10+ Tempat Wisata Tembilahan (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata — Tembilahan merupakan ibu kota Kabupaten Indragiri Hilir yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Indragiri Hilir.

Tembilahan ini juga merupakan salah satu kecamatan penghasil kelapa terbesar di Riau. Bahkan, Tembilahan masuk dalam kategori kecamatan paling berpotensi daerah Riau.

Biacara tentang Kabupaten Indragiri Hilir, tepatnya di Tembilahan selain penghasil kelapa terbersar di Riau, Tembilahan juga terkenal dengan tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang masi asri patut untuk kamu kunjungi.

Saat menjelang libur sekolah tiba biasanya para orang tua sibuk mempersiapkan perjalanan liburan bersama seluruh anggota keluarga. Waktu libur panjang memang momen yang selalu dinanti.

Selain itu merelaksasi tubuh serta pikiran dari rutinitas yang melelahkan, waktu libur juga efektif meningkatkan quality time seluruh anggota keluarga.

Nah, sebagai rekomendasikan tempat wisata Tembilahan, yuk simak terus artikel kali ini hingga selesai sehingga kamu bisa memilih berbagai wisata yang bisa kamu kunjungi.

Untuk perjelasan selangkapnya berikut ini.

Tempat Wisata Tembilahan, Indragiri Hilir

Agrowisata Kelapa

Agrowisata Kelapa
Agrowisata Kelapa

Indragiri Hilir merupakan salah satu kabupaten Riau yang banyak menghasilkan kelapa. Hampir setiap sudut kota, kamu akan melihat deretan kebun kelapa kepunyaan pemerintah ataupun warga.

Agrowisata kelapa merupakan salah satu kebun kelapa yang bisa kamu kunjungi. Selain menikmati pemandangannya, kamu juga bisa mempelajari mengenai budidaya kelapa.

Kelapa daerah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tidak hanya sebagai tempat untuk mencari nafkah untuk keluarga. Tetapi juga menjadi suatu wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, kamu bisa juga menyusuri sungai Indragiri dan menikmati hamparan kelapa milik warga atau perusahaan yang terbentang luas sejauh mata memandang.

Jadi, saat kamu sedang mencari tempat wisata Tembilahan, Agrowisata Kelapa ini bisa menjadi tujuan untuk kamu yang sedang mencari referensi.

Hutan Mangrove Mandah

Hutan Mangrove Mandah
Hutan Mangrove Mandah

Indragiri Hilir adalah kabupaten yang mempunyai berbagai kawasan pesisir yang dihiasi lumpur dan tempat perkembangbiakan hutan bakau.

Hutan Mangrove Mandah adalah salah satu area hutan bakau yang terkenal dan tempat wisata favorit warga sekitar. Pohon bakau tempat ini tumbuh sangat rindang dan membuat suasananya menjadi sejuk.

Seperti kamu ketahui di Indonesia terdapat lebih kurang 79 jenis Mangrove,  60 jenis diperkirakan ada daerah Kabupaten Indragiri Hilir, khusnya pada Pulau Cawan Kecamatan Mandah.

Selain itu, hamparan bakau pantai berlumpur ini menjadi keuntungan tersendiri bagi biota Pulau Cawan.

Karena, lumpur yang tebal pada kawasan bakau saat terjadi pasang surut menjadi sumber bahan makanan bagi aneka jenis spesies laut seperti kerang, udang, aneka ikan langka termasuk pesut.

Jadi, untuk kamu kamu yang ingin sampai ke lokasi dapat kamu tempuh dengan menggunakan transportasi sungai maupun laut, karena terletak pada bagian timur Pulau Sumatera yang merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Kota Tembilahan.

Baca Juga:   Keindahan Curug Bajing: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Jarak tempuh dari Kota Tembilahan, untuk menuju lokasi ini dapat kamu tempuh melalui jalan laut sekitar 1,5 sampai 2 jam. Sedangkan dari Kecamatan Mandah  sekitar 20 sampai 40 menit.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Tembilahan, karena Hutan Mangrove Mandah adalah pilihan yang tepat.

Air Terjun 86

Air Terjun 86
Air Terjun 86

Selanjutnya tempat wisata Tembilahan yang admin rekoemndasikan adalah Air terjun yang sekelilingnya masih tampak asri yang memiliki kemiringan sudut yang mencapai 90 derajat.

Aliran air yang jatuh dari ketinggian 20 meter ini akan bermuara ke sungai Nderlang. Segarnya hembusan angin ditambah alamnya yang masih asri, dijamin akan menghilangkan rasa penatmu.

Nah, untuk menuju kelokasi air, kamu harus menuruni anak tangga yang cukup curam. Namun perjuangan tersebut akan terbalas ketika mulai memasuki kawasan. 

Selain itu, kamu akan melihat dengan suasana alam yang masih asri. Belum lagi mata kamu melihat dengan bangunan rumah-rumah penduduk yang berupa rumah adat Melayu yang juga dinamakan Pesanggarahan.

Keunikan dari tempat wisata Tembilahan yang satu ini, Jika kamu beruntung, kamu akan dapat bertemu dengan burung Kuau Argusianus argus argus yang langka.

Dengan begitu, saat sedang mencari tempat wisata Tembilahan, kamu bisa langsung datang ke Air Terjun 86, selain indahan kamu juga akan menjumpai burung yang sangat langka yaitu Kuau Argusianus argus argus.

Bukit Berbunga

Bukit Berbunga
Bukit Berbunga

Masi bignung untuk mencari tempat wisata Tembilahan? Jika iya, Bukit Berbunga ini bisa lho, kamu jadikan tujuan untuk menikmati keindahan alam yang masi asri.

Keindahan bukit Berbunga dengan tinggi 150 mdpl ini niscaya dapat menyihir mata para pengunjungnya.

Dari ketinggian tersebut, terbentang deretan pegunungan serta dengan rindangnya pepohonan hijau. Karena berada pada bukit, jadi suasana tempat ini sangat sejuk serta hembusan angin nan segar.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati keindahan bunga-bunga yang hanya tumbuh pada sekitar lereng bukit tersebut. Hal ini membuat Bukit Berbunga menjadi salah satu tempat wisata daerah Riau yang bisa kamu kunjungi.

Pemandangan bukit yang penuh dengan bunga-bunga yang sangat cantik bisa membuat kamu betah berlama-lama ke tempat ini. Lokasi Bukit Berbunga tepatnya berada pada Kecamatan Keritang, Desa Batu Ampar.

Event Wisata Menongkah

Event Wisata Menongkah
Event Wisata Menongkah

Tradisi yang sering digelar ini adalah ritual budaya dari suku Duano. Acara ini dilaksanakan daerah padang lumpur yang ada terdapat kerang. Para beserta akan berlomba mencari kerang-kerang tersebut dengan memakai sebilah papan dari pohon besar.

Tradisi ini terbilang unik dan langka ini. Menongkah merupakan aktifitas menangkap kerang Anadar Granosa area hamparan padang lumpur dengan menggunakan sebilah papan seperti papan tersebut terbuat dari pohon besar yang sudah tua.

Sekilas aktifitas menongkah ini mirip dengan peselancar, hanya saja objek dan teknik yang digunakan jauh berbeda dengan selancar.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Bandung Barat (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Selain itu, Tradisi menongkah merupakan wujud semangat Suku Duano menghadapi alam pasang surut Indragiri Hilir.

Jadi, saat kamu berkunjung ke Tembilahan, kamu juga dapat merasakan bagaimana sensasi selancar lumpur yang diperlombakan disana, sembari mengumpulkan kerang-kerang di atas pantai lumpur yang mempesona.

Event Wisata Sampan Leper

Event Wisata Sampan Leper
Event Wisata Sampan Leper

Selain Menongkah ada juga event wisata Sampan Lemper yang mereka laksanakan dareah Kuala Getek. Konsep acara ini hampir sama dengan balapan mendayung perahu. Hanya saja tempat mendayungnya bukanlah ada air, tetapi pada lumpur.

Setiap musim surut tiba, selalau ada ivent berbentuk lomba yang menampilkan kebolehan masyarakat dalam mengayuh sampan diatas lumpur.

ivent ini biasanya mereka laksanakan sekitar bulan Juli saban tahunnya. Sebab pada masa itulah, air daerah Kuala Getek, Sungai Batang Tuaka, surut dan hanya menyisakan lelumpuran yang padat.

Selain itu, Mahakarya Sampan Leper merupakan wujud semangat masyarakat sepanjang Sungai Batang Tuaka, khususnya Suangai Luar, dibalik Legenda si Anak Durhaka. 

Dengan begitu, untuk kamu yang ingin menyaksika tradisi Sampan Leper, tempat wisata Tembilahan adalah opsi yang tepat untuk kamu kunjungi.

Makam Syeikh Abdurrahman Siddiq

Makam Syeikh Abdurrahman Siddiq
Makam Syeikh Abdurrahman Siddiq

Tempat wisata Tembilahan juga menawaekan wisata religi dengan mengunjungi makam Syeikh Abdurrahman Siddiq. Beliau merupakan ulama besar yang sangat hormat daerah Inhil.

Karena ilmu agamanya sangat kuat dan sifatnya yang mulia, maka pada jaman kerajaan Indragiri ia mendapat wewenang untuk mengenalkan dan mengajarkan syariat Islam pada wilayah tersebut.

Selain itu, ia juga pernah menjadai guru pengajar Masjidil Haram, dan mempunyai banyak anak murid. Murid-muridnya tersebar sampai ke Singapura, Malaysia dan Kalimantan.

Keberadaan Makam Syekh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari pada Dusun Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuindra, Kabupaten Indragiri Hilir Riau selalu menjadi daya tarik masyarakat, makam ini selalu ramai dimasyarakat dalam dan luar daerah.

Untuk sampai kesana, kamu tidak harus melewati jalur laut, karena bisa melewati jalur darat melalui ibu kota Tembilahan menggunakan sepeda motor. Lama perjalanan dari Tembilahan sekitar 1 jam, dengan sedikit rintangan akibat jalan setapak.

Pantai Solop

Pantai Solop
Pantai Solop

Bicara tentang tempat wisata Tembilahan memang tidak ada habisnya, selain wisata alam, religi, selanjutnya keindahan pantai yang sangat indah yang patut untuk kamu kunjungi.

Pantai ini juga pantai lumpur, sebab area bibir pantainya terlapis oleh lumpur bukan pasir. Hal itulah yang menjadi keunikan pantai ini. Datanglah ke pantai Solop saat senja tiba, karena pantai ini menyajikan pemandangan sunset yang sangat menakjubkan.

Berada pada pesisir Timur Privinsi Riau, tepatnya daerah Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), tempat tulah Ekowisata Solop berada.

Pantai yang menjadi salah satu andalan destinasi wisata Tembilahan ini memiliki pantai putih berkilau dengan kepanjangan sekitar 2 kilometer jika air surut dari bibir pantai luasan pantai ini bisa mencapai 500 meter.

Selain itu, pasirnya bukanlah pasir biasa melainkan terbentuk dari seresah yakni gundukan beting serpihan dan fosil kulit biota laut, seperti kerang, siput, senteng, lokan dan sebagainya.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Kepulauan Meranti (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Maka dari itu, jika kamu yang sedang membutuhkan referensi tempat wisata Tembilahan, Pantai Solop ini bisa menajadi tujuan untuk kamu berlibur.

Telaga Mablu

Telaga Mablu
Telaga Mablu

Bosan dengan wisata yang begitu-begitu saja, sepertinya Telaga Mablu yang berlokasi area sekitar Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau menjadi jawabannya. 

Telaga ini kamu akan kamu akan memilihat panorama air hijau yang menenangkan serta dengan suasana yang begitu hening.

Selain itu, ada juga hamparan berbagai tanaman yang membuat tempat ini bertambah asri dan alami. Karena keasriannya yang sangat kuat, maka pemerintah setempat berusaha keras untuk menjaga keasrian di telaga ini.

Kondisi alam yang masih terjaga ini membuat keindahan jika memandangnya. Sangat cocok bagi kamu pecinta foto untuk mengambil jepretan terbaiknya.

Oleh karena itu, saat kamu sedang mencari tempat wisata Tembilahan yang memiliki pemandangan yang memukau, Telaga Mablu ini bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi.

Air Terjun Tembulun Rusa

Air Terjun Tembulun Rusa
Air Terjun Tembulun Rusa

Nah, tempat wisata Tembilahan yang terakhir admin rekomendasikan adalah Air Terjun Tembulun Rusa yang bisa kamu jadikan tujuan untuk menikmati keindahan alam yang masi asri.

Air Terjun Tembulun Rusa ini memiliki ketinggian 18 meter dengan kedalam 1.5 meter. Keunikan dari Air Terjun Tembulon Ruso adalah di sisi air terjun terdapat bebatuan yang menyerupai anak tangga untuk mendaki ke atas.

Selain itu, di air terjun ini wilayah yang selalu menjadi tempat bermain bagi hewan rusa yang dialeg masyarakat setempat menyebutnya RUSO. Masyarakat menyebutkan bahwa air terjun ini berasal dari Sungai Ngibul dan bermuara ke hilir, tepatnya Sungai Reteh.

Jadi, jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Tembilahan yang satu ini, loasinya Pangkalan Kasai, Kec. Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Tempat Wisata Tembilahan lainnya

Sangat menarik, bukan? tempat wisata Tembilahan tersebut? Selain tempat indah suasananya juga nyaman, tentunya kamu akan puas menghabiskan akhir pekan di sana.

Jika kamu sedang mencari tempat wisata Tembilahan asik dan nyaman, maka salah satu dari tempat wisata tersebut dapat menjadi pilihan kamu.

..Oh iya,

Berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Tembilahan lainnya:

  • Rawa Gambut Pulau Cawan
  • Sungai Rukam
  • Kebun Jeruk Pulau Palas
  • Kampoeng Selfie
  • Agrowisata Nihada Tembilahan

Nikmatilah waktu liburanmu di Inhil dengan mengunjungi 10 tempat wisata Tembilahan tersebut. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, dijamin liburanmu akan lebih berkesan.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai 10 tempat wisata Tembilahan yang kini tengah populer dan ramai dikunjungi berbagai kalangan masyarakat.

Kini kamu tidak perlu bingung lagi untuk menentukan destinasi wisata kamu ketika berada di Tembilahan .

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat membaca!

Baca Juga Informasi Lainnya: