10+ Tempat Wisata Mojokerto (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Mojokerto merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur yang ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat – saat liburan.

Jawa Timur memang tak ada habisnya, coba saja buktikan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata Mojokerto.

Berada tak jauh dari Kota Surabaya, Mojokerto memiliki banyak tempat wisata yang terbilang terjangkau bagi masyarakat umum.

Mojokerto memiliki berbagai jenis destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah.

Wisata alam adalah yang paling mendominasi karena pengaruh kondisi geografis Mojokerto yang berada pada wilayah pegunungan.

Oleh karena itu kamu akan mudah untuk menemukan berbagai informasi terkait tempat wisata dari Mojokerto seperti pada artikel kali ini.

Jika kamu berkunjung ke Mojokerto, informasi ini mungkin bisa menjadi alternatif buat kamu. Nah, untuk informasi jelasnya, simak artikel berikut hingga selesai ya!

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Mojokerto

1. Air Terjun Watu Lumpang

Air Terjun Watu Lumpang Mojokerto
Air Terjun Watu Lumpang Mojokerto

Wisata air terjun yang satu ini berada pada kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Mojokerto.

Tepatnya pada daerah Pacet, dekat dengan lereng Gunung Welirang atau perbatasan antara Kota Batu (Malang) dengan Mojokerto.

Meskipun tidak terlalu besar, namun curug ini memiliki keunikan pada aliran airnya yang mengalir dari tebing batuan membentuk tingkatan – tingkatan.

Suasana pada area sekitarnya pun sangat sejuk dan menenangkan. Sangat cocok buat kamu yang mau refreshing dari kesibukan pekerjaan.

Selain itu, bagi kamu yang ingin menikmati Air Terjun Watu Lumpang untuk harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara.

Jadi, saat kamu sedang mencari tempat wisata Mojokerto, Air Terjun Watu Lumpang ini bisa menajdi opsi untuk kamu menikmati liburan akhir pekan bereng keluarga.

2. Goa Gembyang

Goa Gembyang Mojokerto
Goa Gembyang Mojokerto

Tempat wisata Mojokerto yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai tantangan dan ingin menguji mental kamu dengan menjelajahi goa yang gelap tanpa cahaya.

Terletak pada kawasan Desa Sumber Kembar, Pacet. Goa ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai oleh pengunjung terutama saat liburan atau weekend.

Konon, menurut kepercayaan, Goa Maling bisa tembus hingga ke sumur Upas, Trowulan, Mojokerto, atau ke kerajaan Majapahit jaman dulu. Sumur Upas sendiri adalah, Upas (bahasa Jawa) yang berarti Bisa Ular.

Namun kata bisa ular di sini hanya digunakan sebagai kiasan saja. Hal ini digunakan sebagai sebutan untuk sumur tersebut, karena konon area dalam sumur tersebut terdapat pusaka pusaka sakti dari Kerajaan Majapahit.

Baca Juga:   10+ Objek Wisata Pantai Lombok Barat (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Selain itu, suasana sekitar goa sangat terasa sekali aura mistisnya. Terutama bau dupa dan kemenyan yang sangat kuat.. Hal ini dikarenakan Gembyang masih sering mereka jadikan sebagai tempat ritual.

Meskipun demikian, tetap banyak pengunjung yang ingin mengabadikan gambar/foto mereka dan keindahan goa tentunya.

3. Candi Bajang Ratu

 Candi Bajang Ratu
Candi Bajang Ratu

Masi bingung untuk mencari tempat wisata Mojokerto? Jika iya, Candi Bajang Ratu, ini bis akamu jadika tujuan utnuk menikmati liburan akhir pekan berang kelaurga ataupun pasangan.

Saat kamu berkunjung ke Mojekerto, kamu juga bisa mengunjungi destinasi wisata sejarah seperti Candi Bajang Ratu. Namun, Tak hanya candi, kamu juga bisa menikmati taman yang indah pada area sekitar candi.

Tempat wisata ini terletak pada Jalan Candi Tikus, Trowulan. Buka setiap hari, dan kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 saja untuk tiap orangnya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Mojekerto, karena Candi Bajang Ratu adalah pilihan yang paling tepat untuk akmu kunjungi.

4. Candi Tikus

Candi Tikus Mojokerto
Candi Tikus Mojokerto

Selanjutnya tempat wisata Mojekerto yang admin rekomendasikan adalah Candi Tikus salah satu peninggalan dari kerajaan yang bercorak Hindu yang terletak di Kompleks Trowulan, tepatnya di dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Candi Tikus diperkirakan berdiri pada abad ke-13. Candi ini menunjukan kemajuan peradaban Majapahit dalam bidang pengairan karena di kolam candi ada jaringan air yang berujung pada 46 pancuran. 

Banyak yang mempercayai candi ini sebagai tempat pemandian pada zaman dahulu. Tempat ini buka setiap hari dan fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, mulai dari area parkir, toilet, dan warung makan.

Selain itu, untuk memasuki kawasan Candi Tikus ini, biayanya sangatlah murah sehingga dapat dikunjungi berbagai kalangan. Harga tiketnya hanyalah Rp 3 ribu saja per orang.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bignung untuk mencari tempat wisata Mojokerto kerena Candi Tikus adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu kunjungi.

5. Air Terjun Coban Canggu

 Air Terjun Coban Canggu
Air Terjun Coban Canggu

Tempat wisata Mojokerto ini terletak pada kawasan Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Air terjun ini memiliki keunikan pada aliran airnya yang mengalir di batuan yang ditumbuhi lumut.

Selain aliran airnya yang unik dan menampilkan keindahan alam, suasana sekitar curug ini juga sangat sejuk dan asri karena terdapat banyak tumbuhan hijau.

Di dekat air terjun, ada sumber air yang diyakin masyarakat memudahkan mendapatkan jodoh. Namun keyakinan tersebut hanya mitos yang dapat dipercayaai ataupun sebaliknya.

Nah, Jarak tempuh Air Terjun Coban Canggu dari Mojokerto sekitar 31,2 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 48 menit.

Perjalanan akan melalui Jalan Pahlawan, Jalan Jayanegara, Jalan Raya Pacing, Jalan Raya Bangsal-Dlanggu, Jalan Raya Pacet, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Raya Gondang, Jalan Raya Sajen, Jalan Yon Cipto, Jalan RA Kartini, danJalan Air Panas.

Baca Juga:   Jangan Lewatkan 10 Tempat Wisata Gowa yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Walaupun perjalanan sedikit jauh, kamu tidak perlu khawatir karena dengan pemandangan yang indah, kelelahan akan terbayar oleh keindahan alamnya.

6. Makam Troloyo

Makam Troloyo Mojokerto
Makam Troloyo Mojokerto

Selanjutnya adalah Makam Troloyo, makam ini terletak pada kawasan Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Makam ini merupakan situs peninggalan sejarah Islam pada abad ke 14.

Selain sebagai wisata sejarah, tempat ini juga menjadi tempat wisata religi bagi Muslim yang ingin berziarah atau melihat bukti peninggalan sejarah Islam Indonesia.

Selain itu, Makam Troloyo Mojokerto Jawa Timur memiliki sejumlah daya tarik yang menjadi alasan kenapa tempat ini selalu ramai akan peziarah. Daya tarik tersebut mulai dari sejarah hingga melihat secara langsung makam wali.

Nah, untuk memasuki area makam, kamu harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk Makam Troloyo sangat murah. Harga tiket belum termasuk biaya parkir yang tiap jenis kendaraan berbeda biayanya.

Sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Mojokerto, pastinya fasilitas Makam Troloyo sangat lengkap. Beberapa antaranya ada area parkir sangat luas, mushola atau masjid, tempat istirahat dan toilet.

Maka dari itu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Sejarah, kamu bisa langusng datang ke Makam Troloyo.

7. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang
Candi Wringin Lawang

Bicara tentang tempat wisata Mojokerto memang tidak ada habinya, Candi Wringin Lawang ini bisa menjadi opsi kamu yang sedang opsi liburan bareng kelaurga ataupun pasangan.

Wisata ini berlokasi pada kawasan Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Candi ini merupakan salah satu situs peninggalan sejarah kerajaan Hindu-Buddha dari wilayah Mojokerto.

Seperti namanya, Gapura Wringin Lawang berbentuk seperti gapura yang berada area daerah Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Gapura ini memiliki ukuran yang besar, yaitu panjang 13 meter dan lebar 11 meter dengan tinggi 15,5 meter. Gapura ini pun tersusun dari bata merah yang mirip dengan arsitektur Bali.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Mojokerto karena Candi Wringin Lawang adalah pilihan yang tepat.

8. Museum Sanggar Gubug Wayang

Museum Sanggar Gubug Wayang Mojokerto
Museum Sanggar Gubug Wayang Mojokerto

Selanjutnya tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Desa Prajurit Kulon, Kauman, Mojokerto. Museum ini menyimpan berbagai jenis wayang mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang potehi, dan lainnya.

Wayang sekarang menjadi tontonan yang sangatlah tradisional dan hampir punah, kalah dengan teknologi masa kini.

Namun, budaya nusantara tidak meredup begitu saja dengan adanya museum Gubug Wayang. Berwisata ke Mojokerto, selain kamu mengunjungi sejarah Kerajaan Majapahit, budaya nusantara juga bisa dipelajari atau ditengok kembali di Museum Gubug Wayang Mojokerto.

Museum Gubug Wayang berada di Jl.Kartini 23, Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto, Jawa Timur. Tiket masuk untuk dewasa/umum/mahasiswa Rp.30.000 dan pelajar Rp. 25.000 termasuk tour guide. Jika berkunjung minimal 30 peserta mendapat diskon 20% per orang.

Baca Juga:   Mengenal Curug Candung: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

9. Pendopo Agung

Pendopo Agung
Pendopo Agung

Nah, jika kamu sedang berwisata ke Mojokerto tidak ada salahnya untuk mengunjungi sebuah tempat yang ada di dalam kawasan purbakala Trowulan. Namanya adalah Pendopo Agung Trowulan.

Terletak pada kawasan Kecamatan Trowulan, pendopo ini merupakan peninggalan situs sejarah yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat.

Bagian dalam Pendopo Agung Trowulan hampir keseluruhannya terbuat dari kayu, kecuali dasar pilar yang menggunakan umpak batu. Lalu bangunan di belakang pendopo, terdapat deretan relief yang menceritakan sejarah Kerajaan Majapahit.

Selain itu, Di dalam bangunan indah ini, kalian bisa melihat beberapa foto lawas terpajang di pojokan-pojokan pendopo. Foto-foto ini terdiri dari beberapa candi yang ditemukan di daerah Trowulan dan ada juga gambaran Pendopo Agung Trowulan ini saat awal pembangunannya dulu.

10. Candi Jalatunda

Candi Jalatunda Mojokerto
Candi Jalatunda Mojokerto

Tempat wisata Mojokerto yang terakhir admin rekomendasikan Selanjutnya adalah Candi Jalatunda, berlokasi pada kawasan Kecamatan Trawas, Mojokerto.

Candi ini merupakan situs peninggalan Raja Udayana yang berbentuk kolam air atau pertirtaan. Pengunjung juga bisa bermain air pada area candi ini.

Secara geografis Candi Jolotundo berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut tepatnya di bukit Bekel, lereng barat Gunung Penanggungan, gunung suci bagi umat Hindu aliran Siwa.

Selain itu, Air yang ada di candi Jolotundo tersebut diketahui memiliki sumber mata air kualitasnya terbaik setelah air zam-zam atau nomer dua dunia.

Tidak sedikit masyarakat dari Mojokerto atau luar daerah datang untuk ritual hingga mengambil air yang dipercaya memiliki khasiat.

Banyak masyarakat datang untuk mengambil air sumber Jolotundo untuk berbagai keperluan.

Tempat Wisata Mojokerto Lainnya

Demikian 10 tempat wisata Mojokerto yang bisa kamu kunjungi ketika ingin merasakan suasana berlibur atau bersantai ke Jawa Timur

Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata Mojokerto ketika menginginkan suasana damai dan sepi, atau mengunjungi wisata sejarah untuk menambah wawasan sejarah.

Oh iya,

Berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Mojokerto lainnya:

  • Watu Jengger
  • Gunung Penanggungan
  • Maha Vihara Mojopahit
  • Pacet Mini Park
  • Taman Ghanjaran
  • Ranu Manduro
  • Bernah de Vallei

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami sampaikan terkait rekomendasi 10 tempat wisata Mojokerto yang bisa kamu kunjungi saat liburan atau weekend.

Ajak juga teman atau keluarga untuk menikmati serunya liburan ke berbagai tempat wisata Mojokerto.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat membaca ya guys…!

Baca Juga: