10+ Tempat Wisata Cianjur (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Cianjur merupakan sebuah wilayah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya berada di kecamatan Cianjur.

Ketika momen liburan tiba, salah satu daerah yang wajib kamu jelajahi adalah Cianjur di Jawa Barat. Wilayah ini diketahui memiliki berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk melepas penat maupun berburu foto.

Tempat wisata Cianjur, kamu bisa menikmati indahnya curug atau air terjun, pantai, hingga taman. Tidak hanya asri dan sejuk, Cianjur juga menawarkan tempat wisata yang Instagramable.

Nah, untuk kamu yang sedang merencanakan liburan, terdapat ada banyak tempat wisata Cianjur yang bisa jadi tujuan, baik itu bareng keluarga taupun pasangan.

Tak heran, ketika musim libur tiba Cianjur akan ramai oleh wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beberapa tempat wisata Cianjur, simak ulasan berikut ini ya!

Tempat Wisata Cianjur yang Ramai Oleh Pengunjung

1. Curug Citambur

Curug Citambur Cianjur
Curug Citambur Cianjur

Tempat wisata Cianjur yang sangat terkenal adalah Curug Citambur yang menawarkan pemandangan yang sangat indah, dengan ketinggian kurang lebih 130 meter.

Curug Citembur merupakan salah satu surga tersembunyi area Cianjur, meskipun keberadaannya telah populer namun kealamiannya masih terjaga dengan baik.

Kamu bisa mengunjungi tempat ini untuk melepaskan penat atau healing. Udaranya begitu dingin dan segar, menjadikan Curug Citambur benar-benar surga tersembunyi yang layak kamu kunjungi.

Selain itu, untuk bisa menikmati keindahan Curug Citambur, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangakan kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir senilai Rp 3.000 per unit, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Maka dari itu, jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata CIanjur ini, lokasinya berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur.

2. Wisata Wachi Cianjur

Wisata Wachi Cianjur
Wisata Wachi Cianjur

Objek Wisata Alam Celak Indah atau yang terkenal dengan sebutan Wachi merupakan tempat wisata Cianjur yang menampilkan pemandangan indah dari ketinggian.

Namun, untuk menikmati pesona alam dari Wachi ini, kamu dan pengunjung lainnya harus menuju puncak bukit terlebih dahulu.

Wisata Wachi ini merupakan tempat wisata Cianjur yang terbilang baru, lokasinya berada daerah Tanggeung, buka dari jam 08.00-18.00 WIB.

Baca Juga:   Curug Citambur: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru yang Harus Kamu Ketahui

Selain itu, Gardu pandang berbentuk bunga matahari, hati, dan bintang merupakan ikonik spot yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat memandang maupun berfoto.

Jadi, saat waktu liburan telah tiba tempat wisata Cianjur adalah tujuan yang cocok, terutama Wisata Wachi Cianjur.

3. Little Venice Kota Bunga

Little Venice Kota Bunga Cianjur
Little Venice Kota Bunga Cianjur

Destinasi wisata Cianjur selanjutnya yang cukup unik adalah Little Venice Kota Bunga. Tempat wisata yang satu ini mengusung tema danau buatan yang mirip dengan gaya Venezia, Italia.

Dari tempat ini, kamu bisa menikmati keindahan bangunan ala Italia dengan berjalan kaki atau menaiki perahu yang telah tersedia.

Selain itu, Little Venice Kota Bunga yang terkenal memiliki wahana menarik dan spot foto Instagramable, cocok kamu jadikan tempat rekreasi keluarga.

Letaknya juga tidak jauh dari Jakarta, yaitu berada daerah Cianjur. Jadi, kapanpun kamu singgah untuk liburan ke Cianjur, Little Venice bisa menjadi pilihannya.

4. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum Cianjur
Curug Cibeureum Cianjur

Selain Curug Citambur, Cianjur juga memiliki Curug Cibeureum yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Curug Cibeureum Cianjur ini merupakan curug terbesar dan terpendek dengan ketinggian sekitar 40 meter.

Selain keindahan Air Terjun Cibeureum, selama perjalanan menuju ke lokasi kamu akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah dan eksotis dengan jarak tempuh 2.7 Km dari pos tiket atau sekitar 45 menit – 1 jam dengan jalan santai.

Uniknya, medan yang menanjak dengan undakan bebatuan dikelilingi hutan yang lebat merupakan daya tarik tersendiri dari Curug Cibeureum ini.

Jadi, Jangan heran jika kamu menemukan pemandangan berbagai jenis burung dan kera yang bergelantungan.

Selain itu, untuk harga tiket Rp. 18.500/Orang, kamu dapat menikmati pemandangan Curug Cibereum serta menikmati indah dan segarnya alam pegunungan kaki Gunung Gede Pangrango.

5. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti Cianjur
Pantai Jayanti Cianjur

Berlibur ke pantai merupakan salah satu pilihan yang bisa kalian lakukan saat memasuki musim liburan. Di pantai, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan dan juga melakukan berbagai kegiatan.

Salah satu destinasi wisata pantai adalah Pantai Jayanti yang ada di Cianjur, yang menawarkan pemandangan yang sangat mempesona.

Pantai Jayanti sendiri terkenal karena memiliki keindahan alam yang cukup mempesona. yang memiliki Daya tarik tersediri, seperti bibir pantai yang sangat indah dan nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.

Selain itu, untuk kamu yang ingain mengunjungi tempat wisata Cianjur ini, harga tikenya juga sangat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong hanya Rp5.000 per orangnya.

Nah, untuk parkir kendaraan akan dikenakan Rp10.000 untuk motor dan Rp15.000 untuk mobil.

Jadi, jika waktu liburmu telah tiba? Pantai Jayanti ini bisa menjadi tujuan untuk kamu yang ingin menikmati keidnahan pantai yang masi asri.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Dumai (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

6. Situs Megalitikum Gunung Padang

Situs Megalitikum Gunung Padang
Situs Megalitikum Gunung Padang

Objek wisata Situs Megalitikum Gunung Padang menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang tidak boleh kamu lewatkan.

Situs yang satu ini merupakan bukti peradaban zaman dahulu yang mana tersusun dari berbagai bentuk batu yang unik.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah saat berada pada puncak Gunung Padang.

Oleh karena itu, buruan atur jadwal liburan mu, salah satu tempat wisata Cianjur yang bisa kamu kunjungi adalah Situs Megalitikum Gunung Padang

7. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Cianjur
Kebun Raya Cibodas Cianjur

Tempat wisata Cianjut yang masih populer hingga saat ini adalah Kebun Raya Cibodas. Para wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil beristirahat atau bermain pada hamparan rumput hijau yang terbentang luas.

Kebun Raya Cibodas, terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Pengunjung bisa menemukan aneka bunga anggrek, paku-pakuan dan lumut, berbagai tanaman sukulen, tumbuhan memanjat (liana), hingga beragam tanaman obat.

Selain itu, lokasinya yang diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Gede dan Pangrango, membuat suasana Kebun Raya Cibodas sejuk dan menyegarkan.

Jadi, dengan adanya tempat wisata Cianjur ini, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari lokasi untuk berlibur karena Kebun Raya Cibodas Cianjur adalah pilihan yang tepat.

8. Kebun Teh Sukanagara

Kebun Teh Sukanagara Cianjur
Kebun Teh Sukanagara Cianjur

Satu lagi destinasi wisata dengan pemandangan alam menakjubkan yang tak boleh kamu lewatkan adalah Kebun Teh Sukanagara.

Kebun teh ini menghadirkan keindahan perkebunan yang hijau, alami, serta sejuk sehingga wisatawan seringkali mengabadikan momen ini dengan berfoto.

Tak hanya itu, area Perkebunan Teh Pasir Nangka ini, kamu juga bisa melihat secara langsung pembuatan teh. Mulai dari pemetikan daun teh yang masih segar dan hijau sampai proses menyeduhnya hangat-hangat.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona, kamu juga bisa mengetahui proses pembuatan teh hingga mencicipi rasanya.

9. Pantai Apra

Pantai Apra Cianjur
Pantai Apra Cianjur

Pilihan wisata air lainnya dari daerah Cianjur adalah Pantai Apra. Pantai yang satu ini memiliki ombak cukup besar dengan angin kencang sehingga sangat cocok kamu gunakan untuk berselancar sambil menanti sunset bersama teman atau keluarga.

Pantai Apra berlokasi di Kecamatan Sindangbrang, Cianjur Selatan atau lebih tepatnya sekitar 300 meter dari Alun-alun Sindangbarang.

Selain itu, kawasan Pantai Apra ini sendiri terkenal cukup luas, namun masih tak begitu ramai karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Cianjur. Tapi jangan salah, view sunset area pantai ini sangat indah, lho. Sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga:   Wisata Curug di Cianjur: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Maka dari itu, kamu tidak perlu jauh-jauh untuk mencari tempat wisata karna Cianjur menawarkan segudang pesona alam yang sangat indah, salah satunya Pantai Apra Cianjur

10. Tempat Wisata Cianjur, Gunung Gede

Gunung Gede Cianjur
Gunung Gede Cianjur

Bagi kamu yang suka mendaki, maka Gunung Gede Cianjur merupakan pilihan yang tepat. Gunung Gede memiliki ketinggian 3000 mdpl di mana membutuhkan perjuangan keras saat mendakinya.

Namun, begitu sampai di puncak maka rasa lelahmu akan terbayar karena terlihat hamparan hijau dari ketinggian yang sangat memukau.

Karena keindahannya, banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan pendakian ke Gunung Gede saat liburan ataupun tahun baru. 

Dengan begitu, untuk kamu yang suka mendaki sambil menikmati keidahan alam dari ketianggian,
Gunung Gede Cianjur ini bisa menajdi opsi kamu untuk itu.

Tips Memilih Destinasi Wisata Cianjur

Ketika ingin berwisata ke Cianjur, ada baiknya untuk melakukan seleksi dengan melihat keunikan dari beberapa tempat wisata.

Dengan melakukan riset melalui internet, maka kamu bisa menghindari rasa tidak puas ketika objek wisata yang akan kamu datangi jauh dari harapan.

Tak hanya itu, pastikan juga untuk merencanakan budget atau pengeluaran saat pergi liburan.

Pengeluaran ini bisa kamu ukur dari waktu kunjungan, hotel yang akan kamu tempati, dan moda transportasi yang kamu gunakan.

Tempat Wisata CIanjur Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Jawa Barat jangan lupa untuk mampir ke Cianjur. kamu bisa asik berwisata di tempat wisata yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Cianjur di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Cianjur lainnya:

  • Bravo Campground Citampele
  • Green Apple Garden
  •  Canopy Trail TNGGP, Cibodas
  • Waduk Jangari
  • Curug Cikondang
  • Curug Luhur
  • Wana Wisata Pokland
  • Taman Bunga Nusantara

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa ulasan yang bisa kami bagikan terkait 10 tempat wisata Cianjur paling populer yang bisa kamu kunjungi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensimu ketika liburan.

Jangan sampai lupa untuk merencanakan perjalanan secara matang agar liburan bersama keluarga atau orang tercinta terasa semakin berkesan.

Selamat membaca dan selamat berlibur ya guys…!

Baca Juga: