10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Simeulue (Sinabang), Coba Mie Lobster?

Wisatalombok.co.id, Oleh Oleh Khas Kabupaten Simuelue — Travelling ke sebuah pulau eksotis akan selalu menjadi impian banyak orang, termasuk anda? Indonesia memiliki banyak pulau-pulau dengan keindahaan yang memukau, salah satunya Pulau Simeulue atau Simalur.

Oh ya,

Sebagai informasi untuk anda, Pulau Simeulue atau Simalur ini merupakan salah satu pulau yang berada di barat Sumatra.

Tepatnya berada kurang lebih 150 km dari lepas pantai barat Aceh, juga merupakan pulau pemerintahan Kabupaten Simeulue di tengah Samudra Hindia.

Ini bakalan keren banget lho, anda berada di sebuah pulau yang ada di Samudra Hindia! Welcome to Kabupaten Simeulue, sebuah daerah dengan destinasi wisata yang kaya akan keindahan alam dan budaya yang memikat.

Jika Anda sedang berada di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi oleh-oleh khas yang menarik dari daerah ini.

Oleh-oleh Simeulue tidak hanya akan menjadi kenang-kenangan yang berharga, tetapi juga memungkinkan Anda membawa sedikit dari kekayaan budaya dan kuliner pulau ini pulang.

Kabupaten Simeulue merupakan sebuah pulau yang terletak di lepas pantai barat Provinsi Aceh, Indonesia.

Terisolasi dari daratan utama, Simeulue memiliki keunikan budaya dan kuliner yang khas. Berikut beberapa oleh-oleh yang dapat Anda cari di sini:

Mie Lobster Khas Simeulue

Mie Lobster Khas Simeulue
Mie Lobster Khas Simeulue

Mie Lobster merupakan hidangan yang menjadi salah satu kuliner khas Kabupaten Simeulue. Hidangan ini terkenal karena kombinasi yang lezat antara mie yang kenyal dan daging lobster segar yang kaya akan cita rasa laut.

Siapa sih yang nggak suka Lobster?

Ini cukup sulit untuk anda temui, Lobster menjadi salah satu jenis udang yang sudah agak ‘langka’ dan tentunya sudah sangat mahal di beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Aceh Tamiang, Kuliner Hingga Kerajinan Tangan!

Ketika anda berkunjung ke Simeulue, maka anda bisa dengan mudah menemui lobster yang sudah disajikan dalam bentuk Mie Lobster.

Untuk menyajikan Mie Lobster, pertama-tama mie direbus hingga matang dan kemudian disiram dengan kuah yang kaya rempah.

Kuahnya biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti kaldu lobster, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah lainnya yang memberikan cita rasa yang kaya dan gurih.

Lobster segar kemudian ditambahkan ke atas mie yang sudah disajikan di mangkuk, memberikan tambahan tekstur dan rasa yang istimewa.

Mie Lobster merupakan hidangan yang cocok dinikmati oleh para pecinta makanan laut. Rasanya yang lezat dan tekstur mie yang kenyal membuat hidangan ini menjadi favorit di Kabupaten Simeulue.

Bagi pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh kuliner yang unik dari daerah ini, Mie Lobster bisa menjadi pilihan yang tepat.

Gulee Sie Kameng Khas Simeulue

Gulee Sie Kameng Khas Simeulue
Gulee Sie Kameng Khas Simeulue

Kuliner yang satu ini bernama Gulee Sie Kameng, jenis kuliner ini merupakan salah satu hidangan tradisional yang menjadi kebanggaan kuliner Kabupaten Simeulue, ini cukup populer!

Gulee Sie Kameng merupakan sejenis gulai atau masakan khas Aceh yang terkenal dengan cita rasa kaya rempah dan kelezatan dagingnya. Dalam Gulee Sie Kameng, bahan utama yang digunakan adalah ikan segar, terutama ikan kameng atau ikan kakap merah.

Ikan ini dipadukan dengan bumbu-bumbu rempah seperti lengkuas, jahe, kunyit, serai, bawang merah, bawang putih, serta campuran rempah lainnya.

Cita rasanya sangat khas sekali ~

Semua bahan ini direbus dalam kuah santan kelapa yang kental, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan beraroma.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Karo, Unik dan Khas Banget Lho!

Biasanya, Gulee Sie Kameng disajikan dengan nasi putih dan dilengkapi dengan sayuran seperti kacang panjang, kubis, dan wortel.

Rasa pedas dan kaya rempah dari masakan ini membuatnya menjadi hidangan yang lezat dan nikmat untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Keripik Pisang Raja

Keripik Pisang Raja
Keripik Pisang Raja

Suka dengan Keripik Pisang Raja?

Mungkin ini bisa menjadi salah satu yang bisa anda beli sebagai camilan saat pulang. Keripik Pisang Raja merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Kabupaten Simeulue.

Keripik ini terbuat dari pisang raja yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak yang panas hingga kering.

Keripik Pisang Raja memiliki rasa yang renyah dan gurih, serta memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, karena mengandung banyak serat dalam pisangnya.

Ini enak banget lho ~

Keripik Pisang Raja bisa dijadikan oleh-oleh bagi kerabat atau teman yang menggemari makanan ringan yang unik saat lagi bersantai.

Kue Lidah Buaya

Kue Lidah Buaya
Kue Lidah Buaya

Kue Lidah Buaya juga menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Kabupaten Simeulue. Kue ini terbuat dari lidah buaya yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti gula, tepung, dan pewarna makanan.

Kue Lidah Buaya dihasilkan dengan cara dipotong-potong dan dikeringkan.

Kue ini memiliki rasa yang manis dan lembut, serta memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kue Lidah Buaya dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman yang menginginkan cemilan yang sehat.

Kopi Simeulue

Kopi Simeulue
Kopi Simeulue

Kopi Simeulue menjadi oleh-oleh khas yang populer dari Kabupaten Simeulue. Kopi ini dihasilkan dari biji kopi yang diambil dari kawasan pegunungan Simeulue yang memiliki ketinggian lebih dari 1000 mdpl.

Kopi Simeulue terkenal dengan rasa khasnya yang pahit, namun memiliki aroma yang begitu kuat dan sedap.

Berbagai produk olahan kopi seperti kopi bubuk, kopi kemasan, dan kopi sachet dapat dijadikan oleh-oleh bagi para penggemar kopi.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Aceh Tengah (Takegon), Bisa Bikin Ngiler Lho!

Ikan Cakalang Fufu

Ikan Cakalang Fufu
Ikan Cakalang Fufu

Ikan Cakalang Fufu bisa menjadi oleh-oleh khas terakhir dari Kabupaten Simeulue. Ikan ini berasal dari sumber daya laut di sekitar Kabupaten Simeulue, yang bernama Cakalang.

Ikan ini diolah dengan cara diasap selama beberapa hari hingga kering. Prosedur pengasapan inilah yang memberikan rasa khas pada ikan Cakalang Fufu.

Ikan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dan teman yang gemar dengan makanan laut.

Oleh Oleh Khas Simeulue (Sinabang) Lainnya

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Kabupaten Simeulue yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk membagikan pada keluarga dan teman.

Selain memiliki rasa yang unik dan khas, oleh-oleh tersebut juga memiliki nilai kesehatan yang tinggi karena dibuat dari bahan-bahan alami.

Oh ya, selain beberapa yang sudah dijelaskan tersebut, admin masih ada beberapa referensi yang bisa kalian dapatkan selama berada di sana,

Berikut selengkapnya:

  1. Memek
  2. Kerupuk Teripang
  3. Tabaha
  4. Tabaha Longon
  5. Tabaha Loyang
  6. Lompong Sagu
  7. Mayang Papan

Yuk, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas dari Kabupaten Simeulue ketika berkunjung ke daerah itu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga informasi lainnya :