10+ Tempat Wisata Jawa Timur (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Selain Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur juga merupakan wilayah yang terkenal memiliki banyak tempat wisata, terutama wisata alam.

Kamu akan mudah menemukan bebrap tempat wisata Jawa Timur ketika berlibur atau berkunjung ke daerah tersebut.

Jawa Timur memiliki beragam destinasi wisata mulai dari alam hingga rekreasi edukasi. Bagi kamu yang sedang mencari inspirasi liburan, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi.

Ada banyak tempat wisata Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi. Salah satu provinsi yang memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap. Mulai dari pegunungan, pantai, gua, hingga air terjun.

Yuk. simak hingga selesai Informasi selengkapnya berikut ini.

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Jawa Timur

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo Jawa Timur
Gunung Bromo Jawa Timur

Uniknya, Gunung bromo terletak pada 4 wilayah, yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Tak hanya warga Jawa Timur, pesona Gunung Bromo sudah terkenal seluruh Indonesia.

Pengunjung biasanya mendaki Gunung Bromo pada pagi hari untuk melihat sunrise. Kemudian berkuda dan melewati padang pasir pada kaki Gunung Bromo.

Nah, pada saat kamu sampai ke Gunung Bromo, kamu akan menemukan 3 pesona Bromo, yaitu lautan pasir yang luas, pemandangan yang instagrammable, dan sensasi menunggang kuda di padang pasir.

Meskipun cukup tinggi, Gunung Bromo saat ini sudah menjadi tempat wisata Jawa Timur, sehingga perjalanan sampai ke puncaknya relatif sangat mudah.

2. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Jawa Timur
Pantai Balekambang Jawa Timur

tempat wisata Jawa Timur selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Balekambang yang memiliki pantai dengan air laut yang jernih berwarna biru dan pasir pantai putih halus membuat pantai ini cukup populer dan ramai pengunjungnya.

Pantai Balekambang merupakan pantai pesisir selatan yang terletak pada tepi Samudra Indonesia secara administratif masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Terlebih lagi terdapat pura dari pulau karang pada area sekitar pantai menjadi keunikan tersendiri.

Selain itu, pantai ini juga terdapat beberapa spot foto lainnya, antara lain spot foto dari kayu yang hampir menyerupai ayunan bertuliskan “Never Ending Bale Kambang” dan area tepi pantai.

Puas berfoto-foto, kamu juga bisa bersantai pada atas pasir putih dan menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset).

Nah, Terdapat biaya parkir bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi dengan tarif mulai Rp 5.000 untuk sepeda motor, mulai Rp 10.000 untuk mobil, dan mulai Rp 15.000 untuk kendaraan berukuran besar. 

3. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih

Kamu masi bingung untuk mencari tempat wisata Jawa Timur? Jika iya, Pantai Pasir Putih ini bisa lho, kamu jadikan tujuan untuk menikmati liburan akhir pekan bareng keluarga ataupun pasangan.

Nah, untuk Lokasi Pantai Pasir Putih berada pada kawasan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kamu harus menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari pusat Kota Surabaya untuk sampai ke lokasi pantai ini.

Baca Juga:   Curug Jonggol Ciherang: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pesona pada pasir pantainya yang putih halus dan air lautnya yang jernih dan menampilkan warna gradasi hijau dan biru.

Pantai yang landai menjadi area bermain yang lapang untuk anak-anak. Mereka dapat bermain pasir, mencari keong, kerang, atau ikan kecil saat air surut.

Selain itu, harga tiket masuk area Pantai Pasir Putih Situbondo cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 10.000. Dengan harga tersebut, kamu dapat menikmati keindahan pantai.

Sedangkan, harga sewa penginapan terendah sebesar Rp 200.000 dan harga tertinggi penginapan sebesar Rp 500.000.

Jadi, tunggu apa lagi saat sedang mencari wisata tempat wisata Jawa Timur lengkap dengan penginapan. Pantai Pasir Putih ini bisa kamu jadikan tujuan yang palig tepat.

4. Curug Coban Rondo

Curug Coban Rondo Jawa Timur
Curug Coban Rondo Jawa Timur

Jika dari pusat Kota Malang, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 25 km untuk sampai ke wisata curug yang satu ini. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dengan aliran air yang deras dan sangat jernih.

Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja untuk menikmati pesona alam yang indah dan suasana curug yang sejuk dan asri.

Selain itu, pada musim penghujan, debit air terjun dapat mencapai 150 liter per detik, sedangkan pada musim kemarau dabit air terjun sekitar 90 liter meter per detik.

Dengan air terjun yang cukup tinggi, kamu yang mendekati air terjun akan terkena titik-titik air yang diterbangkan angin. Semakin dekat air terjun, pakaian akan semakin basah.

Maka dari itu, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat wisata Jawa Timur, karena Curug Coban Rondo adalah pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi.

5. Gua Maharani

Gua Maharani
Gua Maharani

Selanjutnya tempat wisata Jawa Timur adalah Gua Maharani. Lokasi gua ini berada pada kawasan kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Merupakan gua yang berukuran 2500 meter dan memiliki pesona bawah tanah dengan banyaknya stalaktit dan stalakmit yang menempel pada langit – langit gua serta batuan – batuan unik.

Nah, untuk lokasi Maharani Zoo dan Goa Lamongan ada pada Jalan Raya Paciran, Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur atau hanya berjarak 1,5 jam dari pusat Kota Surabaya.

Selain itu, untuk harga tidak masuk  Gua Maharani ini tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok, hanya Rp 35.000 per orang.

Untuk jam buka setiap hari mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB.

Dengan begitu, saat kamu sedang berkunjung ke tempat wisata Jawa Timur, jangan sampai kelewatan ya untuk mengunjungi Gua Maharani ini.

6. Pulau Sendang Biru

Pulau Sendang Biru Jawa Timur
Pulau Sendang Biru Jawa Timur

Selanjutnya wisata Pulau yang satu ini memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan. Airnya yang sangat jernih berwarna hijau bahkan memungkinkan kamu melihat dasar pulau.

Garis Pantai Sedang Biru terletak sejajar dengan ruas jalan nasional Balekambang-Bajul Mati-Sendang Biru yang keseluruhannya terbangun sepanjang 21,3 kilometer.

Untuk mencapai Pantai Sendang Biru, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi, mobil atau motor. Waktu tempuh ke Pantai Sendang Biru dari alun-alun Kota Malang berkisar 2 jam 15 menit melewati Turen-Dampit-Wanakerta-Pantai Sendang Biru.

Baca Juga:   Liburan ke Sulawesi Selatan? Ini 10 Tempat Wisata Bantaeng yang Wajib Untuk Kamu Sambangi

Selain itu, Pantai Sendang Biru buka selama 24 jam setiap harinya. Jika kamu ingin menghabiskan waktu luang pada pantai ini, kamu tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak uang.

Biaya masuk ke pantai ini sangat terjangkau, yaitu hanya Rp12.000 per orang. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, ada biaya retribusi parkir sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Dengan begitu, Pulau Sendang Biru ini bisa menjadi tujuan untuk kamu kunjungi, bareng keluarga ataupun pasangan, pasti akan tersa lebih menyenangkan.

7. Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas
Pemandian Air Panas

Bergeser ke daerah Cangar, dari tempat wisata Jawa Timur ini kamu bisa menemukan kolam pemandian air panas yang sumbernya alami. Lokasinya berjarak sekitar 20 km dari Kota Batu Malang.

Tempat wisata Jawa Timur yang satu ini terdapat beberapa jenis kolam, mulai dari kolam besar, kolam kecil, kolam khusus wanita dan kolam tertutup atau kamar VIP.

Oleh karena itu kamu tidak perlu merasa khawatir untuk mandi pada tempat ini.

Jadi, saat kamu sedang berlibur ke tempat wisata Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Pemandian Air Panas untuk menikmati liburan akhir pekan kamu.

8. Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak Jawa Timur
Pantai Kondang Iwak Jawa Timur

Selanjutnya wisata Pantai Kondak Iwak berlokasi daerah Tulungrejo, pantai ini memang tidak terlalu banyak dikunjungi.

Namun cocok untuk kamu yang ingin refreshing atau menepi dari hiruk pikuk perkotaan dengan merasakan ketenangan alam.

Akses jalan menuju pantai ini bisa mengunakan kendaraan pribadi dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Akses jalan menuju pantai ini bisa mengunakan kendaraan pribadi dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk angkutan umum belum ada yang masuk melewati pantai ini hanya saja angkutan umum sesampai di Donomulyo dan selanjutnya kamu harus mengunakan jasa ojek untuk menuju ke lokasi Pantai Kondang Iwak.

Selama perjalanan anda akan di manjakan dengan keindahan alam yang sangat luar biasa indah. Jadikan liburan kamu dan keluarga ke Pantai Kondang Iwak semakin menyenangkan dan berkualitas. 

9. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan
Telaga Sarangan

Tempat wisata ini berlokasi pada Kaki Gunung Lawu dan memiliki luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman sekitar 28 meter ini memiliki pesona alam pegunungan hijau dan pemukiman warga serta udara yang sejuk dan menyegarkan.

Asal-usul Telaga Sarangan bermula dari kisah Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Mereka adalah pasangan yang hidup di sebuah gubuk di lereng Gunung Lawu.

Kyai Pasir merupakan seorang petani. Pasangan ini hidup dari hasil ladang mereka. Pada suatu hari, Kyai Pasir menemukan sebutir telur di ladang. Tanpa tahu telur dari binatang apa, Kyai Pasir membawanya pulang.

Terlepas dari legenda dan mitosnya, Telaga Sarangan adalah tempat wisata yang sangat menarik. Selain pemandangan, ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan. 

Selain itu, harga tiket masuk di kawasan Telaga Sarangan adalah Rp 20 ribu untuk dewasa (Rp 19 ribu untuk tiket dan Rp 1.000 untuk asuransi) dan Rp 10 ribu untuk anak-anak (Rp 9.000 untuk tiket dan Rp 1.000 untuk asuransi). Tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir.

Baca Juga:   Keindahan Curug Ciherang: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

10. Jatim Park

Jatim Park
Jatim Park

Setidaknya ada 3 Jawa Timur Park dengan lokasi, harga tiket, tema hingga wahana yang berbeda. Adapun kesamaannya, yaitu sama-sama cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Lokasi Jawa Timur Park 1 berada di Jalan Kartika No.2, Sisir, Kota Batu, Jawa Timur. Jawa Timur Park 2 berada pada Jalan Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kota Batu, Jawa Timur.

Sedangkan Jawa Timur Park 3 berada pada Jalan Ir. Soekarno No.144, Beji, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Jatim Park terbagi menjadi tiga bagian, yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Masing-masing punya wahana yang berbeda.

Nah, Jatim Park 1 merupakan tempat rekreasi yang mereka bangun pertama kali oleh Jatim Park, yang menyediakan banyak wahana seru untuk anak-anak hingga orang dewasa. Anak-anak bisa mencoba wahana Mini Train, Happy Boat, Convoy Car, Ulat Coaster, dan Froggy

Sedangkan, Jatim Park 2 memiliki konsep kebun binatang interaktif. Tempat ini terbagi menjadi tiga area, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green park.

Saat kamu sedang berkunjung ke Batu Secret Zoo, kamu dapat melihat berbagai satwa yang habitatnya tersebar di seluruh dunia, seperti hutan tropis Asia, padang gurun Afrika, hingga dasar Samudera pasifik.

Jika ingin mengunjungi tempat yang punya banyak spot foto, Anda bisa memilih Jatim Park 3. Tempat rekreasi ini memiliki zona yang beragam, yaitu Dino Park, The Legend Star, Funtech Plaza, Museum Musik Dunia, Millenial Glow Garden, dan Predator Fun Par.

Dengan begitu, kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan kamu, karena Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Masing-masing punya wahana yang berbeda.

Tempat Wisata Jawa Timur Lainnya

Sampai disini saja pembahasan admin mengenai daftar rekomendasi 10 tempat Wisata Jawa Timur yang menyuguhkan pemandangan sangat memukau.

Jika salah satu antaranya ada yang membuatmu tertarik untuk mengunjunginya, maka tak usah menunggu waktu lebih lama lagi, segera kunjungi tempat wisata tersebut.

Berikut ini ada informasi tambahan mengenai tempat wisata Jawa Timur lainya:

  • Taman Nasional Baluran
  • Pantai Teluk Hijau
  • Gunung Semeru
  • Gili Ketapang, Probolinggo
  • Ranu Agung
  • Kawah Ijen

Selamat mengunjungi 10 tempat wisata Jawa Timur tersebut. Supaya lebih seru, ajaklah keluarga dan temanmu untuk menyaksikan keindahan alam di tempat Jawa Timur.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai rekomendasi 10 tempat wisata Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi ketika weekend atau saat – saat liburan.

Dengan banyaknya pilihan tempat wisata Jawa Timur tersebut, kini kamu tidak perlu bingung lagi menentukan destinasi wisata tujuan kamu.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys…!

Selamat membaca dan semoga liburanmu menyenangkan…!

Baca Juga: