10+ Tempat Wisata Yogyakarta (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Kamu sedang berlibur ke Yogyakarta, namun kamu masih bingung mau berkunjung ke mana saja?

Nah, jangan khawatir, kami akan memberikan rekomendasi tempat wisata Yogyakarta buat kamu.

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan berlibur oleh banyak orang, baik dari dalam maupun luar kota, Hal ini karena Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata dengan pesona yang mengagumkan.

Oleh karena itu, informasi yang akan admin bahas pada artikel kali ini terkait tempat wisata Yogyakarta yang menarik dan seru untuk kamu kunjungi.

Penjelasan lebih lanjut, simak artikel berikut hingga selesai ya!

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Yogyakarta Paling Populer

1. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut

Rekomendasi pertama adalah Air Terjun Kedung Pedut yang lokasinya cukup tersembunyi. Air terjun ini mempunyai air yang jernih berwarna putih dan biru tosca. Lebih menyenangkan lagi jika kamu merasakan kesegarannya dengan berenang.

keunikan itu juga yang menjadi daya tarik dari air terjun ini sehingga banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati keindahan alam maupun sekadar santai melepas penat.

Lokasinya berada pada kawasan Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk bisa memasuki kawasan air terjun, para wisatawan perlu membayar tiket masuk sebesar Rp11.000 per orang.

Selain membayar tiket masuk, jika membawa kendaraan juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor.

Jadi, saat kamu berlibur ke tempat wsiata Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Air Terjun Kedung Pedut ini ya, pasti liburan kamu akan lebih menyenangkan.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Tempat wisata Yogyakarta selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Candi Prambanan. Candi ini adalah candi Hindu yang paling besar di Indonesia. Bahkan UNESCO telah menetapkan candi ini sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Waw, sangat mengagumkan bukan? Kamu patut berbangga karena memiliki tempat wisata ini.

Lokasi Candi Prambanan berada pada Jalan Raya Solo – Yogyakarta, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, untuk harga tiketnya juga sangat terjangkau kok tidak sampai membuat kantong kamu bolong hanya Rp.75.000 khusus orang dewasa, sedangkan untuk anak hanya Rp.35.000.

Maka dari itu, saat kamu sedang mencari tempat wisata Yogyakarta, Candi Prambanan adalah tujuan yang paling tepat untuk kamu kunjungi.

3. Gua Jomblang

Gua Jomblang Yogyakarta
Gua Jomblang Yogyakarta

Masi bingung untuk mencari tempat wisata Yogyakarta? Jika iya, Gua Jomblang adalah salah satu tempat wisata Jogja yang sangat cocok untuk kamu kunjungi para pecinta wisata ekstrim.

Baca Juga:   Curug Cipendok: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Gua Jomblang ini berbentuk vertikal sehingga cahaya yang masuk akan terlihat sangatlah indah. Wisata Gua ini lokasinya berada dalam kawasan Jetis, Semanu, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Namun, jika kamu belum membawa peralatan sendiri, kamu bisa menyewa kepada pengelola dengan biaya sewa peralatan caving sekitar harga Rp 450.000 – Rp 1.000.000 per orang.

Selain itu, Gua Jomblang ini juga mnyediakan fasilitas pendukung wisata, seperti musholla, toilet atau kamar mandi, hingga persinggahan atau penitipan barang di rumah Kepala Dukuh.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk bermalam saat mengunjungi tempat wisata Yogyakarta yang satu ini.

4. Gumuk Pasir, Tempat Wisata Yogyakarta

Gumuk Pasir Yogyakarta
Gumuk Pasir Yogyakarta

Wisata ini tidak hanya menjadikan kamu bisa berselancar di pasir, tetapi juga menikmati pemandangan indah di pantai, naik mobil Jeep, hingga berfoto ria.

Alamat wisata Gumuk Pasir berada pada Jalan Parangkusumo, Kawasan Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gumuk Pasir Jogja telah menjadi destinasi wisata menarik yang memukau di Yogyakarta, menawarkan pengalaman yang berbeda dari tujuan pariwisata mainstream.

Gumuk Pasir Jogja telah menjadi destinasi wisata menarik yang memukau di Yogyakarta, menawarkan pengalaman yang berbeda dari tujuan pariwisata mainstream.

Untuk biayanya bervariasi mulai dari Rp. 3.000,- untuk motor hingga Rp. 20.000,- untuk bus.

Selain biaya parkir, biaya lain yang mungkin perlu Kamu keluarkan adalah jika Kamu ingin menyewa wahana permainan, seperti Papan Sandboarding dengan harga Rp. 100.000.

Jika Kamu tertarik untuk mengendarai Jeep atau ATV, Kamu dapat menyewanya dengan biaya mulai dari Rp. 350.000,- hingga Rp. 800.000, dan ini sudah termasuk dokumentasi foto dan video.

Gumuk Pasir Jogja buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB, sehingga Kamu dapat berkunjung kapan saja yang Kamu inginkan.

Oleh karena itu, saat kamu sedang mencari tempat wisata Yogjakarta, Gumuk Pasir ini bisa lho, kamu jadikan tujuan untuk berlibur.

5. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro Yogyakarta
Jalan Malioboro Yogyakarta

Tempat wisata Joyjakarta selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Jalan Malioboro. Tempat ini adalah jalan paling terkenal yang ada pada pusat Yogyakarta.

Jalan ini bisa terkenal karena mempunyai cerita sejarah yang menarik, mempunyai kesan yang khas, hingga terdapat banyak warung makanan.

Berkunjung ke Malioboro belum afdol tanpa foto di plang Jalan Malioboro. Banyak wisatawan yang antre untuk berfoto di plang Jalan Malioboro dengan latar belakang jalan dan pertokoan.

Kamu bisa menemukan beberapa plang Jalan Malioboro di beberapa titik. Plang berwarna hijau itu, dilengkapi dengan tulisan warna putih berbunyi Jalan Maliobor dengan huruf alfabet dan aksara Jawa di bawahnya.

Baca Juga:   Keindahan Curug Bajing: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Jadi, saat kamu berkunjung ke Yogyakarta? Jangan lupa mampir ya ke Jalan Malioboro kurang lengkap rasanya jika tidak berfoto kesini.

6. Kampung Wisata Taman Sari

Kampung Wisata Taman Sari Yogyakarta
Kampung Wisata Taman Sari Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak wisata bersejarah yang menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satunya adalah Taman Sari Yogyakarta. Destinasi wisata ini terletak area pusat kota Jogja.

Tempat wisata Yogyakarta ini adalah bekas taman istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang mempunyai gaya arsitektur gabungan Jawa dan Portugis.

Bangunannya terlihat sudah tua dan justru itulah yang menjadi daya tariknya.

Selain itu, sebelum kamu mengunjungi Taman Sari Yogyakarta, kamu perlu mengetahui harga tiket masuk dan jam operasional Taman Sari Yogyakarta. Taman Sari Yogyakarta buka setiap hari, dari jam 09.00 hingga jam 15.00.

Nah, untuk harga tiketnya juga tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok, hanya Rp 10.000-Rp 15.000.Namun untuk pengunjung internasional Rp 20.000-Rp 25.000.

Kamu juga dapat melakukan foto prewedding di tempat ini dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 250.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 500.000 untuk wisatawan mancanegara.

Dengan begitu, saat kamu sedang mencari tempat wisata Yogyakarta, Kampung Wisata Taman Sari ini juga bisa menajdi tujuan kamu.

7. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Selanjutnya Keraton Yogyakarta, adalah tempat tinggal sultan yang juga mempunyai museum untuk benda-benda koleksi kesultanan.

Sebelum datang ke Keraton Yogyakarta, siapkan uang tunai sejumlah Rp8 ribu per orang untuk wisatawan lokal dan Rp15 ribu untuk wisatawan asing.

Nah, biasanya juga sebelum masuk ke Keraton Yogyakarta kamu akan ditanyai apa membawa kamera profesional atau hanya membawa kamera ponsel.

Jadi, jika kamu berminat untuk berkunjung ke tempat wisata Yogyakarta yang satu ini, lokasinya berada pada kawasan Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Yogyakarta
Pantai Indrayanti Yogyakarta

Bicara soal tempat wisata Yogyakarta memang tidak ada abisnya, selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Indrayanti sangat terkenal sebagai pantai bersih dengan pasir berwarna putih serta air biru yang menyegarkan mata.

Tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang indah ini, kamu juga bisa melakukan olah raga air, seperti jet sky. Secara administratif, Pantai Indrayanti ini berada pada daerah Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bukan tanpa alasan kenapa Pantai Indrayanti disebut sebagai salah satu primadona di pesisir Gunung Kidul. Pantai ini memiliki pasir yang indah plus pemandangan alam yang asri. 

Selain itu, Jika kamu capek atau ingin bersantai, kamu bisa menyewa payung dan beristirahat sambil menikmati deru dan suasana pantai. Harga sewa payung sebesar Rp20.000 sedangkan harga sewa gazebo sebesar Rp30.000.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Flores Timur, Melihat Pesona di Timur Indonesia

Jadi, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Yogyakarta karena Pantai Indrayanti adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu kunjungi.

9. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Yogyakarta
Pantai Parangtritis Yogyakarta

Selain Pantai Indrayanti, Jogja juga memiliki Pantai Parangtritis yang tak kalah indahnya.

Pantai ini adalah salah satu pantai terkenal yang ada di Yogyakarta bahkan namanya ini juga sering dimasukkan ke dalam lirik lagu, seperti beberapa lagu karya Didi Kempot.

Hal ini karena Pantai Parangtritis sendiri menyuguhkan pemandangan sunset yang romantis untuk kamu nikmati.

Lokasi Pantai Parangtritis berada dalam kawasan Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Tebing Breksi, Tempat Wisata Yogyakarta

Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi Yogyakarta

Nah, tempat wisata Yogyakarta yang terakhir admin rekomendasikan adalah Tebing Breksi tempat wisata berupa bekas tambang batu breksi yang sudah didesain dan dibentuk sedemikian rupa agar terlihat lebih ciamik jika digunakan sebagai latar belakang foto.

Tebing Breksi memiliki daya tarik berupa pemandangan dinding tebing dengan ornamen patahan yang artistik, bagaikan kue lapis. Tempat ini juga menjadi lokasi favorit foto-foto, termasuk foto prewedding, wedding, kopi darat komunitas, event musik, dan lain-lain.

Selain itu, harga tiket masuk Tebing Breksi untuk dewasa dan anak-anak: Rp 10.000 Harga tiket masuk sedikit berbeda untuk turis mancanegara dewasa maupun anak-anak, yaitu Rp 20.000.

Nah, untuk jadwal bukanya pada Minggu-Sabtu, Tebing Breksi buka pada pukul 06.00-22.00 WIB, sedangkan pada Senin pukul 06.00-18.00 WIB.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi mencari tempat wisata Yogyakarta, karena Tebing Breksi adalah pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi.

Tempat Wisata Yogyakarta Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Pulau Jawa, jangan lupa untuk mampir ke Yogyakarta. kamu bisa asik berwisata di tempat yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata tersebut memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Yogyakarta tersebut, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Yogyakarta lainnya:

  • Alun-Alun Selatan
  • Tugu Yogyakarta
  • Candi Borobudur
  • Pasar Beringharjo
  • Lereng Gunung Merapi
  • Hutan Pinus Pengger
  • Goa Pindul dan Sungai Oyo
  • Waduk Sermo
  • Pantai Nglambor

Akhir Kata

Itulah beberapa ulasan yang bisa kami bagikan mengenai 10 tempat wisata Yogyakarta yang paling terkenal dan tidak boleh kamu lewatkan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk menentukan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

Selamat membaca dan semoga liburanmu menyenangkan ya guys…!

Baca Juga: