Panorama Alam Curug Malela: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Bagi warga Bandung, Curug Malela merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menjanjikan.

Bukan hanya karena panorama alam, namun juga kisah yang ada. Bukan hal baru ketika membahas berbagai mitos yang berkembang mengenai kawasan tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi mengenai Curug Malela: daya tarik, lokasi dan harga tiket masuk terbarunya buat kamu.

Curug Malela sendiri berada pada kawasan Bandung, Jawa Barat dan cukup ideal menjadi tempat refreshing dan melepas penat sementara.

Udara sejuk dan pemandangan alam yang indah, serta lokasinya yang tak begitu jauh sangat ideal bagi kamu yang hanya sekadar ingin melimpir ke sudut kota.

Rute menuju kawasan ini pun terbilang mudah, sebagai contoh jika kamu berangkat dari Kota Cimahi maka akan melewati jalan menuju Batujajar menuju ke arah Cihampelas.

Jika tiba pada area Cihampelas maka kamu bisa lanjut ke Cililin menuju Sindang Kerta. Sampai di Sindang Kerta, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Gunung Halu, berjalan lurus hingga sampai di Curug Malela.

Daya Tarik Curug Malela

Daya Tarik Curug Malela
Daya Tarik Curug Malela

Curug atau Air Terjun Malela merupakan air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 60-70 meter.

Air terjun ini sendiri berasal dari Gunung Halu, sebuah curug yang mempunyai aliran air yang deras hingga memperlihatkan panorama alam.

Jika berkunjung, kamu akan melihat kubangan air dengan kedalaman antara 1,5 sampai dengan 2 meter.

Kubangan air ini sebenarnya menyerupai air terjun kecil yang umum digunakan, sekaligus untuk membasuh lengan maupun kaki sembari menikmati air segar dari pegunungan.

Kendati demikian, kamu ataupun pengunjung lainnya tidak kami sarankan untuk berenang karena arusnya yang cukup deras.

Panorama Alam Curug Malela

Soal pemandangan, wisata curug yang satu ini memiliki banyak spot foto yang menawan.

Terutama wisata airnya yang sejuk dan tenang, sayangnya, kamu harus menahan keinginan untuk berenang pada area ini karena cukup berbahaya.

Kamu, cuma bisa menikmati kawasan wisata dari setiap sisi curug saja.

Aliran air terjun dari tempat ini sangat deras, sehingga akan cukup berbahaya jika kamu berenang atau sekadar bermain air pada bagian bawahnya.

Baca Juga:   Curug Ngebul: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Terlebih lagi, banyak bebatuan di sepanjang sungai yang licin dan berukuran besar sehingga terlalu berisiko.

Kisah Mistis Curug Malela

Kisah Mistis Curug Malela
Kisah Mistis Curug Malela

Selain pemandangan alamnya yang indah, Curug Malela punya banyak cerita mistis yang berkembang di lingkungan masyarakat sekitar.

Konon katanya, Malela merupakan nama pemberian dari Eyang Tadjimalela. Beliau adalah sosok yang dianggap sebagai penguasa air terjun.

Bahkan, tak sedikit masyarakat yang percaya jika sosok penguasa laut tersebut kerap memperlihatkan diri di depan para pengunjung.

Mitos ini semakin diperkuat mengingat beberapa foto yang diambil sejumlah pengunjung, menangkap sosok bayangan pria tua berjanggut putih lengkap dengan pakaian putihnya.

Memang, mitos ini tidak sepenuhnya dipercaya oleh orang-orang hanya sejumlah pengunjung yang memang memiliki kepercayaan khusus.

Ingat, ini hanya, mitos ya guys!

Lokasi Curug Malela

Lokasi Curug Malela
Lokasi Curug Malela

Untuk lokasi wisata, Curug Malela berada dalam kawasan Kabupaten Cianjur lebih tepatnya Kampung Mangdid, Desa Cicadas, Rongga Kabupaten Bandung Barat.

Jika kamu berangkat dari Kabupaten Cianjur setidaknya memerlukan waktu 2 jam untuk sampai ke sana, sementara jika berangkat dari Kota Bandung membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja.

Harga Tiket Masuk Terbaru Air Terjun Malela

Harga Tiket Masuk Terbaru Air Terjun Malela
Harga Tiket Masuk Terbaru Air Terjun Malela

Selanjutnya harga tiket masuk terbaru dari Air Terjun Malela sangat terjangkau, dan bisa untuk  berbagai kalangan.

Baca Juga:   Curug Sikarim: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

HTM Air Terjun Malela Bandung sendiri hanya sebesar Rp 10.000 saja perorangnya, namun itu belum termasuk biaya parkir yakni Rp 2.000 khusus motor dan mobil Rp 5.000.

Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa informasi khusus dari pengelola setempat.

Akhir Kata

Itulah beberapa ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Curug Malela: daya tarik, lokasi, dan harga tiket masuk terbaru.

Semoga informasi ini beranfaat ya dan bisa menjadi referensi liburan yang tepat buat kamu.

Selamat berlibur guys!

Baca Juga: