10+ Tempat Wisata di Medan (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata — Medan merupakan salah satu kota besar di Sumatera Utara yang padat penduduk. Tidak heran, banyak tempat wisata yang menarik dan patut kamu kunjungi saat berada di Medan.

Medan sendiri sudah menjadi salah satu kawasan pulau bagian ujung barat Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri.

Unik banget lho!

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu ekplor saat sedang berada pada Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini. Mulai dari wisata sejarah hingga beberapa rekomendasi wisata alam yang sangat spektakuler.

Kira-kira, kamu wisata apa saja yang menarik? Jadi, simak 10 rekomendasi tempat wisata Medan ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Medan

Tempat Wisata di Medan
Tempat Wisata di Medan

Medan memiliki banyak tempat wisata menarik, mulai dari wisata alam sampai pada wisata tempat bersejarah.

Untuk kamu yang belum pernah menginjakan kaki pada Provinsi Sumatera Utara ini maka kamu bisa mengali berbagai referensi tempat wisata menarik.

Jangan khawatir,

Berwisata ke Medan nggak mahal kok! Kamu bisa menerapkan ‘Wisata hemat’ ala backpacker atau ala kamu sendiri.

Buat perjalanan kamu ke Kota Medan ini menjadi semenarik mungkin. Dan kamu tidak melewatkan beberapa lokasi dan momen menarik selama berada di Kota Medan ini.

Semenarik apa, sih?

Kamu bisa simak beberapa tempat yang admin rekomendasikan untuk kamu kunjungi selama berwisata ke Medan,

Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Danau Linting

Danau Linting
Danau Linting

Tempat wisata Medan pertama berada pada tengah kota, memamerkan keasrian kota Medan yang masih dikelilingi banyak pepohonan.

Danau ini memiliki penampakan air yang berwarna biru, dan sangat cocok untuk menjadi spot foto yang Instagramable.

Untuk kamu yang menyukai view danau maka Danau Linting ini menjadi salah satu lokasi yang admin rekomendasikan untuk kamu kunjungi.

Selain itu, banyak wisatawan yang menggunakan danau sebagai tempat rekreasi. Mereka duduk-duduk di sekitar danau dengan menyewa tikar seharga Rp 10.000 hingga Rp 20.000 sambil menyantap makanan yang dijajakan sekitar.

Jadi, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Medan, Danau Linting ini bisa kamu jadikan tujuan untuk menikmati wekeend mu.

…Indah dan eksotik banget lho!

2. Istana Maimun

Istana Maimun
Istana Maimun

Selanjutnya Istana Maimun yang merupakan salah satu tempat ikon kota Medan. Bangunannya mulai didirikan sejak tahun 1800an, masih pada zaman kolonial Belanda.

Dan sampai saat ini,

Wisata ini menjadi wisata favorit karena interiornya yang unik, klasik dan menyimpan banyak pelajaran.Ketika berada di Istana Maemun ini, kamu serasa sedang hidup pada zaman penjajahan Belanda lho.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Tembilahan (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Spot wisata Istana Maemun ini menjadi ‘titik wajib’ yang dikunjungi oleh setiap orang yang menginjakkan kami pada Tanah Medan ini.

Tempat wisata Medan ini merupakan istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon Kota Medan, Sumatera Utara. Istana ini terletak Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Aur, Medan Maimun. 

…Keren banget lho!

3. Danau Toba

 Danau Toba
Danau Toba

Tempat wisata yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar, Bukan? Yaitu Danau Toba, menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona dengan pemandangan Pulau Samosir area tengahnya.

Sebelum merencanakan liburan, tentunya kamu perlu menyusun jadwal agenda dan menyesuaikan segala sesuatunya, seperti transpostasi, dan lain sebagainya.

Nah, untuk kamu yang tidak memiliki transpostasi pribadi untuk mengunjungi tempat wisata Danau Toba, kamu bisa menggunakan Jasa Rental Mobil Medan, pada artikel sebelumnya.

Danau Toba yang terletak pada provinsi Sumatera Utara merupakan destinasi wisata yang memadukan antara keindahan alam serta keunikan tradisi budaya.

Saat kamu sedang berlibur ke Danau Toba ada banyal hal yang bisa kamu lakukan, mulai dari Bermain Kayak, Berkeliling dengan Kapal Feri, Mencicipi Kuliner Khas Batak dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tem[at wisata Medan kerena Danau Toba, bisa kamu jadikan tujuan untuk menikmati liburan.

4. Air Terjun Sipisopiso

Air Terjun Sipisopiso
Air Terjun Sipisopiso

Tempat wisata Medan seprti Air Terjun Sipisopiso menjadi tempat wisata yang kerap di kunjungi wisatawan saat berwisata ke Danau Toba karena letaknya yang tak jauh dari Danau Toba.

Air Terjun Sipisopiso atau Sipiso-piso adalah sebuah air terjun yang berada pada Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Keindahan alamnya yang menakjubkan membuat air terjun ini menjadi tujuan favorit bagi pecinta alam dan fotografer. Air Terjun Sipiso-piso menawarkan keindahan alam yang memukau dan mengagumkan.

Keunikan dari Air Terjun Sipisopiso memiliki ketinggian hingga 120 meter dan mengucur deras membentuk garis vertikal sempurna. 

Nah, untuk perjalanan dari Medan ke air terjun ini memakan waktu sekitar 3-4 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas dan cuaca. 

Dengan begitu, saat kamu sedang berkunjung ke Medan tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Medan karena Air Terjun Sipisopiso adalah pilihan yang tepat.

5. Bukit Holbung Samosir

Bukit Holbung Samosir
Bukit Holbung Samosir

Bicara tentang tempat wisata Medan memang tidak pernah abis tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, salah satunya Bukit Holbung Samosir yang tidak perlu kamu ragukan dengan keindahannya.

Bukit Holbung menawarkan pemandangan yang luar biasa dengan pemandangan Danau Toba dari satu sudutnya dan pemandangan barisan perbukitan di sisi lainnya.

Jadi, kamu yang ingin menikmati dua lokasi dengan pemandangan yang sama cantiknya, bukit ini bisa menjadi solusi alternatif kamu.

Memilih liburan di objek wisata bukit indah ini adalah keputusan yang tepat. Sebab, tak butuh biaya mahal untuk bisa abadikan momen liburan kamu ke tempat terindah ke wisata Samosir ini.

Baca Juga:   Curug Ciampea: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Sebagai salah satu tempat wisata Indonesia terbaik, bukit ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, mulai Berkemah, Nikmati Suasana Sejuk, Berfoto area Puncak Bukit dan lain sebagainya

Oleh karena itu, saat kamu sedang mencari tempat wisata Medan, Bukit Holbung Samosir ini bisa kamu jadikan tujuan selanjutnya.

6. Tjong A Fie Mansion

 Tjong A Fie Mansion
Tjong A Fie Mansion

Destinasi wisata ini adalah tempat wisata Medan berupa bangunan bergaya unik dengan perpaduan antara Eropa dan Chinese, yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani No.105, Kesawan, Medan, Sumatera Utara.

Bangunan museum dengan kombinasi arsitektur Cina, Eropa, dan Melayu ini memang memiliki keunikan tersendiri. Banyak pengunjung yang datang baik lokal maupun wisatawan dari luar daerah untuk menikmati arsitektur bangunan ini sembari berfoto.

Selain itu, Tjong A Fie Mansion menjadi tempat wisata Medan yang cocok untuk keluarga, terutama para pecinta sejarah dan budaya.

Sebagai bangunan cagar budaya, kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran mengenai sejarah dan budaya tiongkok di Kota Medan.

7. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan
Masjid Raya Medan

Tempat wisata Medan seperti Masjid Raya ini merupakan bangunan tua, karena peletakan batu pertamanya sendiri adalah sejak tahun 1906 silam. Masjid ini masih berdiri kokoh untuk tempat ibadah sekaligus wisata religi.

Hingga kini, Masjid Raya ini tetap jadi kebanggaan karena kemegahannya. Pada masa penjajahan tempo dulu, umat Islam, khususnya di Medan, sangat bersyukur sebab wilayah kekuasaan Kesultanan Deli tidak begitu luas.

Selain menjadi pusat ibadah kaum muslimin kota Medan, Masjid Raya ini juga menjadi obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi turis domestik maupun turis mancanegara. 

Di samping masjid yang masih berada di satu kompleks yang sama, terdapat makam keturunan Kesultanan Deli. Sehingga tidak heran jika masjid ini memiliki sebutan lain yaitu Masjid Deli.

8. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni
Graha Maria Annai Velangkanni

Sumatera Utara, khususnya Medan–tidak hanya terkenal dengan buah duriannya saja nih yang enak, ataupun keindahan alam di sana, Graha Maria Annai Velangkanni juga menajdi tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi.

Kemegahan graha yang ini sudah tersebar ke penjuru daerah. Oleh karena itu, tidak heran jika tiap akhir pekan, ada saja atau bahkan banyak para petualang yang singgah ke sini

Selain wisata religi untuk umat Muslim, Medan juga memiliki wisata religi untuk umat agama lain yang menandakan masyarakat pada kota ini penuh dengan toleransi.

Graha Maria ini sangat unik karena memiliki bangunan Chinese style.

Tjong Yong Hian Gallery
Tjong Yong Hian Gallery

Wisata berikutnya, masih pada wisata bangunan yang merupakan bangunan untuk mengenang tokoh besar dan terkaya di Medan.

Tjong Yong Hian Gallery merupakan sebuah bangunan megah di Kota Medan yang dirancang oleh Tjong A Fie, seorang pedagang sukses pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, serta salah satu tokoh paling berpengaruh di kota Medan. 

Baca Juga:   Curug Cijalu: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Saat ini, mansion tersebut telah diubah menjadi sebuah museum yang menampilkan kejayaan masa lalu Medan.

Untuk yang ingin masuk ke museum ini, kamu akan dikenakan tarif tiket sebesar Rp 35.000 untuk orang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak di bawah 12 tahun. 

Maka dari itu, untuk kamu ingin mencari tempat wisata Medan yang berbau dengan sejarah, Tjong Yong Hian Gallery ini bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi.

10.  Taman Labirin

Taman Labirin
Taman Labirin

Medan, sebagai salah satu kota terbesar pulau Sumatera Utara, Indonesia, menyimpan sejumlah destinasi wisata menarik untuk kamu kunjungi. Salah satu tempat yang patut kamu pertimbangkan untuk kamu kunjungi adalah Taman Labirin Medan.

Taman Labirin Medan merupakan salahs atu destinasi wisata yang menarik pada Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Taman ini terletak area bukit Merek, Tanah Karo, yang terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan. 

Dengan suasana yang asri dan udara pegunungan yang segar, taman ini menjadi tempat ideal untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Selain labirin, taman ini juga menawarkan berbagai wahana rekreasi dan spot foto menarik, seperti Pearl of Lake Toba, Twin Waterfall, Kebun Binatang Mini, dan One Tree Hill.

Kamu dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil bermain dan bersantai berbagai area yang telah sedia.

Tempat Wisata Medan Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Sumatera Utara, jangan lupa untuk mampir ke Medan. kamu bisa asik berwisata ke Medan yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata tersebut memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Medan tersebut, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Menda lainnya:

  • Ucok Durian
  • Toko Pusat Bolu Meranti
  • Maha Vihara Maitreya Cemara Asri
  • The Le Hu Garden
  • Rahmat Zoo and Park
  • Kampung Keling
  • Hillpark Sibolangit

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai 10 rekomendasi tempat wisata di Medan. Jangan lupa untuk menjaga barang bawaan anda, dan semoga perjalanan wisata anda menyenangkan.

Mengunjungi Kota Medan ini menjadi hal yang sangat terkesan dan tak terlupakan lho! Berbagai hal menarik yang ada dearah Medan ini tidak akan kamu temukan saat berada pada kota lain.

Memang, Medan Khas banget!

Semoga, trip kamu ke Kota Medan menjadi hal yang tak terlupakan. Have Nice Trip!

Baca Juga Informasi Lainnya: