10+ Tempat Wisata Bandung Barat (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Bandung merupakan sebuah kota sekaligus menjadi ibu kota Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Bicara tentang Bandung, siapa yang tidak kenal daerah yang kaya akan keindahan alam ini, yang bikin kota ini jadi magnet wisata utama di Pulau Jawa.

Enggak heran juga, tiap akhir pekan, ada ribuan atau bahkan puluhan ribu masyarakat dari luar yang memilih Kota Bandung sebagai destinasi liburan pendek mereka.

Ada banyak tempat wisata Bandung yang selalu menjadi favorit keluarga, khususnya kamu yang tinggal di daerah Jabodetabek. Selain karena jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, di Bandung juga ada banyak tempat wisata yang tak kalah seru.

Nah, Sejak dibukanya Jalan Tol Cipularang, beragam tempat wisata Bandung menjadi destinasi yang semakin populer bagi masyarakat Jakarta untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Hal itu tidak mengherankan, karena kota ini memiliki beragam fasilitas dan atraksi yang akan membuat setiap pelancong betah berlama-lama.

Bagaimana? Jika kamu penasaran yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya, admin bakal rekomendasikan tempat wisata Bandung yang cocok untuk kamu kunjungi.

Untuk penjelasan selengkanya berikut ini.

Tempat Wisata Bandung dengan Daya Tariknya yang Beragam

1. Bukit Gantole Bandung

Bukit Gantole Bandung
Bukit Gantole Bandung

Bandung Barat, terkenal dengan keindahan alamnya, menyimpan sebuah hidden gem yang sedang menjadi sorotan, yaitu Langit Gantole.

Destinasi wisata ini menghadirkan panorama alam yang memukau, serta lengkap dengan gemerlap cahaya dan kesejukan khas dataran tinggi Jawa Barat.

Untuk kamu yang gemar mendaki gunung dan selalu menghabiskan waktu liburan dengan melakukan aktivitas ini, maka kamu bisa menjadikan Bukit Gantole Bandung sebagai pilihan yang tepat.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan permainan paralayang, yang tentunya akan membuat waktu liburanmu semakin tidak mudah untuk kamu lupakan.

Langit Gantole, berlokasi di ketinggian Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, menjadi tempat yang sangat diminati oleh para pengunjung.

Jadi, untuk kamu yang membutuhkan rekomendasi tempat wisata Badung, Bukit Gantole adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin berlibur.

2. Gunung Batu Lembang Bandung

Gunung Batu Lembang Bandung
Gunung Batu Lembang Bandung

Lagi-lagi Bandung Barat memiliki tempat wisata gunung yang sangat indah dan membanggakan. Tidak hanya pemandangannya saja yang membanggakan, akan tetapi sejarah dari tempat ini oleh beberapa orang yang sudah pernah berkunjung ke tempat ini selalu membahasnya.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Sumba Bikin Kamu Betah, Bisa Lupa Pulang!

Gunung Batu merupakan salah satu sesar Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Gunung Batulumbang sebenarnya sangat berbeda dengan kebanyakan tempat wisata Bandung yang mungkin sering kamu dengar atau kunjungi.

Menurut warga sekitar, gunung berbatu ini merupakan hasil letusan gunung api purba di Sun Dashan.

Karena sebagian besar material yang ada di gunung ini adalah batuan, maka gunung ini dinamakan Batu Lembongan. Ketinggian Gunung Batu sendiri kurang lebih 1.335 mdpl.

Selain itu, saat kamu sampai di puncak Gunung Batu, kamu akan menemukan sebuah bangunan yang digunakan oleh Badan Geologi Jawa Barat sebagai stasiun pemantau gempa.

3. Orchid Forest

Orchid Forest
Orchid Forest

Ingin berlibur namun bingung mau kemana? Salah satu kota yang bisa kamu kunjungi ada Bandung, daerah ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau salah satunya Orchid Forest.

Orchid Forest merupakan salah satu tempat wisata alam pinus cikole dengan produk Edu Tourism, Eco Tourism dan Sport Tourism. 

Orchid Forest ini memberikan kenyamanan, dan kedamaian akan lebih mudah untuk kamu dapatkan ketika berlibur ke tempat wisata yang satu ini. Sebab, suasana yang ada pada tempat ini sangat-sangat menggambarkan ketiga kriteria tersebut.

Apalagi lokasinya sendiri pun juga cukup berjauhan dengan area pemukiman yang padat.

4. Hutan Pinus PAL 16 Bandung

Hutan Pinus PAL 16 Bandung
Hutan Pinus PAL 16 Bandung

Suasana yang segar dan udara yang sejuk bisa kamu rasakan ketika berkunjung ke tempat ini. Sesuai dengan namanya, hutan yang satu ini terdapat banyak pohon pinus yang mengelilinginya dan mampu memberikan nuansa yang menyegarkan.

Sementara itu, sebenarnya tempat wisata yang satu ini sendiri merupakan rest area, sehingga hal ini akan memberikan keunikan tersendiri terhadap tempat tersebut.

Selain itu, ada fasilitas playground untuk anak-anak di alam terbuka hutan pinus Bandung yang satu ini. Pengunjung juga bisa duduk dan menikmati bekal makan bawaan di gazebo yang tersedia.

Menariknya, ada jembatan kaca untuk spot foto, flying fox, dan zip bike yang suka menantang adrenalin. Harga tiket masuk mulai dari Rp 10.000

5. Taman Lembah Dewata Bandung

Taman Lembah Dewata
Taman Lembah Dewata

Dengan berkunjung ke tempat ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan danau yang indah, sambil duduk manis pada sebuah dermaga yang tersedia.

Ya, danau yang ada pada tempat ini memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan. Sehingga akan membuatmu betah untuk menghabiskan waktu berlama-lama saat berkunjung ke sini.

Baca Juga:   Curug Gunung Bunder: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru 2022

Taman Lembah Dewata merupakan obyek wisata dengan pemandangan alam dan permainan yang menarik untuk pengunjung.

Selain itu, kawasan tersebut memiliki danau buatan yang bernama Situ Pandawa. Danau seluas lima hektar menyajikan pemandangan alam yang memukau.

Kamu juga bisa menikmati wahana permainan dilakukan di alam terbuka yang luas, sehingga kamu diajak bermain-maian di tengah lapang dengan rerumputan hijau.

6. Sungai Cikahuripan Bandung

Sungai Cikahuripan Bandung
Sungai Cikahuripan Bandung

Tempat wisata Bandung yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keidnahan alamnya adalah Sungai Cikahuripan sebuah destinasi wisata yang terbentuk dari keajaiban alamiah di kawasan PLTA Saguling.

Dengan berkunjung ke tempat ini, kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan saja. Akan tetapi kamu juga bisa bermain air yang kejernihannya masih terjaga dengan sangat baik.

Sehingga dengan bermain air ke tempat ini, kamu bisa merasakan kesejukan tersendiri yang datang dari air dalam sungai tersebut.

Selain itu, kamu dapat menyewa pelampung yang disediakan oleh pengelola untuk menikmati sensasi mengapung di atas air yang tenang. 

Dengan begitu, saat kamu berkunjung ke tempat wisata Bandung ini, liburanmu akan merasa lebih mennyenangkan.

7. Paku Haji Cimahi

Paku Haji Cimahi
Paku Haji Cimahi

Sudah ada beberapa orang yang mengatakan bahwa ketika kamu berkunjung ke wilayah Bandung Barat tanpa berkunjung ke tempat wisata ini, maka kamu pasti akan merasa ada yang kurang.

Sebab, berbagai macam wahana menarik akan tersedia pada tempat ini dan tentunya beberapa wahana tersebut akan membuat waktu liburanmu semakin terasa menyenangkan.

Tempat wisata alam ini mempunyai pemandangan alam yang apik berupa pepohonan yang menjulang tinggi. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan aneka wahana menarik untuk dimainkan.

Tidak hanya mengunggulkan pesona alamnya, Taman Wisata Paku Haji juga mempunyai aneka wahana seru yang bisa dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa.

Maka dari itu, jika kamu ingin berlibur ke Taman Wisata Paku Haji lokasinya berada di Jl. Ghofur, Paku Haji, Ngamprah, Bandung Barat. Untuk jam bukanya mulai pukul 08.00-17.30 WIB.

8. Grafika Cikole Lembang Bandung

Grafika Cikole Lembang Bandung
Grafika Cikole Lembang Bandung

Lembang memang termasuk salah satu wilayah Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang sangat membanggakan.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika wilayah ini memiliki berbagai macam tempat wisata, dan salah satunya adalah Grafika Cikole Lembang Bandung ini.

Kamu bisa menikmati pemandangan yang menenangkan dengan secangkir kopi yang menghangatkan dari tempat ini.

Jadi, dengan adanya tempat wisata Bandung yang satu ini, kamu tidak perlu bingung lagi karena Grafika Cikole Lembang adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Bengkalis (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

9. Benteng Pasir Ipis

Benteng Pasir Ipis
Benteng Pasir Ipis

Dengan tampilannya yang sangat unik, membuat tempat wisata yang satu ini selalu berhasil untuk memikat hati para wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun asing.

Benteng Pasir Ipis merupakan salah satu destinasi wisata unik yang ada di wilayah Lembang Bandung. Tempatnya memiliki bangunan-bangunan tua bekas peninggalan kolonial Belanda yang kaya akan budaya.

Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki tempat ini adalah harga tiket masuknya yang sangat-sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000,00 saja untuk per orangnya.

Wisata ini termasuk peninggalan Belanda berbentuk benteng yang membentang hampir satu kilometer. Bangunannya dibangun antara tahun 1891 dan 1930.

10. Curug Ngebul Bandung

Curug Ngebul Bandung
Curug Ngebul Bandung

Pada masa liburan datang ke tempat wisata Bandung yang masih asri dan memiliki pemandangan yang indah merupakan salah satu pilihan yang bisa menghilangkan penat salah satunya Curug Ngebul

Curug Ngebul sendiri merupakan destinasi tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan air terjun dan juga suasana hutan yang menyejukkan.

Selain memiliki pemandangan air terjun yang sangat indah, selama perjalanan menuju kesini kamu juga akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa.

Kombinasi keduanya bisa menenangkan dan juga memberikan kesempatan otak untuk refreshing setelah sibuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau lainnya.

Tempat Wisata Bandung Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Jawa Barat, jangan lupa untuk mampir ke Bandung. kamu bisa asik berwisata daerah Bandung yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Bandung tersebut, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Bandung lainnya:

  • Kampung Cai Ranca Upas
  • Kawah Putih Ciwidey
  • Lembang Park & Zoo
  • Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda
  • Tebing Keraton
  • Rumah Guguk
  • The Great Asia Africa Lembang
  • Branchsto Ganesha Lembang
  • Dago Dream Park

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa ulasan yang bisa admin bagikan mengenai rekomendasi 10 tempat wisata Bandung yang tak boleh kamu lewatkan.

Semoga informasi ini bermanfaat sehingga kamu tidak akan kesulitan lagi mencari tempat wisata yang sesuai dengan seleramu.

Selamat membaca dan semoga liburanmu menyenangkan ya guys…!

Baca Juga: