50+ Oleh Oleh Khas Bandung, Ada Souvenir Wayang Golek!

Wisatalombok.co.id, Oleh Oleh Khas Bandung — Bandung cukup terkenal sebagai salah satu kota tujuan liburan paling indah untuk kawasan Jawa Barat, Indonesia. Saat musim libur, beberapa kawasan wisata kawasan Bandung selalu ramai kunjungan yang datang dari berbagai wilayah bahkan mencakup wisatawan dari mancanegara.

…Bagaimana tidak,

Bandung ini merupakan sebuah kota yang terletak pada sekitaran lereng pegunungan Parahyangan, Jawa Barat, Indonesia. Kondisi alam ini membuat Bandung menjadi destinasi paling populer.

Tak hanya karena memiliki keindahan alam yang memukau, akan tetapi juga karena kekayaan kuliner yang luar biasa. Saat mengunjungi Bandung, Kamu akan terkejut melihat berbagai pilihan makanan lezat dan oleh-oleh khas yang membuat setiap kunjungan tak terlupakan.

Ada banyak oleh-oleh khas bandung yang tahan lama dan bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga, sahabat atau orang terdekat kamu.

Kamu bisa berburu buah tangan sebelum pulang!

Ada banyak pilihan yang admin rekomendasi kan, mulai dari jajanan tradisional yang menggugah selera hingga kue-kue yang kreatif, Bandung menawarkan beragam rasa dan keunikan kuliner yang tidak dapat kamu selain tempat lain.

So, ulasan kali ini admin wisatalombok.co.id akan akan memberikan beberapa referensi dan rekomendasi oleh oleh khas Bandung yang beberapa makanan, camilan hingga kerajinan tangan yang wajib kamu beli dan bawa pulang.

Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung - Oleh Oleh Bandung Enak
Peuyeum Bandung – Oleh Oleh Bandung Enak

Sebagai informasi untuk anda, Peuyeum Bandung ini merupakan salah satu kuliner khas daerah Bandung. Kamu akan bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini pada setiap kawasan Kota dan Kabupaten Bandung.

…Namanya terdengan sedikit aneh! Aneh kalau yang mendengar berasal dari luar Bandung!

Kata “Peuyeum” dalam bahasa Indonesia itu bisa kita artikan tapai singkong dan “Bandung” sendiri merupakan nama kota tempat produksi peuyeum tersebut, yaitu daerah Bandung.

Kuliner ini menjadi sangat populer! Ada banyak orang yang datang ke Bandung mencarinya. Untuk saat ini sudah Oleh-oleh khas bandung yang lagi hits.

Sebagai informasi, proses pembuatan Peuyeum Bandung ini melalui fermentasi dan menggunakan kultur starter dalam bentuk ragi tapay.

Ini cukup enak lho ~

Ini bisa menjadi referensi kamu! Untuk mendapatkannya juga terbilang tidak sulit kok! Ada banyak orang yang berjualan peuyeum Bandung atau kamu bisa bertanya dengan masyarakat sekitar yang kamu temui.

Bolen Pisang Kartika Sari

Bolen Pisang Kartika Sari - Oleh Oleh Khas Bandung
Bolen Pisang Kartika Sari – Oleh Oleh Khas Bandung

Rekomendasi selanjutnya adalah Bolen Pisang Kartika Sari Khas Bandung. Jadi, Kartika Sari ini merupakan tempat penyedia dan penjual oleh oleh khas Bandung terdekat dari daerah perkotaan. Akan sangat mudah untuk kamu menemukan lokasi ini.

Nah, pada toko ini kamu bisa menemukan salah satu oleh oleh khas Bandung yang terkenal dan menjadi produk unggulan mereka yaitu Bolen Pisang Kartika Sari Khas Bandung.

…Soal rasa, tak perlu ragu! Ini enak banget lho ~

Bolen ini merupakan perpaduan antara pisang dan keju yang sudah terbungkus dengan adonan kue yang sudah mereka kemas dan memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

Untuk harga juga terbilang cukup terjangkau, Pisang Bolen Kartika Sari bisa kamu beli dengan harga mulai Rp50 ribuan hingga Rp65 ribuan.

Ini tahan lama lho! Cocok untuk kamu bawa pulang sehabis mengunjungi Bandung!

Camilan Keripik Tempe Khas Bandung

Camilan Keripik Tempe Khas Bandung
Camilan Keripik Tempe Khas Bandung

Tahukah kamu jika Camilan Keripik Tempe khas Bandung ini sangat terkenal akan renyah dan rasa enaknya? Camilan Keripik Tempe bisa menjadi camilan selama perjalanan kamu. Sederhana tapi memiliki protein nabati terbaik.

Memang ini sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia!

Camilan yang satu ini mungkin bisa kita temukan hampir seluruh wilayah Indonesia. Hanya saja, yang membedakan masalah cita rasa dan proses adonan dengan resep ala mereka sendiri sehingga mampu menciptakan cita rasa yang berbeda-beda.

Untuk Keripik tempe ini memiliki banyak varian rasa, seperti orisinal, pedas, dan manis. Kamu bisa membeli keripik tempe ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman saat pulang ke rumah.

Coba deh!

Brownies Amanda Khas Bandung

Brownies Amkamu Khas Bandung
Brownies Amkamu Khas Bandung

Penggemar Brownies mana nih? Ada Brownies khas Bandung yang terkenal sangat enak dan kamu wajib untuk mencobanya.

Brownies Amanda menjadi oleh-oleh khas dari Kabupaten Bandung yang tak kalah populer dengan keripik tempe ata beberapa oleh oleh terkenal lainnya.

Soal harga, ini cukup terjangkau kok! nggak bikin kantong jebol ~

Nah, Kue Brownies ini memiliki rasa yang lezat dan harum. Jika kamu mencobanya maka akan terkesima dengan tekstur yang lembut serat kelezatan nan gurih. Kue terlihat merupakn hasil dari bahan-bahan yang berkualitas. Cita rasa brownies Amanda ini berasal dari Campaka Wetan, Kabupaten Bandung.

Jika kamu pecinta brownis, bisa coba Brownies Amanda dulu! Bikin nagih lho!

Surabi Khas Bandung

Surabi Khas Bandung
Surabi Khas Bandung

Kuliner Surabi khas Bandung ini menjadi salah satu kuliner khas dari Kota Bandung yang cukup terkenal sebagai oleh oleh saat orang-orang berkunjung ke daerah ini.

…Sebagai informasi untuk kamu yang ingin mencoba,

Surabi, atau serabi ini merupakan makanan atau kue yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang sudah mereka campur dengan gula merah cair, kemudian melalui panggang atas cetakan. Surabi khas Bandung memiliki tekstur yang lembut dan rasa gula merah yang manis.

Rasanya bikin kangen Bandung lho ~

Kamu bisa memilih berbagai varian, karena Surabi Bandung memiliki berbagai varian rasa seperti surabi kinca (gula aren) dan surabi oncom.

Seiring berkembangnya zaman, varian rasanya juga semakin beragam. Ada rasa keju, coklat, pisang, hingga rasa gurih asin dengan topping seperti sosis, ayam, abon, dan kornet.

Ada dua jenis Surabi Bandung yang paling terkenal:

  • Surabi Bandung Asin: Surabi ini paling terkenal dan melegenda dibandingkan dengan surabi yang manis. Tambahan topping seperti oncom, abon, dan telur semakin menambah kelezatan Surabi Bandung.
  • Surabi Bandung Manis: Di awal perkembangannya, Surabi Bandung yang rasa manis hanya diguyur oleh cairan gula aren, atau gula merah saja. Namun, seiring perkembangan jaman, toping pemanisnya menjadi sangat beragam.

Surabi ini sangat populer pada kalangan anak muda yang ada sekitaran Bandung. Bahkan penyajian, serta topingnya menjadi sangat beragam,

Pokoknya bikin ngileeeer dech!

Roti Gempol Khas Bandung

Roti Gempol Khas Bandung
Roti Gempol Khas Bandung

Selanjutnya ada oleh oleh Roti Gempol! Mungkin kamu tidak pernah mendengan nama ini, atau terdengar sedikit aneh!

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Solok yang Tak Boleh Dilewatkan

Tapi ini enak banget lho ~

Roti Gempol merupakan roti khas dari Kabupaten Bandung yang unik dan lezat. Roti ini terbuat dari tepung terigu, telur, margarin, dan gula pasir.

Bentuk roti Gempol seperti roti bulan, tetapi bagian dalamnya terisi dengan kacang hijau yang sudah mereka aduk dengan gula pasir.

Roti Gempol sangat cocok sebagai oleh-oleh karena bentuknya yang unik dan rasanya yang lezat. Pokoknya jangan ragu dech untuk beli Roti Gempol khas Bandung ini.

Keripik Maicih Bandung

Keripik Maicih Bandung
Keripik Maicih Bandung

Selain oleh oleh yang sudah admin sebut sebelumnya, Keripik Maicih juga terkenal sebagai salah satu produk cemilan tradisional dari Indonesia yang sangat populer.

Oh ya,

Pada awalnya, keripik ini terbuat dari singkong yang mereka bumbui sendiri dan packing ulang dengan sangat rapi dan higinies, kemudian mereka pasarkan dengan merek Maicih.

Keripik Maicih terkenal sebagai pencetus keripik pedas dengan tingkat kepedasan yang mereka buat berdasarkan level.

Meskipun terlihat seperti makanan ringan yang sederhana, Maicih berhasil membuat keripik pedas dalam kemasan menjadi jajanan bergengsi yang kekinian.

Saat ini, Maicih telah berkembang dan memiliki beberapa varian produk selain keripik singkong, seperti basreng, batagor instan, dan keripik talas. Semua produk Maicih sudah mereka pasarkan lebih dari sepuluh negara.

Ini cocok banget lho untuk oleh oleh dari Bandung untuk kamu bawa pulang!

Sale Pisang Raja Bandung

Sale Pisang Raja Bandung
Sale Pisang Raja Bandung

Oh ya, Kuliner Sale Pisang Raja merupakan salah satu makanan atau camilan khas Bandung yang terbuat dari pisang raja yang sudah mereka keringkan dan terproses dengan perasa buah.

Soal rasa, ini sangat enak dan gurih banget ~

Tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti stroberi, jeruk, mangga, dan lain sebagainya. Sale Pisang Raja ini sangat cocok sebagai oleh-oleh karena mudah untuk kita bawa atau simpan dalam tas tanpa khawatir rusak.

Untuk kamu yang melakukan perjalanan jauh, jangan ragu untuk membeli oleh oleh yang satu ini, tahan lama kok!

Jadi, kamu tak perlu khawatir rusak atau basi sebelum sampai rumah! Aman kok! Untuk mendapatkannya juga mudah, banyak tersedia pada beberapa toko oleh oleh yang ada sekitaran wilayah Bandung.

Tahu Susu Khas Lembang Bandung

Tahu Susu Khas Lembang Bandung
Tahu Susu Khas Lembang Bandung

Ini sangat special lho! Tahu Susu Lembang merupakan salah satu oleh-oleh dari Bandung yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Tahu Susu Lembang ini sudah terkenal sebagai salah satu makanan khas dari daerah Lembang, Jawa Barat, Indonesia.

…Perlu untuk kamu tau,

Oleh oleh Tahu Susu Lembang sangat terkenal akan tahu yang mereka gunakan dalam hidangan ini sangat lembut dan lezat. Tofu atau tahu ini mereka beri nama “tahu susu” karena teksturnya yang sangat lembut dan mirip dengan susu.

Tahu Susu Lembang biasanya tersajikan dalam berbagai bentuk, seperti tahu susu goreng, tahu susu kuah, atau tahu susu bacem.

Tahu ini mereka olah dengan berbagai bumbu dan saus yang membuatnya sangat lezat. Makanan ini sering mereka sajikan dengan nasi, sayuran, dan sambal.

Untuk saat ini, keberadaan Tahu Susu Lembang juga telah menjadi daya tarik wisata kuliner bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Nah, jika suatu saat kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Lembang, Anda sebaiknya mencoba Tahu Susu Lembang sebagai pengalaman kuliner yang unik.

Cilok Khas Bandung

Cilok Khas Bandung
Cilok Khas Bandung

Lain daripada yang lain, Cilok memang memiliki berbagai jenis olahan resep. Hampir tiap daerah memiliki jenis makanan Cilok ini dan uniknya, selalu ada perbedaan rasa dan bentuk yang datang dari berbagai daerah Indonesia.

…So, bagaimana dengan makanan Cilok Khas dari Bandung ini?

Cilok Bandung menjadi salah satu makanan yang unik dan khas yang sangat masyarakat Bandung sukai. Cilok terbuat dari tepung kanji yang mereka aduk dengan bahan-bahan lainnya, seperti bawang putih, saus tomat, dan cabe.

Yakin nggak mau nyoba Cilok Bandung?

Cilok ini tersajikan dalam bentuk bulat kecil dan dimakan bersama saus kacang atau saus tomat. Cilok Bandung sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dan sekaligus membawa rasa khas dari Kabupaten Bandung.

Souvenir Wayang Golek Khas Bandung

Souvenir Wayang Golek Khas Bandung
Souvenir Wayang Golek Khas Bandung

Ada juga lho oleh oleh khas Bandung selain kuliner yaitu Souvenir Wayang Golek menjadi salah satu souvenir khas Bandung yang sangat populer dan sangat mudah untuk kamu dapatkan.

Kamu bisa menemukan banyak areal sekitaran Bandung!

Siapa sih yang nggak suka ama wayang goleh, nah ini bentuk boneka atau khusus untuk souvenir orang-orang yang berkunjung ke Bandung.

…Seperti yang kita tahu,

Wayang Golek ini sangat terkenal dan merupakan boneka tradisional dalam pertunjukan seni tradisional khas Sunda. Eksistensi wayang golek tidak hanya sebatas dalam negeri saja, tetapi juga hingga mancanegara.

Wayang Golek ini bisa menjadi oleh-oleh khas bandung selain makanan dan bisa kamu bawa pulang dengan sangat mudah.

Ini bakalan keren banget, jarang kamu temui souvenir jenis ini!

Jika Kamu ingin mendapatkan souvenir dengan sentuhan budaya seni khas Sunda, maka wayang golek ini cocok untuk dibawa pulang. Wayang golek bisa kamu jadikan sebagai hiasan rumah, agar tatanannya semakin cantik dan etnik.

Kamu bisa mendapatkan Wayang Golek di berbagai tempat di Bandung, seperti di kawasan Soekarno Hatta.

Ada banyak gerai-gerai yang menjual souvenir cantik khas Bandung seperti wayang Cepot. Souvenir wayang dijual berupa gantungan kunci, wayang golek mini, dan pulpen wayang golek. Harganya berkisar Rp 15.000-650.000.

Kerajinan Tangan Khas Lembang

Kerajinan Tangan Khas Lembang
Kerajinan Tangan Khas Lembang

Hasil kerajinan tangan khas Lembang menjadi salah satu hasil karya istimewa dari sentuhan magis penduduk setempat. Kreatifitas dari masyarakat yang ada bisa menciptakan beberapa karya seni yang patut kita apresiasi dan berbangga.

Ini ada banyak banget jenisnya! dan salah satu kerajinan yang paling terkenal berasal dari Lembang adalah Seni kerajinan keramik.

Oh ya, perlu kamu tahu bahwa ada banyak variasi kerajinan selain seni keramik, kamu dapat menemukan berbagai macam kerajinan tangan seperti anyaman bambu, keranjang rotan, dan replika rumah adat Sunda yang terbuat dari kayu jati.

Atau ada juga yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti bambu, rotan, kayu, dan daun kelapa. Dalam membuat kerajinan tangan Lembang, masyarakat setempat mengutamakan keindahan dan keunikan desain, sehingga setiap produk yang mereka hasilkan memiliki daya tarik yang sangat khas dan unik.

…Jadi, sangat rugi jika tak membawa pulang oleh oleh khas Bandung ini!

Tas Khas Cibaduyut Bandung

Tas Khas Cibaduyut Bandung
Tas Khas Cibaduyut Bandung

Kreatifitas Tas khas Cibaduyut adalah salah satu oleh-oleh khas bandung cibaduyut. Orisinalitas buatan daerah ini cukup membuat banyak pengunjung yang pensasaran, kamu penasaran juga nggak?

Oh ya, Kawasan Cibaduyut ini merupakan salah satu daerah yang terletak dalam kawasan admintratif Bandung, Jawa Barat. Kawasan ini sangat terkenal dengan produksi tas dan sepatu kulitnya. Para pengerajin sangat terampil dalam membuat tas dan sepatu kulit, dengan bahan-bahan berkualitas dan metode pembuatan yang baik.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Gayo Lues (Blangkejeren), Special Banget lho!

Soal harga, nggak seperti yang ada dalam kepala kamu, murah banget kok! Meskipun demikian, kualitas produksi mereka juga terkenal sangat baik.

Untuk kamu penggemar fashion dan berbagai bentuk tas kulit, ini sangat recommended banget lho ~

Tahu Tauhid Khas Bandung

Tahu Tauhid Khas Bandung
Tahu Tauhid Khas Bandung

Selanjutnya ada Tahu Tauhid yang merupakan salah satu kuliner khas Lembang, Bandung yang sudah populer sejak lama. Tahu ini telah ada sejak tahun 1993 dan memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, sangat nyaman saat mulut kamu mengunyah!

Citarasa yang berbeda dengan tahu-tahu pada umumnya, membuat Tahu Tauhid ini jauh dari kesan sederhana. Tekstur kenyal dan sedikit renyah adalah ciri khas dari Tahu Tauhid ini. Sementara citarasanya yang gurih, membuat penikmat tahu akan langsung merasa ketagihan.

Tahu Tauhid menjadi oleh-oleh khas bandung murah dan mudah untuk kamu dapatkan!

Sebagai hidangan kuliner, tahu ini bisa kamu santap sebagai lauk pauk, atau bisa juga kamu santap langsung saat sedang ngumpul bareng keluarga atau teman-teman.

Jika kamu ingin mencoba, bisa langsung datang ke lokasi mereka yang berada sekitaran jalan Cijeruk No. 133, Lembang dan Jalan Sesko AU no. 20 Lembang, Bandung.

Kuliner yang satu ini murah banget kok, hanya mereka jual dengan harga yang sangat terjangkau, sekitar Rp. 5.000 untuk setiap bungkus yang berisi 10 potong.

Tempe Gila Bandung

Tempe Gila Bandung
Tempe Gila Bandung

Sangat unik dan bikin penasaran! Tempe Gila ini merupakan salah satu makanan khas dari Kota Bandung, Jawa Barat.

Makanan ini terbuat dari tempe yang sudah mereka iiris tipis-tipis, kemudian melalui proses goreng dan mereka campur dengan bumbu rempah yang khas. Bumbu rempah pada Tempe Gila Bandung terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe rawit, gula, garam, dan kecap manis.

Makanan yang satu ini bisa menjadi oleh-oleh khas bandung dan harganya cukup terjangkau, nggak bikin kantong kering kok!

Oleh-oleh yang membuat kamu berkeringat ini tersedia hampir semua toko oleh-oleh kawasan Bandung. Tempe Gila bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 15.000 – Rp 20.0002.

Jika Kamu tertarik untuk mencoba Tempe Gila, Kamu bisa mengunjungi Toko Oleh – Oleh Khas Tempe Gila yang berlokasikan Jl. Sekelimus Tengah No.10 Bandung – Jawa Barat.

Donat Madu Khas Bandung

Donat Madu Khas Bandung
Donat Madu Khas Bandung

Citarasa Donat Madu yang cukup populer dan memiliki rasa yang manis sangat laris dan ada banyak pengungjung yang memesan. Donat ini berasal dari Bandung dan menjadi salah satu makanan yang paling banyak di cari saat orang berkunjung ke kawasan Bandung.

Ada banyak tempat yang menjual Donat Madu ini. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah dan harga yang murah. Donat Madu terbuat dengan bahan-bahan pilihan terbaik. Salah satu bahan utama yang membuat Donat Madu berbeda adalah penggunaan madu asli dalam adonannya.

Selain itu, donat ini juga menggunakan bahan-bahan lain seperti tepung terigu, telur, margarin, dan ragi.

Nah, kalau kamu seorang penggemar donat maka bisa mencoba donat madu khas Bandung yang satu ini.

…Kamu bakal ketagihan dech!

Wajit Cililin

Oleh Oleh Bandung Yang Legendaris
Oleh Oleh Bandung Yang Legendaris

Wajit Cililin merupakan salah satu makanan tradisional khas Sunda yang memiliki sejarah mendalam. Makanan ini biasanya tersajikan pada acara-acara khusus, seperti pernikahan atau saat perayaan hari raya seperti Lebaran.

Wajit Cililin terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Makanan ini memiliki bentuk khas mengerucut yang dibungkus dengan daun jagung kering. Untuk rasanya, Wajit mempunyai rasa manis yang sangat khas.

Sentra Wajit yang sudah cukup terkenal luas terletak sekitaran Kabupaten Bandung Barat, tepatnya kawasan Kecamatan Cililin.

Wajit Cililin bisa kamu dapatkan dari beberapa gerai oleh – oleh yang tersebar kawasan kota Bandung. Namun, jika Kamu ingin mendapatkan Wajit Cililin yang asli dengan cita rasa yang khas terjaga, admin sarankan untuk datang langsung ke daerah Cililin

Kopi Aroma Bandung

Kopi Aroma Bandung
Kopi Aroma Bandung

Penggemar kopi wajib beli ini! Dengan citarasa yang khas, kamu bisa mencoba Kopi Aroma yang memang sudah sangat populer dari Bandung ini. Kopi Aroma adalah salah satu rumah sangrai dan pabrik kopi asal Bandung, Jawa Barat. Pabrik kopi ini berdiri pada tahun 1930 dan masih menggunakan peralatan sangrai lama dari Jerman.

Biji kopi yang mereka tawarkan adalah biji kopi Robusta dan Arabika dari berbagai daerah Indonesia.

Kopi Aroma menjual kopi biji dan bubuk dalam jumlah terbatas setiap hari. Mereka hanya melayani pembelian langsung atau datang ke toko mereka yang berlokasi di Jalan Banceuy No. 51, Bandung.

Kopi Aroma tidak menjual produk mereka secara online melalui platform apa pun.

Proses pembuatan Kopi Aroma melibatkan beberapa langkah tradisional. Pertama, biji kopi hijau mereka kirim langsung dari perkebunan kopi Indonesia di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Souvenir Miniatur Angklung

Oleh-oleh khas bandung selain makanan
Oleh-oleh khas bandung selain makanan

Miniatur Angklung merupakan replika dari alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda – Provinsi Jawa Barat.

Angklung adalah salah satu ragam budaya Indonesia yang mendunia dan tercatat sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia oleh UNESCO sejak 2010.

Berikut ini adalah beberapa pilihan produk Miniatur Angklung yang bisa Kamu temukan:

  • Miniatur Angklung eksklusif Tutup Acrilic
  • Miniatur Angklung Packing Box Mika
  • Miniatur Angklung Stage Eksklusif
  • Miniatur Angklung Kalung
  • Miniatur Angklung Frame Bambu eksklusif
  • Plakat Batik Angklung mini
  • Bros Angklung
  • Gantungan Kunci Angklung
  • Miniatur Angklung Magnet Kulkas

Kamu bisa membeli miniatur angklung ini di berbagai toko online atau langsung mengunjungi toko kawasan Kota Bandung

Kaos Distro Bandung

Oleh Oleh Bandung Kekinian
Oleh Oleh Bandung Kekinian

Siapa yang suka menggunakan kaos distro? Nah, ini cocok buat kamu lho! Bandung memang sudah sangat terkenal dengan persediaan berbagai macam jenis kaos dengan kualitas yang tidak perlu kamu ragukan lagi.

Kaos distro menjadi salah satu tren fashion yang cukup populer di Bandung. Berikut adalah beberapa distro terkenal di Bandung yang menawarkan kaos berkualitas:

  • UNKL3471: Alamat: Jl. Trunojoyo No. 4, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Kisaran Harga: Rp50.000-Rp500.000.
  • RSCH/SCH1: Alamat: Jl. Sultan Agung No.3, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Kisaran Harga: Rp100.000 – Rp450.000.
  • Screamous Shophouse1: Alamat: Jl. Geusan Ulun No.01, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Kisaran Harga: Rp70.000-Rp500.000.

Kamu juga bisa membeli kaos distro secara online melalui berbagai platform seperti Tokopedia atau beberapa ecommerce lainnya. Selain itu, ada juga Pusat Grosir Kaos Distro yang menawarkan berbagai produk baju kaos distro original dengan harga murah

Kue Cubit Bu Wulan

Oleh Oleh Bandung Enak
Oleh Oleh Bandung Enak

Sebutan Kue Cubit Bu Wulan terdengar sedikit aneh, benar nggak? Namun, akan menjadi berbeda ketika kamu sudah mencicipi Kue Cubit Bu Wulan ini.

Untuk kamu ketahui, Kue Cubit Bu Wulan merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang terkenal dengan kelezatan dan keunikan bentuknya. Kue ini memiliki bentuk bulat kecil dan tebal dengan bagian atas yang agak cekung.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Aceh Utara (Lhoksukon), Bisa Bikin Ngiler Lho!

Nah, Kue Cubit tersaji dengan berbagai pilihan topping seperti coklat dan keju. Rasanya yang lembut dan gurih membuat Kue Cubit Bu Wulan menjadi oleh-oleh yang orang sukai.

Kamu bisa mendapatkan Kue Cubit Bu Wulan di salah satu outletnya di Jl. Sukajadi No. 220, Bandung. Selamat mencoba!

Rujak Cireng Khas Bandung

Rujak Cireng Khas Bandung
Rujak Cireng Khas Bandung

Pernah makan Rujak Cireng? Coba deh kamu cicipi Rujak Cireng Khas Bandung yang satu ini. Memang, seperti yang kita tahu bahwa Rujak Cireng ini merupakan hidangan khas dari daerah Bandung.

…Hidangan ini merupakan kombinasi unik antara Rujak dan Cireng!

Rujak sendiri merupakan hidangan Indonesia yang biasanya terdiri dari berbagai jenis buah-buahan yang mereka potong-potong dan campur dengan saus manis pedas, sementara cireng adalah singkatan dari “aci goreng,” yaitu adonan tepung kanji yang digoreng hingga renyah.

Rujak Cireng Bandung adalah adaptasi dari rujak dengan tambahan cireng! Kolaborasi yang unik kan?

Hidangan ini biasanya terdiri dari cireng yang digoreng hingga garing dan mereka sajikan dengan bumbu rujak yang terbuat dari campuran sambal, gula merah, garam, air jeruk, dan kadang-kadang mereka campur dengan kacang tanah atau kecap manis.

Kombinasi rasa gurih dari cireng yang digoreng dan manis, asam, dan pedas dari saus rujak menciptakan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

…Kamu wajib coba nih!

Oncom Raos Khas Bandung

Oncom Raos Khas Bandung
Oncom Raos Khas Bandung

Udah pernah dengan kuliner yang satu ini? Oncom Raos merupakan salah satu hidangan tradisional dari Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Hidangan ini terkenal karena menggunakan bahan utama “oncom,” yang merupakan hasil fermentasi biji-bijian, seperti biji kedelai, biji kacang hijau, atau bahan lainnya.

Kuliner Oncom memiliki tekstur yang mirip dengan tempeh, tetapi rasa dan aroma yang berbeda karena proses fermentasinya.

Oncom Raos merupakan hidangan berkuah yang terbuat dari oncom yang telah direbus bersama dengan bumbu-bumbu dan sayuran khas Sunda, seperti kangkung, genjer, dan daun singkong.

Bumbu yang digunakan biasanya mencakup bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam, terasi, dan gula merah. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas dan gurih yang khas.

Combro Khas Bandung

Combro Khas Bandung
Combro Khas Bandung

Bagaimana dengan Combro ini? Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Jadi, Combro ini merupakan salah satu jajanan khas dari Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar berupa singkong yang diolah menjadi bulatan dan diisi dengan adonan yang terbuat dari parutan kelapa, garam, gula merah, bawang merah, cabai rawit, dan bumbu-bumbu lainnya.

Setelah itu, singkong yang telah diisi dengan adonan ini digoreng hingga garing dan berwarna kecokelatan.

Combro biasanya disajikan dalam bentuk bulatan-bulatan kecil yang sangat renyah di luar dan lembut di dalam. Hidangan ini memiliki rasa yang unik dan lezat, dengan perpaduan antara gurih dari kelapa dan rasa asin serta pedas dari adonan dalamnya.

Combro sering dijual di berbagai penjaja kaki lima, pasar tradisional, atau kedai makanan di Bandung. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal atau saus pedas sebagai pelengkap.

Gepuk Nyonya Ong Oleh Oleh Khas Bandung

Oleh Oleh Bandung Yang Wajib Dicoba
Oleh Oleh Bandung Yang Wajib Dicoba

Gepuk Nyonya Ong adalah produk yang terkenal dari Bandung, Indonesia. Ini dibuat dari daging sapi pilihan dan berkualitas tinggi yang segar dan ramping.

Nah, daging sapi ini mereka potong searah dengan serat daging, kemudian direbus setengah matang.

Untuk Daging ini dipukul hingga tipis, diikat atau ditusuk agar daging yang direbus tidak hancur. Daging kemudian direndam dalam campuran bumbu dan santan.

Setelah bumbu meresap ke dalam daging, daging ini direbus lagi dengan santan hingga mengental.

Kue Bolu Susu Lembang

Bolu Susu Lembang
Bolu Susu Lembang

Bagaimana dengan Bolu Susu Lembang? Apakah kamu tertarik ingin mencoba oleh oleh khas Bandung yang satu ini? Bolu Susu Lembang adalah salah satu kuliner khas dari Lembang, sebuah kawasan perbukitan yang terletak di dekat Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Bolu Susu ini terkenal karena teksturnya yang lembut, rasa manis, dan keharuman susu yang khas.

Hidangan ini sangat populer di Lembang dan sekitarnya, serta sering menjadi oleh-oleh favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Oh ya, Bolu Susu Lembang terbuat dari bahan-bahan dasar seperti tepung terigu, telur, gula, susu, dan mentega. Proses pembuatan bolu ini melibatkan pencampuran bahan-bahan tersebut hingga membentuk adonan yang lembut.

Selanjutnya, adonan tersebut dipanggang dalam oven hingga matang dan berwarna kecokelatan. Hasilnya adalah bolu yang lembut, beraroma susu, dan memiliki rasa manis yang nikmat.

Kue Picnic Roll Oleh Oleh Khas Bandung

Picnic Roll Oleh Oleh Khas Bandung
Picnic Roll Oleh Oleh Khas Bandung

Oleh oleh Khas Bandung Picnic Roll, tedengar unikkan? Kamu bisa mencobanya saat sedang berada di Bandung. Ini akan menjadi sangat special untuk kamu yang baru pertama kali mencobanya.

Sangat populer di Bandung, makanan ringan atau camilan yang satu ini sangat yang cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke Bandung. Picnic Roll terbuat dari berbagai bahan, seperti tepung terigu, gula, telur, margarin, dan bahan-bahan lainnya.

Biasanya, mereka memiliki rasa manis yang lezat dan bisa disajikan dalam berbagai varian rasa, seperti cokelat, keju, kacang, dan lainnya.

Picnic Roll umumnya berbentuk gulungan kecil, dan mereka terkadang juga diberi taburan gula halus atau cokelat. Ini adalah camilan yang enak dan renyah, cocok untuk menemani secangkir teh atau kopi.

Kamu dapat menemukan Picnic Roll di berbagai toko oleh-oleh dan toko kue di Bandung. Mereka sering dibungkus dalam kemasan yang menarik, membuatnya menjadi pilihan yang populer sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

Oleh Oleh Khas Bandung Lainnya

Oleh Oleh Khas Bandung Lainnya
Oleh Oleh Khas Bandung Lainnya

Nah, untuk kamu yang masih ingin berburu berbagai oleh oleh yang berasal dari Bandung bisa cek beberapa alternatif untuk pilihan lainnya.

…Admin udah siapkan kok! Berikut adalah beberapa jenis oleh-oleh khas Bandung yang bisa Kamu bawa pulang:

  1. Seblak
  2. Batagor Riri
  3. Basreng (Bakso Goreng)
  4. Kafetaria Pia 70
  5. Martabak Bandung
  6. Bandros
  7. Colenak
  8. Perkedel Bondon
  9. Kopi Aroma
  10. Misro
  11. Keripik Moring
  12. Bolu Susu Lembang
  13. Tahu Susu Lembang
  14. Pie Susu Lembang
  15. Batagor Bandung
  16. Cireng
  17. Keripik Moring
  18. Bolu Gulung
  19. Roti Bumbu Bakar
  20. Tempe Gila
  21. Bandung Kunafe
  22. Bandung Kanaya
  23. Madinah Cake
  24. Bandung Princess Cake
  25. Pevo Cake
  26. Bandung Makuta

Selain itu, ada juga oleh-oleh berupa pakaian dari Factory Outlet, atau berbagai jenis barang atau makanan yang bisa Kamu pertimbangkan sebagai oleh-oleh dari Bandung.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Kabupaten Bandung yang tidak boleh dilewatkan. Selamat berburu oleh-oleh dan semoga liburan Kamu menyenangkan!

Oh ya, kamu juga bisa baca informasi lainnya berikut ini: