10+ Tempat Wisata Kuliner Bima (Alamat, Daftar Harga, dan Jam Buka)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata Kuliner — Kabupaten Bima merupakan salah satu kabupaten di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Woha.

Pesona yang ada di Indonesia memang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Tidak hanya pegunungan dan daratan yang indah, Indonesia juga memiliki destinasi wisata pantai yang berhasil memikat hati wisatawan.

Khusunya kota Bima yang menawarkan berbagai pilihan spot wisata, salah satunya adalah wisata pantai. Letaknya yang berdekatan dengan pesisir Teluk Bima membuat Kota Bima memiliki banyak pantai yang memesona.

Selain terkenal akan keindahan pantai, Kota Bima juga terkenal dengan wisata kuliner yang sangat lezat untuk kamu nikmati, rasanya juga tidak perlu kamu ragukan lagi.

Olahan kuliner unik khas Bima menjadi primadona dan keunggulan saat berwisata ke kota tersebut. Sebagai informasi, kuliner Bima dikelompokkan menjadi 4 bagian, yakni kuliner lauk, kuliner sambal, kuliner sayuran, dan kuliner makanan ringan.

Nah, untuk kamu yang ingin menikmati kuliner khas kota Bima, pada artikel ini admin akan merekomendasiakn 10 tempat wisata kuliner Bima, Yang bisa kamu kunjungi.

Berikut ini penjelasan selengkapnya!

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Bima

1. Uta Maju Puru

Uta Maju Puru
Uta Maju Puru

Makanan khas Bima yang memiliki nama Uta Maju Puru ini ini memiliki cita rasa khas dan sangat sulit ditemukan di daerah lain.

Bisa dikatakan, makanan khas Bima ini termasuk kuliner yang sudah mulai langka. Hal ini dikarenakan, bahan utama pembuatan Uta Maju Puru dibuat dengan daging rusa.

Untuk membuat Uta Maju Puru, daging rusa dimasak hingga menjadi dendeng terlebih dahulu. Kemudian olahan dendeng rusa tersebut dibakar bersama campuran bumbu rempah dalam waktu yang lama.

Selain itu, Kudapan Uta Maju Puru memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Karena termasuk langka, Anda hanya bisa menemukan kuliner yang satu ini di beberapa warung Kota Bima.

Nah, untuk harga dari makanan yang satu ini juga sangat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong, sesuai budget.

Maka dari itu, jika kamu berkunjungke Kota Bima kurang lengkap rasa jika tidak singga ke tempat wisata kuliner Bima, untuk menikmati makanan Uta Maju Puru ini.

2. Uta Palumara Londe

Uta Palumara Londe
Uta Palumara Londe

Berencana berkunjung ke Bima? Jika iya, kamu hasir singga ke tempat wisata kuliner khas bisa yang satu ini yang sering kita sebut dengan Uta Palumara Londe, untuk rasanya juga tidak perlu kmu ragukan lagi.

Uta Palumara Londe merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Bima, yang dalam Bahasa Indonesia berarti Bandeng Kuah Santan.

Baca Juga:   10 Tempat Nongkrong di Jogja Pagi Hari, Datang Aja Ke Spot Ini!

Nah, Uta Palumara Londe ini tentunya berbahan dasar ikan bandeng dan juga santan, yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, tomat, asam jawa atau belimbing wuluh, kunyit, garam, dan pataha doro.

Selain itu, kuliner khas bima yang bernama Uta Palumara Londe ini rasanya gurih, manis, asam, dan pedas, untuk harganya juga tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok.

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin menikmati makanan khas Bima yang satu ini, kamu bisa datang ke tempat wisata kuliner Bima.

3. Wisata Kuliner Pelabuhan Bima

Wisata Kuliner Pelabuhan Bima
Wisata Kuliner Pelabuhan Bima

Di sekitar pelabuhan Bima, ada banyak sekali penjual makanan yang bisa ditemui. Salah satunya adalah uta sepi tumis. Hidangan ini merupakan udang rebon yang ditumis menggunakan berbagai macam bumbu. Rasanya yang enak membuat banyak orang menyukai hidangan sederhana ini.

Hidangan yang satu ini dibuat menggunakan udang rebon yang sebelumnya telah melalui proses tumis hingga matang. Proses penumisan tersebut ditambahkan dengan bahan lainnya seperti, tomat, cabai, asam muda, dan daun kemangi.

Sebagai informasi untuk kamu,

Masakan Uta Sepi Tumis merupakan salah satu makanan khas Kota Bima yang juga dikenal dengan nama Ikan Udang Tumis. Tak hanya kudapan tersebut, Wisata Kuliner di Pelabuhan Bima juga menyediakan beragam makanan khas Bima yang lainnya.

Selain itu, untuk harga Uta Sepi Tumis ini juga sangat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong, sesuai denag budget.

Oleh karena itu, jika kamu berada di pelabuhan Bima, jangan sampai untuk menikmati makanan khas ini ya, yang bisa kamu temu di Tempat wisata kuliner Bima. Lokasinya berada di Jln. Pelabuhan Sape, Kec. Sape, Kota Bima.

4. Kedai Kue Mata Pisang di Pinggir Jalan

Kedai Kue Mata Pisang di Pinggir Jalan
Kedai Kue Mata Pisang di Pinggir Jalan

Bima juga terkenal dengan hidangan manisnya yang lezat. Hidangan manis yang terkenal adalah kue mata pisang. Kamu dapat dengan mudah menemukan kedai-kedai yang menjual kue khas Bima ini. Harga yang ditawarkan pun sangat murah sehingga ramah di kantong.

Kue Mata Pisang ini merupakan kuliner khas Bima yang biasanya dijadikan sebagai cemilan setelah makan. Kue ini berbahan dasar pisang. Dalam penyajiannya, kue mata pisang kerap kali disandingkan dengan es serut.

Selain itu, rasanya sangat legit dan nagih sehingga sangat cocok untuk kamu pencinta jajanan manis. Untuk bisa mencicipi kudapan yang satu ini, kamu bisa menemukannya di sepanjang jalanan Pusat Kota Bima.

Jadi, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Bima, jangan lupa untuk singgah ke tempat wisata kuliner Bima, kurang lengkap rasanya jika belum menikmati makanan Kue Mata Pisang ini.

5. Warung Tota Fo’o

 Warung Tota Fo’o
Warung Tota Fo’o

Kamu sedang berkunjug ke Bima? Jangan lupa mapir ke tempat wisata kuliner Bima, untuk menikmatikuliner Tota Fo’o.

Kuliner yang bernama unik tersebut sebenarnya berupa seperti sambal biasa yang bisa ditemukan di beberapa daerah. Bahan utama pembuatan Tota Fo’o ini menggunakan buah mangga yang masih muda.

Baca Juga:   Jadwal Bis Damri dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta

Ada banyak sekali warung-warung di pinggir jalan yang menyediakan makanan ini. Sebenarnya, makanan ini hanyalah sambal yang bisa dimakan dengan berbagai macam makanan seperti ikan bakar. Cita rasa sambal yang unik membuat kamu wajib mencoba makanan satu ini.

Selain itu, untuk harganya juga sangat terjangkau tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok.

Dengan begitu, untuk bisa mencicipinya kamu tak perlu mengunjungi resto resto mewah di Kota Bima karea sambil ini bisa kamu temui di warung-warung kecil, untuk lokasinya berada di Monggonao, Kec. Mpunda, Kota Bima.

6. Warung Sate Bulayak

Warung Sate Bulayak
Warung Sate Bulayak

Jika berkunjung ke Bima, kamu juga tak boleh ketinggalan untuk mencicipi sate bulayak ini. Sate yang disajikan dengan lontong yang terbuat dari ketan ini memiliki cita rasa yang unik sehingga berbeda dari jenis sate lainnya. Ada banyak sekali warung-warung yang menjual sate ini di daerah Bima.

Penyajian sate bulayak juga dibarengi dengan sambal kacang dan sajian serupa lontong yang dikenal dengan sebutan bulayak.

Namun, berbeda dengan lontong, bulayak dibalut rapi dengan janur pohon aren yang membuat bentuknya mirip terompet.

Nah, jika kamu berkunjung ke kota Bima jangan sampai lupa mampir ke tempat wisata kuliner Bima yam untuk menikmati Sate Bulayak ini, untuk rasanya tidak perlu kamu ragukan lagi.

Maka dari itu, Sate Bulayak ini merupakan makanan khas kota Bima, bisa kamu temui di warung-warung kecil. harganya juga relatif murah kok.

7. Warung Nasi Balap Puyung

Warung Nasi Balap Puyung
Warung Nasi Balap Puyung

Siapa nih yang tidak kenal dengan Nasi Balap Puyung salah satu makanan khas kota Bima? Nah, Nasi Balap Puyung merupakan perpaduan nasi dengan lauk pauk dan sambal daging bercita rasa pedas. 

Biasanya, daging yang digunakan merupakan daging ayam maupun sapi. Sebelum diolah menjadi sambal, daging dimasak selama berjam jam bersama racikan bumbu pedas yang menghasilkan rasa ciamik.

Selain sambal daging, lauk pauk Nasi Balap Puyung juga dilengkapi oseng kacang panjang dan kacang tanah yang semakin menambah cita rasanya. Kemudian, di atas nasi masih diberi taburan irisan kentang goreng renyah dengan bumbu yang begitu gurih.

Tempat wisata kuliner Bima menyediakan hidangan nasi yang dipadukan dengan lauk pauk berupa sambal daging.

Untuk cita rasanya yang pedas membuat banyak orang ketagihan dengan hidangan satu ini. Jika kamu pencinta makanan pedas, maka tak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Bima ini.

8. Warung Soto Surabaya

Warung Soto Surabaya
Warung Soto Surabaya

Soto Surabaya di daerah Bima memiliki cita rasa yang cukup berbeda dari soto Surabaya di daerah lainnya. Soto yang disajikan di warung ini memiliki cita rasa yang lebih gurih karena tambahan santan di kuahnya. Selain itu terdapat beberapa jenis bumbu yang bisa dipilih sebagai tambahan soto ini.

Baca Juga:   10+ Tempat Nongkrong Di Tangerang,(Alamat, Daftar Harga, dan Jam Buka)

Warung Soto Surabaya menawarkan seporsi kudapan soto dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan demikian pilihan wisata kuliner tersebut sangat cocok dijadikan menu santap bersama keluarga. 

Selain itu, tempar wisata kuliner yang satu ini menyediakan olahan soto dengan kuah santan yang sangat gurih. Makanan tersebut disajikan dengan bumbu pilihan dan tambahan jeruk nipis, telur, sambal, yang semakin menggugah selera.

Jadi, saat kamu berlibur ke kota Bima, jang lupa mampir ke tempat wisata kuliner Bima ini ya, kurang lengkap rsanya jika belu menikmati Soto Surabaya ini.

9. Depot Nyaman

Depot Nyaman
Depot Nyaman

Salah satu tempar wisata kuliner yang menawarkan berbagai pilihan masakan khas Indonesia di Kota Bima adalah Depot Nyaman.

Di warung tersebut kamu bisa menjajal berbagai kudapan khas Indonesia dari berbagai daerah. Tentunya, harga yang ditawarkan untuk setiap porsi sangatlah terjangkau.

Tak hanya menu masakan khas Indonesia, di warung tersebut kamu juga bisa mencicipi masakan Uta Londe Puru yang menjadi menu andalannya.

Uta Londe Puru merupakan kudapan khas Bima berupa hidangan bandeng bakar dengan bumbu rahasia khas Bima, untuk harganya juga sangat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong.

Jadi, untuk kamu yang ingin mencari tempat wisata kuliner Bima, langusng saja ke Depot Nyaman ada banyak makanan yag bisa kamu nikmati selama di Bima.

10. Pusat Oleh-Oleh Kahangga

Pusat Oleh-Oleh Kahangga
Pusat Oleh-Oleh Kahangga

Jika berkunjung ke Bima, tak akan lengkap rasanya bila tak mengunjungi pusat oleh-olehnya. Di tempat ini ada banyak sekali makanan khas Bima yang bisa dicicipi dan dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Rasa makanannya pun sangat enak dan unik.

Kahangga diambil dari nama salah satu kue khas Kota Bima yang menjadi primadona masyarakat sekitar. Cita rasa yang manis dan gurihnya menjalar ke semua bagian mulut di setiap gigitannya.

Selain itu, untuk harganya jugas sangat terjangkau tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok, sesuai budget.

Jadi, untuk kamu yang sedang berkunjung ke Bima jang lupa untuk mapai ke Pusat Oleh-Oleh Kahangga yang belokasi di Tanjung, Kec. Rasanae Barat, Kota Bima.

Tempat Wisata Kuliner Bima Lainnya

Sampai disini saja pembahasan kita mengenai daftar rekomendasi 10 tempat wisata kuliner Bima yang menyediakan aneka menu menarik dan enak.

Jika salah satu di antaranya ada yang membuatmu tertarik untuk mengunjunginya, maka tak usah menunggu waktu lebih lama lagi, segera kunjungi tempat tersebut.

Berikut ini ada informasi tambahan mengenai tempat wisata kuliner Bima lainya:

  • Surf Cafe Bima
  • Discoffee
  • Pantai Amahami
  • Bestcamp Coffee
  • Kedai Dae Nau
  • Royal Coffee

Itulah, 10 tempat wisata kuliner Bima yang wajib dikunjungi. Selain enak, makanan di tempat tersebut memiliki harga yang sangat terjangkau.

Baca Juga: