10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Nias Selatan (Nisel) yang Wajib Dibawa Pulang

Wisatalombok.co.id, Oleh Oleh Khas Daerah Kabupaten Nias Selatan — Siapa yang tidak tahu akan keindahan alamnya dan kekayaan budayanya Nias Selatan. Daerah ini memiliki banyak potensi wisata alam dengan culture yang sangat kental.

Ada banyak orang yang dengan sengaja datang ke wilayah ini hanya untuk menikmati keindahan alam dan keunikan berbagai kulinernya.

So, ini recommended banget buat masuk dalam list travelling anda berikutnya ~

Tak hanya sekedar menikmati alam nan indah saja, ada daya tarik lainnya yang tak dapat dilewatkan dari wilayah ini yaitu oleh-oleh khasnya yang menawarkan beragam kenikmatan untuk para pengunjung.

Oleh-oleh khas Kabupaten Nias Selatan menjadi cerminan dari keunikan dan keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat setempat.

Di balik setiap produk oleh-oleh, terdapat sejarah panjang dan kisah menarik yang menggambarkan kehidupan dan nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi.

Nah,

Untuk anda yang akan melakukan kunjungan ke Nias Selatan ini, sebaiknya membeli beberapa oleh oleh khas Nias Selatan yang ada pada list berikut ini:

Ukiran Kayu Khas Nias Selatan

Ukiran Kayu Khas Nias Selatan
Ukiran Kayu Khas Nias Selatan

Ukiran kayu khas Nias Selatan merupkan salah salah satu bentuk seni dan kerajinan tangan yang memukau, menggambarkan keindahan dan keunikan budaya masyarakat di wilayah ini.

Ukiran kayu telah menjadi bagian penting dari identitas budaya Nias Selatan dan memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan kolektor seni.

Ukiran kayu dari Nias Selatan memiliki ciri khas pada motif-motif tradisional yang digunakan. Motif-motif tersebut sering kali mengambil inspirasi dari alam, seperti burung, hewan, tanaman, dan simbol-simbol yang memiliki makna dan nilai budaya penting bagi masyarakat setempat.

Para pengrajin ukiran kayu di Nias Selatan adalah orang-orang yang sangat terampil dan mahir dalam mengolah kayu.

Proses ukiran dilakukan secara manual menggunakan berbagai alat tradisional, yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi untuk menciptakan karya seni yang indah dan detail.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Pasaman, Bikin Kangen Pengen Travelling Lagi!

Ukiran kayu khas Nias Selatan telah menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin menggali lebih dalam tentang budaya dan seni tradisional di wilayah ini.

Beberapa pengrajin dan toko-toko seni di Nias Selatan juga menyediakan karya ukiran untuk dijual sebagai oleh-oleh bagi para pengunjung.

Tenun Tradisional Khas Nias Selatan

Tenun Tradisional Khas Nias Selatan
Tenun Tradisional Khas Nias Selatan

Seni tenun telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi dan menjadi simbol kearifan lokal serta identitas budaya yang kuat.

Ketika mengunjungi Nias Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan langsung proses pembuatan tenun tradisional ini, berinteraksi dengan perajinnya, dan memperoleh beberapa karya seni yang unik sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda.

Dengan begitu, Anda turut berkontribusi dalam melestarikan warisan budaya yang berharga dari wilayah yang kaya akan keindahan alam dan kearifan lokal ini.

Tabadu Coffee Robusta Khas Nias

Tabadu Coffee Robusta Khas Nias
Tabadu Coffee Robusta Khas Nias

Kopi Robusta adalah jenis kopi yang berasal dari spesies Coffea canephora, yang memiliki ciri khas tertentu dibandingkan dengan kopi Arabika (Coffea arabica).

Ini menjadi satu varietas kopi khas Nias, sebuah pulau yang terletak di Sumatera Utara, Indonesia.

Tabadu Coffee Robusta memiliki citra rasa yang kuat, penuh badam, dan kadang-kadang disertai dengan sentuhan cokelat atau cokelat hitam.

Kopi ini juga memiliki aroma yang khas dan menarik, yang dihasilkan dari proses pengolahan dan lingkungan tumbuhnya di daerah pegunungan Nias.

Proses pengolahan kopi di Nias, termasuk Tabadu Coffee Robusta, masih banyak dilakukan secara tradisional oleh petani lokal.

Metode pengolahan yang umum termasuk metode basah atau metode kering (natural), di mana biji kopi dipisahkan dari buahnya dan dikeringkan sebelum diolah lebih lanjut.

Kue Sinonggi

Kue Sinonggi
Kue Sinonggi

Kue Sinonggi memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis sehingga cocok sebagai camilan saat berkumpul bersama keluarga atau teman.

Selain itu, kue ini juga dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kue Sinonggi adalah salah satu oleh oleh khas dari Kabupaten Nias Selatan yang terbuat dari bahan dasar ubi kayu dan gula merah.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Simeulue (Sinabang), Coba Mie Lobster?

Tidak heran jika Kue Sinonggi selalu menjadi salah satu oleh oleh yang banyak diburu para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Nias Selatan.

Kain Ulos

Kain Ulos
Kain Ulos

Kain Ulos merupakan produk kain tenun tradisional khas dari sumatera utara yang diproduksi secara handmade oleh masyarakat Nias Selatan.

Ini keren banget lho ~

Kain ini memiliki motif dan warna yang sangat beragam sehingga dapat dipakai untuk berbagai acara seperti pesta, adat, atau bahkan digunakan sebagai souvenir pernikahan.

Selain itu, kain ulos juga dipercaya memiliki makna spiritual dalam kehidupan masyarakat Nias.

Oleh karena itu, Kain Ulos menjadi oleh oleh khas yang sangat direkomendasikan bagi wisatawan sebagai buah tangan.

Jangan lupa beli ya!

Kopi Pusaka Nias

Kopi Pusaka Nias
Kopi Pusaka Nias

Kopi Pusaka Nias merupakan kopi khas dari Kabupaten Nias Selatan yang memiliki cita rasa yang khas dan unik.

Kopi ini tumbuh subur di dataran tinggi Gunung Sitoli dan dipetik oleh petani setempat dengan cara tradisional yang memastikan kualitas biji kopi.

Selain itu, kopi Pusaka Nias juga diproses secara alami dan tanpa bahan kimia tambahan sehingga aman dikonsumsi dan sehat.

Kopi Pusaka Nias menjadi oleh oleh khas yang wajib dibawa oleh para wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Nias Selatan.

Madu Hutan

Madu Hutan
Madu Hutan

Madu Hutan merupakan produk alam khas dari Kabupaten Nias Selatan yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga yang ada di hutan.

Madu yang dihasilkan memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut sehingga cocok dikonsumsi sebagai pengganti gula atau sebagai campuran makanan dan minuman.

Selain itu, Madu Hutan juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat membantu mengurangi gejala flu dan batuk.

Madu Hutan bisa menjadi oleh oleh khas yang banyak diburu para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Nias Selatan.

Biji Merica

Biji Merica
Biji Merica

Biji Merica Nias adalah salah satu oleh oleh khas Kabupaten Nias Selatan yang terkenal di Nusantara. Biji merica ini dihasilkan dari perkebunan pohon merica yang ditanam di wilayah Kabupaten Nias Selatan.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Simalungun - Cemilan Tradisional yang Kaya Akan Rasa

Biji Merica Nias memiliki karakteristik yang berbeda dengan biji merica dari daerah lain karena memiliki aroma yang lebih tajam dan pedas.

Bijian merica ini sangat cocok dijadikan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa pedas. Biji Merica Nias menjadi oleh oleh khas yang wajib dibawa oleh para wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Nias Selatan.

Oleh Oleh Khas Kabupaten Nisel Lainnya

Nah, itulah beberapa referensi oleh oleh Khas Nias Selatan yang bisa anda dapatkan dengan sangat mudah ketika sedang berlibur di Nias Selatan ini.

Selain itu,

Masih ada banyak jenis Oleh Oleh Khas Kabupaten Nisel Lainnya yang bisa dibeli untuk anda bawa pulang, ini referensi lainnya:

  • Biga
  • Garifi Gae Siata
  • Galame Durian
  • Hambae Natiti
  • Sambal Bubuk Udang
  • Saku Nisolo

Dari beberapa oleh oleh khas Kabupaten Nias Selatan yang sudah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Nias Selatan memiliki beragam jenis oleh oleh yang dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan sebagai buah tangan atau oleh oleh yang dibawa pulang.

Selain itu, oleh oleh khas tersebut diproduksi secara tradisional oleh masyarakat setempat sehingga memiliki nilai ekonomi yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias Selatan.

Oleh karena itu, bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Nias Selatan, tidak ada salahnya untuk mencicipi dan membeli salah satu oleh oleh khas yang sudah disebutkan tersebut.

Baca juga informasi lainnya :