10+ Tempat Wisata Rokan Hilir (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatakombok.id, Tempat Wisata — Rokan Hilir merupakan salah satu wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia. Ibu kota Rokan Hilir berada di Bagansiapiapi. 

Rokan Hilir merupakan kota bersejarah, dan pernah dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di Indonesia, yang memiliki luas wilayah sekitar 8.881 KM² persegi

Ada banyak lho, destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan keindahan alam yang eksotis serta budaya yang kental. Pastinya dapat menambah kesan mendalam untuk kamu yang mengunjunginya.

Berbagai tempat wisata Rokan Hilir yang memiliki keindahan yang luar biasa. destinasi wisatanya juga sangat beragam, mulai dari pantai menawan, wisata air terjun yang masih alami.

Penasaran? Yuk, simak terus artikel kali ini mengenai destinasi wisata terbaik yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. Berikut ini penjelasan selengkapnya!

Tempat Wisata Rokan Hilir, Bagan Siapi Api

Masjid Al-Ikhlas

Masjid Al-Ikhlas
Masjid Al-Ikhlas

Destinasi wisata religi ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat di sini. Bentuk bangunan yang unik disertai dengan fasilitas Islamic center merupakan pesona utama dari masjid ini. Masjid yang mempunyai menara besar ini, mempunyai taman dan kolam yang luas sehingga membuat suasana tampak asri.

Lokasi masjid Al-Ikhlas yang begitu strategis menjadikan tempat ini selalu dipenuhi oleh para jamaah atau siapapun yang melewati wilayah tersebut.

Tak hanya itu saja, keberadaan masjid tersebut juga menjadi ikon kebanggaan warga Rokan Hilir. Bentuk dari struktur bangunannya begitu menarik dengan mengadopsi dari gaya Turki Utsmani.

Hal tersebut dibuktikan dengan bagian kubah masjid yang ukurannya ebsar serta ke empat menara yang berdiri menjulang tinggi di setiap penjuru bangunan masjid Al-Ikhlas.

Selain itu terdapat juga empat menara lagi yang ukurannya lebih kecil ditambah dengan ke empat kubah bawang di masing-masing puncak menara masjid.

Jadi, saat kamu sedang berkunjung ke Rokan Hilir, bingung untuk mencari tempat wisata Masjid Al-Ikhlas ini bisa lho, kamu kunjungi.

Pulau Jemur

Pulau Jemur
Pulau Jemur

Tempat wisata Rokan Hilir seperti Pulau jemur ini terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang berbentuk melingkar seperti mengelilingi lautan tenang.

Pulau ini menawarkan berbagai destinasi menarik seperti menara suar, goa Jepang, batu panglima layar, pantai berpasir kuning keemasan, dan perigi tulang. Destinasi tersebut pastinya membuat liburanmu semakin memuaskan.

Selain itu, Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya. Pulau Jemur dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur, satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya. 

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Cianjur (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Uniktnya dari pulau Jemur, terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Dengan begitu, saat kamu berkunjung ke tempat wisata Rokan Hilir yang satu ini, selain bisa menikmati keindahan pantai kamu juga bisa menikmati wisata sejarah.

Bono Sungai Rokan

Bono Sungai Rokan
Bono Sungai Rokan

Tempat wisata Rokan Hilir ini terkenal akan ombaknya yang sangat besar. Hal itu karena adanya campuran dari ombak sungai dengan gelombang laut. Kemudian gelombang tersebut terhempas ke bibir sungai yang akan menciptakan pemandangan yang indah.

Hal ini pula yang menyebabkan Panipahan menjadi tujuan wisatawan lokal yang ingin mengetahui keindahan alam Desa Panipahan.

Selain itu, di tempat ini, kamu dapat menemukan bagaimana kehidupan sehari-hari para nelayan. Panipahan menjadi desa dimana nelayan-nelayan tinggal.

Oleh kerena itu, untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Panipahan sebaiknya datang ketika sore hari. Pada saat itu, kamu juga dapat menemukan kedai kopi, cafe, tempat karaoke dan alun-alun yang ramai. 

Danau Napangga

Danau Napangga
Danau Napangga

Selanjutnya tempat wisata Rokan Hilir yang admin rekomendasikan adalah Danau Napangga yang bisa kamu jadikan opsi untuk menikmati waktu wekeendmu.

Danau yang diketahui sebagai lokasi tinggalnya para raja jaman dahulu ini, memiliki air yang sangat tenang dan pemandangan indah yang menarik untuk dijadikan tempat foto. Danau ini juga dihuni oleh ikan arwana yang mahal.

Tak jauh dari situ, kamu akan melihat berbagai aktivitas suku Bonai, yang merupakan suku asli di Rokan Hilir.

Selain itu, kamu juga bisa naik perahu unik yang sudah dihias untuk berkeliling dan menikmati keindahan danau Napangga dari berbagai sudut dengan menyenangkan.

Maka dari itu, jika kamu sedang membutuhkan rekomendasi tempat wisata Rokan Hilir, Danau Napangga ini bisa lho, kamu jadikan tujuan untuk berlibur.

Pulau Tilan

Pulau Tilan
Pulau Tilan

Wisata Pulau Tilan merupakan salah satu tempat wisata Rokan Hilir yang sangat terkenal dengan keindahan yang masi asri, yang memiliki dtarik dari pulau ini adalah bibir pantainya yang berwarna putih.

Untuk sampai ke sana, kamu harus menyeberang menggunakan sampan atau kapal. Sepanjang pulau ini, mata dan pikiranmu akan termanjakan dengan indahnya panorama alam yang tidak dapat dijumpai di tempat lain.

Pulau Tilan terletak di seberang Desa Rantau Bais Rokan Hilir yang dibelah oleh Sungai Rokan menjadi salah satu objek yang dituju.

Baca Juga:   Curug Putri Kencana: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Selain itu, Luas Pulau Tilan sekitar 500 hektar dengan berbagai pepohonan besar yang tumbuh dan juga terdapat rumput hijau yang alami sehingga menjadikan Pulau Tilan memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan.

Dalam hal ini, jika kamu sedang mencari tempat wisata Rokan Hilir, Pulau Tilan ini bisa menjadi opsi kamu untuk menikmati waktu liburan.

Desa Rantau Bais

Desa Rantau Bais
Desa Rantau Bais

Di desa ini kamu dapat memandangi indahnya pulau Tilan. keasrian desa ini masih terjaga, begitupun dengan budayanya yang masih asli. Selain menikmati alamnya, kamu juga bisa mengenal dan mempelajari adat dan kebudayaan di sana yang masih sangat kental.

Desa Rantau Bais dikenal sebagai desa yang masih asri dan belum banyak terpapar dengan budaya asing. Desa ini memiliki budaya dan adat istiadat yang unik.

Ketika kamu berkunjung ke Desa, kamu dapat menemukan rumah tua dengan arsitektur melayu. Karena berhadapan dengan pulau Tilan, pemandangan di sekitar desa nampak indah dan mempesona.

Selain itu, saat kamu berkunjung ke Desa Rantau Bais bisa menjadi pilihan wisata edukasi untuk mengenalkan diri sendiri, keluarga, teman dan kerabat dengan budaya asli dari salah satu Daerah di Indonesia.

Pantai Sinaboi

Pantai Sinaboi
Pantai Sinaboi

Kamu masi bingung untuk mencari tempat wisata Rokan Hilir? Jika iya, Pantai Sinaboi ini bisa lho, jadi tujuan kamu untuk berlibur bareng kelaurga ataupun pasangan.

Pantainya yang eksotis, pasirnya yang putih sangat melengkapi keindahan pantai ini. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam rumah yang berdiri di laut. Sembari menyantap lezatnya hidangan laut, kamu juga bisa memancing di tempat-tempat terbaik di pantai ini.

Selain itu, tempat ini juga dikenal sebagai kawasan pecinan. Karenanya, kamu akan banyak menemukan simbol-simbol berbahasa Tionghoa serta dapat menikmati pertunjukan seni khas masyarakat Tionghoa.

Dengan begitu, saat kamu berkunjung ke Sinaboi, kamu akan menemukan suasana khas pelabuhan dengan deretan kapal dan rumah penduduk yang dibangun di atas permukaan laut.

Desa Panipahan

Desa Panipahan
Desa Panipahan

Panipahan merupakan tempat tinggalnya para nelayan. Di desa ini kamu bisa melihat aktivitas para nelayan sehari-harinya. Berkunjunglah ke sini pada sore hari, karena di waktu tersebut kamu bisa bersantai di kedai kopi ataupun di alun-alun dengan suasana yang sangat menghibur.

Hal ini pula yang menyebabkan Panipahan menjadi tujuan wisatawan lokal yang ingin mengetahui keindahan alam Desa Panipahan.

Selain itu, Desa Panipahan ini memiliki suasana yang menghibur dapat datang dengan sendirinya ketika wisatawan datang ketika senja hari.

Maka dari itu, jika kamu berminat untuk datang ke tempat wisata Rokan Hilir yang satu ini, lokasinya berada di kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, provinsi Riau, Indonesia.

Baca Juga:   Daftar 10 Tempat Wisata Ungaran, Cocok untuk Tempat Liburanmu

Pulau Berkey

Pulau Berkey
Pulau Berkey

Tempat wisata Rokan Hilir yang tidak kalah menariknya adalah Pulau Berkey sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Memiki luas area kurang lebih seluas 500 hektar, Kawasan Pulau Berkey ini memiliki keindahan dan kesejukan hutan alami dengan ratusan pepohonan, serta dilengkapi berbagai fasilitas lainnya

Selain itu, keunikan yang dimiliki pulau ini membuatnya masuk ke dalam salah satu cagar budaya yang terus dijaga dan dilestarikan.

Hamparan laut biru yang terbentang luas sejauh mata memandang ini berkombinasi dengan pasir putih serta gulungan ombak berirama yang membuat kita semakin menyatu dengan alam.

Taman Kota Bagan Siapi Api

Taman Kota Bagan Siapi Api
Taman Kota Bagan Siapi Api

Berbagai macam hiasan warna-warni membuat taman ini semakin lebih cantik dan menarik. Apalagi di sini juga disediakan fasilitas publik yang ramah pengunjung, terutama tempat bermain untuk anak-anak. Itulah yang membuat taman ini dijadikan tempat bersantai bersama keluarga atau teman.

Keindahan dan keasrian serta hawa udara yang segar, menjadi salah satu minat dan favorit warga yang membawa keluarga untuk bersantai dan bermain karena pepohonan rimbun menjadi kenyamanan tersendiri bagi pengunjung.

Selain itu, taman ini juga dilengkapi berbagai patung binatang seperti rusa, gajah, bangau dan harimau. Patung binatang ini bukan hanya sebagai pemanis semata karena binatang ini asal Pulau Sumatera yang statusnya hampir punah dan dilindungi.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan tempat wisata Rokan Hilir ini, untuk menikmati waktu liburan bareng keluarga ataupun teman.

Tempat wisata Rokan Hilir Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Riau, jangan lupa untuk mampir ke Kabupaten Rokan Hilir. kamu bisa asik berwisata di tempat wisata Rokan Hilir yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Rokan Hilir di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Rokan Hilir lainnya:

  • Rumah Pohon Bagan Batu
  • Platinum Waterpark
  • Pulau Pedamaran
  • Mepet Sawah

Itulah 10 tempat wisata Rokan Hilir, Bagan Siapi Api yang cocok untuk mengisi waktu liburan bersama orang-orang tersayang. Selamat berlibur.

Baca juga: