10+ Tempat Wisata Balikpapan (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Balikpapan merupakan salah satu kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Balikpapan menjadi kota terbesar kedua di Kalimantan Timur, setelah Kota Samarinda.

Mungkin kota Balikpapan ini sudah tidak asing lagi kita dengar, salah satu kota pusat bisnis dan industri di Pulau Kalimantan, serta Dijuluki dengan kota minyak karena banyak perusahaan minyak.

Selain terkenal sebagai kota penghasil minyak, Balikpapan juga terkenal dengan banyaknya objek wisata yang populer yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati liburan akhir pekan.

Tempat wisata Balikpapan menawarkan berbagai wahana seru yang terdapat di dalamnya. Hingga memberikan pengalaman kamu bersama teman ataupun keluarga saat berlibur. Keberagaman tempat serta spot menarik.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkn referensi tempat wisata Balikpapan, kamu berada pada tempat yang tepat, karena admin bakal rekomendasikan beberapa tempat wisata Balik papan yang menawarkan pemandangan yang memukau.

Penasaran dengan infomasi lengkapnya? Simak artikel berikut hingga selesai ya!

Tempat Wisata Balikpapan Paling Populer

1. Danau Cermin

Danau Cermin Balikpapan
Danau Cermin Balikpapan

Tempat wisata Balikpapan yang pertama adalah Danau Cermin. Danau ini terletak pada Jalan Rawamangun, Kelurahan Lamaru, Balikpapan.

Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih sehingga bisa memantulkan alam sekitarnya layaknya cermin.

Udara pada area sekitarnya sangat sejuk dan asri karena banyak tumbuhan yang mengelilinginya. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan foto keren dan instagramable.

Area danau cermin ini saat ini sudah terdapat perkemahan yang dikelola swadaya oleh masyarakat. Selain itu ada juga fasilitas umum lainnya seperti toilet, mushola maupun kantin.

Nah, untuk harga tiket masuk ke tempat wisata Balikpapan yang satu ini juga tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok, hanya Rp 100.000 – Rp 200.000, untuk sewa perahu, sedang tiket masu geratis.

Jadi, dengan adanya tempat wisata yang satu ini kamu tidak perlu bingung untuk mencari opsi berlibur bareng kelaurga, karena Danau Cermin adalah pilihan yang tepat.

2. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan Balikpapan
Pantai Sepinggan Balikpapan

Tempat wisata Balikpapan yang satu ini sangat terkenal dengan pemandangan yang sangat memukau, kamu bisa memilihat saat matahari terbenam yang sangat indah.

Pemandangan pantai Sepinggan yang indah dengan hamparan pasir berwarna putih yang halus dan juga pohon-pohon yang tumbuh di sekeliling pantai berwarna hijau.

Terdapat jembatan yang sangat panjang menuju ke arah tengah lautan. Jembatan ini dibuat menggunakan susunan kayu yang kuat. Lalu gazebo sebagai tempat berteduh.

Saat kamu berkunjung ke Pantai Sepinggan ini bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena pantai ini mudah dijangkau.

Selain itu, untuk harga tiket masuknya juga sangat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong hanya Rp. 15.000.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Solok Sumatera Barat yang Sedang Hits Saat Ini!

Dengan begitu, tempat wisata Balikpapan ini cocok untuk berlibur bersama keluarga, dan melihat pemandangan sunset bersama. Selain itu banyak kafe-kafe kecil di sekitarnya.

3. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai

Tempat wisata Balikpapan ini memiliki banyak pesona alam yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Bukit Bengkirai.

Kawasan Bukit Bangkirai ini menawarkan keindahan hutan hujan tropis yang masih alami dan sejuk, serta wahana jembatan gantung yang menguji nyali pengunjung.

Salah satu daya tarik utama dari Bukit Bengkirai adalah canopy bridge atau jembatan gantung yang dibuat di antara lima pohon bangkirai dengan ketinggian 30 hingga 40 meter dan panjang 64 meter.

Selain jembatan gantung, Bukit Bengkirai juga menyediakan fasilitas lain seperti tempat istirahat, restoran, kolam renang, taman bermain, dan camping ground. 

Nah, untuk tempat wisata Balikpapan ini lokasinya searah dengan IKN. Bukit Bengkirai buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 16.00 WITA. Tiket masuknya Rp 35 ribu. 

Jadi, untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berwisata alam yang berbeda, Bukit Bengkirai bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa menguji adrenalin kamu di jembatan gantung yang spektakuler.

4. Bukit Batu Dinding

Bukit Batu Dinding Balikpapan
Bukit Batu Dinding Balikpapan

Masi bingung untuk mencari tempat wisata Balikpapan? Jika iya, Bukit Batu Dinding ini bisa kamu jadikan tujuan sambil menikmati keindahan alam yang masi asri.

Wisata yang satu ini terletak pada kawasan Karya Merdeka, Samboja, Kutai Kartanegara. Bukit ini merupakan batuan yang bentuknya menyerupai dinding.

Kammu bisa melintasi batuan dan menyaksikan hutan Kalimantan dari ketinggian, tempat ini juga ramai untuk melihat sunset.

Selain menikmati hutan belantara dari ketinggian, kamu juga dapat mendirikan tenda atau kemah untuk bermalam.

Menjelang pagi dan sore, kamu akan melihat pemandangan terbit dan terbenamnya matahari serta menjadi lokasi favorit untuk berfoto ria.

Dengan begitu, jika kamu sedang membutuhkan referensi untuk tempat wisata Balikpapan, Bukit Batu Dinding adalah tujuan yang tepat untuk kamu kunjungi.

5. Pantai Melawai

Pantai Melawai
Pantai Melawai

Tempat wisata Balikpapan yang admin rekomendasikan selanjutnya adalah Pantai Melawai yang terletak pada Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

Pantai ini memiliki pesona alam pada lautnya yang tenang dan berwarna biru. Wisata Pantai Melawai akan ramai oleh wisatawan terutama pada sore hari untuk melihat pemandangan sunset yang menakjubkan.

Dulunya, Pantai Melawai merupakan tempat pengeboran minyak pertama. Pantai ini sebenarnya juga merupakan teluk, namun seiring berjalannya waktu menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Akhirnya, pemerintah setempat membangun fasilitas pendukung dan menjadi sumber perekonomian masyarakat sekitar dengan adanya beberapa pedagang di daerah ini.

Selain itu, Untuk menikmati Pantai Melawai, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya karena kawasan ini tidak ada pungutan retribusi alias gratis.

Maka dari itu, jika kamu berlibur ke KalimantanTimur, jangan lupa mampir ke tempat wisata Balikpapan yang satu ini ya, pasti liburan kamu akan merasa lebih menyenangkan.

6. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru Balikpapan
Pantai Lamaru Balikpapan

Bicara tentang tempat wisata Balikpapan memang tidak ada habisnya kamu juga bisa mengunjungi Pantai Lamaru ini untuk menikmati waktu wekeend kamu baik bareng keluarga ataupun pasangan.

Baca Juga:   Panorama Alam Curug Malela: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Pantai Lamaru terletak dipinggiran Kota Balikpapan dengan suasana yang tenang, berbeda dengan Kota Balikpapan yang hiruk pikuk karena tengah berkembang menuju kota metropolitan.

Pantai Lamaru ii memiliki perbedaan dengan pantai lainnya adalah kawasan ini memiliki hamparan pohon Cemara Udang yang membuat pemandanan sekitar tampak hijau dan terasa sejuk.

Selain itu, Tersedia sejumlah wahana permainan yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti banana boat, APV mini, car golf, kereta gandeng, dan lain sebagainya lainnya.

Nah, untuk tarif parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk roda dua, Rp 20.000 untuk roda empat, dan Rp 50.000 untuk roda enam.

Khusu kamu yang ingin menikmati berbagai wahana yang tersedia tarifnya juga sangat terjangkau kok mulai dari Banana boat: Rp 25.000/ orang Atv mini: Rp 60.000 / 15 menit Car golf new: Rp 150.000/30 menit Car golf besar: Rp 200.000/30 menit Kereta gandeng: Rp 20.000 /orang.

Jadi, saat kamu sedang mencari tempat wisata Balikpapan, Pantai Lamaru ini bisa kamu jadikan tujuan untuk bersantai sambil menikmati wahana yang ada.

7. Pantai Kemala

Pantai Kemala
Pantai Kemala

Letak Pantai Kemala Balikpapan yang berada pada wilayah kota membuat pantai sebagai objek wisata primadona pada kota tersebut.

Pantai yang satu ini cukup populer berbagai kalangan masyarakat karena selain pesona alamnya, pantai ini juga mudah diakses karena letaknya yang dekat dengan pusat Kota Balikpapan.

Air laut yang jernih berwarna biru dan pasir putih yang halus sekitar pantai akan membuat kamu betah untuk berlama – lama. Pengunjung biasanya bermain banana boat atau jet sky yang tersedia.

Selain itu, banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan area Pantai Kemala Balikpapan. Wisatawan dapat menikmati keindahan pasir pantai dan bermain air dan sekitar pantai.

Tersedia juga beberapa permainan air yang dapat kamu nikmati, seperti banana boats dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 25 ribu per orang.

Permainan air lainnya berupa jet ski dengan biaya sekitar Rp 800 ribu per orang selama satu jam.

8. Pasar Kebun Sayur

Pasar Kebun Sayur Balikpapan
Pasar Kebun Sayur Balikpapan

Saat berkunung ke suatu daerah biasanya kamu akan mencari oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Ini salah satu jadi referensi berburu oleh-oleh saat berkunjung ke Balikpapan.

Tempat yang bisa kamu tuju adalah Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan. Berbagai produk cinderamata dapat kamu beli seperti kain tenun atau batik motif Kalimantan, batu-batu permata, kalung, gelang syal, tas dari batu atau manik-manik khas Kalimanatan.

Terletak dekat dari pusat kota Balikpapan, kamu dapat mengakses dengan menggunakan angkot, ojek ataupun taxi online. Untuk jam operasionalnya pasar Inpres Kebun Sayur buka dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam.

Selain itu, untuk harga barangnya juga sangat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok, sesua budget.

Dengan begitu, saat kamu berkunjung ke Balikpapan selain bisa menkmati berbagai tempat wisata alam yang sangat indah, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Kalimantan Timur.

Baca Juga:   Inilah Pesona Curug Bugbrug Bandung: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

9. Kuliner Ruko Bandar

Kuliner Ruko Bandar
Kuliner Ruko Bandar

Wisata kuliner Bandar Balikpapan terletak tepat pada jantung kota Balikpapan, area Ruko Bandar, bersebrangan dengan Obyek Wisata Taman Bekapai.

Wisata kuliner ini merupakan pilihan yang tepat bagi kamu untuk menjamu rekan bisnis, bertemu dengan teman, atau sekedar menikmati “candle-light” dinner yang romantis dengan orang terkasih.

Sebagian besar dari Cafe dan Restaurant lokasi ini buka untuk makan malam. Hanya sebagian restaurant saja yang buka juga pada siang hari.

Selain itu, untuk harga menunya juga snagat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong sesuai budget.

Jadi, dengan ada tempat wisata Balipapan yang satu ini kamu bisa lebih mudah untuk menikmati kuliner khas kalimantan sambil menikmati pemandangan yang sangat indah.

10. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip

Tak hanya wisata alam dan kuliner, kamu juga bisa mengunjungi wisata fauna pada Penangkaran Buaya Teritip. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Lamaru dan termasuk mudah untuk kamu akses.

Pada tempat ini terdapat kurang lebih 1400 ekor buaya dengan jenis yang beragam. Mulai dari buaya muara, buaya supit, hingga buaya air tawar yang dipelihara pada lahan seluas 5 hektar.

Selain itu, kamu tidak hanya menikmati gerak gerik buaya saja, namun kamu juga dapat memberi makan buaya dengan ayam sebagai umpan.

Kamu juga juga dapat berfoto sambil menggendong buaya dengan tambahan biaya sekitar Rp 10.000. Untuk wahana lainnya berupa naik gajah dan berfoto bersama gajah dengan tambahan biaya sekitar Rp 30.000.

Bagi kamu yang ingin menikmati buaya di Penangkaran Buaya Balikpapan akan biaya masuk sekitar Rp 20.000. Harganya juga sangat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong.

Tempat Wisata Balikpapan Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Kalimantan Timur, jangan lupa untuk mampir ke Balikpapan. kamu bisa asik berwisata ke tempat yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata tersebut memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari tempat wisata Balikpapan, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Balikpapan lainnya:

  • Taman Bekapai Balikpapan
  • Kampung Atas Air
  • Taman Tiga Generasi
  • Carribean Island Waterpark
  • Mangrove Center Graha Indah

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan yang bisa admin sampaikan mengenai rekomendasi 10 tempat wisata Balikpapan yang menawarkan berbagai pesona dan daya tarik tersendiri.

Dengan banyaknya pilihan tersebut, maka kamu bisa memilih destinasi yang ingin kamu kunjungi bersama teman atau keluarga.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys…!

Selamat membaca dan semoga liburanmu menyenangkan…!

Baca Juga: