10+ Tempat Wisata Bukittinggi (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata —  Bukittinggi merupakan salah satu kota dengan perekonomian terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Sebagai enklave dari Kabupaten Agam, kota ini pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. 

Bicara tentang Bukittinggi. Bukittinggi memang banyak menyimpan objek wisata mulai dari wisata alam, situs bersejarah, situs budaya, hingga berbagai spot foto Instagramable.

Untuk menikmati liburan akhir pekan kamu, kota Bukittinggi ini patut untuk kamu kunjungi baik bersama keluarga, teman, hingga pesangan.

Namun, sebelum admin lanjut? Kamu tahu belum tempat wisata Bukittinggi memiliki spot foto Instagramable? Jika belum, kamu tidak perlu khawartir.

Karena pada artikel kali ini admin akan merekomendasikan 10 tempat wisata Bukittinggi, untuk kamu yang ingin berlibur bareng keluarga ataupun pasangan.

Yuk, langsung saja simak terus artikel kali ini hingga selesai ya!

Tempat Wisata Bukittinggi

1. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan
Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Objek wisata ini merupakan salah satu kebun binatang yang patut untuk kamu kunjungi berenag keluarga ataupun psangan, untuk menghabiskan liburan akhir pekan mu.

Obyek wisata Kebun Binatang Bukittinggi atau Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bukittinggi.

Selain itu, TMSBK juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, karena di dalamnya terdapat Museum Rumah Adat Baanjuang dan Museum Zoologi yang menyimpan berbagai peninggalan masa lalu.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan terletak di Jalan Kesehatan No. 6, Kelurahan Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Lokasinya berada di atas Bukit Cubadak Bungkuak yang memiliki ketinggian sekitar 930 meter di atas permukaan laut.

Maka dari itu, jika kamu berkunjung ke Bukittinggi jangan sampai kelewatan ya, wisata Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

2. Jam Gadang

Jam Gadang
Jam Gadang

Sudah ada beberapa wisatawan yang mengatakan bahwa akan terasa kurang jika berkunjung ke Bukittinggi tanpa berfoto di Jam Gadang. Sebab, Jam Gadang ini adalah salah satu ciri khas yang dimiliki daerah Bukittinggi, sehingga sangat patut untuk dikunjungi ketika sedang berlibur ke wilayah ini.

Sebagai informasi untuk kamu,

Jam Gadang merupakan menara jam yang menjadi penanda atau ikon Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara jam ini menjulang setinggi 27 meter dan diresmikan pembangunannya pada 25 Juli 1927.

Selain itu, tempatnya yang tidak jauh dari pasar membuatmu bisa sekalian berkunjung untuk membeli oleh-oleh. Banyak wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara telah menyempatkan diri berkunjung ke Jam Gadang.

Baca Juga:   Catat, 10 Tempat Wisata Jawa Tengah yang Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Jadi, saat kamu mencari tempat untuk beribur Jam Gadang ini bisa lho, kamu jadikan opsi untuk mengbhabiskan waktu liburan bersama keluarga.

3. Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta
Istana Bung Hatta

Biasanya, wisatawan yang menyukai sejarah akan berkunjung ke tempat ini untuk berlibur. Sebab, tempat wisata Bukittinggi yang satu ini memiliki sejarahnya tersendiri, yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Istana Bung Hatta atau Gedung Negara Tri Arga merupakan gedung bekas kediaman Wakil Presiden Indonesia Mohammad Hatta yang terletak di pusat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. 

Bangunan yang berdiri saat ini adalah hasil renovasi pada 1961 setelah bangunan asli dibumihanguskan sewaktu Agresi II Militer Belanda pada 1948.

Nah, sekarang Istana Bung Hatta ini menjadi pusat wisata yang ingin menguliti sejarah, saat kamu hobi dengan wisata sejarah tempat ini bisa lho, untuk kamu kunjungi.

Oleh karena itu, jika kamu ingni berkunjungi, untuk lokasinya berada di  Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

4. Lobang Jepang

 Lobang Jepang
Lobang Jepang

Masi bingung untuk mencari tempat wisata Bukittinggi yang berbau dengan Sejarah? Jika iya, Lobang Jepang ini bisa lho, kamu jadikan tujuan untuk mengetahui beberapa sejarah.

Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan.

Panjang Lobang Jepang mencapai 6 kilometer dan lebarnya sekitar 2 meter. Terowongan ini didesain dengan banyak kelokan di dalamnya.

Nah, Untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 15.000 saja untuk tiket masuknya.

Tempat wisata Lobang Jepang adalah salah satu peninggalan dari bangsa Jepang yang masih dilestarikan di kota Bukittinggi.

Dengan demikian, ketika kamu berlibur ke tempat ini, kamu bisa menambah ilmu yang berkaitan dengan sejarah Indonesia.

5. Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama Bukittinggi
Taman Panorama Bukittinggi

Nah, untuk kamu yang suka berlibur ke tempat yang masih kaya akan alam di sekitarnya, kamu bisa berkunjung ke Taman Panorama Bukittinggi.

Sebab, disini kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dari ketinggian, sehingga kamu juga bisa menghabiskan waktu liburanmu dengan mengambil banyak foto disini.

Objek Wisata Taman Panorama juga menjadi tempat berkumpul dan refreshing, telebih taman kota ini di desain dengan baik, terawat, penuh dengan tumbuhan (pohon dan taman bunga), serta minimalis dilengkapi tempat duduk-duduk.

Nah, jika kamu berkunjung ke temat ini pasti liburan akan merasa lebih menyenangkan.

Maka dari itu, tunggu apa lagi saat libur akhir pekan Taman Panorama Bukittinggi ini bisa lho jadi tujuan kamu, lokasinye berada di Jl. Panorama No.31, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Baca Juga:   Rekomendasi 10 Tempat Wisata Alam Pegunungan Lombok

6. Benteng Fort De Kock

Benteng Fort De Kock
Benteng Fort De Kock

Tempat wisata yang diberi nama Benteng Fort De Kock ini dibangun sejak tahun 1830 oleh pemerintah colonial Hindia Belanda. Sebuah obyek wisata sejarah yang berada di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Lokasi Benteng Fort de Kock berada di Jalan Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Nah, Untuk mencapai tempat ini, kamu dapat menggunakan angkutan atau bus dan memilih untuk melalui rute Pasar Bawah menuju Simpang Alur. Setelah berkendara kurang lebih 10 menit.

Jadwal operasional benteng ini sama dengan jadwal operasional Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi. Hal ini dikarenakan keduanya berada di satu kawasan yang sama.

Dengan begitu, kamu lebih mudah mencari tempat wisata Bukittinggi, sekali berkunjung dapat mendatangi dua tempat wisata sekaligus.

7 . Janjang Ampek Puluah

Janjang Ampek Puluah
Janjang Ampek Puluah

Tempat wisata Bukittinggi yang bisa kita sebut dengan nama Janjang Ampek Puluah atau leretan anak tangga yang menghubungkan Pasar Atas dengan Pasar Bawah dan Pasar Banto di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. 

Memiliki desain yang menarik, membuat tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Menariknya lagi namanya saja 40 sehingga, banyak yang tahu bila jumlah anak tangga 40. Tetapi, coba kamu hitung dari bawah. Maka, kamu akan menemui jumlahnya yang lebih dari 100.  Di antara tangga ini sudah dibangun sebuah tanaman yang menambah keindahan dari tempat ini.

Selian itu, Jika kamu ingin menikmati sejarah dari janjang ini maka, pergilah ke samping gapura, sudah hadir prasati yang akan menceritakan lengkap tentang objek wisata ini. Dimana, gapura ini mempunyai lebar 4,6 meter.

Oleh karena itu, pada saat kamu sdang menbutuhkan referensi tempat wisata Bukittinggi, Janjang Ampek Puluah ini bisa lho, kamu kunjungi lokasinya berada di Aur Tajungkang Tengah Sawah, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

8. Janjang Seribu

Janjang Seribu
Janjang Seribu

Siapa yang tidak kenal Janjang Saribu? Paket objek wisata yang wajib kamu kunjungi ketika bermain ke Ngarai Sianok. Janjang Saribu kerap dijuluki sebagai kembaran Janjang Koto Gadang. 

Tempat wisata ini juga tidak kalah populer dan menarik dari tempat-tempat wisata yang telah admin sebutkan sebelumnya.

Janjang Seribu adalah sebuah objek wisata yang menawarkan pesona alam yang masih sangat kental. Janjang Seribu berbentuk jalan yang berliku-liku dan dikelilingi dengan celah tebing yang cukup curam, sehingga hal ini bisa menjadi daya tariknya tersendiri.

Selian itu, Janjang Saribu melintang dari perbukitan bukik Apik hingga ke dasar lembah Sianok. Panjang lintasannya mencapai 700 m. Medannya yang curam menuruni tebing memberikan sensasi tersendiri bagi kamu yang melewatinya.

Baca Juga:   Yuk Cari Tahu 10 Tempat Wisata Pare-Pare yang Sangat Indah untuk Masuk ke Dalam Daftar Liburanmu

Jadi, jika kamu ingin belir ke tempat wisata Bukittinggi ini, lokasinya berada di Bukit Apit Puhun, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

9. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai

Lagi-lagi kita dipertemukan dengan tempat wisata yang masih kental dengan dunia alam yang sangat indah. Objek wisata ini berjarak beberapa meter saja dari bahu jalan, sehingga ketika kamu melewati bahu jalannya saja, kamu sudah bisa melihat keindahan panorama air dari tebing yang tinggi.

Air Terjun Lembah Anai memiliki keunikan karena dekat dengan jalur kereta api dan sudah terdapat fasilitas cafe, resto, dan resort di sekitarnya.

Jika datang ke tempat wisata dengan keindahan yang memukau seperti ini, rasanya kurang lengkap jika tidak mengabadikannya via jepretan kamera. Di tempat wisata yang satu ini, ada banyak spot foto yang bagus.

Kemudian spot foto yang tak kalah estetik dan instagenik adalah spot perlintasan kereta api lengkap dengan view air terjun dan bentangan jalan raya. Ketiganya merupakan perpaduan unsur yang tepat untuk hasilkan foto yang sempurna.

Nah, untuk lokasinya berada di Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

10. Danau Maninjau

Danau Maninjau
Danau Maninjau

Nah, tempat wisata Bukittinggi yang terakhir admin rekomendasikan adalah Danau Maninjau yang bisa menajdi opsi selenjutnya untuk kamu kunjungi.

Danau Maninjau merupakan salah satu danau berbentuk kaldera dengan ketinggian 459 meter di atas permukaan laut.

Banyak keindahan alam yang dapat kamu temui di Provinsi Sumatera Barat. Tiap-tiap daerah memiliki keunikan masing-masing seperti Alahan Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh dan banyak daerah lain di Sumbar dengan sejuta keindahan untuk kamu jelajahi.

Tidak seperti danau pada umumnya, Danau Maninjau terletak di ketinggian sekitar 459 mdpl Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata Danau Maninjau, sehingga tidak mengherankan jika ada banyak wisatawan yang berlomba-lomba untuk kemari.

Tempat Wisata Buktitinggi Lainnya

Sangat menarik, bukan? tempat wisata Buktitinggi tersebut? Selain tempat indah suasananya juga nyaman, tentunya kamu akan puas menghabiskan akhir pekan di sana.

Jika kamu sedang mencari tempat wisata Buktitinggi asik dan nyaman, maka salah satu dari tempat wisata tersebut dapat menjadi pilihan kamu.

..Oh iya,

Berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Buktitinggi lainnya:

  • Lembah Ngarai Sianok
  • Pacuan Kuda Bukit Ambacang
  • Rumah Pohon Inyiak
  • Kapatoman Cafe
  • Tabiang Takuruang
  • Taman Tirtasari
  • Pantai Caroline
  • Jembatan Gantung Guguak

Itulah, 10 tempat wisata Bukittinggi yang sangat patut untuk kamu kunjungi. Kamu bisa mengajak keluarga, pasangan, maupun teman untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di atas.

Baca Juga Informasi Lainnya: