10+ Tempat Wisata Sumba Bikin Kamu Betah, Bisa Lupa Pulang!

Wisatalombok.co.id, Tempat WisataMenghabiskan waktu liburan ke salah satu dari 10 tempat wisata Sumba ini tentu akan menjadi momen yang sangat menyenangkan untuk kamu. Apalagi kamu sudah seharian penat dengan berbagai kebisingan kota dan aktivitas di kantor.

Timur Indonesia menyimpan sejuta pesona keindahan, mulai dari pantai hingga alam pegunungan yang selalu memukai setiap pengunjung yang datang.

Inilah Sumba, serpihan surga di Timur Inonesia!

Sumba terbagi menjadi Sumba Barat dan Sumba Timur yang mana keduanya memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa.

Orang-orang mungkin hanya mengenal Sumba dengan daerah yang kering, tapi pada kenyataannya Sumba menyimpan banyak tempat-tempat menarik yang sangat indah dan terkenal masih sangat natural.

…Ini murni bentukan alam, bukan buatan manusia!

Seperti dalam artikel kali ini yang akan membahas mengenai rekomendasi t tempat wisata Sumba. Penjelasan lengkapnya simak artikel berikut hingga selesai!

Tempat Wisata Sumba untuk Referensi Kamu dan Keluarga

Dari semua tempat wisata yang ada, hampir semuanya adalah tempat wisata alam. Memang Sumba sangat terkenal dengan ragam spot wisata alam yang eksotis.

So, kamu tinggal pilih!

Ada banyak tempat dan lokasi menarik. Jadi, tak heran jika wisatawan asing sering sekali menghabiskan waktu, terutama ke tempat-tempat berikut ini:

1. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu Sumba
Pantai Nihiwatu Sumba

Asyiknya berwisata ke Pantai Nihiwatu ini menjadi buah bibir para netizen. Wisata pantai memang selalu menjadi primadona bagi banyak orang, apalagi lokasi pantai dengan suasana indah yang alami dan belum banyak tersentuh tangan manusia.

Nah, Pantai Nihiwatu Sumba sangat indah lho!

Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini memiliki kecantikan yang tak kalah menariknya dengan pantai-pantai Hawai yang sering kita saksisan dalam perfilman.

Bagaimana tidak, suasana biru lautnya berpadu dengan bersihnya cuaca di Sumba. Tidak berlebihan kiranya karena memang pantai yang terletak dalam kawasan desa Hobawawi ini memang sangat eksotis.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Kepulauan Meranti (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Rugi banget jika kalau kamu belum pernah pergi ke pantai ini!

2. Pantai Mbawana

Pantai Mbawana Sumba
Pantai Mbawana Sumba

Satu lagi wisata pantai yang mempesona dari daerah Sumba yaitu Pantai Mbawana yang terletak pada kawasan desa Panenggo Ede.

Pantai ini sangat terkenal dengan batu karang megah yang menjadi spot selfie terfavorit para pengunjungnya.

Ada banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat ini setiap pekannya. Dengan hamparan pasir putih yang luas, siapapun dapat bermain pasir dengan puas saat mengunjunginya.

So, apa kamu nggak mau datang ke wisata pantai yang satu ini?

3. Desa Ratenggaro

Desa Ratenggaro Sumba
Desa Ratenggaro Sumba

Tempat ini menjadi tujuan wisata buat kamu yang tertarik dengan kehidupan suku-suku yang ada di kota Sumba.

Mayoritas penduduk dari desa ini menganut sebuah kepercayaan yang bernama Marapu. Kepercayaan ini terwujud dengan bentuk atap rumah tinggi sebagai penghormatan kepada para leluhur.

So, ini sangat unik lho!

Histori yang panjang menyelimuti masyakat Desa Ratenggaro ini. Untuk kamu yang ingin berwisata sejarah dengan paduan pemandangan pantai yang indah maka bisa berkunjung ke desa yang satu ini.

Gokil, ini pasti keren banget!

4. Pantai Retenggaro

Pantai Retenggaro Sumba
Pantai Retenggaro Sumba

Selanjutnya tempat wisata Sumba yang bisa kamu sambangi saat sedang berlibur ke kota Sumba adalah Pantai Retenggaro.

Wisatawan yang sudah puas menikmati asyiknya kehidupan dari desa Ratenggaro pasti ingin segera menikmati keindahan pantai dari desa tersebut.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan juga beragam, seperti selancar, berenang dan juga kano. Sangat pas untuk tujuan wisatamu bersama keluarga.

Untuk kamu pecinta aktivitas laut bisa mencoba sensasi Pantai Retenggaro Sumba ini, yakin ini nggak akan bikin kamu menyesal.

Kamu wajib coba!

5. Pantai Kerewei, Tempat Wisata Sumba

Pantai Kerewei Sumba
Pantai Kerewei Sumba

Wisata Sumba memang tak ada habisnya dengan pesona pantai yang dimiliki.

Satu lagi pantai yang tidak boleh kamu lewatkan dari kota Sumba adalah berkunjung ke Pantai Kerewei. Spot foto dengan berbagai macam latar belakang adalah daya tarik utama dari pantai yang cantik ini.

Dengan pasir putih yang lembut serta sejuknya angin, kamu dan pengunjung lain pasti tidak ingin segera beranjak dari pantai yang terletak dalam kawasan desa Patiala Balawa ini.

Baca Juga:   Mau Liat Desa Di Atas Awan? Inilah 10 Tempat Wisata Toraja Utara yang Bisa Kamu Sambangi!

Jika kamu datang pada siang hari, suasana pantai ini sungguh indah! Memang cuaca di Sumba terbilang agak sedikit panas, namun ini semua akan hilang ketika kamu sudah melihat keindahan pantai Kerewei ini.

6. Kampung Adat Praigoli

Kampung Adat Praigoli Sumba
Kampung Adat Praigoli Sumba

Untuk pengetahuan bersama, Desa Wai Hura menjadi tuan rumah dari kampung yang sarat dengan keunikan budaya ini. Desa Wai Hura merupakan sebuah desa yang terletak di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa beberapa desa di Sumba umumnya masih memiliki kehidupan tradisional yang kuat, dan banyak masyarakatnya masih menjalani kehidupan agraris dengan menggantungkan diri pada pertanian, peternakan, dan kerajinan tangan.

Oh ya,

Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan berbagai macam megalitikum yang menandakan adanya peradaban yang cukup lama dari tempat ini.

7. Tempat Wisata Sumba, Air Terjun Waimarang

Tempat Wisata Sumba, Air Terjun Waimarang
Tempat Wisata Sumba, Air Terjun Waimarang

Selain memiliki wisata pantai yang indah, Sumba juga memiliki wisata alam air terjun dengan pesona yang menakjubkan.

Wisata Waimarang merupakan salah satu spot wisata air terjun yang bisa kamu jelajahi selama berada di Sumba, dan ini mungkin menjadi destinasi wisata yang sangat menarik bagi kamu yang menyukai petualangan alam dan pemandangan indah.

Oh ya, kolam air terjunnya yang terdapat banyak batu karang tinggi yang mengelilinginya.

Pastinya, ini merupakan fenomena yang sangat langka. Sehingga tak heran, selalu banyak wisatawan yang berkunjung ke air terjun yang berada pada kawasan desa Waimarang ini.

8. Kampung Tarung

Kampung Tarung Sumba
Kampung Tarung Sumba

Satu lagi wisata desa yang sarat dengan kekayaan budaya ini adalah Kampung Tarung. Wisata Kampung Tarung terletak di desa Tarung Sumba.

Tempat ini sangat disukai wisatawan asing yang gemar menyaksikan spot wisata yang masih benar-benar alami dan bebas teknologi.

9. Pantai Bina Natu, Tempat Wisata Sumba

Pantai Bina Natu, Tempat Wisata Sumba
Pantai Bina Natu, Tempat Wisata Sumba

Selanjutnya wisata pantai yang bisa menjadi tujuan wisatamu bersama keluarga adalah berkunjung ke Pantai Bina Natu.

Ya, Sumba Barat memang sangat populer dengan kekayaan pantainya. Salah satunya adalah wisata pantai ini.

Pantai yang masih benar-benar bersih dan jauh dari kebisingan kota ini menjadi tujuan utama buat kamu yang ingin relaks dan menenangkan pikiran dari aktivitas pekerjaan.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Serang (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Letaknyaberada pada kawasan desa Loko Ry.

10. Air Terjun Waikelo Sawah

Air Terjun Waikelo Sawah
Air Terjun Waikelo Sawah

Air Terjun Waikelo Sawah merupakan salah satu spot air terjun yang terletak di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Pulau Sumba memiliki banyak air terjun yang indah, dan Waikelo Sawah adalah salah satunya. Air terjun ini terletak di daerah pedesaan dan menawarkan pemandangan alam yang spektakuler.

Tempat wisata yang satu ini sudah cukup terkenal oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Air terjun ini memang merupakan buatan manusia karena diperuntukkan bagi pembangkit tenaga listrik.

Namun, kecantikan air terjun yang ada di desa Tema Tana sangatlah memukau.

Tempat Wisata Sumba Lainnya

Pulau Sumba yang ada di Nusa Tenggara Timur, Indonesia, memang memiliki destinasi wisata yang kaya akan keindahan alam, budaya unik, dan tradisi yang menarik.

Selain Air Terjun Waimarang dan Air Terjun Waikelo Sawah, dll masih ada beberapa tempat wisata yang bisa menjadi referensi menarik dan bisa kamu masukkan ke list kunjungan wisata kamu untuk kawasan Indonesia Timur.

Nah, selain itu masih ada banyak tempat wisata Sumba lainnya yang sudah admin list berikut ini:

  • Air Terjun Tanggedu
  • Pantai Nihiwatu
  • Danau Weekuri
  • Pantai Mandorak
  • Air Terjun Lapopu
  • Pantai Mananga Aba
  • Pantai Walakiri
  • Kampung Adat Praijing

Akhir Kata

Itulah beberapa tempat wisata Sumba dan merupakan sebagian kecil dari keseluruhan tempat wisata pada kawasan ini.

Ke Indonesia Timur, janga lupa singgahi Pulau Sumba!

Tidak perlu khawatir kehabisan ide kunjungan ke berbagai spot pariwisata karena Sumba Barat dan Sumba Timur sama-sama memiliki destinasi wisata yang sangat banyak.

Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan!

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat berlibur ya guys!

Baca Juga: