10+ Tempat Wisata Ciwidey (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Ciwidey merupakan salahs satu kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini terletak 35 km di sebelah selatan Kota Bandung, atau sekitar 15 km dari Soreang, ibukota Kabupaten Bandung. 

Kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung memiliki sejumlah tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Udaranya yang sejuk membuat Ciwidey menjadi destinasi liburan favorit banyak orang.

Melepas penat dengan berlibur ke Ciwidey akan membuat kamu lebih tenang dan nyaman. Tempat wisata Ciwidey bisa menjadi pelarian kamu dari hiruk pikuk perkotaan yang bikin penat.

Umumnya, ketika hendak berlibur ke suatu daerah, kamu pasti mencari tahu terlebih dahulu apa saja tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Maka dari itu, jika kamu memiliki rencana ingin pergi berlibur ke Ciwidey, kamu bisa menyimak 10 tempat wisata Ciwidey yang ada dalam artikel ini.

Informasi lebih lanjut, simak artikel berikut hingga selesai ya!

Tempat Wisata Ciwidey dengan Keunggulan yang Menarik

1. Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey Bandung
Kawah Putih Ciwidey Bandung

Wisata kawah putih termasuk salah satu tempat wisata yang terdapat pada daerah Ciwidey yang selalu ramai oleh pengunjung.

Lokasinya sendiri berada pada sebuah danau kawah yang berasal dari letusan Gunung Patuha pada 1000 tahun yang lalu. Tempat ini memiliki keindahan alam yang sangat membanggakan dan menakjubkan.

Kawah Putih menawarkan pemandangan alam yang khas serta udara yang sangat sejuk. Mengunjungi tempat ini membuat kamu dapat menikmati udara sejuk area tengah hutan.

Selain itu, area sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa kamu jelajahi. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang menyukai pemandangan alam yang indah.

Jadi, jika kamu berminat untuk datang ke tempat wisata Ciwidey ini, lokasinya Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40972.

2. Situ Patenggang,

Situ Patenggang Ciwidey
Situ Patenggang Ciwidey

Tempat wisata Ciwidey yang berada pada wilayah Bandung Selatan ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Hal ini karena daya tariknya selalu berhasil memikat hati para wisatawan.

Sehingga tidak mengherankan jika tempat wisata Ciwidey yang satu ini bisa admin katakan pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang terdekatmu.

Baca Juga:   Curug Barong: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Akhir pekan atau pada saat liburan sekolah anak menjadi waktu yang paling pas untuk menikmati wisata alam untuk menyegarkan pikiran.

Berkunjung ke destinasi ini kamu perlu merogoh kocek dengan harga yang variatif baik untuk tiket masuk maupun untuk rekreasinya.

Maka adri itu, jika kamu berminat untuk mengunjungi wisata yang satu ini buka setiap hari mulai pagi hari pukul 08.00 hingga malam hari pukul 20.00.

3. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini
Pemandian Air Panas Ciwalini

Masi bingung mencari tempat wisata Ciwidey? Pemandian Air Panas Ciwalini bisa lho, kamu jadikan tujuan untuk berlibur sambil menikmati pemandian Air panas.

Pemandian Air Panas Ciwalini merupakan salah satu pemandian air panas daerah Bandung yang cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga.

Untuk seseorang yang menyukai aktivitas relaksasi diri, maka mereka dapat menjadi tempat wisata yang satu ini sebagai pilihan yang tepat.

Sebab, berkunjung ke wisata Ciwidey yang satu ini, kamu bisa menikmati waktu liburan dengan bersantai pada sebuah pemandian air panas yang menenangkan.

4. Perkebunan Stroberi

Perkebunan Stroberi Ciwidey
Perkebunan Stroberi Ciwidey

Selanjtunya tempat wisata Ciwidey yang admin rekomendasikan adalah Perkebunan Stroberi, yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati manisnya buah Stroberi.

Umumnya, tempat wisata Ciwidey ini akan menjadi pilihan para wisatawan yang sedang mengajak anak atau keponakannya untuk berlibur ke sebuah tempat yang mengedukasi.

Ya, dengan berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melihat segala proses panen stroberi yang tidak akan bisa kamu temui dalam kehidupan sehari-hari.

Kebun Strawberry Ciwidey Bandung ini termasuk kawasan wisata yang terletak area bandung selatan. Berada pada dataran tinggi Ciwidey membuat hawa tempat ini sangat dingin. 

Suasana di Kebun Strawberry Ciwidey ini cukup tenang, dan memiliki udara yang cukup sejuk. Karena buah Strawbery memang cocok dengan lingkungan yang bercuaca sejuk.

Hal ini yang membuat para pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini bukan hanya untuk makan buah strawberry namun juga sarana refreshing.

5. Taman Wisata Cimanggu

Taman Wisata Cimanggu
Taman Wisata Cimanggu

Ciwidey itu sendiri masih kaya akan alam yang menakjubkan, jadi tidak mengherankan jika sebagian besar tempat wisata yang ada dalam wilayah ini akan sangat berkaitan dengan keindahan alam sekitarnya.

Mulai dari perkebunan kayu putih, saninten, rasamala, dan beberapa jenis perkebunan menarik lainnya akan tersedia dalam tempat wisata ini.

Cimanggu merupakan objek wisata pemandian air panas yang menjadi primadona bagi wisatawan lokal, baik dalam kota maupun dari luar kota.

Baca Juga:   Usir Sumpek, 10 Tempat Wisata Bandung Selatan Ini Wajib Banget Kamu Datangi

Namun, kali ini kondisi sangat jauh berbeda, tempat wisata yang dulu begitu ramai kini harus terbengkalai.

Suasana sepi menyelimuti kawasan Cimanggu, rumput liar tumbuh dimana-mana dan beberapa bangunannya juga kosong dan rusak, bahkan terkesan tempat ini menjadi angker.

6. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas
Bumi Perkemahan Ranca Upas

Sebagian besar pengunjung tempat wisata ini adalah para wisatawan atau pengunjung yang gemar mendaki. Sebab, untuk menjangkau lokasinya, kamu harus mendaki gunung terlebih dahulu.

Sementara itu, dari tempat ini juga akan tersedia villa dengan kualitas yang terbaik, dan harga yang harus kamu bayar cukup terjangkau.

Berada di ketinggian 1.700 mdpl membuat kawasan ini bersuhu dingin saat malam tiba. Bagi kamu yang ingin berkemah ke kawasan ini, maka wajib membawa pakaian tebal, selimut maupun jaket.

Selain itu, Sebagai glamping ground, Ranca Upas menawarkan fasilitas yang lengkap. Selain kamar mandi umum, kawasan ini juga terdapat rumah ibadah, warung penjual makanan/ minuman serta lahan parkir luas.

7. Resort Lembah Ciwidey

Resort Lembah Ciwidey
Resort Lembah Ciwidey

Hanya dengan melihat dari namanya saja, kamu pasti sudah tahu kalau tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang ada dalam kawasan Ciwidey.

Selain menawarkan penginapan yang nyaman, tempat ini juga menawarkan layanan glamping, yang akan semakin membuat waktu liburanmu terasa menyenangkan.

Selain fasilitas lengkap, daya tarik kawasan Resort Lembah Ciwidey adalah pemandangan alam yang indah dan asri di sekitarnya. Resort Lembah Ciwidey lengkap dengan perkebunan teh dan perbukitan hijau.

Jadi, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Ciwidey, Resort Lembah ini bisa lho, kamu jadikan tujuan untuk menikmati waktu wekeendmu.

8. Bukit Jamur, Tempat Wisata Ciwidey

Bukit Jamur Ciwidey
Bukit Jamur Ciwidey

Bandung memiliki banyak tempat wisata alam banyak yang datang baik wisatawan lokal maupun luar kota. terutama Ciwidey yang menjadi pusar perhatian, salah satunya Bukit Jamur Ciwidey.

Dengan semakin populernya Bukit Jamur pada kalangan wisatawan lokal maupun asing, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk berlibur ke tempat ini.

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey merupakan destinasi daerah Bandung Selatan yang tersembunyi pada balik perkebunan teh. Destinasi ini berada pada ketinggian 2.000 mdpl.

Selain itu, untuk harga tiket masuk ke Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey yaitu Rp 15.000 per orang. Untuk wisatawan membawa kendaraan bermotor dikenai biaya parkir, yaitu Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Destinasi ini buka setiap hari dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Untuk lokasinya di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. 

Baca Juga:   Intip Keunikan Curug Ciputri: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

9. Taman Kelinci Ciwidey

 Taman Kelinci Ciwidey
 Taman Kelinci Ciwidey

Sama seperti perkebunan stroberi yang umumnya pengunjungnya selalu mengajak anak kecil untuk berkunjung ke tempat tersebut, Taman Kelinci Ciwidey juga selalu penuh oleh pengunjung yang masih berusia kanak-kanak.

Taman Kelinci Ciwidey menjadi salah satu tempat wisata Ciwidey yang cocok untuk liburan keluarga di akhir pekan. Lokasi wisata ini juga sangat pas dijadikan tempat liburan anak-anak seperti musim libur sekolah.

Tempat wisata Ciwidey ini menawarkan interaksi alam dengan konsep modern seperti adaptasi dari wisata luar negeri yang mulai banyak berkembang di Indonesia.

Jadi, Jika tertarik berkunjung bersama keluarga ke lokasi wisata ini, sebaiknya simak dulu informasi mengenai wisata Taman Kelinci Ciwidey berikut ini mulai dari harga tiket hingga fasilitasnya.

10. Palalangon Park

Palalangon Park Ciwidey
Palalangon Park Ciwidey

Selanjutnya, dengan berkunjung ke tempat wisata Ciwidey ini, kamu tidak hanya bisa berenang dan bermain air saja. Namun kamu juga bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan, yang berada pada kawasan sekitarnya.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, mengingat daerah Ciwidey itu sendiri terletak pada wilayah dataran tinggi.

Tempat wisata ini layak menjadi lokasi wisata yang sedang hits dan Instagramable karena menampilkan view asri kawasan pegunungan di Daerah Ciwidey.

Dengan lahan yang sangat luas, kamu dapat dengan bebas dan leluasa melakukan kegiatan eksplorasi alam di sini.

Tempat wisata Ciwidey Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mampir ke Kabupaten Ciwidey. kamu bisa asik berwisata di tempat Ciwidey yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Ciwidey di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Ciwidey lainnya:

  • Rengganis Suspension Bridge
  • Ecopark Curug Tilu
  • Sunan Ibu Sunrise Point
  • Candy House

Akhir Kata

Nah, itulah 10 beberapa ulasan yang bisa admin bagikan mengenai rekomendasi tempat wisata Ciwidey dengan daya tarik yang beragam.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa kamu jadikan referensi, dan segera pilih salah satu tempat yang paling sesuai dengan keinginan kamu.

Selamat membaca dan semoga liburanmu menyenangkan ya guys…!

Baca Juga: