelah melihat beberapa pulau, daerah Lingga juga terdapat wisata air terjun yang bisa menjadi tujuan kamu ketika berada padaLingga. Perjalanan untuk sampai ke air terjun ini tergolong tidak mudah, namun akan terbayar dengan pemandangan alam dan kesegaran air ketika tiba pada tempat ini.

Air Terjun Resun merupakan salah satu kawasan obyek wisata yang berada pada Desa Resun, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Tempat wisata Lingga ini memiliki keistimewaan adalah airnya yang sangat jernih dan masih sangat alami. Airnya sendiri berasal dari beberapa sungai yang bersumber dari Gunung Daik.

Air Terjun Resun ini berketinggian sekitar 100 meter dengan landasan terjun sekitar 45 derajat yang mengakibatkan airnya tidak langsung terjatuh ke dasar melainkan tetap mengalir pada dinding landasan tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan event tahunan yakni Mandi Syafar. Menurut masyarakat sekitar, kegiatan ini sudah orang-orang lakukan turun-temurun yang berlangsung sejak Sultan Lingga Riau terakhir, Sultan Abdurrahman Muazamsyah hingga saat ini. 

Baca Juga:   Pasti Betah! 10 Tempat Wisata Alor yang Selalu Buat Takjub Pengunjungnya

Tentu liburan kamu akan merasa menyenangkan, saat kamu berkunjung ke Air Terjun Resun selian menikmati indahan alamnya kamu juga bisa menyaksikan event tahunan seperti madi Syafar.

Maka dari itu, untuk kamu yang berminat berkunjung ke tempat wisata Lingga yang satu ini, lokasinya berada di Panggak Darat, Kec. Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

6. Pantai Batu Berdaun

Pantai Batu Berdaun
Pantai Batu Berdaun

Tempat wisata Lingga ini berlokasi pada Singkep, pantai ini memiliki pesona alam yang indah terutama jika berkunjung pada sore hari menjelang senja. kamu akan menyaksikan keindahan lembayung senja yang sangat indah dan romantic ketika berada disini.

Pantai Batu Berdaun memiliki pasir putih dengan air laut jernih dan ombak tenang, sehingga dapat memanjakan mata saat kamu berada di pantai ini.

Nah, untuk akses menuju ke sini terbilang tidak rumit, dengan akses jalan yang bagus, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat Kota Dabo.

Selain itu, Pantai Batu Berdaun juga menyediakan berbagai fasilitas yang terdapat pada Pantai Batu Berdaun adalah terdapat pondok-pondok (Gazebo) untuk bersantai, kantin, tempat duduk-duduk, tolet dan berbagai fasilitas lainnya.

Dengan begitu, saat kamu sedang berkunjung ke Lingga Kapulauan Riau, jangan sampai kelewata ya untuk datang ke Pantai Batu Berdaun ini.

7. Museum Linggam Cahaya

Museum Linggam Cahaya
Museum Linggam Cahaya

Mungkin tempat wisata Lingga yang satu ini sudah tidak asing lagi kita dengar, ataupun mungkin kamu pernah berkunjung ke Museum Linggam Cahaya.

Museum Linggam Cahaya merupakan salah satu museum daerah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang didirikan pada tahun 2002.

Pendirian museum ini terlatarbelakangi oleh keinginan pemerintah daerah Kabupaten Lingga untuk mengamankan dan melestarikan benda-benda bersejarah yang ada pada Kabupaten Lingga.

Museum Linggam Cahaya ini menjadi salah satu tempat wisata Lingga yang sangat populer, ada banyak wisata yang datang untuk mengatahui sejarah.

Koleksi-koleksi barang peninggalan bersejarah yang telah berhasil terkumpul dan diamankan oleh Pemerintah Kabupatan Lingga, antara menjadikan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Jadi, khusus untuk kamu yang hobi dengan wisata sejarah, Museum Linggam Cahaya ini sangat cocok untuk kamu kunjungi, lokasinya berada pada Daik, Kec. Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

8. Benteng Bukit Cening

Benteng Bukit Cening
Benteng Bukit Cening

Tempat wisata Lingga ini merupakan objek wisata sejarah, kamu bisa melihat 19 meriam yang merupakan peninggalan pemerintahan Sultan Mahmud Syah III pada tahun 1761 – 1812. kamu juga bisa melihat beberapa bangunan peninggalan Belanda pada sekitar benteng ini.

Nah, dahulunya Fungsi Benteng Bukit Cening adalah sebagai benteng pertahanan yang kedua setelah Benteng Pulau Mepar dan sebelum Benteng Kuala Daik. Luas benteng ini adalah 32 meter x 30 meter.

Namun, sekarang menjadi tempat wisata Lingga yang sangat populer, ada banyak peninggalan sejarah pada tempat ini, menjadikan Benteng Bukit Cening sering wisatawan kunjungi mulai dari dalam hingga luar darah.

Baca Juga:   Curug Cimahi: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Selain itu, ada banyak peninggalan barang-barang bersejarah pada tempat ini, seperti 19 unit meriam berukuran besar dan kecil. Masing-masing meriam diletakkan di atas batu beton, dengan susunan yang rapi dan berjejer.

Dari 19 meriam yang ada tersebut, tentu saja memiliki keunikan tersendiri. Terutama yakni meriam yang paling besar di benteng tersebut.

Dengan begitu, saat kamu sedang mencari tempat wisata Lingga yang berbaur dengan sejarah, Benteng Bukit Cening ini bisa lho kamu kunjungi.

9. Gunung Daik

Gunung Daik
Gunung Daik

Tidak hanya wisata alam perairan, Pada Kota Lingga juga terdapat gunung yang berada pada ketinggian 1.165 mdpl. Untuk sampai puncaknya memang butuh perjuangan. Namun akan terbayar dengan pemandangan alam ketika berada di puncaknya.

Selain keindahan alam yang ada pada Gunung Daik, ada cerita turun-menurun yang terpercaya masyarakat sekitar tentang penghuni ketiga puncak Gunung Daik.

Mahkluk tersebut terkenal dengan Orang Bunian. Mahluk ini berbeda dengan manusia. Orang Bunian adalah sejenis mahluk halus namun sering berinteraksi dengan masyarakat yang tinggal disekitar Gunung Daik.

Bahkan menurut cerita, masyarakat sering meminjam alat perkakas atau perabotan untuk menggelar pesta kenduri pernikahan.

Keindahan Gunung Daik tidak perlu diragukan lagi. pasalnya gunung ini masuk nomisasi Anugerah Pesona Indonesia yang sangat indah.

10.  Istana Damnah

Istana Damnah
Istana Damnah

Salah satu objek wisata sejarah di Lingga, istana ini merupakan peninggalan dari Raja atau Sultan Riau yang dulunya berkuasa disini.

Untuk wisata alam, kamu bisa menikmati beberapa destinasi. Di antaranya air terjun, museum, pemandian dari mata air, hingga pemandian air panas belerang asli.

Yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi yang ingin menambah pengetahuan sejarah, yakni situs Istana Damnah.

Kerajaan tersebut diakui keberadaannya oleh Inggris dan Belanda setelah mereka menyepakati Perjanjian London tahun 1824.  Yang kemudian membagi bekas wilayah Kesultanan Johor, setelah sebelumnya wilayah tersebut dilepas oleh Siak Sri Inderapura, kepada Inggris tahun 1818.

Namun kemudian diklaim oleh Belanda sebagai wilayah kolonialisasinya.

Sekarang Istana Damnah menjadi tempat wisata sejarah yang sangat terkenal banyak wisatawan yang datang hanyak ingin mengetahui sejarah dari Istana Damnah.

Tempat Wisata Lingga Lainnya

Demikian 10 tempat wisata Lingga, Kepri yang bisa kamu kunjungi ketika ingin merasakan suasana berlibur atau bersantai di kota Lingga ini.

Kamu bisa mengunjungi pulau ketika menginginkan suasana damai dan sepi, atau mengunjungi wisata sejarah untuk menambah wawasan sejarah.

Oh iya,

Berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Lingga lainnya:

  • Air Terjun Makunggal
  • Pulau Berhala
  • Pulau Lalang
  • Masjid Jami’ Sultan Lingga
  • Pantai Indah Sergang
  • Sungai Kim Desa Wisata Resun
  • Lubuk Papan

Nah, itulah beberapa kawasan menarik sebagai tempat wisata Lingga dari yang wisata alam sampai wisata buatan yang pasti cocok untuk bersantai.

Selamat Menikmati ya!

Baca Juga: