10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Samosir, Ulos Hingga Cinderamata Lainnya

Wisatalombok.co.id, Oleh Oleh Khas Kabupaten Samosir — Mendengar sebutan ‘Samosir’ sangat tidak asing ditelinga, ini sangat familiar banget! Ada banyak hal yang bisa mengingatkan kita dengan Kabupaten Samosir ini, benar nggak sih?

….Bagaimana dengan anda, apa hal paling mengingatkan anda dengan Kabupaten Samosir ini?

Seperti yang kita ketahui,

Samosir ini sangat lekat sekali dengan ‘Suku Batak’ yang merupakan penduduk asli disana. Dua hal yang tak akan pernah terpisahkan,

Sebagai informasi, Kabupaten Samosir di Sumatera Utara mempesona para wisatawan dengan pesona alamnya yang menakjubkan dan kekayaan kuliner khasnya.

Dikenal sebagai pewaris kekayaan budaya dan tradisi Batak dan berbagai hal yang terkait dengan adat, budaya dan kebiasaan suku batak lainnya.

Sebagai traveller sejati,

Rasanya sangat tidak lengkap perjalanan anda jika tidak mengunjungi daerah ini tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Kabupaten Samosir.

Oh ya, untuk yang belum tahu dan berlum pernah dengan tentang kawasan ini admin akan berikan sedikit gambaran umum tentang kawasan ini.

Kabupaten Samosir, yang terletak di Pulau Samosir di tengah Danau Toba. Nah, untuk Danau Toba pasti pernah dengar dong!

Sedari Sekolah Dasar (SD) kita sudah pernah mendengar para guru-guru kita menjelaskan tentang pesona dan keindahan danau yang satu ini.

Saat ini, kawasan danau Toba ini sudah menjadi tujuan populer bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alam dan budaya tradisional Batak.

Selain keindahan, berbagai tradisi, adat dan budaya batak bisa anda temui dengan berkunjung di kawasan wisata yang satu ini.

Terdapat kawasan wisata alam pegunungan yang menakjubkan dan air biru jernih Danau Toba yang tak terhingga, tempat ini menawarkan ketenangan dan keindahan yang luar biasa. Sangat rugi rasanya jika berkunjung ke Samosir namun tidak singgah di lokasi Danau Toba ini.

Sepulang dari perjalanan ke Samosir ini,

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Tapanuli Utara (Tarutung) yang Wajib Dicoba

Anda bisa langsung berburu berbagai oleh oleh khas Samosir yang sangat lekat dengan kearifan lokal masyarakat suku Batak.

Misalnya ulos, kain tradisional Batak yang menjadi simbol penting dalam budaya lokal. Selain itu, ada juga kopi khas Samosir dan masih banyak hal hal unik lainnya.

Nah, adalam artikel ini ada beberapa referensi oleh oleh khas Kabupaten Samosir, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Kopi Khas Samosir

Kopi
Kopi

Sebagian besar ‘traveller’ merupakan penikmat kopi. Apakah anda juga termasuk orang yang suka dengan kopi khas dari berbagai daerah?

Untuk kawasan Kabupaten Samosir sendiri juga memiliki jenis kopi khas daerah Samosir. Jenis kopi ini cukup dikenal memiliki cita rasa yang enak dan sangat aromatik.

Mereka mengolah sendiri kopi lokal dengan cara yang cukup tradisional hingga menciptakan rasa dan aroma yang enak.

Biji kopi di kasawan Samosir merupakan biji kopi asli Indonesia yang tumbuh cukup subur di dataran tinggi Samosir karena tanah dan kondisinya yang cocok untuk bercocok tanam kopi.

Anda dapat membeli kopi segar langsung dari petani atau toko oleh-oleh di daerah ini, seperti Huta Ginjang, Batak Visitor Center dan beberapa kawasan pusat oleh oleh lainnya.

Ini sangat recommended untuk anda beli lho!

Sulingan (Uluan)

Sulingan (uluan)
Sulingan (uluan)

Sulingan sebenarnya bukanlah barang hasil karya seni yang asing bagi masyarakat Indonesia, bahkan di sekolah pun kita sudah di perkenalkan dengan alat musik tradisional yang satu ini.

Namun, bagaimana dengan Sulingan yang dibuat oleh masyarakat Batak di Kabupaten Samosir ini?

…Kayaknya anda harus nyoba dech!

Sulingan atau uluan adalah alat musik tradisional Batak yang terbuat dari bambu. Alat musik ini digunakan dalam berbagai acara adat dan dikenal karena suaranya yang khas dan merdu. Sulingan juga dianggap sebagai simbol kepercayaan dan kebudayaan Batak.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Agam, Kelezatan Kuliner dari Ranah Minang!

Jika Anda tertarik membeli sulingan sebagai oleh-oleh, Anda dapat mengunjungi pasar tradisional di daerah Ambarita atau Tomok.

Di sana, Anda dapat membeli sulingan dengan berbagai ukuran dan harga yang bervariasi. Pastikan Anda membeli dari penjual yang terpercaya untuk mendapatkan kualitas yang baik.

Ulos

Ulos
Ulos

Khusus jenis kain yang satu ini, akan hanya bisa anda temukan dalam kalangan masyarakat Suku Batak. Ulos sudah di kenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk anda ketahui,

Ulos ini merupakan jenis kain tradisional Batak yang sering digunakan dalam upacara adat, seperti perkawinan, kematian, dan acara adat lainnya. Kain ini ditenun dengan tangan dan memiliki simbol-simbol yang bermakna serta pola-pola yang khas.

Anda tidak bisa mendapatkan jenis kain tenun yang satu ini di kawasan lain selain kawasan Suku Batak, karena memang masyarakat batak lah yang memproduksi jenis kain tenun Ulos ini.

Namun, ini tidak sulit untuk didapatkan jika sedang berada di Kabupaten Samosir.

Anda dapat membeli ulos sebagai oleh-oleh di toko-toko oleh-oleh yang tersebar di Kabupaten Samosir, seperti di desa Tomok dan desa Simanindo.

Selain sebagai oleh-oleh, kain ulos juga bisa digunakan sebagai hiasan etnik di rumah atau sebagai kado untuk kerabat Anda.

Alat Musik Gondang Sabangunan

Alat Musik Gondang Sabangunan
Alat Musik Gondang Sabangunan

Masyarakat Suku Batak sangat identik dengan penggunaan Gondang Sabangunan ini, alat musik yang satu ini memang berasal dari Suku Batak yang ada di Sumatera Utara.

Sebagai informasi untuk anda,

Gondang sabangunan merupakan salah satu jenis alat musik tradisional Batak yang terdiri dari tiga jenis alat musik yaitu gondang, sabangunan, dan tagading.

Alat musik ini biasanya dimainkan pada upacara adat atau saat perayaan yang besar. Di daerah ini, Anda dapat membeli alat musik ini langsung dari pengrajin atau penjual di pasar tradisional.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Tebing Tinggi, Yakin Nggak Mau Beli?

Pastikan Anda membeli dari penjual yang terpercaya untuk mendapatkan kualitas yang baik dan asli. Ada banyak versi yang tidak memiliki kualitas yang baik yang beredar di pasaran. Untuk itu, pastikan anda membeli di tempat yang memang sudah terpercaya.

Ini keren banget lho!

Bolu Gulung

Bolu Gulung
Bolu Gulung

Bolu gulung adalah kue tradisional Batak yang terbuat dari tepung terigu dan gula pasir serta diisi dengan selai kacang atau keju.

Kue ini biasanya disajikan pada saat acara adat, ulang tahun, atau perayaan lainnya.

Jika Anda ingin membeli bolu gulung sebagai oleh-oleh, Anda dapat mencari di toko oleh-oleh di daerah Balige atau Pangururan.

Kue ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti cokelat, keju, atau selai kacang.

Selain oleh-oleh di atas, masih banyak lagi produk khas Kabupaten Samosir yang bisa menjadi pilihan Anda, seperti kain tenun, sarung Ulos, bahan makanan khas, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang asli dan berkualitas untuk kenang-kenangan atau sebagai hadiah bagi keluarga dan teman Anda.

Oleh Oleh Khas Samosir Lainnya

Selain beberapa jenis oleh oleh Khas Samosir yang sudah admin jelaskan diatas, masih ada banyak lagi barang-barang atau kuliner yang merupakan buatan asli masyarakat Kabupaten Samosir ini.

Ini bisa menjadi pilihan ketika anda sedang mencari ‘buah tangan’ untuk di bawa pulang setelah dari Samosir ini.

Berikut referensi lainnya:

  1. Cinderamata Khas Samosir
  2. Arsik
  3. Itak Gurgur
  4. Kaos Samosir
  5. Kopi Lintong
  6. Mangga Sibandang
  7. Naniura
  8. Kacang Sihobuk
  9. Tipa-Tipa

Baca juga informasi lainnya :