10+ Tempat Wisata Jakarta (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Nongkrong — Jakarta memang memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik dan patut untuk kamu kunjungi.

Jakarta terkenal sebagai Kota Metropolitan yang dipenuhi dengan gedung tinggi, bukan berarti Jakarta nggak punya tempat wisata

Ternyata, sekarang ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi area Jakarta. Dari wisata alam, sejarah, sampai edukasi, semuanya ada.

Nah, sebelum admin lanjut, kamu sudah tahu belum tempat wisata Jakarta? Belum, wah ketinggalan banget ya. Namun, kamu tidak perlu khawatir.

Pada artikel kali ini admin akan memberikan 10 rekomendasi tempat wisata yang disebut-sebut sebagai harta karun wilayah Jakarta.

Untuk informasinya selengkapnya berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Jakarta

1. Museum di Tengah Kebun

 Museum di Tengah Kebun
Museum di Tengah Kebun

Bagi para pecinta sejarah dan ingin berlibur ke tempat yang memiliki edukasi tinggi, maka kamu bisa menjadikan Museum Tengah Kebun ini sebagai pilihan yang paling tepat.

Karena, museum yang berada pada daerah Jakarta Selatan ini memiliki koleksi seni Indonesia maupun luar negeri hingga sebanyak 4000 koleksi.

Selain itu, Perlu kamu ketahui bahwa diminta untuk melakukan deposit sebesar Rp100.000 per rombongan. Hal ini agar kamu tidak dengan mudah membatalkan kedatangannya.

Museum ini tidak buka setiap hari. Melainkan hanya buka setiap Sabtu dan Minggu.Mulai dari pukul 9.30 sampai 11.30.

Maka dari itu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Jakarta, Museum Tengah Kebun ini bisa kamu jadikan tujuan lokasinya Jalan Kemang Timur No.66 7, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

2. Mercusuar Sunda Kelapa

Mercusuar Sunda Kelapa
Mercusuar Sunda Kelapa

Tempat wisata yang satu ini juga terletak area wilayah Jakarta Selatan. Tempat wisata Mercusuar Sunda Kelapa sudah ada sejak tahun 1862, sehingga tempat ini meninggalkan sejarah sendiri di dalamnya.

Dengan tingginya yang mencapai 17 meter, membuatmu bisa menikmati pemandangan cantik dari area laut yang ada pada sekitarnya. Pasalnya, tempat ini juga orang-orang gunakan untuk petunjuk lalu lintas kapal yang melintas.

Mercusuar Sunda Kelapa berjarak tidak jauh dari Kota Tua, sekitar 4,5 km. Jadi jika kuat, kamu bisa sampai kesini dengan berjalan kaki sekitar 25 menit.

Selain itu, Untuk memasuki kawasan Sunda Kelapa, pejalan kaki hanya Rp 2.500. Bilang saja ke petugasnya kalau kamu mau jalan-jalan dan foto-foto.

Dengan begitu, Mercusuar Sunda Kelapa ini sangat cocok untuk kamu kunjungi, untuk menikmati liburan akhir pekan.

3. Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk
Mangrove Angke Kapuk

Kali ini admin beralih ke bagian wilayah Jakarta Utara. Masih ada banyak wisatawan yang belum tahu tentang keberadaan taman wisata mangrove ini, padahal tempat ini memiliki keunggulan tersendiri, yang membuatnya terlihat berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya.

Baca Juga:   Curug Panglebur Gongso: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bahkan, tempat ini kamu juga bisa menikmati waktu luang dengan menaiki perahu dan dikelilingi oleh satwa di sekitarnya.

Mangrove Angke Kapuk memiliki tarif yang berbeda. Berdasarkan informas, harga tiket masuk bagi pengunjung dewasa mulai dari Rp 30.000 saat hari biasa dan mulai dari Rp 35.000 saat akhir pekan. 

Sementara harga tiket masuk pengunjung anak-anak usia 1-12 tahun mulai dari Rp 15.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 saat akhir pekan. 

Jadi, dengan adanya tempat wisata Jakarta yang satu ini kamu tidak perlu bingung lagi, untuk menikmati liburak akhir pekan barenag keluarga ataupun pasangan.

4. Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan
Pantai Pasir Perawan

Salah satu pantai yang indah ini berada area Pulau Pari yang terletak pada Kepulauan Seribu. Jadi, untuk menjangkau tempat wisata ini, kamu perlu naik kapal terlebih dahulu untuk menyeberang ke Kepulauan Seribu.

Pantai Pasir Perawan ini, kamu bisa menikmati pemandangan yang cantik yang berasal dari pemandangan matahari terbenam.

Nah, jika kamu berkunjung ke pesisir pantai, kamu bisa menjumpai hutan mangrove hijau dan rimbun. Berwisata ke Pantai Pasir Perawan maka bisa sekaligus menjumpai budidaya rumput laut masyarakat sekitar dan juga pengembangan beragam biota laut. 

Selain itu, jenis Kapal Cepat atau Speed Boat kapasitas 80 – 100 orang, jadwal keberangkatan setiap hari pukul 08.00 WIB dan kepulangan pukul 14.00 WIB. Tiket bisa kamu beli langsung dengan loket atau lewat agen dengan harga Rp. 160.000 (weekday) dan Rp. 190.000 (weekend)

Oleh karena itu, saat wekeend tempat wisata Jakarta yang satu ini, sangat cocok untuk kamu kunjungi bereng keluarga ataupun pasangan.

5. Petak Sembilan

Petak Sembilan
Petak Sembilan

Bagi para pecinta kuliner khas Tionghoa, kamu sangat wajib untuk berlibur ke tempat wisata yang terletak area daerah Jakarta Barat.

Petak Sembilan sering kamu sebut sebagai surganya kuliner khas Tionghoa, dan pasar ini pun juga mendesain dengan ornamen China yang sangat kental.

Uniknya, Petak Sembilan ini juga dapat kamu temukan penjual yang tidak biasa kamu temui area pasar lainnya. Seperti pedagang yang menjual daging swike alias kodok hingga bulus.

Namun, meski kebanyakan kuliner tempat ini non halal, namun bagi kamu yang muslim tetap bisa menikmati wisata kuliner area Petak Sembilan. Sebab, sebagian pedagang kini mulai banyak yang menawarkan itu. 

Pedagang pada kawasan Petak Sembilan ini memulai aktivitasnya sejak subuh. Para pedagang akan menutup lapaknya saat senja mulai menyapa. Ada juga beberapa pedagang yang menutup dagangannya pada pukul 20.00 WIB.

Baca Juga:   Jangan Lewatkan 10 Tempat Wisata Sumbar Bukittinggi yang Menakjubkan

6. Monumen Nasional (Monas)

 Monumen Nasional (Monas)
Monumen Nasional (Monas)

Siapa sih yang tidak mengenal tempat wisata Jakarta yang satu ini? Hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti pernah mendengar nama tempat wisata ini meski hanya sekali.

Ya, tempat wisata yang sering kamu kenal sebagai Monas ini memang bukan hanya harta karun bagi wilayah Jakarta saja, tapi Monas juga menjadi harta karun bagi seluruh Indonesia.

Tugu Monas biasanya ditutup pada hari Senin, kemudian buka kembali pada hari Selasa-Minggu. Apabila hari libur nasional pada hari senin, maka Monas dapat tetap kamu kunjungi. Sedangkan untuk jam buka kawasan Monas pada hari Selasa sampai Minggu dari jam 08.00- jam 22.00.

Selain itu, Jika ingin memasuki kawasan Monas, maka kamu tidak akan kena biaya untuk tiket masuk. Tapi jika mau memasuki bangunannya, harus membayar tiket dari Rp 3.000 sampai Rp 24.000. 

Kamu dapat membeli tiket elektronik masuk ke Monumen Nasional Jakarta ini dengan harga yang bervariasi. Selain untuk keperluan tiket masuk ke Monas saja, kartu elektronik ini juga bisa kamu gunakan untuk naik bus Trans.

7. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah

Sama seperti Monas, Taman Mini Indonesia Indah juga sudah cukup populer kalangan banyak wisatawan. Dari mulai museum mini, aneka macam permainan yang menantang, hingga beberapa taman yang mengelilingi wilayahnya dapat kamu jadikan destinasi wisata yang patut kamu kunjungi.

Taman Mini Indonesia Indah merupakan suatu taman hiburan bertemakan kebudayaan Indonesia di Jakarta Timur, DKI Jakarta, yang memiliki area seluas kurang lebih 147 hektare atau 1,47 kilometer persegi.

Adapun harga tiket masuk TMII untuk satu orang akan kena biaya sebesar Rp 35.000.

Selain menyajikan berbagai bentuk kebudayaan Indonesia dari berbagai daerah, Taman Mini juga menghadirkan berbagai wahana seru lainnya.

8. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan

Biasanya, tempat wisata ini akan kamu pilih oleh beberapa wisatawan yang hendak berlibur bersama keluarganya, lebih tepatnya yang mengajak anak-anak kecil.

Hampir sebagian besar anak kecil, pasti akan merasa bahagia ketika melihat banyak hewan dekatnya, dan karena Kebun Binatang Ragunan memiliki banyak fatwa di dalamnya, jadi tidak mengherankan jika tempat ini menjadi salah satu harta karun Jakarta.

Tiket masuk Pusat Primata Schmutzer memiliki banderol sebesar Rp 6.000 untuk Selasa-Jumat serta Rp 7.500 untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Kamu juga dapat menyaksikan film dokumenter Primata seharga Rp 150.000 untuk sekali putar dengan kapasitas kursi 85 orang.

Selain itu, ada area khusus yang bisa kamu gunakan untuk bersantai, olahraga, atau sekadar berfoto pada Kebun Binatang Ragunan yaitu Taman Refleksi.

Maka dari itu, jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata Jakarta yang satu ini, lokasinya berada dekat Jalan Harsono RM No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lokasinya berada sekitar 16-20 km dari pusat Kota Jakarta.

Baca Juga:   Wisata Alam Curug Cibulao: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

9. Kota Tua Jakarta

 Kota Tua Jakarta
Kota Tua Jakarta

Nuansa yang ada pada tempat wisata ini adalah penuh dengan sejarah. Ya, Kota Tua Jakarta memang masih sangat kental dengan sejarah Indonesia, sehingga selain mengedukasi, tempat ini juga bisa kamu manfaatkan untuk berburu foto unik.

Kota tua daerah Jakarta, yang juga bernama Kota Tua, berpusat pada Alun-Alun Fatahillah, yaitu alun-alun yang ramai dengan pertunjukan rutin tarian tradisional. 

Kota Tua Jakarta dikenal juga dengan sebutan Batavia Lama atau Old Batavia yang merupakan sebuah wilayah kecil di Jakarta yang melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Di Kota Tua, kamu dapat meluangkan waktu untuk menjelajahi tempat-tempat bersejarah peninggalan Belanda.

Maka dari itu kamu perlu tahu Kota Tua buka jam berapa agar dapat mengestimasi waktu yang tepat untuk berkunjung dan bisa berlama-lama di Kota Tua.

10. Pecinan Glodok

 Pecinan Glodok
Pecinan Glodok

Lokasi Pecinan Glodok masih tidak jauh dari tempat wisata Kota Tua Jakarta. Pecinan Glodok adalah salah satu Chinatown yang ada di Indonesia.

Pecinan Glodok adalah permata pariwisata di Jakarta Barat dan merupakan hasil kolaborasi seluruh etnis yang ada, seperti Tionghoa, Sunda, Betawi, Jawa dan lainnya. Sebuah kolaborasi yang terbentuk selama ratusan tahun.

Akses yang mudah dan dengan potensi wisata di bidang sejarah, gedung-gedung tua, kesenian, kebudayaan dan ke-agamaan. Serta potensi wisata di bidang belanja, kesehatan dan kuliner yang beragam khas peranakan.

Jadi, saat kamu sedang membtuhkan referensi tempat wisata Jakarta, Pecinan Glodok ini bisa menjadi tujuan kamu untuk menikmati liburan akhir pekan bereng kelaurga.

Tempat Wisata Jakarta Lainnya

Jika kamu berkunjung Jakarta, jangan lupa untuk mampir berbagai tempar wisata. kamu bisa asik berwisata daerah Jakarta yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Jakarta tersebut, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Jakarta lainnya:

  • Kepulauan Seribu
  • Dunia Fantasi & Sea World
  • Jembatan Kota Intan
  • Gereja Katedral & Masjid Istiqlal
  • Taman Impian Jaya Ancol
  • Dunia Fantasi
  • Jakarta Aquarium
  • Masjid Istiqlal

Itulah, 10 rekomendasi tempat wisata yang menjadi harta karun wilayah Jakarta. Ketika kamu sedang berlibur ke Jakarta, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di atas ya!

Baca Juga: