10+ Oleh Oleh Khas Kota Pematangsiantar, Ada Baju Bolak Balik Lho!

Wisatalombok.co.id, Oleh Oleh Khas Kota Pematangsiantar — Cukup dikenal sebagai ‘kota seni dan budaya’, Kota Pematangsiantar menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Indonesia bagian barat.

Ada banyak hal menarik yang bisa anda temukan di daerah ini ~

Bagi para traveller, nama Kota Pematangsiantar sudah sangat tidak asing diteling. Daerah ini dikenal memiliki keanekaragaman warisan sejarah, budaya dan warisan tradisionalnya.

Secara geografis, Kota Pematangsiantar berlokasi dan masuk daerah administrasi Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Sesekali berlibur di ujung barat Indonesia, keren banget lho ~

Selain itu, Kota Pematangsiantar juga menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi kekayaan khas daerah ini.

Kawasan ini dikenal memiliki banyak ciri khas yang membedakannya dari kota-kota lain di Indonesia. Salah satu hal yang menonjol adalah keberagaman etnis dan budaya yang ada di kota ini.

Penduduknya terdiri dari berbagai suku, termasuk Batak, Tionghoa, Jawa, dan banyak lagi. Hal ini menciptakan suasana multikultural yang kaya di Pematangsiantar, dengan perpaduan budaya yang terlihat dalam seni, makanan, dan perayaan tradisional.

Tidak hanya berbicara tentang keunikannya, kota ini juga terkenal dengan berbagai oleh-oleh khas yang bisa dijadikan souvernir bagi wisatawan yang berkunjung ke sini.

Selain berwisata, anda juga bisa berburu berbagai oleh oleh khas Kota Pematangsiantar yang bisa untuk anda bawa pulang.

Oleh-oleh khas ini tidak hanya berbentuk makanan, melainkan juga kerajinan tangan dan pakaian adat Batak yang diproduksi dengan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Berikut ini beberapa referensi oleh oleh Khas Pematangsiantar yang bisa segera anda beli untuk dibawa pulang, simak selengkapnya:

Keripik Singkong

Keripik Singkong
Keripik Singkong

Mungkin Kripik Singkong hal yang mudah anda temukan hampir di seruluh daerah Indonesia, hanya saja tiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

…Termasuk Kripik Singkong Khas Pematangsiantar ini!

Keripik singkong ini bisa menjadi oleh-oleh khas dari Kota Pematangsiantar yang paling mudah ada dapatkan. Keripik singkong ini dibuat dari singkong yang dipotong tipis dan digoreng dengan minyak goreng.

Terdapat beberapa varian rasa keripik singkong ini seperti rasa keju, pedas, asin, dan manis. Soal harga, keripik singkong ini memiliki harga yang cukup terjangkau tetapi tetap berkualitas.

Ini cukup gurih lho ~

Tempe Batak

Tempe Batak
Tempe Batak

Tempe Batak merpukan salah satu jenis oleh-oleh khas berupa makanan dari Kota Pematangsiantar. Tempe ini berbentuk persegi dengan tekstur yang lebih keras dari tempe biasa.

Rasa dari tempe Batak ini berbeda dari tempe pada umumnya.

Tempe ini terbuat dari bahan dasar kedelai yang difermentasi dengan ragi khusus sehingga menciptakan keunikan rasa pada produk tempe Batak.

Ini spesial banget lho ~

Tempe Batak ini biasanya dijual dalam bentuk kemasan siap makan dan juga kemasan bungkus. Jika anda salah satu penggemar makanan berbahan tempe maka bisa mencoba Tempe Batak ini.

Baju Bolak-balik

Baju Bolak-balik
Baju Bolak-balik

Nah, ini salah satu yang wajib anda beli! Jenis yang satu ini tidak akan bisa anda temukan di daerah-daerah lain Indonesia.

Baju bolak-balik atau sering disebut ulos bolak-balik adalah sejenis pakaian adat Batak yang berasal dari Kota Pematangsiantar.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Banda Aceh, Ada Kupiah Meukeutop Lho!

Ini keren banget lho, anda bakalan ‘nyesal’ kalau nggak beli ~

Untuk diketahui,

Pakaian ini ditenun dengan cara khas Batak yang menjadikan baju bolak-balik ini menghasilkan motif yang unik. Pakaian ini dinamakan baju bolak-balik karena memiliki dua sisi depan yang bisa dipakai sebagai sisi depan maupun sisi belakang.

Kualitas tak perlu anda ragukan! Ini merupakan hasil kreativitas masyarakat di Kota Pematangsiantar.

Pakaian adat Batak ini sangat terkenal di Pematangsiantar dan cocok sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang mencari pakaian khas dari tempat yang dikunjunginya.

Kain Ulos

Kain Ulos
Kain Ulos

Tak kalah dengan Baju Bolak Balik, Kain ulos juga cukup terkenal di daerah ini. Hasil tenun masyarakat Kota Pematangsiantar ini menjadi salah satu yang terbaik dengan kualitas yang tidak dipertanyakan lagi.

Mereka memproduksi kain ulos ini masih dengan cara yang tradisional. Hal tersebut merupakan bagian dari adat dan budaya yang ada di Kota Pematangsiantar ini.

Nah, jenis Kain ulos ini merupakan salah satu jenis kain tenun khas dari suku Batak Toba yang merupakan suku mayoritas yang tinggal di kota Pematangsiantar.

Ada banyak variasi coraknya, tinggal pilih aja kok!

Oh ya, untuk kain tenun dengan corak yang khas Batak ini terbuat dari benang katun ataupun benang sutera.

Kain ulos memiliki berbagai macam fungsi seperti sebagai pakaian adat, sebagai alas tidur, dan sebagai hiasan dinding.

Sebagai catatan kita! Kain ulos ini sudah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Jangan sampai lupa beli ya ~

Kue Bianglala

Kue Bianglala
Kue Bianglala

Sedangkan untuk jenis kuliner lainnya, anda bisa mencoba Kue bianglala ala Pematangsiantar.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Tebing Tinggi, Yakin Nggak Mau Beli?

Kue bianglala merupakan jenis kue khas dari Kota Pematangsiantar. Kue ini mempunyai bentuk lonjong dan terbuat dari bahan utama tepung ketan.

Soal rasa tak perlu ragu, Kue ini sangat renyah dan memiliki rasa yang manis.

Umumnya kue bianglala ini dibungkus dalam kemasan plastik agar lebih mudah dikonsumsi atau dan dapat dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang tersayang di rumah.

Oleh Oleh Khas Pematangsiantar Lainnya

Selain beberapa jenis oleh oleh yang sudah admin ulas diatas, masih ada beberapa jenis Oleh Oleh Khas Pematangsiantar Lainnya yang bisa anda dapatkan saat berada di daerah ini.

  1. Roti Ganda
  2. Roti Ketawa Sambo
  3. Donat Sambo
  4. Roti Kaya Siantar
  5. Roti ketawa
  6. Ting Ting
  7. Kopi kemasan
  8. Selai Srikaya

Itulah beberapa jenis oleh-oleh khas dari Kota Pematangsiantar yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke sini.

Semua produk oleh-oleh ini memiliki kualitas yang baik dan terdapat pula beberapa produk yang sudah diakui sebagai warisan budaya.

Jangan lupa untuk mencoba dan membeli oleh-oleh khas ketika berkunjung ke Kota Pematangsiantar.

Baca juga informasi lainnya :