10+ Oleh Oleh Khas Kota Binjai, Siap Menggugah Selera Anda!

Wisatalombok.co.id, Oleh Oleh Khas Kota Binjai — ‘Salam dari Binjai’, mungkin kata-kata ini lebih familiar di telinga anda dibandingkan dengan Kota Binjai itu sendiri. Siapa sangka jika Kota Binjai ini merupakan salah satu destinasi wisata menarik untuk kita kunjungi.

So, untuk anda yang belum tahu Kota Binjai bisa simak sekilas ulasan tentang Kota Binjai ini.

Kota Binjai merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini berada sekitar 22 kilometer di sebelah barat Kota Medan, ibu kota provinsi.

Binjai memiliki luas wilayah sekitar 90,24 kilometer persegi dan merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera Utara.

Oh ya, ternyata Kota Binjai ini juga cukup terkenal dengan keindahan alamnya ~

Ini bisa menjadi salah satu referensi tujuan liburan anda, meskipun kawasan perkotaan namun Kota Binjai ini dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan lapangan perkebunan yang luas, terutama perkebunan kelapa sawit.

Inilah yang membuat udara di Kota Binjai cukup segar!

Nah, untuk anda yang ingin travelling ke Kota Binjai ini jangan lupa untuk berburu oleh oleh Khas Binjai yang memiliki keunikan tersendiri, baik itu kerajinan seni ataupun kuliner khas Binjai.

Berikut admin rangkum beberapa referensi oleh oleh khas Binjai yang bisa kalian beli dan bawa pulang, simak ya:

Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo
Babi Panggang Karo

Desclaimers: Ini oleh oleh untuk pengunjung non muslim ya!

Babi Panggang Karo atau yang sering disingkat BPK ini menjadi sangat special untuk pengunjung yang menyukai kuliner Babi.

Babi Panggang Karo merupakan salah satu makanan khas suku Karo yang sangat populer di Kota Binjai.

Bahan utama dari kuliner/ makanan ini adalah daging babi yang dipanggang dengan bumbu khas Karo dengan proses dan penyajian yang unik.

Setelah dipanggang, daging babi akan menjadi empuk dan beraroma wangi. Babi Panggang Karo biasanya dihidangkan dengan nasi putih, sambal, dan sayuran.

Jika anda penasaran dengan Babi Panggang Karo ini, silahkan dicicip ya guys!

Kacang Telur

Kacang Telur
Kacang Telur

Kacang Telur merupakan salah satu camilan khas Kota Binjai yang terbuat dari kacang yang digoreng bersama dengan telur.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Dairi (Sidikalang), Mudah Kok Dapatnya!

Untuk jenis Kacang Telur Khas Binjai ini bisa anda jadikan oleh oleh khas Binjai dan dibawa pulang untuk keluarga dan kerabat yang ada di rumah.

Meskipun Kacang Telur ini bisa anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia, namun camilan yang satu ini memiliki rasa renyah dan gurih sehingga banyak digemari oleh masyarakat Binjai.

Kacang Telur biasanya dijual dalam kemasan kecil dan cocok sebagai oleh-oleh atau cemilan saat berkumpul dengan keluarga atau teman.

Anda juga tidak kesulitan untuk mencari tempat membeli Kacang Telur Khas Binjai ini, ada banyak kok tersedia di toko oleh oleh khas Binjai.

Lapis Legit

Lapis Legit
Lapis Legit

Selanjutnya ada Kue Lapis Legit. Apakah anda pernah mencoba Lapis Legit ini? Terdengar sedikit aneh, tapi kue ini enak banget lho ~

Oh ya, perlu untuk anda ketahui bahwa Kue Lapis Legit merupakan kue tradisional yang berasal dari Belanda namun sudah menjadi oleh-oleh khas di Kota Binjai.

Kue ini terbuat dari lapisan tipis terbuat dari telur, gula, dan tepung terigu yang dibakar dalam oven.

Lapisan-lapisan kue tersebut diuleni secara bergantian sehingga membentuk kue yang berlapis-lapis. Rasa manis dan legit dari Lapis Legit sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Binjai.

So, ini wajib anda beli saat sedang berada di Kota Binjai ~

Bika Ambon Binjai

Bika Ambon
Bika Ambon

Bika Ambon menjadi salah satu jenis kuliner kue yang sangat populer di Indonesia. Kue ini bisa anda dapatkan di berbagai kawasan di Indonesia.

Bagaimana dengan Bika Ambon Khas Binjai ini?

Bika Ambon Khas Binjai terbuat dari campuran tepung terigu, telur, santan, dan gula yang kemudian dipanggang dalam oven. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan aromanya yang manis sehingga cocok sebagai oleh-oleh atau camilan.

Ini sangat cocok buat dimakan sambil bersantai ditemani secangkir Kopi Aceh ~

Mie Titi

Mie Titi 
Mie Titi

Mie Titi merupakan jenis mie kering berbentuk pipa yang terbuat dari tepung terigu. Mie ini biasanya dijual dalam kemasan kecil dan menjadi oleh-oleh populer di Kota Binjai.

Ini populer banget di Binjai ~

Jika anda sedang berkunjung di Kota Binjai, admin sarankan untuk mencoba mencicipi Mie Titi khas Binjai ini.

Mie Titi memiliki rasa sedikit manis dan gurih sehingga cocok sebagai camilan atau hidangan pembuka saat bersantap.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Deli Serdang, Ada Bika Ambon Lho!

Oh ya, anda tidak kesulitan untuk bisa mendapatkan oleh oleh Mie Titi Khas Binjai ini, ada banyak tersedia di toko oleh oleh khas Binjai.

Jangan lupa di beli ya!

Kue Nastar

Kue Nastar
Kue Nastar

Mungkin anda sudah tidak asing dengan Kue Nastar? Benar nggak? Jenis kue ini udah sangat populer di Indonesia.

Nah, untuk anda ketahui bahwa Kue ini biasanya terbuat dari campuran tepung terigu, telur, mentega, dan gula. Isi dari kue Nastar adalah selai nanas yang memberikan rasa manis dan segar.

Ini cukup lezat lho ~

Nastar Binjai terkenal dengan tekstur kue yang lembut dan isian nanas yang banyak sehingga cocok sebagai oleh-oleh atau camilan saat berkunjung ke Binjai.

Jika anda berkunjung ke Kota Binjai, jangan lupa membeli Kue Nastar Khas Binjai ini.

Bihun Bebek

Bihun Bebek
Bihun Bebek

Bihun Bebek menjadi hidangan spesial di Kota Binjai karena rasanya yang lezat dan unik. Bihun Bebek terbuat dari bihun yang dicampur dengan daging bebek yang dipotong kecil-kecil.

Ada yang menarik dari jenis kuliner Bihun Bebek ini,

Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat Bihun Bebek juga khas sehingga memberikan rasa yang berbeda dengan bihun bebek dari daerah lain.

Itulah mengapa Bihun Bebek Khas Binjai ini menjadi sangat unik dan memiliki cita rasa yang sangat khas. Ini akan sangat menggungah selera ketika anda mencicipinya.

Coba dech ~

Sambal Kacang

Sambal Kacang
Sambal Kacang

Sambal Kacang? Sepertinya biasa aja ~

Sambal Kacang merupakan bumbu khas Indonesia yang terbuat dari kacang tanah yang digiling dan dicampur dengan bumbu-bumbu lain seperti cabai, gula, dan air asam.

Namun, untuk Sambal Kacang di Kota Binjai memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan sambal kacang dari daerah lain. Proses pembuatan dan aneka bumbu tambahnnya membuat sambal kacang ala Binjai ini sangat enak sekali.

Sambal Kacang Binjai cocok sebagai oleh-oleh atau bumbu untuk hidangan nasi.

Traveller wajib coba ya!

Es Durian

Es Durian
Es Durian

Penggemar Durian pasti akan suka dengan kuliner yang satu ini, Es Durian. Es Durian merupakan minuman segar yang terbuat dari buah durian yang diiris dan dicampur dengan susu kental manis dan es serut.

Bayangin dech, minum Es Durian dengan situasi cuaca panas seperti sekarang ini. Akan terasa sangat segar sekali.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Pematangsiantar, Ada Baju Bolak Balik Lho!

Satu hal yang harus anda ketahui, Es Durian Binjai terkenal dengan durian yang manis dan aromanya yang kuat. Minuman ini cocok sebagai hidangan penutup atau minuman segar saat berada di Kota Binjai.

Anda tak perlu bingung untuk mencari penjual Es Durian ini,

Selama di Kota Binjai, anda akan menemukan ada banyak penjual Es Durian ini. Nah, nantinya anda tinggal minta rekomendasi sama masyarakat lokal di Binjai.

Mereka dengan senang hati akan menunjukan penjual Es Durian yang paling enak di Kota Binjai ini.

Selai Kacang

Selai Kacang
Selai Kacang

Selai Kacang merupakan salah satu oleh-oleh khas Binjai yang terbuat dari kacang tanah yang digiling halus dan dicampur dengan gula dan minyak kelapa.

Ini sangat cocok untuk anda bawa dengan rute perjalanan pulang yang jauh, nggak akan basi kok!

Selai Kacang khas Binjai ini memiliki rasa yang enak. Anda bisa mendapatkan selai kacang ini di beberapa toko oleh oleh khas Binjai.

Selai kacang Binjai memiliki cita rasa yang khas sehingga patut dicoba saat berkunjung ke Binjai, jangan lupa di beli ya!

Oleh Oleh Khas Binjai lainnya

Selain beberapa oleh oleh Khas Binjai yang sudah admin ulas di atas tadi, sebenarnya masih banyak lagi oleh oleh menarik yang bisa anda beli sepulang dari Kota Binjai ini.

…Rugi donk! Udah jauh-jauh ke Binjai tapi nggak bawa oleh oleh pulang ~

Ini ada beberapa referensi oleh oleh khas Binjai lainnya yang bisa anda beli sepulang dari Kota Binjai:

  1. Kerajinan Bambu Binjai
  2. Rambutan Binjai
  3. Kopi Sidikalang
  4. Kain Ulos
  5. Pancake Durian
  6. Tahu Balek
  7. Sirup Rambutan

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Kota Binjai yang bisa menjadi pilihan saat Anda berkunjung atau berada di Kota Binjai.

Pastikan mencoba semua makanan dan minuman khas ini untuk mengalami sensasi kuliner yang berbeda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga informasi lainnya :