10+Tempat Wisata di Aceh (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata —  Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus.

Provinsi dengan julukan Serambi Mekkah ini berada paling utara dari pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat bagian Indonesia, kaya akan keindahan alam yang sangat memukau.

Daerah yang kaya akan keindahan alam dan budaya ini menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi siapa pun yang menginjakkan kaki di sini.

Aceh memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan segala suguhan keindahan alamnya. Maka dari itu, tidak heran kalau potensi wisata alam daerah Aceh seperti tidak ada habisnya.

Mulai dari pantai-pantai eksotis hingga gunung yang menantang adrenalin, kamu akan menemukan beragam pengalaman menarik saat berlibur ke kota Aceh ini.

Namun, sebelum admin lanjut, kamu sudah tahu belum tempat wisata Aceh? Jika belum, kamu tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini admin akan mrekomendasikan beberapa tempat wisata Aceh yang patut untuk kamu kunjungi.

Yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai,

Rekomendasi Tempat Wisata di Aceh

1. Goa Sarang

 Goa Sarang
Goa Sarang

Bicara tentang tempat wisata Aceh memang tidak ada habisnnya, salah satunya Goa Sarang yang mennyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Goa Sarang merupakan salah satu gua yang ada pada Pulau Weh, Aceh yang menghadap ke Samudera Hindia. Pada depan gua ini terdapat pulau kecil atau juga disebut rock formation yang cantik. 

Untuk lokasi Goa ini terletak kira-kira 23 kilometer dari pusat kota Sabang tepatnya daerah Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya berada pada kaki tebing.

Selain itu, Goa Sarang Aceh ini menawarkan keindahan birunya air laut dengan pemandangan tebing karang goa yang artistik dipadu dengan pepohonan rindang, terlihat begitu memanjakan mata.

Untuk menuju ke lokasi ini memang membutuhkan energi dan stamina yang ektra. kamu harus menempuh hutan dan tebing yang sedikit terjal.

Walaupaun perjalanan menuju Goa Sarang ini sedikit melelahkan, tapi kelelahanmu akan terbayar dengan pesona indahnya pemandangan yang sangat memukau.

Maka dari itu, jika kamu berlibur ke tempat wisata Aceh, jangan sampai kelewatan ya, untuk mengunjungi Goa Sarang.

2. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam

Tak hanya deretan pantai indah yang mampu menarik wisatawan, nyatanya Aceh masih menyimpan puluhan panorama alam yang memukau salah satunya Air Terjun Blang Kolam.

Air Terjun Blang Kolam merupakan tempat wisata yang menawarkan pesona air terjun eksotis, yang berada di tengah hutan belantara.

Nah, untuk keunikan air terjun ini terdapat pada aliran air terjun yang terbagi menjadi dua serta ketinggian yang mencapai 75 meter.

Baca Juga:   Yuk Cari Tahu 10 Tempat Wisata Korea Selatan yang Bisa Kamu Kunjungi

Selain itu, Air Terjun Blang Kolam ini menawarkan keindahan berupa air terjun eksotis, lengkap dengan gemericik air yang jernih. Air terjun ini menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat Aceh terutama sekitar Aceh Utara dan Lhokseumawe.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata Aceh yang satu ini akan menempuh jarak kurang lebih sekitar 21 kilometer atau dengan melakukan perjalanan selama 40 menit dari Kota Lhokseumawe.

Jadi, jika kamu berminat untuk menikmati keindahan dari Air Terjun Blang Kolam ini, lokasinya berada pada Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

3. Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka
Air Terjun Kuta Malaka

Tempat wisata di Aceh memang tidak perlu kamu ragukan lagi, salah satunya Air Terjun Kuta Malaka yang  yang berada pada kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar.

Terletak pada ketinggian 600 meter pada permukaan laut (mdpl), kondisi jalan menuju air terjun ini tentu tidak semulus yang kamu bayangkan.

Sekitar 5 Km mendekati lokasi air terjun , jalan berubah menjadi menanjak dan berkelok-kelok. Perlu kewaspadaan tingkat tinggi dalam berkendara sehingga tidak terperosok dan nyungsep ke semak belukar.

Untuk mencapai sesuatu yang indah tentu membutuhkan perjuangan, bukan?

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kelelahanmu akan terbayarkan oleh keindahan yang dengan Air Terjun Kuta Malaka.

Jadi, untuk kamu yang berminat untuk mengunjungi tempat wisata Aceh yang satu ini, lokasinya berada daerah Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Kec. SukaMakmur, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 

4. Pulau Keluang

 Pulau Keluang
Pulau Keluang

Masi bingung untuk mencari tem[at wisata Aceh? Jika iya, Pulau Keluang ini bisa lho, kamu pilih untuk menikmati waktu wekeendmu, baik bersama kelaurga ataupun pasangan.

Pulau keluang merpakan pulau dengan pasir putih dan banyak pepohonan hijau yang rimbun. Pulau ini adalah pulau kecil kosong, yang memiliki pantai dan air berwarna hijau sampai kebiruan yang indah.

Berada pada Pulau Keluang, kamu tak hanya dapat bermain pada pantainya saja. Tempat ini kamu juga dapat melakukan snorkeling melihat keindahan dasar laut Pulau Keluang yang sangat jernih.

Selain itu, Usai snorkeling dan menjelajah gua, kamu harus merasakan sensasi berkeliling menikmati kelebatan hutan tropis sambil berburu spot menarik.

Dengan begitu tentu liburanmu akan merasakan lebih seru, bukan?

Oleh karena itu, jika kamu berlibur ke tempat wisata Aceh, Jangan lewatkan pula untuk singgah ke Pulau Tsunami yang bersebelahan dengan Pulau Keluang.

5. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot
Air Terjun Pria Laot

Selanjutnya tempat wisata Aceh yang admin rekomendasikan adalah Air Terjun Pria Laot merupakan salah satu air terjun yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi yang terletak pada kecamatan Sukamakmue, sekitar 25 km dari pusat kota Sabang.

Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan airnya jernih berwarna biru kehijauan. Air terjun ini terletak di tengah-tengah hutan yang masih sangat alam dan asri, sehingga pemandangan pada sekitar air terjun sangat indah dan menenangkan.

Baca Juga:   Keunikan Curug Batu Templek: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Selain menikmati keindahan air terjun, kamu juga dapat berenang area kolam yang terbentuk bagian bawah air terjun. Air pada kolam sangat jernih dan segar, sehingga sangat cocok untuk berenang dan menenangkan diri.

Tak hanya itu, Air Terjun Pria Laot juga memiliki fasilitas yang memadai, seperti kamar mandi, warung makan, dan tempat parkir, sehingga kamu dapat bersantai dan menikmati keindahan alam tanpa khawatir kekurangan fasilitas.

Yakin gak mau berkunjung ke Air Terjun Pria Laot?

Maka dari itu, tunggu apa lagi saat liburan akhir pekan Air Terjun Pria Laot ini sangat admin rekomendasikan untuk kamu kunjungi, untuk lokasinya berada Batee Shoek, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

6. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee
Pantai Lhok Mee

Tempa wisata Aceh memang tidak ada habis, selanjutnya adalah Pantai Lhok Mee yang terkenal dengan pasir putih dan banyaknya pohon tumbuh pada permukaan laut.

Pantai ini semakin unik dengan akar bakau yang muncul setiap air pasang surut. Karena berbagai keunikannya, tersebut Pantai Lhok Mee patut jadi salah satu destinasi wisata kalau lagi berwisata ke Aceh.

Selain itu, Pantai Lhok Mee ini juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, seperti tempat parkir yang luas, toilet, dan beberapa penginapan area sekitar pantai yang bisa kamu sesuaikan dengan budget-mu.

Keindahan dan kelestarian alam Pantai Lhok Mee menjadikannya sebagai magnet wisata Aceh, bikin nagih untuk datang lagi! Berbagai keunikannya membuat perjalanan jauh terasa worth to try.

Oleh karena itu, Tempat wisata Aceh yang satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi, selain menyuguhkan pemandangan yang indah, fasilitasnya juga sangat memadai.

7. Wisata Kuala Paret

Wisata Kuala Paret
Wisata Kuala Paret

Menelusuri objek wisata Aceh seakan tidak ada habisnya, daerah dengan julukan Serambi Mekkah menyimpan pesona bahari yang masih tersembunyi dan alami salah satunya Wisata Kuala Paret.

Objek wisata Kuala Paret admin rekomendasikan menjadi salah satu tempat yang paling tepat untuk menghilangkan rasa penat dari kebisingan kota, terlebih saat libur akhir pekan tiba.

Yang menawarkan pesona keindahan alam mampu membuat kamu terhipnotis. Tebing berwarna kecokelatan dan aliran air sungai yang berwarna kehijauan akan langsung menyambut saat kamu berkunjung ke tempat ini.

Selain menawarkan kondisi alam yang masih natural, akamu juga bisa menikmati udara segar, sambil menikmati derasnya air sungai, Kuala Paret juga menyuguhkan lokasi yang tepat untuk yang gemar mengabadikan momen penting, atau berswafoto.

Dengan begitu, jika telah tiba tempat wisata Aceh yang satu ini, sangat admin rekomendasikan untuk kmau kunjungi baik itu bareng keluarga ataupun pasangan.

8. Pantai Lhokseudu

Pantai Lhokseudu
Pantai Lhokseudu

Aceh Besar, sebuah daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya, mempersembahkan salah satu destinasi wisata yang menarik dan unik, yaitu Pantai Lhokseudu.

Pantai Lhokseudu menjadi destinasi yang sangat dicari oleh para pencinta alam dan pecinta petualangan. Terkenal dengan pemandangan yang luar biasa, pantai ini menawarkan keindahan alam yang memikat hati setiap pengunjung.

Baca Juga:   Wisata Curug Muncar: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Terbaru

Selain itu, Pantai Lhokseudu ini juga view gunung serta awan putih melengkapi keindahan alam Pantai Lhokseudu, menciptakan lanskap yang memukau dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Jadi, dengan adanya tempat wisata d Aceh yang satu ini kamu tidak perlu bingung untuk mencari lokasi untuk berlibuar karena Pantai Lhokseudu adalah pilihan yang paling tepat.

9. Pucok Krueng

  Pucok Krueng
Pucok Krueng

Daerah karst yang ada di Lhoknga ini kini ramai oleh wisatawan dan telah bertransformasi sebagai tempat wisata terkenal di Aceh.

Panorama khas goa karst dan juga hijaunya daerah perbukitan menjadi daya tarik utama tempat ini. Tak hanya itu, kamu juga akan merasakan udara yang sejuk dan air gua yang jernih dan berwarna hijau kebiruan.

Selain itu, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat khas. Seperti danau alami yang dipercantik dengan air danau yang jernih dan berwarna biru.

Di tepian danau, terlihat bebatuan yang separuh tenggelam dan separuh muncul di permukaan. Batu-batu ini biasanya menjadi spot untuk selfie atau berfoto dengan latar perairan danau dan dinding.

Jadi, jika kamu berminat untuk datang ke tempat wisata Aceh yang satu ini, lokasinya Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

10.  Air Terjun Suhom Lhoong

Air Terjun Suhom Lhoong
Air Terjun Suhom Lhoong

Terakhir, ada air terjun yang juga masih sangat asri dan letaknya cukup strategis. Pemkamungan sekitarnya banyak bebatuan besar dengan air yang berwarna biru.

Wisata ini sudah banyak disediakan fasilitas dari masyarakat setempat sehingga tidak perlu takut kelaparan. Kamu juga tidak perlu takut tertinggal sholat karena sudah tersedia fasilitas mushola.

Selain itu, Air Terjun Suhom menawarkan pesona alam asri, alami serta kondisi udara yang masih belum tercemar oleh polusi. Wisatawan juga bisa menikmati segarnya gemericik air yang berasal dari mata air pegunungan.

Lokasi air terjun, tepatnya berada pada Desa Kreung Kala, Kec. Lhoong, Kab. Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi dari Air Terjun Suhom wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 75 kilometer atau melakukan perjalanan sekitar satu jam lebih dari Banda Aceh. 

Tempat Wisata Di Aceh Lainnya

Sampai disini saja pembahasan admin mengenai daftar rekomendasi 10 tempat wisata di Aceh yang menyediakan aneka menu menarik.

Jika salah satu di antaranya ada yang membuatmu tertarik untuk mengunjunginya, maka tak usah menunggu waktu lebih lama lagi, segera kunjungi tempat tersebut.

Berikut ini ada informasi tambahan mengenai tempat wisata di Aceh lainya:

  • Taman Nasional Gunung Leuser
  • Pulau Weh
  • Masjid Raya Baiturrahman
  • Museum Tsunami Aceh
  • Kampung Nelayan Ulee Lheue
  • Museum Aceh
  • Danau Laut Tawar
  • Pantai Lampuuk

Jadi, itu dia 10 rekomendasi wisata alam di Aceh dengan kualitas VIP. Kamu bisa mengunjunginya langsung untuk memastikan kebenarannya yang benar indahnya.

Selamat Berlibur!

Baca Juga: