10+ Tempat Wisata Pelalawan, Riau (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata — Pelalawan merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Riau, Indonesia. Ibu kota kabupaten Pelalawan berada di Pangkalan Kerinci.

Kabupaten Pelalawan juga merupakan kabupatem penghasil Kelapa Sawit di Provinsi Riau disamping komoditas perkebunan lainnya seperti karet.

Sebagai darah penghasil kelapa sawit di Provinsi Riau, Pelalawan juga terkenal dengan tempat wisata yang menawarkan pemadangan yang sangat indah.

Bagi kamu pecinta alam, Kabupaten Pelalawan menawarkan keindahan alam yang luar biasa lewat beberapa tempat wisata yang menawarkan panorama menakjubkan. Kamu dapat mengeksplorasi berbagai destinasi wisata alam yang menakjubkan di sini.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata terpopuler di Pelalawan yang menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan serta patut kamu coba datangi ketika liburan:

Tempat Wisata Pelalawan, Riau Yang Harus Kamu Datangi

1. Istana Sayap Pelalawan

Istana Sayap Pelalawan
Istana Sayap Pelalawan

Pelalawan pada dasarnya memanglah nama sebuah kerajaan di Provinsi Riau. Nama ini kerajaan ini kemudian diambil ketika Kabupaten Pelalawan dimekarkan. Hingga kini Istana Sayap Pelalawan masih berdiri kokoh dan bisa kamu kunjungi.

Istana Sayap sendiri merupakan dua buah bangunan yang mendampingi bangunan utama sehingga disebut sebagai Istana Sayap.

Selain itu, Istana megah ini juga memiliki bangunan utama bercat kuning dengan memiliki tangga melengkung yang dipenuhi ukiran khas Melayu di tiap anak dan pegangan tangga. 

Dalam istana ini terdapat juga barang-barang yang terbuat dari keramik, singgasana, payung raja, alat tenun, dan sulaman khas Pelalawan atau yang biasanya disebut Tekad, dan lukisan-lukisan.

Maka dari itu, jika kamu sedang membutuhkan tempat wisata Pelalawan, Istana Sayap ini bisa kamu jadikan tujuan untuk menikmati liburan kamu.

2. Danau Wisata Betung

Danau Wisata Betung
Danau Wisata Betung

Ingin menikmati wisata alam sekaligus berwisata sejarah? Maka tak ada salahnya jika kamu mencoba mendatangi Danau Wisata Betung.

Danau ini berlokasi di pusat budaya Melayu. Di tengah Danau Wisata Betung juga terdapat sebuah bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri. Seni dan budaya Melayu sendiri masih sangat dijaga oleh masyarakat di sekitar danau ini.

Selain itu, di lokasi danau juga terdapat bangunan lain di antaranya Balai Gunjung Laut, Museum Tuk Monti, Gedung Putri Lindung Bulan, gazebo-gazebo dan sebuah mushola sederhana. 

Terlebih lagi saat ini Danau Betung sudah masuk dalam daftar peta pariwisata Kabupaten Pelalawan, yang akan dilihat oleh banyak orang saat akan memilih destinasi wisata yang ada di daerah tersebut.

Baca Juga:   Cobalah Kunjungi 10 Tempat Wisata Langkat Paling Ramai Pengunjungnya Saat Liburan

Jadi, dengan adanya tempat wisata Pelalawan yang satu ini, kamu tidak perlu bigung lagi untuk mencari lokasi untuk berlibur karena Danau Wisata Betung adalah pilihan yang tepat.

3. Danau Kajuit

Danau Kajuit
Danau Kajuit

Tempat wisata Pelalawan ini juga memiliki berbagai nama lain, salah satunya Tajwid. Danau Kajuit sendiri merupakan sebuah danau yang berada di tengah hutan dengan pepohonan-pepohonan tua, sehingga panoramanya tidak bisa diremehkan.

Namun juga pesona alam di sekitarnya yang sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan rindang membuat siapa saja enggan beranjak.

Memang objek wisata Danau Kajuit ini letaknya di tengah hutan dengan pepohonan yang usianya sudah ratusan tahun.

Meski Danau Kajuit ini baru, namun langsung mampu menyedot perhatian para pecinta jalan jalan yang haus berlibur setelah di rumah saja selama 1 tahun terakhir ini akibat pandemic yang melanda Dunia.

Untuk bisa masuk ke danau tajwid ini kita hanya merogoh kocek sebesar Rp2.500 saja, wah sangat murah sekali ya.

Selain dikenal dengan nama danau tajwid, wahana ini juga kerap dikenal dengan nama Danau Kajuit ini objek wisata memang menawarkan biaya liburan yang bersahabat.

Oleh karena ini, saat kamu sedang mencari referensi tempat wisata Pelalawan? Danau Kajuit ini bisa kamu jadikan tujuan untuk iburan.

4. Ombak Bono

Ombak Bono
Ombak Bono

Tempat wisata Pelalawan ini terkenal akan ombaknya yang sangat besar. Hal itu karena adanya campuran dari ombak sungai dengan gelombang laut. Kemudian gelombang tersebut terhempas ke bibir sungai yang akan menciptakan pemandangan yang indah.

Hal ini pula yang menyebabkan Panipahan menjadi tujuan wisatawan lokal yang ingin mengetahui keindahan alam Desa Panipahan.

Selain itu, di tempat ini, kamu dapat menemukan bagaimana kehidupan sehari-hari para nelayan. Panipahan menjadi desa dimana nelayan-nelayan tinggal.

Oleh kerena itu, untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Panipahan sebaiknya datang ketika sore hari. Pada saat itu, kamu juga dapat menemukan kedai kopi, cafe, tempat karaoke dan alun-alun yang ramai. 

5. Suaka Margasatwa Kerumutan

Suaka Margasatwa Kerumutan
Suaka Margasatwa Kerumutan

Ingin berlibur sambal mencari sensasi sebagai penjelajah hutan. Datanglah ke Suaka Margasatwa Kerumutan. Selain berpetualang di hutan dengan ditemani seorang pemandu tentunya, kamu juga bisa melihat berbagai jenis tanaman langka dan hewan endemik Sumatra jika beruntung.

Di antara fauna unik dan khas yang bisa ditemukan di hutan ini adalah Meranti, Punak, Rengas, Perupuk, Nipah, dan Pandan.

Sementara untuk fauna di antaranya kuntul putih, monyet, Ikan Arwana, Owa dan Itik Liar, beruang madu, harimau sumatera dan enggang.

Nah, Untuk menikmati keindahan pemandangan Hutan Kerumutan, idealnya bisa menyusuri sungai yang membelah di Kerumutan.

Dengan menggunakan speed boat, kamu akan bisa menyaksikan pemandangan yang asri. Waktu yang ideal untuk menyusuri sungai tersebut, adalah di pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB.

Baca Juga:   Curug Dengdeng: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

6. Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Tesso Nilo
Taman Nasional Tesso Nilo

Taman nasional ini berada di Indragri Hulu, Segati. Disini kamu akan merasakan kebanggaan atas kekayaan flora dan fauna yang dimiliki oleh Indonesia.

Sebab disana terdapat 114 jenis burung dan 218 tumbuhan vascular setiap 200 meternya. Kamu juga bisa melihat gajah atau bahkan melihat harimau Sumatra.

Bagi kalian pecinta wisata alam, Taman Nasional Tesso Nilo adalah salah satu tempat yang wajib banget dikunjungi. Pasalnya tempat wisata Pelalawan ini menyajikan keindahan alam yang masih asri serta bisa menjadi destinasi wisata sekaligus wahana edukasi pelestarian alam dan lingkungan.

Nah, untuk lokasi Taman Nasional Tesso Nilo berada di Jalan Raya Langgan KM 4, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Provinsi Riau. Jika berangkat dari Pekanbaru maka harus melanjutkan perjalanan menuju Lubuk Kembang Bunga.

Selain itu, kamu juga bisa bersafari dengan menaiki gajah yang ada disana selama 30 menit. Kalian akan diajak berkeliling di sekitaran pusat Camp Flying Squad bersama gajah.

Jika kamu ingin menikmati safari gajah kamu harus membayar Rp 500 ribu per 30 menit. Untuk sialang ecotour akan dikenakan biaya sebesar Rp 250 ribu per orang.

7. Tanjung Putus

Tanjung Putus
Tanjung Putus

Jika kamu pergi ke Ombak Bono, maka tidak ada salahnya jika kamu melanjutkan perjalananmu ke tanjung Putus. Sebab, tempat ini memang tidak jauh dari Sungai Kampar. Kamu bisa menyusuri Sungai Kampar menuju hulunya dengan menggunakan perahu untuk ke sana.

Danau ini terletak sekitar 8 Km dari pusat kota Pangkalan Kerinci.

Dengan akses jalan yang baik, kamu dapat sampai kelokasi danau yang masih alami dan belum terganggu oleh pengaruh industri serta indah, menawan, dan menarik untuk dikunjungi ini hanya dalam waktu sekitar 15 menit dari pusat kora Pangkalan Kerinci.

Selain itu, Danau Tanjung Putus menyajikan panorama alam yang mempesona dan menakjubkan, ditambah dengan hamparan kebun dan suasana permukiman ditepian sungai kampar menambah keindahakan tersendiri bagi wisatawan.

Jadi, jika kamu ingin menikmati berbagai keindahan alam, Tanjung Putus ini bisa kamu jadikan tujuan untuk berlibur bareng kelaurga ataupun pasangan.

8. Pantai Kute Kerinci

Pantai Kute Kerinci
Pantai Kute Kerinci

Selanjutnya tempat wisata Pelalawan yang admin rekomendasikana adalah Pantai Kute Kerinci, yang bisa kamu jadikan tujuan untuk menikmati keindahan yang masi asri.

Jangan bayangkan Pantai Kute Kerinci sama dengan pantai-pantai pada umumnya yang berbatasan langsung dengan laut. Sebab, Patai Kute Kerinci merupakan sebuah pantai air tawar. Ya, pantai ini memang wisata sungai yang ditata menyerupai pantai.

Nah, untuk Jarak tempuh dari Kota Pekanbaru 86 Kilometer atau sekitar 1 jam 30 menit berkendara menggunakan mobil. Sementara, jika ditempuh dari Ibu Kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, jaraknya hanya 12 Kilometer.

Baca Juga:   10+Tempat Wisata di Aceh (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Aksesibilitas infrastruktur jalan untuk menuju lokawisata Pantai Kute sudah memadai, sehingga memudahkan wisatawan yang hendak datang. 

Selain itu, untuk biaya transportasi sewa pompong Rp500 ribu. Jadwal disewakan mulai arunika terbit hingga sandikala matahari tenggelam di ano rawi. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat wisata Pelalawan karena,Pantai Kute Kerinci adalah tujuan yang tepat.

9. Air Panas Pangkalan Lesung

 Air Panas Pangkalan Lesung
Air Panas Pangkalan Lesung

Jika ingin menikmati liburan dan relaksasi. Coba datanglah ke Air Panas Pangkalan Lesung dan berendamlah. Dijamin rasa pegalmu akan hilang. Air Panas Pangkalan Lesung sendiri merupakan wisata lama sebab sudah berdiri sejak tahun 1946 loh!

Mandi air panas alami menurut kesehatan dapat membantu meredakan flu dan sakit kepala. Mandi air panas memungkinkan untuk menghirup uap air sebagai dekongestan alami.

Selain itu, mandi air panas alami juga bisa untuk terapi berbagai penyakit, mulai dari rematik hingga penyakit kulit dan melancarkan peredaran darah.

Nah, bagi yang ingin mandi air panas alami, bisa mengunjugi objek wisata pemandian air panas satu ini.

Maka adri itu, jika kamu ingin berkunjung ke pemandian air panas yang terletak di Dusun Tambun, Kelurahan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan.

10. Tugu Ekuator

Tugu Ekuator
Tugu Ekuator

Nah, tempat wisata Pelalawan yang terakhir admin rekomendasikan adalah Tugu Ekuator yang bisa kamu jadikan tujuan untuk menikmati liburan akhir pekan.

Tugu Equator di Desa Dusun Tua, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, menjadi tempat persinggahan para pelancong.

Selain sebagai area peristirahatan, lokasi tugu juga berfungsi sebagai taman terbuka yang ditumbuhi beraneka tanaman bunga dan pohon besar seperti palem dan cemara. 

Oleh karena itu, tempat wisata Pelalawan yang satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi, sebagai bisa menikmati pemandangan indah, kamu juga bisa beristirat di Tugu Ekuator.

Tempat Wisata Pelalawan lainnya

Jika kamu berkunjung ke Riau, jangan lupa untuk mampir ke Kabupaten Pelalawan. kamu bisa asik berwisata di tempat wisata yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Pelalawan di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Pelalawan lainnya:

  • Taman Publik Kreatif
  • Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan
  • Mesjid Agung Pelalawan
  • Pantai Ogis
  • Makam Sultan Mahmud Syah I

Itulah 10 tempat wisata Pelalawan yang cocok untuk mengisi waktu liburan bersama orang-orang tersayang. Selamat berlibur.

Baca Juga: