10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Batubara, Wajib Beli Saat Travelling!

Wisatalombok.co.id, Oleh Oleh Khas Batubara — Kabupaten Batubara merupakan salah satu kabupaten yang ada didalam daerah administratif Provinsi Sumatera Utara. Kawasan Kabupaten Batubara ini cukup dikenal dengan objek wisatanya yang indah dan unik.

Ada banyak hal yang bisa anda jelajah di Kabupaten Batubara ini.

Misalnya,

Anda suka dengan alam maka bisa mengunjungi kawasan wisata alam Air Terjun Sipisopiso yang berlokasi di Kecamatan Harian, Air Terjun Sipisopiso merupakan salah satu air terjun yang paling terkenal di Sumatera Utara.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan menawarkan pemandangan yang memukau.

Selain itu, anda juga bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi beberapa makam-makam bersejarah seperti Makam Raja-raja Batubara yang terletak di Desa Pematang Sijonam, ini akan memberikan pengetahuan baru tentang sejarah Kabupaten Batubara di masa lampau.

Banyak banget dech ‘spot’ menariknya, anda bisa list satu persatu sebelum berkunjung kesini. Selain itu, anda juga bisa berbelanja berbagai oleh oleh khas Batubara yang terkenal unik dan khas.

Sebagian dari jenis oleh oleh ini merupakan kreatifitas dan kerajinan seni masyarakat loka di Kabupaten Batubara.

Ada beberapa referensi yang bisa anda jadikan oleh oleh saat pulang dari Batubara ker rumah, berikut informasi oleh oleh khas Batubara nya:

Sambal Tuk-Tuk

Sambal Tuk-Tuk 
Sambal Tuk-Tuk

Pecinta kuliner khas Indonesia berjenis ‘Sambal’ mungkin bisa mencoba sambal Tuk – Tuk ini. Sambal Tuk-Tuk merupakan salah satu jenis sambal yang di kreasikan oleh masyarakat Batubara dengan cita rasa yang sangat khas sekali.

Anda bisa coba dech ~

Menurut berbagai sumber, Sambal Tuk-Tuk ini merupakan oleh oleh khas Kabupaten Batubara yang sangat digandrungi oleh para wisatawan yang datang ke kawasan wisata Batubara.

Sebagian besar dari mereka sangat suka dengan rasa Sambal Tuk-Tuk yang khas ini. Nah, ini bisa menjadi salah satu jenis sambal yang patut kamu coba.

Sambal ini terbuat dari bahan utama cabai merah yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan bahan baku olahan tradisional seperti terasi, garam, dan bawang putih.

Sambal Tuk-Tuk dapat dinikmati bersama nasi, mie, atau makanan lainnya. Untuk yang nggak bisa makan sambal, jangan paksa diri untuk mencoba ya ~

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas dari Kabupaten Mandailing Natal, Nikmat Banget Lho!

Wajik Batubara

Wajik Batubara
Wajik Batubara

Kue Wajik memang sudah tidak asing bagi kita orang Indonesia. Hampir semua daerah memiliki jenis kuliner kue yang satu ini.

Hanya saja,

Setiap daerah selalu memiliki kreasi dan cara yang unik untuk mengasilkan cita rasa pada kue wajik yang mereka buat.

Bagaimana dengan Wajik Batubara ini?

Wajik Batubara merupakan salah satu makanan khas dari Kabupaten Batubara. Makanan ini berbahan dasar ketan putih yang dicampur dengan santan dan gula merah. Rasanya manis legit dan sangat lezat.

Wajik Batubara sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Madu Batubara

Madu Batubara
Madu Batubara

Siapa yang nggak suka minum madu? Hampir semua orang tahu khasiat apa yang didapatkan ketika sering mengkonsumsi madu lebah ini.

Nah, ternyata di Kabupaten Batubara juga memproduksi Madu Batubara dari Hutan mereka. Untuk saat ini sendiri, Kabupaten Batubara terkenal dengan produk madunya yang sangat berkualitas.

Madu Batubara memiliki keunikan tersendiri dengan rasa yang sangat manis, serta aroma yang khas. Madu ini diproduksi secara alami, dan diolah langsung oleh peternak lebah setempat.

Madu-madu alami ini selalu memiliki khasiat untuk kesehatan yang sangat luarbiasa. Sangat disarankan oleh pakar kesehatan untuk mengkonsumsi madu.

Jika sempat berkunjung ke Batubara, Madu Batubara bisa menjadi oleh oleh khas daerah ini yang bisa anda bawa pulang.

Nona Manis

Nona Manis
Nona Manis

Nama kuliner yang satu ini terdengar agak ‘nyentrik’ kan? sering disebut kue ‘Nona manis’! Untuk anda yang sedang travelling di Kabupaten Batubara ini wajib mencoba Nona manis ini.

Jenis kue ini cukup unik lho, mulai dari rasa hingga bentuk sajiannya ~

Kue Nona manis merupakan kue tradisional dari Kabupaten Batubara yang terdiri dari bahan-bahan dasar ketan putih, santan, dan gula merah.

Untuk anda yang belum pernah melihat, kue ini memiliki bentuk yang unik seperti kupu-kupu dan rasanya sangat lezat.

Nona manis sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Kabupaten Batubara. Hanya saja, anda tidak bisa membawa kue Nona manis untuk perjalanan terlalu jauh.

Dikhawatirkan akan basi!

Keripik Singkong

Keripik Singkong
Keripik Singkong

Keripik Singkong memang sudah tidak asing untuk kita orang Indonesia. Jenis makanan ini bisa kita temukan di banyak daerah di Indonesia.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Tebing Tinggi, Yakin Nggak Mau Beli?

Hanya saja, pada setiap daerahnya akan memberikan cita rasa yang cara pembuatan yang berbeda-beda. Termasuk Keripik Singkong Khas Batubara ini.

Keripik Singkong Batubara merupakan salah satu jenis camilan yang terbuat dari singkong yang dipotong tipis dan diolah dengan rempah-rempah tradisional.

Keripik Singkong Batubara memiliki rasa yang unik, lezat dan sangat renyah. Camilan ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Saat nongkrong santai bersama keluarga di rumah, Keripik Singkong Batubata cocok menjadi teman bersantai anda.

Ini sangat khas dan enak lho ~

Jus Durian

Jus Durian
Jus Durian

Buah durian diolah menjadi ‘Jus’, anda pernah nyoba belum sih? Jika biasanya kita mengkonsumsi buah durian langsung maka kali ini ada kuliner ‘jus’ dengan bahan dasar durian.

Seperti yang sudah kita ketahui, durian merupakan jenis buah dengan duri-duri yang sangat tajam dan aroma yang khas.

Di Kabupaten Batubara, Durian dikemas menjadi jus yang sangat nikmat. Jus Durian Batubara sangat populer dan sangat disukai oleh wisatawan yang datang ke Batubara ini.

…Penasaran gimana rasanya?

Anda wajib mencoba lho ~

Asam Gelas

Asam Gelas
Asam Gelas

Nah, untuk minuman Asam Gelas ini terbilang sangat unik dan memiliki rasa yang tak biasa. Anda tidak bisa menemukan jenis minuman ini disembarang wilayah.

Hanya ada beberapa daerah di Indonesia yang menyajikan jenis minuman Asam Gelas ini dan itu selalu berbeda dari setiap daerahnya.

Di Kabupaten Batubara, anda bisa juga menemukan Asam Gelas khas daerah Batubara ~

Asam Gelas merupakan minuman tradisional khas Kabupaten Batubara yang terbuat dari bahan dasar buah asam.

Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati ketika cuaca sedang panas dan menyegarkan.

Untuk anda yang belum pernah mencoba minuman ini maka saat berkunjung ke Kabupaten Batubara wajib mencobanya.

Hanya saja, anda mungkin tidak bisa membawa jenis kuliner ini pulang dan melewati perjalanan yang jauh. Namun, untuk jarak yang tidak memakan waktu lama sangat memungkinkan.

Coba dech cicipi Asam Gelas khas Batubara ini ~

Lele Khas Batubara

Lele Khas Batubara
Lele Khas Batubara

Apakah anda penggemar ikan lele? Nah, kali ini anda bisa mencoba kuliner Lele Khas Batubara yang disajikan dengan cara yang terbilang cukup unik.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Aceh Barat Daya (Blangpidie Aceh), Traveller Wajib Beli!

Meskipun kita bisa mendapatkan ikan lele hampir di seluruh daerah di Indonesia, namun cara dan proses penyajiannya sangat berbeda.

Dengan begitu, akan menciptkan kuliner yang berbahan dasar sama tapi memiliki cita rasa yang sangat berbeda.

Demikian juga dengan Lele Khas Batubara ini!

Lele Khas Batubara merupakan olahan ikan lele yang terkenal akan rasanya yang enak dan gurih. Lele ini dibumbui dengan bahan-bahan alami seperti kemiri, kunyit, bawang putih, dan bawang merah.

Anda wajib coba lho!

Nian Gan

Nian Gan
Nian Gan

Selanjutnya ada jenis kKue tradisional Nian Gan memiliki tekstur yang empuk dan rasanya sangat manis. Kue ini terbuat dari ketan hitam dan gula merah.

Nian Gan sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Kabupaten Batubara.

Untuk anda yang suka dengan makanan Nian Gan ini, tak sulit kok untuk mendapatkannya. Ada banyak masyarakat loka Kabupaten Batubara yang menjajakan jenis kuliner kue yang satu ini.

Oleh Oleh Khas Batubara Paling Populer Lainnya

Seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya, Kabupaten Batubara ini termasuk salah satu kabupaten yang memiliki oleh oleh khas yang sangat lezat dan unik.

Ada banyak jenis oleh oleh yang dapat dinikmati seperti Sambal Tuk-Tuk, Wajik Batubara, Madu Batubara, Nona Manis, Keripik Singkong, Jus Durian, Asam Gelas, Lele Khas Batubara, Nian Gan, dan Kacang Telur Batubara.

Semua jenis oleh oleh khas Kabupaten Batubara tersebut memiliki rasa yang unik dan lezat. Namun, selain yang sudah ada tertulis diatas, ada beberapa jenis oleh oleh Khas Batubara lainnya. Berikut referensi lainnya:

  1. Songket Melayu Khas Batubara
  2. Kue Dangai
  3. Bubur Pedas Melayu
  4. Kue Karas
  5. Kerajinan Anyam Melayu
  6. Kerajinan Kulit Lantung
  7. Lemang

Itulah beberapa referensi oleh oleh khas Batubara, Sumatera Utara yang bisa anda cari saat sedang melakukan perjalanan liburan di Kabupaten Batubara ini.

Selamat berlibur ya!

Baca juga info lainnya :