10+ Tempat Wisata Alam Lombok Barat (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata– Siapa sih yang tidak kenal dengan Lombok Barat, salah satu daerah yang terkenal dengan wisata alamanya yang sangat memukau.

Lombok Barat memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik untuk kamu kunjungi. Wisata alam itu cocok menjadi tempat untuk kamu menenangkan pikiran, juga menyegarkan mata.

Banyak orang yang merasa bahwa tempat wisata Lombok Barat tidak kalah dengan wisata yang ada di Bali. Jika kamu kebetulan sedang berada daerah Lombok Barat.

Ada banyak lho, wisata Lombok Barat yang bisa kamu kunjungi, mulai dari pantai, air terjun, dan lain sebagainya. Lombok Barat ini sangat cocok kamu jadikan tujuan untuk menikmati waktu wekeendmu baik bareng keluarga ataupun pasangan.

Nah, sebelum admin lanjut, kamu sudah tahu belum tempat wisata Lombok Barat yang memiliki pemandangan yang memukau? Jika kamu belum, kamu tidak perlu khawatir.

Karena pada artikel kali ini admin akan merekomendasikan 10 tempat wisata Lombok Barat, yang patut untuk kamu kunjungi.

Berikut ini informasi selengkapnya ya!

Tempat Wisata Alam Lombok Barat

1. Gili Kedis

Gili Kedis

Gili Kedis merupakan salah satu pulau kecil yang eksotis daerah Lombok Barat. Meskipun pulau ini hanya memiliki luas beberapa ratus meter, akan tetapi pesona pasir putihnya mampu menarik perhatian para wisatawan.

Kamu bisa mengunjungi pulau ini secara gratis, namun siapkan biaya untuk menyewa kapal menuju pulau ini. Lokasi Gili Kedis berada pada Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Selain itu, pulau ini menyuguhkan suasana yang sejuk dan cukup hening, karena tidak banyak pengunjung dan suara ombak. Hal ini memberikan sensasi private island.

Nah, untuk kamu yang ingin mengunjungi pulau tetapi bingung dengan rutenya, jangan khawatir. kamu bisa memakai perahu mesin, dengan menempuh perjalanan sekitar 10 menit saja.

Jadi, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Lombok Barat, karena Gili Kedis adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan yang memukau.

2. Gili Gede

Gili Gede

Gili Gede merupakan sebuah pulau kecil yang terletak 500 meter pada sebelah barat laut Pulau Lombok. Pulau ini memiliki panjang maksimum 4 km dan merupakan pulau paling besar area daerah Sekotong. 

Dalam bahasa Lombok, Gili berarti pulau. Gili Gede merupakan salah satu tempat wisata Lombok Barat. Pulau ini tersembunyi, namun memiliki keindahan yang asik untuk melakukan snorkeling dan berenang.

Selain itu, untuk bisa masuk ke Pulau Gili Gede Lombok, sebenarnya tidak ada tiket khusus yang harus kamu bayar. Namun, kamu hanya harus menyiapkan uang untuk transportasi menuju lokasi, baik itu transportasi darat maupun laut seperti boat

Biasanya untuk biaya sewa boat yang harus kamu keluarkan sekitar 250 hingga 450 per boat dan bisa kamu buat untuk 2-3 orang.

Pulau gili ini seperti lautan yang biru, pulau-pulau kecil yang membantang pada tengah lautan, hingga momen sunset dan sunrise. Itu semua bisa menjadi objek maupun backround foto. Hasil foto kamu tentu akan tampak sangat

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Air Terjun Bukit Tinggi (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Maka dari itu, jika kamu ingin berlibur ke tempat wisata Lombok Barat, Gili Gede adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu wekeendmu.

3.  Air Terjun Penimbung

 Air Terjun Penimbung

Air Terjun Penimbung merupakan salah satu tempat wisata Lombok Barat, yang patut untuk kamu kunjungi, Selain air terjunnya yang indah, Tempat ini juga memiliki pemandangan alam yang asri.

Meski ada beberapa spot, semuanya masih sesuai nama desanya saja. Air terjun pada tempat ini tidak terlalu tinggi, tetapi memiliki keunikan tersendiri.

Ada air terjun kembar yang mengalir ke sebuah kolam alami. Kamu bisa lho berenang pada kolam yang segar area tempat ini. Lokasinya berada pada desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.

Selain itu, yang paling populer Air Terjun Penimbung adalah air terjunya yang aliran airnya cukup besar dan menghasilkan busa putih, bebatuan hitam.

Oleh karena itu, jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata Lombok Barat, Air Terjun Penimbung ini bis kamu kunjungi baik berang keluarga ataupun pasangan.

4. Pantai Mekaki

Pantai Mekaki

Masi bingung untuk mencari tempat wisata Lombok Barat? Maka Pantai Mekaki ini bisa lho, jadi tujuan untuk kamu yang sedang ingin berlibur.

Pantai Mekaki sering orang sebut sebagai surga tersembunyi, karena pantai indah ini masih jarang dikunjungi wisatawan.

Lokasi Pantai Mekaki berada pada Jalan Raya Mekaki, Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Pantai Mekaki tidak menerapkan harga tiket untuk para wisatawan yang datang ke pantai ini.

Selain pantai, dalam perjalanan kamu bisa menyaksikan hamparan sawah, bukit bukit berbatu, juga gugusan beberapa gili yang tak tersentuh peradaban. 

Bentuk jalan yang berliku dan naik turun membuat kamu dengan mudah bisa menyaksikan keindahan pantai-pantai Sekotong lainnya dari kejauhan selama perjalanan.

Bayangin aja,

Belum sampai ke Pantai Mekaki kamu sudah melihat pemandangan yang sagat indah pada saat masi dalam perjalanan, tentu liburan kamu akan merasa lebih seru dari sebelumnya.

Maka dari itu, saat kamu berniat untuk berlibur ke tempar wisata Lombok Barat, Pantai Mekaki ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi, baik itu bareng kelaurga ataupun pasangan.

5. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu merupakan salah satu tempat wisata Lombok Barat, yang wajib untuk kamu kunjungi. Tempat wisata yang satu ini memberikan panorama sunset.

Nah, untuk lokasinya sendiri berada pada bibir laut. Sebuah bukit tinggi serta kamu juga bisa melihat hamparan hutan dan lautan sepanjang mata memandang. 

Pergi ke Bukit Malimbu sangat rugi rasanya jika kamu tidak mengambil foto dengan latar sunset yang indah. Karena ini adalah salah satu dari pesona alam yang ditawarkan ketika pergi ke Bukit Malimbu ini. 

Berbicara fasilitas, sayang sekali yang disediakan pada tempat ini sangat minim. Namun lihat sisi positifnya, nuansa alaminya masih sangat terasa tanpa campur tangan manusia yang bisa saja merusak atmosfer alami tersebut.

Selain itu, tidak hanya menikmati sunset, kamu juga dapat melihat pemandangan dari Gunung Agung daerah Bali, Pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Kabayang dong kek mana keindahan yang menyejuguhkan oleh Bukit Malimbu ini? Maka dari itu, saat kamu sedang mencari tempat wisata Lombok Barat, Bukit Malimbu adalah pilihan yang paling tepat.

Baca Juga:   10 Tempat Wisata Ekstrim di Dunia, Berani Mencobanya?

6. Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko

Selanjutnya tempat wisata Lombok Barat yang admin rekomendasikan adalah Pantai Bangko-Bangko salah satu pantai yang menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau.

Pantai Bangko-Bangko ini terletak 70 kilometer dari Mataram, pantai Bangko-Bangko menjadi wisata yang digunakan wisatawan sebagai spot berselancar.

Kamu tidak akan kena biaya untuk memasuki pantai yang berlokasi pada Jalan Raya Bangko Bangko, Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Selain itu, Keindahan pasir putih yang menghampar sepanjang pantai semakin terlihat indah dengan latar jajaran perahu nelayan yang berwarna-warni dengan air laut yang jernih. 

Sebagai informasi untuk kamu,

Bagi kamu yang hobi berselancar, waktu terbaik untuk kamu mengunjungi Pantai Bangko-Bangko pada kisaran bulan Mei hingga Oktober. Pada bulan-bulan tersebut terjadi pasang surut gelombang cukup berongga.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat wisata Lombok Barat, karena Pantai Bangko-Bangko adalah pilihan yang tepat, selain menikmati pemandangan yang indah kamu juga bisa berselancar.

Jangan sampai kelewatan ya untuk mampir ke Pantai Bangko-Bangko ini.

7. Taman Narmada

Lombok Barat memang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah. Namun, Bukan hanya pantai, Lombok juga punya taman yang indah. Salah satu taman yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Narmada.

Taman narmada akan memberikan keindahan dan nuansa alam yang sangat indah. Sangat cocok kamu jadikan sebagai destinasi untuk menghabiskan akhir pekan bareng keluarga ataupun pasangan.

Wisata yang berbeda bisa kamu rasakan pada Taman Narmada. Taman ini merupakan miniatur Gunung Rinjani yang memiliki Pura untuk peribadatan umat Hindu. Namun, tempat ini juga bisa kamu gunakan sebagai tempat wisata.

Lokasinya berada pada Jalan Raya Narmada, Lembuak, Kabupaten Lombok Barat. Harga tiket masuk ke Taman Nirmada yaitu Rp. 5000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Dengan begitu, saat kamu ingin berlibur ke tempat wisata Lombok Barat, Taman Narmada ini bisa lho, menjadi pilihan selanjutnya untuk kamu kunjungi.

8.  Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi ini merupakan salah satu tempat wisata Lombok Barat yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang masi asri, sering dijadikan sebagai opsi untuk berlibur.

Nah, daerah sekitar Pantai Senggigi mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat, khususnya dalam bidang pembangunan. Terdapat beberapa hotel dan penginapan dengan pilihan harga yang dapat disesuaikan dengan budget.

Tentu ini sangat menarik, bukan?

Pesona alam Pantai Senggigi Lombok memang tak bisa dinafikkan lagi. Kawasan Pantai Senggigi berada di kawasan pantai-pantai berteluk yang memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Pantai Senggigi ini terletak di Lombok Barat, tepatnya di Jl. Raya Senggigi km 6-7 Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat. 

Lokasi Pantai Senggigi cukup strategis, terletak cukup dekat dengan pusat Kota Mataram. Jaraknya hanya berkisar 17 kilometer, dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit saja.

Tentunya kamu akan lebih mudah untuk mengunjungi Pantai Senggigi ini,

Jadi, dengan adanya temat wisata Lombok Barat yang satu ini, kamu tidak perlu bingung untuk mencari lokasi untuk menikmati liburan akhir pekan karena Pantai Senggigi adalah pilihan yang paling tepat.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Di Kampar (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

9. Pantai Panggang

Pantai Panggang

Sudah punya rencana mau kenamana libura akhir pekan ini? Jika belum, kamu tidak perlu khawait kerena admin kali ini akan merekomednasikan tampat wisata Lombok Barat yang patut untuk kamu kunjungi. Yaitu Pantai Panggang

Pantai Panggang merupakan salah satu tempat wisata Lombok Barat, yang sangat terkenal dengan keindahannya yang sangat memukau.

Tempat ini terletak di ujung di Pulau Lombok, namun keindahannya tidak akan membuat kamu menyesal. Berbagai pesonanya begitu mengagumkan sehingga membuat destinasi ini terus dikunjungi.

Pemandangan yang begitu indah di Pantai Panggang ini tersusun dari perpaduan berbagai elemen seperti lautan biru, perbukitan hijau dan yang cukup berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya di pulau Lombok adalah adanya bebatuan tinggi di tengah laut.

Nah, untuk Lokasi pantai ini berada di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Keindahan pantai panggang bisa kamu rasakan secara gratis tanpa dipungut biaya tiket masuk.

Oleh karena itu, saat kamu sedang mencari tempat wisata Lombok Barat, Pantai Panggang adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu kunjungi.

10.  Teluk Belongas

Teluk Belongas

Di salah satu sudut di pesisir pantai Selatan Pulau Lombok, tersembunyi sebuah pantai dengan pemandangan yang sangat memukau yaitu Teluk Belongas.

Pantai Belongas menyuguhkan sebuah pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Tak hanya berselimut pasir putih yang lembut, pantai ini juga memiliki perairan yang tenang serta jernih.

Namun kamu juga bisa ber-snorkling di pantai ini. Karena perairannya yang berombak tenang, serta airnya yang jernih sehingga akan membuat kamu betah bermain di perairan. Di bagian tepi, kamu juga akan menemui budidaya mutiara. 

Selain itu, Jika kamu ingin menyelam siapkan kocek untuk menyelam, sedangkan harga tiket untuk masuk Teluk Belongas gratis. Lokasi teluk Belongas berada di Jalan Raya Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong.

Jadi, dengan adanya tempat wisata lombok Barat yang satu ini, kamu tidak perlu bingung untuk menikmati liburan akhir pekan karena Teluk Belongas adalah pilihan yang paling tepat.

Tempat Wisata Lombok Barat Lainnya

Sampai disini saja pembahasan admin mengenai daftar rekomendasi 10 tempat wisata Lombok Barat yang menyuguhkan pemandangan sangat memukau.

Jika salah satu di antaranya ada yang membuatmu tertarik untuk mengunjunginya, maka tak usah menunggu waktu lebih lama lagi, segera kunjungi tempat wisata tersebut.

Berikut ini ada informasi tambahan mengenai tempat wisata Lombok Barat lainya:

  • Pantai Seger Kuta
  • Pantai Pink
  • Bukit Selong
  • Air Terjun Madu
  •  Linkoq Datu, Pantai Penyisok
  •  Budaya Rumah Adat Dusun Sade Lombok
  • Segara Anak
  • Pura Meru

Kamu bisa memilih salah satu dari 10 tempat wisata alam Lombok Barat yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata. Siapkan budget perjalanan, dan kamu bisa langsung merasakan liburan asyik di Lombok Barat.

Selamat Berlibur!

Baca Juga: