10+ Tempat Wisata Bima NTB (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata Bima NTB Kota Bima, atau oleh suku Mbojo disebut dengan nama Dana Mbojo, adalah sebuah kota yang terletak di Pulau Sumbawa bagian Timur, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Bima menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke provinsi Nusa Tenggara Barat. Daerah ini menyimpan banyak potensi dari destinasi wisatanya yang tak kalah mempesona dari wilayah Indonesia lainnya.

Terdapat banyak tempat untuk berwisata yang ada di Bima dari mulai pantai, pegunungan, hingga destinasi alam lainnya.

Deretan tempat wisata Bima NTB ini menampilkan ragam budaya dan keindahan alam yang akan menarik para wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Selain wisata alamnya, di kota Bima kamu juga akan melihat wisata budaya yang tidak kalah menariknya. Tentunya hal itu tidak terlepas dari sejarah kota Bima yang merupakan pusat dari kerajaan Bima.

Jika kamu sedang berlibur ke kota Bima, berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk kamu kunjungi.

Tempat Wisata Bima NTB

1. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa

Di pantai ini kamu dapat menikmati eksotis pantai yang dikelilingi oleh jernihnya air laut dan hamparan pasir yang sangat lembut.

Untuk menikmati keindahannya, lakukanlah trekking ke atas bukit atau bisa juga melakukan snorkeling jika ingin menikmati keindahan dari bawah laut.

Walaupun medan ke sana terbilang sulit, tetapi dijamin kamu tidak menyesal mengunjunginya.

Dengan begitu, untuk sedang mencari tempat untuk berlibur, Pulau Kelapa ini bisa mejadi opsi kamu untuk beribur barenag kelaurga ataupun pasangan.

2. Pantai Pink

Pantai Pink

Pantai Pink merupakan wisata yang sangat terkenal di Bima sekaligus di Nusa Tenggara Barat. Disini kamu akan disuguhkan panorama alam pantai yang tidak biasa dengan air pantai jernih dan pasir laut berwarna pink

Sama seperti namanya, pasir di pantai ini berwarna pink dan menjadi keunikan sendiri untuk pantai ini. Selain pasirnya, air laut di sini terbilang sangat jernih.

Baca Juga:   Curug Cijalu: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Untuk menuju ke sana, dari kota Bima kamu harus menaiki bus dan kemudian naik perahu untuk sampai ke pantai Pink.

Selain itu, Pantai Pink Bima dikelilingi dengan bukit sehingga menambah daya tariknya. Gradasi antara pasir berwarna pink, air laut biru jernih, dan perbukitan hijau, menghasilkan panorama yang sangat eksotis.

Tentu liburan kau akan merasa lebih seru saat berkunjung ke wisata pantai pink ini,

3. Pantai Kalaki

Pantai Kalaki

Masi bingun untuk mencari wisata alam yang ada di Bima NTB? Jika iya, Pantai Kalaki ini bisa menjadi opsi untuk kamu yang ingin sedang belibur untuk menghabiskan waktu wekend mu.

Pantai Kalaki merupakan salah satu wisata yang populer di kalangan wisatawan. Daya tarik Pantai Kalaki adalah pasir berwarna coklat serta air laut yang tenang, sehingga cocok untuk bermain.

Wisata yang satu ini tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya, pantai Kalaki ini juga menghadirkan panorama yang sangat menakjubkan.

Ombaknya yang tenang ditambah hamparan pasir putih menjadikan tempat ini sangat cocok untuk berjalan-jalan sembari menikmati keindahan kota Bima.

Pantai ini sangat mudah diakses, karena dari bandara menuju kota Bima kamu pasti akan melewatinya.

Dengan begitu, untuk kamu yang masi bingung untuk mencari tempat wisata yang bisa kamu kunjungi Pantai Kalaki ini bisa lho, jadi opsi liburan kamu.

4. Bukit Pundu Nence

 Bukit Pundu Nence

Kota bisa banyak menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona Salah satu destinasi wisata di dataran tinggi yaitu Pundu Nence.

Bukit Pundu Nence ini memiliki ketinggian 1050 Mdpl, destinasi wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk melihat keindahan Bima dari ketinggian.

Kebayang dong gimana indahnya kota Bima di lihat dari ketinggian,

Karena berada di atas ketinggian, maka udara di sini terbilang sangat segar sehingga dapat dijadikan tempat untuk refreshing. Keindahan sunrise maupun sunset di sini tidak boleh dilewati. Bahkan di bukit ini kamu bisa melihat berbagai meriam bekas perang di jaman kerajaan Bima dahulu.

Nah, Dari Kota Bima menuju Pundu Nence akan menghabiskan waktu kurang lebih 20 atau 30 menit untuk mencapai tempat wisata tersebut.

Walaupun menbutuhkan perjuangan untuk sampai ke Bukit Pundu Nence. Namun, dengan pemandangan yang indah semua capek akan hilanga dalam seketika.

Baca Juga:   Curug Panglebur Gongso: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

5. Pantai Tanjung Meriam

 Pantai Tanjung Meriam

Pantai Tanjung Meriam, yang terletak di desa Lambu, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan salah satu destinasi pantai yang menawarkan keindahan alam yang memukau.

Berbeda dari pantai pada umumnya, di sini kamu tidak hanya menikmati keindahan alamnya tetapi sekaligus melihat berbagai peninggalan sejarah kota Bima.

Seperti namanya, pantai ini dipenuhi oleh meriam yang merupakan bekas peninggalan sejarah. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik bagi pantai ini.

Dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang lembut dan bebatuan unik, pantai ini menawarkan panorama yang menarik dan merupakan surganya pecinta alam.

Kebanyang dong gimana nikmatnya berkunjung ke Pantai Tanjung Meriam,

6. Pulau Ular

Pulau Ular

Untuk kamu yang suka danga wisata ekstrem cobalah datang ke Nusa Nipa di Bima, NTB. Pulau ini dikenal penuh dengan ular.

Nah, Pulau Ular terletak di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini berupa batu karang dengan luas kurang lebih 800 meter persegi. Penghuni pulau ini bukanlah manusia, melainkan ular laut.

Walaupun namanya terlihat seram, tetapi tidak menghilangkan niat para wisatawan untuk melihat berbagai reptil melata di pulau ini.

Hampir ribuan ular berbisa menempati tempat ini. Supaya terjadi hal yang tidak diinginkan, maka kamu harus bersama warga lokal untuk mengunjunginya.

7. Pulau Sangeang

Pulau Sangeang

Gunung Sangeang merupakan salah satu gunung yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mesti tidak terkenal seperti Gunung Rinjani, namun terdapat sensasi yang berbeda ketika menjajal Gunung Sangeang ini.

Untuk kamu yang suka hiking, ada baiknya cobalah hiking di tempat ini. Pulau ini memiliki 2 gunung aktif yang pastinya sangat menantang adrenalin. Karena gunungnya masih aktif, jadi tidak ada masyarakat yang menghuni pulau Sangeang ini.

Selain Gunung Sangeang Api yang terkenal, kawasan sekirar di Pulau Sangiang tersebut akhirnya juga menjadi destinasi wisata menarik.

Pulau itu sendiri terletak di Selat Sunda dan diapit oleh Pulau Sumatra dan Jawa. Dengan Luas mencapai 700 hektar, pulau ini merupakan destinasi wisata dengan jelajah pulau, snorkeling, hingga panorama matahari tenggelam sebagai andalannya.

Baca Juga:   Rekomendasi 10 Tempat Wisata Halmahera Utara dengan Kekayaan Alam yang Indah

Pulau Sangeang ini cocok untuk kamu kunjungi selain memiliki pemandangan indah wista ini juga sangat menantang adrenalin.

8. Museum Asi Mbojo

Museum Asi Mbojo

Selain destinasi alamnya, kamu juga bisa mengunjungi Museum Asi Mbojo untuk melihat sejarah kota Bima. Di sini kamu dapat belajar sejarah kerajaan Bima dan berbagai peninggalan di dalamnya. Daya tarik dari museum ini adalah desain arsitektur bangunannya yang merupakan ciri khas kota Bima.

Museum Asi Mbojo merupakan bangungan istana Kesultanan Bima. Asi Mbojo dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istana Bima.

Bangunan bergaya Eropa ini mulai dibangun pada tahun 1927 dan selesai pada tahun 1929, versi lain menyebutkan tahun 1930 M pada masa Sultan Muhammad Salahudin.

Untuk kamu yang ingin mengetahu sejarah koa Bima Museum Asi Mbojo ini kamu kunjungi, untuk mengetahui sejarah-sejarah pada masa kerajaan Bima.

9. Cagar Budaya Uma Lengge

Cagar Budaya Uma Lengge

Jika kamu berkujung ke Bima, kamu akan melihat deretan rumah adat suku setempat yang bernama Uma Lengge. Banyak wisatawan lokal hingga mancanegara mengunjunginya untuk melihat keunikannya.

Di sini para wisatawan diharuskan memakai baju adat, bahkan mereka dapat melihat kegiatan masyarakat lokal ketika bercocok tanam.

Uma Lengge sebenarnya rumah tradisional tempat tinggal masyarakat Bima dengan atap dari jerami atau alang-alang. Namun, keberadaan bangunan itu sudah sulit ditemukan.

Nah, dengan inisiatif pemuda Bima maka kumpulan lumbung padi atau Jompa di Desa Maria kini dibuat menyerupai Uma Lengge.

Menurut mereka ini adalah salah satu cara untuk melestarikan dan mempromosikan budaya daerahnya.

10.  Air Terjun Bombo Roi

Air Terjun Bombo Roi

Aksesnya yang mudah dan pemandangannya yang menakjubkan membuat tempat ini ramai pengunjung.

Di air terjun ini pastinya kamu akan melihat air yang turun dari atas ketinggian ke sebuah kolam dengan air yang jernih.

Tempat yang dikelilingi oleh pemandangan serba hijau ini dijamin akan memanjakan matamu.

Nah, itulah rekomendasi 10 tempat wisata Bima NTB yang tidak boleh kamu lewatkan. Dari 10 tempat tersebut, destinasi wisata mana yang ingin dikunjungi?

Baca Juga Informasi Lainnya: