10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Tapanuli Utara (Tarutung) yang Wajib Dicoba

Wisatalombok.co.id, Oleh Oleh Khas Daerah Tapanuli Utara — Kabupaten Tapanuli Utara adalah salah satu wilayah di Sumatera Utara yang memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang tak kalah menarik dengan wilayah lainnya.

Ada banyak hal yang bisa anda jelajahi selama berada di daerah Tapanuli Utara ini, mulai dari keindahan alam yang dimilikinya hingga berburu kuliner-kuliner khas yang ada di beberapa lokasi.

Pusat ibukota Kabupaten Tapanuli Utara ini berada di Tarutung. Selain memiliki wisata alam, anda juga bisa menjelajahi berbagai tempat yang memiliki historical tinggi sebagai bagian dari sejarah suku Batak di masa lampau.

Nah, jika anda berkesempatan datang dan menelusuri daerah Tapanuli Utara ini maka tak lengkap rasanya jika tidak berburu oleh oleh khas daerah.

Oleh-oleh khas Tapanuli Utara ini sangat terkenal dengan cita rasa yang begitu khas dan memikat pada setiap pengunjung yang datang ke wilayah ini.

Dalam artikel ini ada beberapa informasi dan refernsi jenis oleh-oleh khas daerah Tapanuli Utara, simak selangkapnya:

Kain Tenun Tarutung

Kain Tenun Tarutung
Kain Tenun Tarutung

Jenis oleh oleh yang satu ini cukup unik lho! …ada Kain Tenun Tarutung, yang merupakan salah satu jenis yang sangat terkenal dari Tapanuli Utara.

Kain Tenun Tarutung ini di proses secara tradisional ~

Kerajinan tenun yang satu ini berasal dari daerah Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia. Kain Tenun Tarutung merupakan salah satu kekayaan budaya dan warisan seni tekstil dari masyarakat Batak Toba di wilayah tersebut.

Proses pembuatan Kain Tenun Tarutung adalah kerajinan tangan yang memerlukan keterampilan tinggi dan ketelitian.

Biasanya, perempuan di desa-desa Tarutung menjadi pengrajin kain tenun yang ahli. Mereka menggunakan alat tenun tradisional, seperti alat tenun pakan berbentuk kerangka kayu, untuk membuat kain dengan berbagai pola dan motif yang indah.

Motif-motif pada Kain Tenun Tarutung sering kali terinspirasi dari alam sekitar dan simbol-simbol budaya Batak Toba.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Pematangsiantar, Ada Baju Bolak Balik Lho!

Ombus Ombus Khas Batak

Ombus Ombus Khas Batak
Ombus Ombus Khas Batak

Jenis kuliner yang satu ini sudah sangat populer dalam kalangan masyarakat suku Batak yang ada di Sumatera Utara, terutama mereka yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara ini.

Ombus-ombus adalah kue tradisional khas Batak yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah atau gula putih.

Salah satu pedagang ombus-ombus yang terkenal adalah Senteria Br Siahaan, atau akrab disapa Opung Senteria, pemilik toko Ombus-Ombus di Siborongborong, Sumatra Utara.

Soal harga tak perlu khawatir, harga jenis kue ini relatif murah, hanya Rp 3.000 per buah. Anda bisa mendapatkannya dengan sangat mudah, ada banyak masyarakat Tarutung yang membuat jenis Ombus Ombus ini.

Anda wajib coba ya!

Arsik Khas Tapanuli Utara

Arsik Khas Tapanuli Utara
Arsik Khas Tapanuli Utara

Arsik merupakan makanan khas Tapanuli yang cukup populer dan wajib dicicipi saat berkunjung ke sana. Di Kabupaten Tapanuli Utara juga sangat banyak anda jumpai jenis arsik ini,

Arsik merupakan sajian ikan mas dengan bumbu kuning yang sangat khas dengan campuran rempah khas wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti Asam Cikala dan Kamuliman.

Sangat rugi bila anda tidak mencoba makanan yang satu ini!

Pasalnya, jenis makanan Arsik Khas Tapanuli Utara tidak akan anda temukan di tempat lain. Jadi, selagi berada di Tapanuli Utara maka admin referensikan untuk mencoba Arsik ini.

Rasanya bikin ‘nagih’ lho ~

Amping

Amping
Amping

Selain dua jenis kuliner yang sudah admin ulas diatas, masih ada jenis Amping yang sangat khas sekali dan bisa anda dapatkan di beberapa toko oleh oleh khas Tarutung Tapanuli Utara.

Oh ya, untuk yang belum tahu…

Amping ini merupakan jenis makanan ringan yang dihasilkan dari tepung ketan, yang memiliki rasa yang nikmat dan dijajakan di sepanjang jalan.

Anda bisa membawa oleh-oleh ini sebagai cemilan ketika perjalanan pulang nanti.

Cimpa

Cimpa
Cimpa

Cimpa merupakan jenis oleh-oleh khas Kabupaten Tapanuli Utara yang terbuat dari tepung ketan dicampur dengan air, garam, dan kelapa parut.

Cimpa ini biasanya dibungkus dengan daun pisang sehingga tubuh kencang ketika disajikan. Cimpa biasanya dijual di warung-warung kecil di jalanan.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Langsa, Dapatkan Pilihan Terbaik Untuk Anda!

Jenis kuliner ini sangat sederhana ~

Namun, memiliki cita rasa yang sangat khas sekali. Anda bisa membeli pada beberapa penjual yang ada di daerah Tarutung ini.

Bolu Susu

Bolu Susu
Bolu Susu

Bolu Susu merupakan oleh-oleh khas Tapanuli Utara yang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana seperti telur, tepung terigu, susu, dan gula.

Terlihat sederhana banget,

Bolu Susu ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk dengan rasa yang manis. Oleh-oleh ini selalu dijajakan di warung kopi di daerah Tapanuli Utara.

…ini cukup lezat kok!

Dali Ni Horbo Khas Tapanuli Utara

Dali Ni Horbo Khas Tapanuli Utara
Dali Ni Horbo Khas Tapanuli Utara

Mungkin ada belum tahu jika beberapa daerah di Sumatera Utara ada makanan yang berasal dari olahan susu yang sangat terkenal.

Sebagian orang menyebunya dengan istilah Keju Batak atau yang dikenal dengan nama Dali ni Horbo.

Dali ni Hobro ini terbuat dari susu kerbau, Dali ni Horbo berasal dari Tapanuli. Makanan sudah sangat populer dalam kalangan masyarakat suku Batak yang ada di Tapanuli.

Jadi, jenis makanan ini merupakan makanan tradisional yang banyak dikonsumsi masyarakat Batak, bahkan masih bisa banyak dijumpai hingga sekarang.

Apakah anda penasaran ingin mencobanya?

Ayam Napinadar

Ayam Napinadar Khas Batak
Ayam Napinadar Khas Batak

Ayam Napinadar atau Manuk Napinadar merupakan salah satu jenis masakan khas Batak yang biasanya dihidangkan pada pesta adat tertentu, seperti kelahiran anak, pernikahan, dan saat seseorang akan berangkat merantau.

Untuk anda ketahui, hidangan Ayam Napinadar ini menjadi yang paling populer dan sangat nikmat.

Anda akan dengan mudah menemukan jenis hidangan ini pada setiap acara adat yang sedang berlangsung di Tapanuli Utara.

Ada beberapa resep yang bisa Anda coba untuk membuat Ayam Napinadar di rumah.

Proses pembuataran Ayam Napinadar ini menggunakan bahan-bahan seperti ayam kampung, darah ayam, garam, jeruk nipis, serai, lengkuas, jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe rawit dan andaliman.

Ini wajib anda coba jika sedang berada di Tapanuli Utara, khas banget lho!

Sambal Andaliman

Sambal Andaliman
Sambal Andaliman

Sambal Andaliman adalah jenis oleh-oleh khas Tapanuli Utara yang cocok bagi Anda penggemar makanan pedas.

Sambal Andaliman terbuat dari cabe, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Dharmasraya, Ada Dendeng Batokok yang Wajid Anda Coba!

Perpaduan bahan tersebut kemudian diolah dengan andaliman yaitu rempah khas Tapanuli Utara. Rasa pedas dan segarnya, dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang.

Kalaksa

Kalaksa
Kalaksa

Kalaksa merupakan salah satu jenis makan khas Tapanuli Utara yang terkenal dengan cita rasa yang begitu khas.

Makanan tersebut terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan gula.

Kalaksa kemudian dibentuk sesuai bentuk yang diinginkan. Oleh-oleh ini dijual di pasar-pasar tradisional di Tapanuli Utara.

Cukup mudah kok untuk mendapatkannya!

Kopi Tubruk

Kopi Tubruk
Kopi Tubruk

Kopi Tubruk adalah jenis minuman khas Tapanuli Utara yang sangat terkenal. Disajikan dengan mangkok, kopi tubruk sangat cocok untuk dinikmati disela-sela waktu santai.

Kopi tersebut disedu dengan air panas yang kemudian dicampurkan dengan gula dan susu kental manis, namun tak jarang masih banyak yang menyajikannya dengan cara tradisional, yaitu dengan gula merah.

Oleh Oleh Khas Tapanuli Utara Lainnya

Ada banyak oleh oleh yang berasal dari Tapanuli Utara yang bisa ada beli. Nah, beberapa sudah admin ulas diatas. Anda tinggal pilih dan sesuaikan dengan selera.

Namun, masih ada beberapa jenis Oleh Oleh Khas Tapanuli Utara Lainnya yang bisa anda peroleh selama berkunjung ke daerah ini.

Berikut selengkapnya:

  1. Kue Talam
  2. Lapet, Popul-pohul dan Ombus-ombus
  3. Dekke Na Niura
  4. Natinombur (Ikan Tombur)
  5. Kopi Lintong
  6. BPK (Babi Panggang Karo)
  7. Daging Bakar Sambal Asam

Demikianlah beberapa referensi Oleh Oleh Khas Kabupaten Tapanuli Utara yang wajib dicoba. Anda bisa menelusuri keindahan Tapanuli Utara sambil berburu oleh oleh khas daerahnya.

Ini akan menjadi perjalanan yang menyenangkan lho!

Baca juga informasi lainnya :