10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Aceh Tamiang, Kuliner Hingga Kerajinan Tangan!

Wisatalombok.co.id, Oleh oleh khas Kabupaten Aceh Tamiang — Menyebut nama ‘Aceh Taming, sepertinya sangat tidak asing di telinga kita. Kawasan tersebut merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Aceh.

Sebagai informasi untuk kita,

Kabupaten Aceh Tamiang merupakan salah satu kabupaten yang secara administratif berada di Provinsi Aceh, Indonesia.

Ibu kotanya adalah Kota Karang Baru. Kabupaten Aceh Tamiang memiliki luas wilayah sekitar 3.841 kilometer persegi dan terletak di bagian utara provinsi Aceh.

Nah, untuk anda yang suka ‘travelling’ maka Aceh Tamiang bisa menjadi salah satu opsi tujuan perjalanan tersebut.

Menjelajahi kawasan Aceh Tamiang ini tak akan ada habisnya…

Misalnya, anda bisa berkunjung Pantai Kuala Merisi, salah satu lokasi atau spot wisata pantai yang sudah sangat dikenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih.

Anda dapat bersantai di pantai, berenang, atau menjelajahi keindahan bawah laut dengan menyelam. Selain itu, masih banyak lokasi-lokasi lainnya yang bisa menjadi tujuan anda selama berada di Aceh Tamian ini.

Oh ya, sepulang dari sini, anda bisa langsung berburu oleh oleh Khas Kabupaten Aceh Tamiang dengan berbagai keunikan yang khas banget.

Ini bisa menjadi ‘buah tangan’ saat akan kembali pulang ke rumah anda. Nah, dalam artikel kali ini admin sudah tuliskan beberapa referensi oleh oleh Khas Kabupaten Aceh Tamiang yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

Kerajinan Tangan Khas Aceh Tamiang

Kerajinan Tangan Khas Aceh Tamiang
Kerajinan Tangan Khas Aceh Tamiang

Di Aceh Tamiang ini, cukup populer dengan berbagai jenis kerajinan tangan yang dilakukan oleh masyarakat lokal dengan model dan motif yang sangat khas.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Langsa, Dapatkan Pilihan Terbaik Untuk Anda!

Kerajinan tangan yang mereka buat ini berbahan baku kayu atau bambu.

…Ada banyak modelnya lho! Anda bisa memilih sesuai yang diinginkan dengan varian motif yang merupakan hasil buatan tangan.

Salah satu kerajinan tangan yang menjadi oleh-oleh khas Aceh Tamiang adalah ukiran kayu dan anyaman bambu. Anyaman bambu khas Aceh Tamiang memiliki bentuk yang artistik dan estetik seperti keranjang, tas, topi, dan kerajinan lainnya.

Sedangkan untuk kerajinan tangan dalam bentuk Ukiran kayu khas Aceh Tamiang ini memiliki bentuk yang sangat bervariasi.

Misalnya, mereka membuat ukiran ini dengan inspirasi tokoh-tokoh legenda, binatang, dan benda-benda lainnya.

Kuliner Khas Aceh Tamiang

Kuliner Khas Aceh Tamiang
Kuliner Khas Aceh Tamiang

Di berbagai daerah Indonesia pasti pernah anda jumpai menu makanan ‘Mie Aceh’ ini! Benar nggak? Ternyata, kuliner yang satu ini memang berasal dari Aceh. Ini menjadi salah satu kuliner yang sangat special dan khas di Aceh Tamiang.

Jadi, oleh-oleh khas Aceh Tamiang tidak hanya terbatas pada kerajinan tangan saja, namun juga terdapat kuliner khas yang lezat dan menggugah selera. Salah satu makanan khas yang harus dicoba adalah mie Aceh Tamiang.

Hanya saja, untuk anda yang melakukan perjalanan jauh tidak bisa membawa Mie Aceh ini sampai kerumah, bisa basi lho!

…Ini bisa menjadi santapan anda selama berada di Aceh Tamiang ~

Soal rasa nggak perlu untuk diragukan lagi, Mie Aceh Tamiang ini memiliki citarasa pedas dan gurih yang khas, dengan kuah yang menggugah selera.

Oh ya,

Selain mie Aceh Tamiang, ada juga makanan tradisional lainnya seperti sate Marik Lunik dan nasi gurih Aceh Tamiang.

Kain Tenun Khas Aceh Tamiang

Kain Tenun Khas Aceh Tamiang
Kain Tenun Khas Aceh Tamiang

Untuk anda yang hobi dengan kain tenun daerah, Kain Tenun Khas Aceh Tamiang bisa menjadi salah satu opsi menarik untuk dimiliki.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Pasaman, Bikin Kangen Pengen Travelling Lagi!

Aceh Tamiang juga terkenal dengan kain tenunnya yang unik dan indah. Masyarakat di Aceh Tamiang sangat mahir dalam menenun dengan berbagai motif yang sangat indah.

Ini bisa menjadi salah satu koleksi kain tenun anda di rumah, keren banget lho! Jadi, kain tenun khas Aceh Tamiang merupakan hasil tenunan tangan yang dilakukan oleh ibu-ibu di desa-desa.

Seperti pada umumnya di berbagai perdesaan di Indonesia, aktifitas tenun ini masih dilakukan secara tradisional dan manual.

Motif-motif pada kain tenun khas Aceh Tamiang memiliki keunikannya masing-masing dengan warna yang bervariasi mulai dari merah, hijau, kuning dan biru.

Kue Kering dan Basah Khas Aceh Tamiang

Kue Kering dan Basah Khas Aceh Tamiang
Kue Kering dan Basah Khas Aceh Tamiang

…Selanjutnya, ada kuliner khas daerah Aceh Tamiang! Sebenarnya, ada banyak varian jenis kuliner sejenis kue yang berasal dari daerah Tamiang ini.

Ini bisa menjadi oleh oleh yang dengan mudah untuk didapatkan saat sedang berkunjung di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Oleh-oleh khas Aceh Tamiang juga terdapat berbagai macam kue kering dan basah yang cocok untuk dihidangkan saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Untuk membawa oleh oleh jenis kue ini maka anda harus pastikan untuk membeli kue kering, ini akan bertahan lama hingga sampai rumah anda.

Sedangkan untuk jenis kue basah, cukup untuk anda makan saat dalam perjalanan. Beberapa kue kering khas Aceh Tamiang seperti kue semprit dan kue nastar. Sedangkan untuk kue basahnya ada kue bolu, kue lapis, dan putu mayang.

Perhiasan Khas Aceh Tamiang

Perhiasan Khas Aceh Tamiang
Perhiasan Khas Aceh Tamiang

Tidak hanya kerajinan tangan, Aceh Tamiang juga terkenal dengan perhiasan khasnya lho! Ada berbagai jenis yang bisa anda temukan.

Ini cukup unik dan keren banget ~

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Tapanuli Selatan (Sipirok) yang Harus Kamu Coba

Perhiasan khas Aceh Tamiang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam seperti batu akik, mutiara, kayu, dan kulit.

Sebagai oleh oleh pulang dari Aceh Tamiang, ini recommended banget lho!

Perhiasan khas Aceh Tamiang memiliki bentuk-bentuk yang unik dengan model yang bervariasi, seperti kalung, cincin, anting-anting, dan gelang.

Anda juga tidak akan kesulitan menemukan beberapa jenis perhiasan ini ketika sedang berada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Jika kebingungan, cukup bertanya dengan masyarakat lokal disana. Mereka akan dengan senang hati memberikan anda informasinya lebih detail lagi.

Oleh Oleh Jenis lainnya

Nah, selain beberapa oleh oleh yang sudah admin sebutkan diatas tadi, anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis oleh oleh khas Aceh Tamiang lainnya.

Ini akan sangat mudah kok untuk anda temukan, berikut referensi oleh oleh lainnya:

  1. Belacan Tutuk
  2. Manisan Pala Aceh
  3. Lepat
  4. Kue Marke
  5. Kembang Loyang
  6. Bakpia Aceh
  7. Kue Bhoi
  8. Dendeng Aceh

Kesimpulan

Aceh Tamiang memiliki beragam oleh-oleh khas yang dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Berkunjung ke wilayah ini akan memberikan kesan tersendiri untuk anda.

Selain keindahan alam, ada juga bisa berbelanja berbagai souvenir dan oleh oleh yang bisa dijadikan ‘buah tangan’ saat kembali ke rumah anda.

Mulai dari kerajinan tangan seperti ukiran kayu dan anyaman bambu, kuliner khas seperti mie Aceh Tamiang, kain tenun, kue kering dan basah, hingga perhiasan khas Aceh Tamiang.

Jadi, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Aceh Tamiang saat berkunjung ke sana.

Baca juga Informasi lainnya :