10+ Tempat Wisata Manado (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Manado merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Kota Manado memiliki 11 kecamatan serta 87 kelurahan dan desa. 

Seperti yang kita ketahui, Kota Manado menawarkan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Beragam tempat wisata Manado mulai dari wisata alam, kuliner, hingga sejarah yang sayang kamu lewatkan.

Selain keindahan alamnya, Manado juga terkenal dengan kekayaan budayanya yang kental. Keragaman makanannya pastinya selalu diacungi jempol untuk kamu yang sudah pernah berkunjung.

Namun, sebelum admin lanjut, kamu sudah tahu belum tempat wisata Manado yang ingin kamu kunjungi? Belum, wah ketinggalan banget ya.

Nah, pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai beberapa Tempat Wisata Manado paling populer yang wajib kamu kunjungi kala ke Manado.

Apa sajakah destinasi wisata tersebut? Yuk, simak terus artikel berikut sampai selesai karena admin akan membahasnya hingga tuntas.

Untuk penjelasan selengkapnya berkut ini.

Tempat Wisata Manado Yang Harus Masuk List Liburanmu

1. Pulau Siladen

Pulau Siladen Manado
Pulau Siladen Manado

Mungkin kamu masih merasa asing dengan nama pulau ini. Namun jika menyebut nama Taman Nasional Bunaken mungkin kamu akan mendapatkan bayangannya.

Ya, pulau ini berada dalan Kawasan Taman Nasional Bunaken.

Tak mengherankan jika Pulau Siladen mempunyai panorama alam luar biasa dengan terumbu karang yang indah serta ikan-ikan lucu.

Pulau Siladen ini terletak pada sisi timur laut dengan jarak sekitar 3 kilometer dari Pulau Bunaken, dan 13 kilometer dari pusat Kota Manado. 

Nah, Dari pelabuhan Kota Manado, Pulau Siladen dapat kamu akses menggunakan kapal motor (bisa menyewa sendiri atau menggunakan kapal transportasi umum) dengan waktu tempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung arus saat perjalanan.

Selain itu, saat kamu berkunjung ke pulau ini, kamu bisa bermalam akomodasi homestay milik warga, ataupun resort nyaman dengan berbagai fasilitas yang bisa kamu sesuaikan dengan bujet. 

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin berlibur ke Manado tidak perlu khawatir, karena Pulau Siladen ini bisa kamu jadikan pilihan untu berlibur bareng keluarga ataupun pasangan.

2. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang Manado
Pantai Malalayang Manado

Bukan hanya menikmati debur ombak saja. Saat berkunjung ke Pantai Malalayang, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas menyenangkan seperti diving.

Sebab, pantai ini mempunyai pemandangan laut yang indah.

Baca Juga:   Inilah 10 Tempat Wisata Sinjai yang Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat pemandangan Manado Tua, Bunaken, dan Pulau Siladen dari pantai ini.

Menyenangkan bukan?

Nah, untuk jarak tempuh Pantai Malalayang dari pusat Kota Manado sekitar 8,1 kilometer dengan waktu temph kurang lebih 17 menit.

Selian itu, untuk kamu yang ingin menikmati Pantai Malalayang akan kena harga tiket cukup terjangkau mulai Rp 5.000. Tentu tidak akan membuat kantong kamu bolong kok.

3. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua
Pulau Manado Tua

Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Manado Tua. Pulau ini berada dalam Kawasan TN Bunaken.

Dari tempat ini kamu juga akan mendapati pemandangan karang yang sangat luar biasa.

Pulau Manado Tua juga bisa jadi paket lengkap liburanmu, sebab bukan hanya satu pantai, kamu bisa menikmati beberapa pantai sekaligus.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa berenang, berjemur, bahkan melihat hutan bakau yang masih terjaga di sana.

Dengan begitu, saat kamu sedang mecari tempat wisata Manado, tidak perlu bingung lagi karena Pulau Manado Tua adalah pilihan yang paling tepat.

4. Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

Taman Hutan Raya Gunung Tumpa Manado
Taman Hutan Raya Gunung Tumpa Manado

Tempat yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati wisata alam pegunungan dengan pemandangan yang mengagumkan.

Berada pada ketinggian 600 mdpl, kamu akan mampu melihat keindahan kota Manado, dan Gunung Lokon dari sini.

Selain itu, Taman Hutan Raya ini memiliki keunikan dan daya tarik yang luar biasa,selain udaranya yang sejuk,bunyi kicauan burung,tempat selfie,juga memiliki pemandangan yang spektakuler terlihat dari puncak beberapa pulau dengan pemandangan lepas pantai yang luar biasa.

Sangat cocok untuk kamu yang sedang haus akan udara sejuk dan ketenangan.

Jadi, tunggu apa lagi saat kamu sedang mencari tempat wisata Manado? Taman Hutan Raya Gunung Tumpa ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk kamu kunjungi.

5. Pulau Lihanga

Pulau Lihanga Manado
Pulau Lihanga Manado

Masi bigung untuk mencari tempat wisata Manado? Jika iya, Pulau Lihaga ini bisa kamu jadikan tujuna untuk menikmati liburan akhir pekan kamu.

Pulau Lihaga merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Palau ini memiliki pemandangan pantai yang indah dan masih alami. Luas Pulau Lihaga sekitar 8 hektar. Lokasi pulau tidak terlalu jauh dari Pulau Gangga dan Bunaken.

Selain itu, Pulau Lihaga memiliki garis pantai dengan pasir putih, hamparan karang bawah laut, dan ombak yang relatif tenang.

Semilir angin yang berhembus pada sekitar pantai membuat kamu betah berlama-lama saat berada area pulau ini.

Baca Juga:   Liburan Sambil Relaksasi? Cobalah Kunjungi 10 Tempat Wisata Air Panas Garut Berikut!

Untuk kamu yang akan ingin menikmati keindahan Pulau Lihaga akan kena harga tiket sebesar Rp 20.000. Tentu tidak membuat kantong kamu bolong.

Oleh karena itu, saat kamu berkunjung ke Manado tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat untuk menikmati pemandangan yang bagus, karena Pulau Lihanga adalah pilihan yang tepat.

6. Pantai Tatiala

Pantai Tatiala Manado
Pantai Tatiala Manado

Selanjutnya tempat wisata Manado yang admin rekmendasaikan adalah Pantai Tatiala yang bisa kau jadikan tujuan untuk menikmati wekeend bareng keluarga ataupun pasangan.

Wisata Pantai yang satu ini belum begitu populer, sehingga kamu akan mendapatkan kesan liburan yang masih langka dari pada orang pada umumnya.

Namun perlu kamu ketahui, Pantai Tatiala Manado ini sangat tenang dan cantik, apalagi jaraknya juga tak jauh dari Kota Manado, hanya sekitar 30 menit perjalanan saja.

Selain itu, untuk kamu yang berkunjung ke pantai ini, harga tiket masunya juga tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok sesua budget.

Maka dari itu, tunggu apa lagi saat waktu liburan telah tiba, Pantai Tatiala bisa manjadi tujuan untuk kamu kunjungi bareng keluarga ataupun pasangan.

7. Arung Jeram Timbukar

Arung Jeram Timbukar Manado
Arung Jeram Timbukar Manado

Manado juga memiliki destinasi wisata yang akan memacu adrenalin kamu yakni arung jeram.

Namun jangan khawatir, sebab arung jeram ini punya level grade III-IV sehingga cukup aman jika kamu masih pemula di dunia rafting.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menikmati permainan ini juga masih terjangkau, yakni hanya sebesar Rp 200.000 saja.

Sangat seru jika kamu juga mengajak keluarga atau teman-teman dekatmu untuk bermain arung jeram ini.

Jadi, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Manado, karena Arung Jeram Timbukar adalah pilihan yang paling tepat.

8. Air Terjun Ratahan Telu

Air Terjun Ratahan Telu Manado
Air Terjun Ratahan Telu Manado

Manado juga memiliki pesona air terjun yang indah. Air Terjun Ratahan Telu merupakan wisata terkenal dari Manado. Air terjun ini memiliki 3 air terjun yang tingginya mencapai 60 meter dan satu lagi setinggi 20 meter.

Hal ini akan menghasilkan pemandangan yang bisa menghipnotismu!

Untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata alam paling indah daerah Manado, Sulawesi Utara, Air Terjun Ratahan Telu bisa menjadi jawabannya.

Karena tempat wisata ini merupakan batu permata tersembunyi bagi sektor pariwisata Manado karena benar-benar potensial menarik banyak wisatawan dan memberikan nilai positif pada kota Manado. 

Uniknya, pada Air Terjun Ratahan Telu, yang bisa kamu dengar ketika memejamkan mata adalah suasana percikan air dari air terjun dan juga suara-suara burung yang berkicau dari dalam hutan dan sekitarnya.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Lima Puluh Kota, Sensasi Spektakuler Alam Sumbar!

Kebayang dong seperti apa keindahan Air Terjun Ratahan Telu?

Maka dari itu, yuk atur waktu liburan kamu, Air Terjun Ratahan Telu ini adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu kunjungi bareng keluarga ataupun pasangan.

9. Kawasan Boulevard

Kawasan Boulevard Manado
Kawasan Boulevard Manado

Manado sebagai ibukota provinsi Sulawesi Utara merupakan kota kecil cantik daerah teluk Manado. Jika kamu ingin menikmati kawasan perkotaan Manado, maka Kawasan Boulevard lah tujuan kamu.

Memiliki panorama perkotaan Manado modern, kawasan ini mempunyai pemandangan yang cantik dengan jalanan yang berdekatan dengan lokasi pantai.

Boulevard tepi pantai ini kamu dapat menikmati hembusan angin malam, bercengkerama bersama teman atau kekasih, berbelanja di mal, nikmati kuliner khas dan nasional bahkan masakan asing disitu.

Cahaya lampu warna warni yang nampak dan hembusan angin malam yang sejuk disertai mondar mandirnya atau lalu lalangnya turis asing dengan logatnya masing masing.

Sungguh memesona!

10. Bunaken, Tempat Wisata Manado

Bunaken Manado
Bunaken Manado

Mengunjungi Manado tentu tak akan lengkap rasanya jika titak mendatangi Bunaken.

Tempat ini merupakan sebuah taman nasional yang telah ditetapkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO.

Bunaken mempunyai pemandangan laut surgawi.

Terumbu karangnya yang cantik dan ikan-ikannya yang lucu memiliki pemandangan magis yang dijamin akan membiusmu.

Tempat Wisata Manado Lainnya

Sampai disini saja pembahasan admin mengenai daftar rekomendasi 10 tempat Wisata Manado yang menyuguhkan pemandangan sangat memukau.

Jika salah satu antaranya ada yang membuatmu tertarik untuk mengunjunginya, maka tak usah menunggu waktu lebih lama lagi, segera kunjungi tempat wisata tersebut.

Berikut ini ada informasi tambahan mengenai tempat wisata Manado lainya:

  • Danau Tondano
  • Pantai Patokan
  • Air Terjun Kima Atas
  • Waruga Sawangan
  • Taman Margasatwa Tandurusa

Selamat mengunjungi 10 tempat wisata Manado tersebut. Supaya lebih seru, ajaklah keluarga dan temanmu untuk menyaksikan keindahan alam di tempat Jawa Timur.

Akhir Kata

Itulah beberapa ulasan yang bisa kami bagikan mengenai 10 Tempat Wisata Manado yang mempunyai pesona surgawi.

Tempat wisata di Manado memang begitu indah, semoga kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Manado ya!

Baca Juga: