10+ Tempat Wisata Kota Batu, (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Kota Batu merupakan salah satu kota wisata di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. 

Meski begitu, kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang ini memiliki berbagai macam tempat wisata lain yang menarik untuk kamu kunjungi.

Bicara tentang daya tarik wisata Batu, kota ini mendapat julukan sebagai kota apel karena termasuk daerah penghasil apel terbesar di Indonesia. kamu juga bisa menikmati beragam wisata Batu, mulai dari wisata air hingga wisata rekreasi.

Namun, sebelum admin lanjut, kamu sudah tahu belum tempat wisata Kota Batu? Jika belum, kamu tidak perlu khawatir, admin punya rekomendasi tempatnya buat kamu.

Oleh karena itu artikel kali ini admin akan membahas terkait rekomendasi 10 tempat wisata Kota Batu yang pastinya menarik dan seru untuk kamu kunjungi.

Jika kamu penasaran dengan penjelasan lengkapnya, simak informasi berikut hingga selesai ya!

Rekomendasi Tempat Wisata Kota Batu Paling Hits

1. Alun-Alun Kota Wisata Batu

Alun-Alun Kota Wisata Batu Malang
Alun-Alun Kota Wisata Batu Malang

Wisata Alun-Alun Kota Batu merupakan salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke kota ini.

Alun-Alun Batu bisa kamu kunjungi secara gratis dan cocok untuk segala kalangan, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Lokasi Alun-Alun Kota Wisata Batu ini berada pada kawasan Jalan Diponegoro, Kecamatan Sisir, Batu, Jawa Timur.

Selain itu, saat kamu datang ke Alun-alun Kota Batu tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Akan tetapi, kamu akan tenak tarif jika menaiki berbagai wahana yang ada.

Namun, Jika kamu membawa kendaraan pribadi akan kena tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Maka dari itu, untuk kamu yang sedang berkunjung ke Malang, jangan lupa mampiar ke tempat wisata yang satu ini, pasti akan sangat menyenangkan.

2. Batu Love Garden

Batu Love Garden Malang
Batu Love Garden Kota Batu

Tempat wisata selanjutnya yang admin rekomendasikan adalah Love Garden yang lebih terkenal sebagai Baloga ini mempunyai banyak sekali koleksi bunga yang pastinya akan sangat cantik jika kamu gunakan sebagai latar belakang ketika berselfie ria.

Selain bunga, terdapat juga banyak tanaman hingga sayuran lainnya dan beberapa wahana untuk anak-anak. Alamat dari wisata Batu Love Garden berada pada Jalan Raya Pandanrejo No.91, Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Selain itu, harga tiket Batu Love Garden terbagi menjadi tiket reguler dan tiket terusan. Harga tiket reguler Baloga adalah Rp 60.000 pada weekday dan Rp 80.000 saat weekend.

Sedangkan, harga tiket terusan Baloga adalah Rp 100.000 pada weekday dan Rp 120.000 saat weekend. Untuk jam Jam buka Batu Love Garden yakni mulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan 16.30 WIB.

Baca Juga:   Curug Love Bogor: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Jadi tunggu apa lagi saat kamu sedang berkunjung ke Malang, jangan lupa mampir ke tempat wisata yang satu ini ya. selain murah harga tiketnya juga murah kok.

3. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular Malang
Batu Night Spectacular Kota Batu

Sama seperti namanya, tempat wisata yang ini hanya buka ketika malam hari saja. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu nikmati dari BNS ini, seperti spot foto instagramable, berbagai wahana menarik, hingga film 3D.

Batu Night Spectacular lokasinya terletak pada Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Batu, Jawa Timur.

Tiket reguler BNS dibanderol harga Rp 35.000 per orang pada Senin-Kamis, dan Rp 40.000 per orang pada Jumat-Minggu serta libur nasional.

Dengan tarif tersebut, kamu mendapatkan akses masuk kawasan BNS dan gratis tiga wahana meliputi Lampion Garden, Trick Art Gallery, dan Maze of Horror.

Selain ketiga wahana tersebut, kamu harus membeli tiket terpisah untuk wahana lainnya.

Dengan tarif tersebut, kamu mendapatkan akses masuk kawasan BNS dan gratis 29 wahana untuk sekali permainan. Namun, tidak termasuk wahana Gokart.

4. Coban Rais

Coban Rais Malang
Coban Rais Kota Batu

Selanjutnya tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Coban Rais. Tempat wisata ini adalah salah satu coban atau air terjun hits yang paling ramai oleh pengunjung.

Tempat ini mempunyai pemandangan yang mampu memanjakan mata hingga media sosialmu. Wisata Coban Rais ini berada pada kawasan Dusun Dresel, Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur.

Selain itu, Coban Rais relatif murah dan terjangkau tiket masuknya. Hanya dengan membayar Rp. 12.500,- kamu bisa puas menikmati segarnya air terjun dan sejuknya udara seharian pada Coban Rais ini.

Oleh karena itu, saat kamu sedang mencari tempat wisata Kota Batu, Coban Rais ini bisa menjadi salah satu yang wajib kamu kunjungi.

5. Coban Talun

Coban Talun Malang
Coban Talun Kota Batu

Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah berupa air terjun dan banyaknya tumbuhan hijau yang mengelilinginya.

Selain itu, ada juga beberapa wahana menarik yang bisa kamu nikmati.

Jika tertarik ingin mengunjunginya, lokasi Coban Talun berada dalam kawasan Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Selain itu, Air Coban talun berasal dari aliran Sungai Brantas yang masuk ke dalam hutan lindung dan memiliki aliran yang deras.

Sementara, terbentuknya Coban Talun merupakan proses erupsi vulkanik Gunung Arjuna Welirang atau Gunung Arjuno. Sekitar lokasi air terjun banyak batuan yang berasal dari letusan gunung.

Nah, untuk kamu yang ingin menikmati keindahan suasana area Coban Talun akan kena biaya tiket sebesar Rp 10.000 saja. Tentu dengan harga segitu tidak sampai membuat kantong kamu bolong.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat wisata Kota Batu, karena Coban Talun adalah pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi.

6. Eco Green Park

Eco Green Park
Eco Green Park

Kamu masi bingung untuk mencari tempat wisata Kota Batu, Malang? Jika iya, Eco Green Park bisa menajdi tujuna untuk kamu yang ingin menikmati liburan akhir pekan.

Baca Juga:   Liburan ke Sulawesi Selatan? Ini 10 Tempat Wisata Bantaeng yang Wajib Untuk Kamu Sambangi

Eco Green Park Batu berlokasi pada Jalan Raya Oro-Oro Ombo Nomor 9A, Sisir, Batu. Buka setiap hari dari pukul 08.30 hingga 16.30 WIB.

Taman hiburan sekaligus edukasi keluarga di Batu, Jawa Timur yang satu ini, menawarkan pengalaman liburan bersama satwa dengan berbagai jenis burung.

Tak hanya bisa bermain dengan ribuan burung khas, Eco Green Park Batu juga menawarkan wahana permainan untuk anak-anak atau orang dewasa.

Selain itu, Eco Green Park Batu merupakan satu pengelola dengan Jawa Timur Park. Untuk biaya tiket Eco Green Park Batu terbagi atau tergabung dalam beberapa jenis, jika Weekend Rp 75.000 per orang sedang Weekdays Rp 55.000 per orang.

Namun, ada biaya tambahan sebesar Rp 10.000 untuk para pengunjung yang ingin memberi makan pelikan atau Rp 5.000 untuk kamu yang ingin memberi makan burung merak putih.

Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat wisata Kota Batu, karena Eco Green Park adalah pilihan yang tepat.

7. Jawa Timur Park

Jawa Timur Park
Jawa Timur Park

Setidaknya ada 3 Jawa Timur Park dengan lokasi, harga tiket, tema hingga wahana yang berbeda. Adapun kesamaannya, yaitu sama-sama cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Lokasi Jawa Timur Park 1 berada di Jalan Kartika No.2, Sisir, Kota Batu, Jawa Timur. Jawa Timur Park 2 berada pada Jalan Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kota Batu, Jawa Timur.

Sedangkan Jawa Timur Park 3 berada pada Jalan Ir. Soekarno No.144, Beji, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Jatim Park terbagi menjadi tiga bagian, yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Masing-masing punya wahana yang berbeda.

Nah, Jatim Park 1 merupakan tempat rekreasi yang mereka bangun pertama kali oleh Jatim Park, yang menyediakan banyak wahana seru untuk anak-anak hingga orang dewasa. Anak-anak bisa mencoba wahana Mini Train, Happy Boat, Convoy Car, Ulat Coaster, dan Froggy

Sedangkan, Jatim Park 2 memiliki konsep kebun binatang interaktif. Tempat ini terbagi menjadi tiga area, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green park.

Saat kamu sedang berkunjung ke Batu Secret Zoo, kamu dapat melihat berbagai satwa yang habitatnya tersebar di seluruh dunia, seperti hutan tropis Asia, padang gurun Afrika, hingga dasar Samudera pasifik.

Jika ingin mengunjungi tempat yang punya banyak spot foto, Anda bisa memilih Jatim Park 3. Tempat rekreasi ini memiliki zona yang beragam, yaitu Dino Park, The Legend Star, Funtech Plaza, Museum Musik Dunia, Millenial Glow Garden, dan Predator Fun Par.

Dengan begitu, kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan kamu, karena Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Masing-masing punya wahana yang berbeda.

8. Museum Angkut, Tempat Wisata Kota Batu

Museum Angkut Malang
Museum Angkut Kota Batu

Tempat selanjutnya yang kamu kunjungi adalah Museum Angkut.Museun ini merupakan museum transportasi modern pertama yang ada di Indonesia.

Ada banyak sekali moda transportasi baik itu berupa mobil klasik, sepeda motor, helikopter, kapal, dan lain sebagainya. Museum Angkut ini lokasinya berada pada kawasan Jalan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur.

Baca Juga:   Tak Perlu Bingung! Inilah Rekomendasi 10 Tempat Wisata Purwokerto

Nah, untuk bisa menikmati berbagai wahana dan atraksi Museum Angkut. kamu perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp100.000 – Rp170.000 untuk membeli tiket masuk.

Selian itu, kamu bisa berkunjung ke museum agak siangan. Karena Museum Angkut Batu Malang buka mulai pukul 12:00 Siang hingga pukul 08.00 malam.

9. Predator Fun Park

Predator Fun Park Malang
Predator Fun Park Kota Batu

Wisata Predator Fun Park merupakan tempat wisata edukasi yang berisi hewan-hewan predator dan beberapa wahana lainnya.

Lokasi tempat wisata Predator Fun Park ada pada Jalan Raya Tlekung No.315, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Harga tiket Predator Fun Park sudah termasuk menikmati semua wahana dan waterpark, tarif saat Senin-Jumat Rp 50.000 sedangkan Sabtu-Minggi Rp 70.000.

Tiket tersebut bisa berbeda ketika memasuki high season atau musim liburan dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola wisata.

Ada beberapa tarif tambahan seperti pemberian pakan pada hewan atau berfoto dengan hewan yang memang menjadi bagian dari pertunjukan. 

Predator Fun Park dapat dikunjungi setiap hari dengan jam buka mulai dari pukul 07.00 sampai 15.00 WIB.

10. Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta Malang
Taman Rekreasi Selecta Kota Batu

Tempat wisata taman ini adalah salah satu taman bunga yang paling terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain taman bunga, tempat ini juga berisi banyak wahana dan fasilitas lainnya.

Taman Rekreasi Selecta lokasinya berada pada kawasam Jalan Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur.

Nah, untuk harga tiket masuk Taman Selecta adalah Rp 40.000 per orang, berdasarkan informasi dari laman resminya. Harga tiket itu berlaku untuk weekday dan weekend.

Namun, tiket itu belum termasuk sejumlah wahana berbayar yanga ada. Taman Selecta buka setiap hari. Jam buka Taman Selecta adalah mulai pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Tempat Wisata Kota Batu Lainnya

Sampai disini saja pembahasan admin mengenai daftar rekomendasi 10 tempat wisata Kota Batu yang menyuguhkan pemandangan sangat memukau.

Jika salah satu antaranya ada yang membuatmu tertarik untuk mengunjunginya, maka tak usah menunggu waktu lebih lama lagi, segera kunjungi tempat wisata tersebut.

Berikut ini ada informasi tambahan mengenai tempat wisata Kota Batu lainya:

  • Kampung Warna Warni Jodipan
  • Kampung Biru Arema
  • Omah Kayu
  • The Bagong Adventure Museum
  • Pulau Sempu
  • Kebun Apel Malang
  • Masjid Agung Malang
  • Pantai Balekambang
  • Pantai Tiga Warna

Selamat mengunjungi 10 tempat wisata Kota Batu tersebut. Supaya lebih seru, ajaklah keluarga dan temanmu untuk menyaksikan keindahan alam daerah Kota Batu

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan yang bisa admin sampaikan terkait rekomendasi 10 tempat wisata Kota Batu yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke sana.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk menemukan tempat wisata yang cocok dengan seleramu.

Selamat membaca dan semoga liburanmu menyenangkan ya guys…!

Baca Juga: