10 Tempat Wisata Tembilahan, Inhil yang Sedang Populer

Wisatalombok.id, Tempat Nongkrong — 10 tempat wisata Tembilahan, Inhil – Inhil (Indragiri Hilir) merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Riau. Walaupun berbatasan dengan selat Karimata, tetapi di sana kamu tidak akan menjumpai wisata pantai. Hal ini dikarenakan wilayah ini didominasi oleh tanah berlumpur dan ditumbuhi banyak hutan bakau.

Meskipun begitu, di sana kamu tetap bisa mengunjungi tempat-tempat wisata menarik lainnya. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

10 Tempat Wisata Tembilahan, Inhil

Agrowisata Kelapa

Agrowisata Kelapa
Agrowisata Kelapa

Inhil merupakan salah satu kabupaten di Riau yang banyak menghasilkan kelapa. Di hampir setiap sudut kota, kamu akan disuguhkan deretan kebun kelapa kepunyaan pemerintah ataupun warga. Agrowisata kelapa adalah salah satu kebun kelapa yang bisa dikunjungi. Selain menikmati pemandangannya, kamu juga bisa mempelajari mengenai budidaya kelapa.

Baca Juga:   10+ Tempat Nongkrong Rokan Hulu (Alamat, Daftar Harga, dan Jam Buka)

Hutan Mangrove Mandah

Hutan Mangrove Mandah
Hutan Mangrove Mandah

Inhil adalah kabupaten yang mempunyai berbagai kawasan pesisir yang dihiasi lumpur dan tempat perkembangbiakan hutan bakau. Hutan Mangrove Mandah adalah salah satu area hutan bakau yang terkenal dan tempat wisata favorit warga sekitar. Pohon bakau di sini tumbuh sangat rindang dan membuat suasananya menjadi sejuk.

Air Terjun 86

Air Terjun 86
Air Terjun 86

Air terjun yang sekelilingnya masih tampak asri ini, memiliki kemiringan sudut yang mencapai 90 derajat. Aliran air yang jatuh dari ketinggian 20 meter ini akan bermuara ke sungai Nderlang. Segarnya hembusan angin ditambah alamnya yang masih asri, dijamin akan menghilangkan rasa penatmu.

Bukit Berbunga

Bukit Berbunga
Bukit Berbunga

Keindahan bukit dengan tinggi 150 mdpl ini niscaya dapat menyihir mata para pengunjungnya. Dari ketinggian tersebut, terbentang deretan pegunungan disertai dengan rindangnya pepohonan hijau. Karena berada di atas bukit, jadi suasana di sana sangat sejuk ditambah lagi dengan hembusan angin nan segar.

Event Wisata Menongkah

Event Wisata Menongkah
Event Wisata Menongkah

Event yang sering digelar ini adalah ritual budaya dari suku Duano. Acara ini dilaksanakan di padang lumpur yang di dalamnya terdapat kerang. Di mana para beserta akan berlomba mencari kerang-kerang tersebut dengan memakai sebilah papan dari pohon besar.

Baca Juga:   Jadwal Bis Damri dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru

Event Wisata Sampan Leper

Event Wisata Sampan Leper
Event Wisata Sampan Leper

Selain itu ada juga event wisata Sampan Lemper yang dilaksanakan di Kuala Getek. Konsep acara ini hampir sama dengan balapan mendayung perahu. Hanya saja tempat mendayungnya bukanlah di air, tetapi di lumpur.

Makam Syeikh Abdurrahman Siddiq

Makam Syeikh Abdurrahman Siddiq
Makam Syeikh Abdurrahman Siddiq

Di sini kamu juga bisa berwisata religi dengan mengunjungi makam Syeikh Abdurrahman Siddiq. Beliau merupakan ulama besar yang sangat dihormati di Inhil. Karena ilmu agamanya sangat kuat dan sifatnya yang mulia, maka di jaman kerajaan Indragiri ia diberikan wewenang untuk mengenalkan dan mengajarkan syariat Islam di wilayah tersebut.

Pantai Solop

Pantai Solop
Pantai Solop

Pantai ini disebut juga pantai lumpur, sebab area bibir pantainya dilapisi oleh lumpur bukan pasir. Hal itulah yang menjadi keunikan pantai ini. Datanglah ke pantai Solop saat senja tiba, karena pantai ini menyajikan pemandangan sunset yang sangat menakjubkan.

Telaga Mablu

Telaga Mablu
Telaga Mablu

Di telaga ini kamu akan disuguhkan panorama air hijau yang menenangkan ditambah dengan suasana yang begitu hening. Selain itu, ada juga hamparan berbagai tanaman yang membuat tempat ini bertambah asri dan alami. Karena keasriannya yang sangat kuat, maka pemerintah setempat berusaha keras untuk menjaga keasrian di telaga ini.

Baca Juga:   10+ Tempat Nongkrong di Dekat Universitas Mataram (UNRAM) (Alamat, Daftar Harga, dan Jam Buka)

Air Terjun Tembulun Rusa

Air Terjun Tembulun Rusa
Air Terjun Tembulun Rusa

Ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter dengan kedalaman air mencapai 1,5 meter. Aliran air ini mengalir dari sungai Ngibul menuju sungai Reteh. Selain air terjunnya yang cantik, di sini kamu akan menemukan banyak bebatuan yang bisa dijadikan batu akik lho.

Nikmatilah waktu liburanmu di Inhil dengan mengunjungi 10 tempat wisata Tembilahan, Inhil tersebut. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, dijamin liburanmu akan lebih berkesan.