10+ Tempat Wisata Solo (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Artikel kali ini akan membahas mengenai tempat wisata Solo buat kamu yang sedang butuh tempat piknik.

Pikiran sumpek terkadang membuat kamu merasa terkekang.

Pikiran yang sedang butuh refresh bahkan juga bisa mengganggu keseharian. Hal ini karena motivasi kita bisa hilang karenanya.

Oleh karena itu, piknik adalah salah satu alternatif yang kamu butuhkan.

Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa pergi ke lokasi wisata yang berada dekat dengan rumah atau berlibur ke daerah Solo, Jawa Tengah.

Ada banyak lokasi wisata yang bisa kamu datangi di sana. Apa saja? Baca artikel ini sampai selesai ya!

Tangkal Sumpek, Jelajahi Tempat Wisata Solo Berikut Ini

1. Keraton

Keraton Solo
Keraton Solo

Berbicara soal Kota Solo tentu tidak akan jauh-jauh dari keraton. Ya, Solo masih memiliki keraton bernama Keraton Kasunanan Surakarta.

Tempat itu juga menjadi tempat tinggal Sunan loh!

Di sana kamu bisa melihat berbagai benda budaya seperti wayang kulit, berbagai pusaka, hingga kereta kencana yang punya banyak nilai sejarah.

Maka dari itu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Solo, Keraton ini juga bisa menajdi tujuan utnuk kamu yang ingin mengetahui sejarah kelam.

2. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka Solo
Museum Radya Pustaka Solo

Kota Solo merupakan salah satu kota wisata yang juga menyimpan beberapa tempat sejarah yang bisa dikunjungi. Seperti Museum Radya Pustaka karena museum ini ialah museum paling tua Indonesia.

Di museum ini kamu bisa menemukan berbagai literatur dalam bahasa Jawa kuna dan bahasa Belanda. Tempat yang cocok untuk cari referensi tugas akhir.

Museum ini juga memiliki banyak sekali koleksi yang berkenaan dengan kerajaan-kerajaan di Indonesia. Kerajaan yang dimaksud berupa Majapahit, Pulau Pajang, Mataram, dan kerajaan Demak.

Selain itu, Museum ini juga memiliki banyak peninggalan lainnya yang bersifat skala nasional dan internasional. Sangat cock untuk kamu kunjungi yang suka dengan wisata sejarah.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Solo, karena Museum Radya Pustaka ini bisa menajdi pilihan yang paling tepat.

3. Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug
Taman Satwa Taru Jurug

Tempat wisata selanjutnya adalah Taman Satwa Taru Jurug, kamu bukan hanya bisa menikmati tingkah polah berbagai hewan yang ada di sana.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Ende, Ada Danau Kelimutu yang Bikin Kagum!

Namun, kamu juga bisa mengajak keluarga untuk sekaligus belajar. Khawatir bosan? Ada wahana wisata yang bisa kamu manfaatkan untuk senang-senang.

Selain itu, untuk harga tiket masuknya juga sangat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong untukAnak – Anak Rp 45.000 sedangkan untuk orang dewasa Rp. 55.000.

Namun, harga tiket masuk Taman Satwa Taru Jurug ini berubah-ubah tergantung hari apa kamu mengunjunginya.

Jadi, saat kamu sedang mencari tempat wisata Solo, Taman Satwa Taru Jurug ini sangat cocok untuk kamu kunjungi bareng kelaurga ataupun pasangan.

4. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Solo
Kampung Batik Kauman Solo

Kamu masi bingung untuk mencari tempat wisata Solo? Jika iya, Kampung Batik Kauman ini bisa lho, kamu jadikan tujuan untuk berlibur.

Pada wisata kampung ini terdapat showroom batik, tempat pelatihan batik, penelitian, pengembangan produk batik, hingga museum koleksi batik.

Selain letaknya yang berada di tengah kota, Kampung Batik Kauman Solo menawarkan keindahan dan keunikan yang tidak akan pengunjung temukan di tempat lain.

Nah, saat kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan merasakan suasana sejarah dengan tetap berinteraksi dengan realita saat ini, karena di sini tradisi dan modernitas dipadukan dengan selaras.

Tak hanya itu, untuk harga tiket masuk Kampung Batik Kauman masih sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 per orang. Berada di lokasi yang strategis, membuat Kampung Batik Kauman mudah ditemukan.

Oleh karena itu, saat kamu sedang ingin berkunjung ke tempat wisata Solo ini, lokasinya berada pada Jalan Wijaya Kusuma, Desa Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta.

5. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi
Museum Batik Danar Hadi

Bicara tentang tepat wisata Solo memang tidak ada habisnya selanjutnya yang admin rekomendasikan adalah Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi dibuka untuk umum. Pengunjung bisa datang setiap hari. Adapun jam buka Museum Batik Danar Hadi mulai pukul 09.00 sampai 16.30 WIB.

Untuk lokasi Museum Batik Danar Hadi cukup strategi karena berada di pusat kota Surakarta.

Selain itu, untuk harga tiket masuk Museum Batik Danar Hadi dibanderol sebesar Rp 35.000 untuk umum, dan Rp 8.000 untuk pelajar.

Dekat museum ini juga terdapat destinasi wisata lainnya, seperti Kompleks Sriwedari, Tumurun Private Museum, hingga Keraton Kasunanan Surakarta.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Solo, karena Museum Batik Danar Hadi adalah pilihan yang tepat.

6. Pandawa Water World

Pandawa Water World Solo
Pandawa Water World Solo

Tempat wisata Solo yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Pandawa Water World, yang bisa kamu jadikan kawasan tempat yang sesuai untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Baca Juga:   Mengintip 10 Tempat Wisata Pantai Daerah Lombok Terbaik

Pandawa Water World memiliki keunikan desain dengan mengusung konsep kisah epos atau wiracarita Mahabharata. Tema tersebut dengan menonjolkan lima penguasa Pandawa, yaitu Bima, Yudhistira, Arjuna, Nakula, Sadewa.

Selain itu, untuk harga tiket yang relatif terjangkau tidak sampai membuat kantog kamu bolong, mulai dari Rp35.000-Rp50.000.

Nah, Pandawa Water World beroperasi mulai pukul 12.00-18.00 WIB. Di akhir pekan buka sejak pukul 10.00-18.00 WIB.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk menikmati waktu wekeend kamu, bareng keluarga ataupun pasangan.

7. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu
Pasar Triwindu

Sudah biasa mengunjungi pasar? Bosan namun sekaligus kangen dengan suasana ramainya? Kunjungi Pasar Triwindu saja. pasar ini adalah pasar yang lain dari yang lain. Sebab yang dijualnya di sini ialah barang-barang antik.

Pasar Triwindu Solo merupakan tempat yang cocok untuk berburu barang kuno klasik mulai dari koin dan kertas tahun 1800-an.

Selain itu, Pasar ini menjajakan aneka jenis barang antik seperti peralatan rumah tangga, radio, patung kayu dan batu, hingga wayang.

Nah, Pasar Triwindu Solo buka setiap hari mulai dari pagi hari hingga sore hari, tepatnya pukul 09.00 pagi hingga pukul 16.00 WIB.

Selain bisa berkeliling untuk berbelanja barang antik, kamu juga bisa berfoto di spot-spot yang Instagramable dengan desain kuno ala tempo dulu.

Maka dari itu, tunggu apa lagi saat liburan akhir pekan akan datang, langsung saja bikin rencana untuk mengunjungi tempat wisata Solo yang satu ini.

8. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog Solo
Air Terjun Jumog Solo

Kamu ingin memilih wisata alam saja? Tenang, Solo juga ada. Jika kamu rindu akan suasana alam daerah Solo, coba saja kunjungi Air Terjun Jumog. Air Terjun ini merupakan air terjun yang cantik.

Berada pada kawasan lereng timur Gunung Lawu. Oleh karena itu, air terjunnya punya nuansa hijau yang sangat menyejukkan mata.

Selain itu, suasana di kawasan kaki gunung ini juga sejuk sehingga cocok untuk healing maupun rekreasi bersama keluarga dan teman.

Nah, untuk lokasi Air Terjun Jumog di Taman Batu Tiban, Jalan Jumog, Gandu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jaraknya sekitar 23 km dari Alun-Alun Karanganyar dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 40-50 menit berkendara.

Untuk harga tiket masuk Air Terjun Jumog sebesar Rp15 ribu per orang. Harga tiket masuk ini berlaku untuk pengunjung yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA).

Dalam hal ini, saat kamu sedang membutuhkan referensi tempat wisata Solo, Air Terjun Jumog ini sangat cocok untuk kamu kunjungi.

Baca Juga:   Ingin Liburan Bersama Keluarga? 10 Tempat Wisata Pasuruan Ini Bisa Jadi Pilihannya

9. Tugu Lilin

Tugu Lilin
Tugu Lilin

Selanjutnya, Solo juga bisa menjadi tempat untuk mengorbankan semangat nasionalisme kamu loh! Salah satunya adalah dengan mengunjungi Tugu Lilin. Tugu ini menjadi lambang nyala semangat para pejuang kemerdekaan dahulu.

Tugu Lilin atau Tugu Kebangkitan Nasional dibangun dalam rangka untuk memperingati 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo.

Awal pendirian tugu tersebut tercetuskan oleh perwakilan masyarakat Solo saat mengikuti Kongres Indonesia Raya I pada tahun 1931 Surabaya.

Dengan begitu, tempat wisata Solo seperti Tugu Lilin ini sangat cocok untuk kamu kunjungi, bareng keluarga ataupun pasangan.

10. Taman Balekambang

Taman Balekambang Solo
Taman Balekambang Solo

Lelah berkeliling kota Solo dan ingin santai sejenak di bawah rindang pohon? Datangi saja Taman Balekambang.

Selain menjadi tempat rekreasi, taman ini juga menjadi tempat yang pas untuk menenangkan dan melakukan refleksi diri. Kamu juga bisa melihat berbagai tanaman langka dpada tempat ini loh!

Taman Balekambang menawarkan kesejukan dan kesegaran udara karena terdapat banyak pohon-pohon besar yang rindag di sana.

Nah, jika kamu berkunjung ke Taman Balekambang kamu tidak kena biaya sepeser pun untuk masuk. Mereka hanya harus melakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

Dengan begitu, kamu bisa langsung mengunjungi tempat wisata Solo yang satu ini, selain berfoto kamu juga bisa melihan pemandangan yang sangat indah.

Tempat Wisata Solo Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Jawa Tengan, jangan lupa untuk mampir ke Solo. kamu bisa asik berwisata di tempat yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata tersebut memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Solo tersebut, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Solo lainnya:

  • Grojogan Sewu
  • Puro Mangkunegaran
  • Tumurun Private Museum
  • Benteng Vastenburg
  • Taman Cerdas Kecamatan Jebres
  • Parapet Bengawan Solo
  • Air Mancur Menari Manahan
  • Taman Tirtonadi
  • Night Market Ngarsopuro
  • Taman Monumen 45 Banjarsari
  • Monumen Pers Nasional

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa ulasan yang bisa kami bagikan mengenai rekomendasi 10 tempat wisata Solo yang wajib untuk kamu kunjungi.

Bagaimana, menarik semuanya bukan?

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk menentukan tempat wisata sesuai dengan yang kamu inginkan.

Selamat membaca dan semoga liburanmu menyenangkan ya guys…!

Baca Juga: