10+ Oleh Oleh Khas Kota Banda Aceh, Ada Kupiah Meukeutop Lho!

Wisatalombok. co.id, Oleh oleh Khas Kota Banda Aceh — Dear Traveller, pasti anda sudah mengetahui bahwa Aceh merupakan salah satu provinsi yang kaya akan seni dan budayanya yang unik serta memiliki beragam makanan lezat yang siap memanjakan lidah Anda.

Provinsi Aceh ini memiliki beberapa kabupaten dan kota yang memiliki potensi wisata alam dan kuliner yang sangat menarik.

Termasuk Kota Banda Aceh ini sendiri ~

Kota Banda Aceh terletak di ujung barat Pulau Sumatra, Banda Aceh terkenal dengan sejarahnya yang kaya dan kebudayaan yang unik.

Ada ragam wisata yang bisa anda jelajahi selama berada di Kota Banda Aceh ini, mulai dari menilik kemegahan Masjid Raya Baiturrahman yang merupakan landmark yang ikonik dan simbol keagamaan Aceh. Masjid ini memiliki arsitektur yang megah dan indah.

Jika anda travelling ke Banda Aceh, tak ‘sah’ jika tidak mengabadikan moment saat berada di kawasan Masjid Baiturrahman ini.

Selain itu,

Juga ada Museum Tsunami! Kalian masih ingatkan dengan tragedi Tsunami yang pernah melanda kawasan ujung barat Indonesia ini. Dan hal tersebut diabadikan dalam sebuah bangunan Museum Tsunami Aceh.

Terlepas dari berbagai hal menarik tersebut,

Anda juga tidak boleh melewatkan untuk mencicipi beberapa oleh-oleh khas Banda Aceh ini. Oleh-oleh khas Banda Aceh merupakan cerminan dari kelezatan kuliner Aceh serta warisan budaya yang memikat.

Nah, dalam artikel kali ini admin akan memberikan beberapa referensi oleh oleh khas Banda Aceh yang bisa kalian coba dan dibawah pulang sebagai ‘buah tangan’, simak selengkapnya berikut ini:

Klepon Khas Aceh

Klepon Khas Aceh
Klepon Khas Aceh

Terdapat banyak sekali kuliner khas Aceh, salah satunya Klepon khas Aceh ini. Memiliki rasa yang sangat enak dan khas banget, Klepon khas Aceh ini sangat di gemari oleh berbagai wisatawan yang datang ke daerah Aceh.

Untuk anda ketahui,

Klepon khas Aceh merupakan oleh-oleh yang sangat terkenal dan menjadi ikon khas Aceh. Klepon Aceh berbeda dengan klepon lainnya, biasanya menggunakan tepung ketan sebagai bahan utama.

Mungkin saja anda bisa menemukan Kue Klepon di beberapa daerah lain di Indonesia, namun untuk Klepon khas Aceh ini memiliki rasa dan proses penyajian yang sedikit berbeda.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Dairi (Sidikalang), Mudah Kok Dapatnya!

Untuk Klepon khas Aceh menggunakan pulut hitam yang dirasa lebih lezat dan khas. Tambahan gula merah di dalamnya membuatnya lebih manis.

Klepon khas Aceh bisa menjadi oleh-oleh yang pas untuk orang yang suka camilan tradisional Aceh.

Kerupuk Udang

Kerupuk Udang
Kerupuk Udang

Kerupuk udang bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang paling populer di Kota Banda Aceh dan anda bisa mendapatkan Krupuk Udang ini dengan sangat mudah.

Kawasan dengan penghasil udah memang melakukan produksi krupuk dengan bahan dasar udang itu sendiri, dan ini terkenal sangat gurih dan enak.

Termasuk di daerah Banda Aceh,

Kerupuk udang khas Aceh terkenal memiliki rasa yang gurih dan empuk. Bahan utamanya adalah udang pilihan yang dicampur dengan beberapa bumbu rempah dan digoreng hingga kering.

Kerupuk udang Aceh dapat menjadi oleh-oleh yang tepat untuk keluarga dan teman-teman Anda. Nah, ada dapat membeli krupuk udah Aceh dalam kemasan yang belum di goreng.

Dan sesampai di rumah, tinggal digoreng aja kok!

Roti Cane Khas Aceh

Roti Cane Khas Aceh
Roti Cane Khas Aceh

Tidak semua daerah di Indonesia mengenal Roti Cane. Untuk Roti Cane ini biasanya berkembang di kawasan yang masyarakatnya datang dari suku melayu.

Di Banda Aceh, Roti Cane menjadi sangat popular banget.

Roti Cane khas Aceh menjadi salah satu kuliner tradisional Aceh yang terkenal dengan teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam, sangat enak.

Roti cane Aceh biasanya dijadikan sebagai sarapan atau camilan dan bisa dinikmati dengan berbagai jenis saus kacang atau makanan lainnya. Roti cane Aceh cocok menjadi oleh-oleh yang berkesan untuk orang terdekat Anda.

Coba dech, ini bakal bikin nagih lho ~

Kopi Gayo

Kopi Gayo
Kopi Gayo

SIapa yang tidak kenal dengan Kopi Gayo? Kopi Gayo menjadi salah satu kopi terbaik di Indonesia dan sudah sangat populer di kalangan pecinta kopi.

Kopi ini diproduksi di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Dengan cara dan proses pengolahan yang masih tradisional membuat Kopi Gayo ini memiliki cita rasa yang sangat khas sekali.

Kopi Gayo memiliki aroma yang khas dan rasa yang kuat. Kopi Gayo bisa menjadi oleh-oleh yang cocok bagi pencinta kopi dan siap memanjakan lidah Anda.

Saat ini,

Ada banyak dari cafe-cafe di Indonesia yang memesan khusus Kopi Gayo ini dari Aceh. Hal tersebut tak lepas dari kenikmatan Kopi Gayo yang memang sudah terkenal di seluruh penjuru tanah air.

Jika sedang berada di Banda Aceh, anda wajib mencoba Kopi Gayo Khas Banda Aceh ini!

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Aceh Singkil, Ada Banyak Pilihan lho!

Bika Khas Aceh

Bika Khas Aceh
Bika Khas Aceh

Bika khas Aceh merupakan salah satu kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan hitam, gula, santan, dan bahan-bahan lainnya.

Bika Khas Aceh ini sangat populer lho ~

Jenis Kue Khas Aceh yang satu memiliki tekstur yang mirip dengan brownies tetapi memiliki rasa yang khas dan lezat, untuk anda yang belum pernah mencoba maka admin sarankan untuk segera mencobanya ketika sedang travelling di Banda Aceh.

Bika yang dijual di Aceh mempunyai berbagai macam varian rasa, seperti kacang hijau, durian, pandan, dan lain-lain.

Bika khas Aceh bisa menjadi oleh-oleh yang cocok untuk teman dan saudara Anda ~

Madu Aceh

Madu Aceh
Madu Aceh

Madu Aceh terkenal memiliki rasa yang manis dan khas. Sebagian besar orang-orang sudah sangat paham akan khasiat madu bagi kesehatan mereka. Mengkonsumsi madu sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan.

Di Banda Aceh, Madu Aceh juga bisa anda dapatkan dengan mudah. Madu Aceh ini dihasilkan oleh lebah dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Berasal dari lebah alam liar membuat madu Aceh dipercaya mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Madu Aceh bisa menjadi oleh-oleh yang pas untuk keluarga Anda.

Untuk perjalanan jauh, anda harus melakukan packing yang bagus agar tidak tumpah saat dalam perjalanan. Mintalah pelayan tempat anda membeli madu Aceh tersebut membungkus dengan kuat dan rapi.

Bagi Bagi

Bagi Bagi
Bagi Bagi

Bagi bagi juga merupakan salah satu kuliner/ camilan khas Aceh yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan gula merah.

Bagi-bagi ini terlihat mirip seperti lumpia dan memiliki tekstur yang renyah. Terlihat aneh sih, tapi kuliner kue yang satu ini memiliki rasa yang cukup manis dan enak.

Sebelum beranjak dari Banda Aceh, anda wajib mencoba kue yang satu ini. Tak banyak tempat anda bisa menemui kue sejenis ini.

Untuk itu jangan lupa dicicipi dan bagi-bagi khas Aceh bisa menjadi oleh-oleh yang pas untuk keluarga dan teman-teman Anda.

Dodol Aceh

Dodol Aceh
Dodol Aceh

Dodol Aceh merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari kelapa, gula merah, tepung ketan, dan beras ketan. Dodol sudah menjadi salah satu makanan/ kuliner khas Nusantara.

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki kuliner jenis ini. Hanya saja, akan ada banyak varian yang anda bisa temukan.

Dodol Aceh memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Dodol Aceh bisa menjadi oleh-oleh yang pas untuk keluarga Anda.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Agam, Kelezatan Kuliner dari Ranah Minang!

Dodol Aceh bisa anda bawa untuk menempuh perjalanan jauh, ini nggak akan basi kok! Anda bisa mendapatkannya di beberapa toko oleh oleh khas Banda Aceh.

Keripik Pala

Keripik Pala
Keripik Pala

Keripik pala menjadi camilan yang sangat populer di Kota Banda Aceh, masyarakat Aceh sangat ahli dalam mengolah keripik pala ini.

Keripik pala khas Aceh terbuat dari bahan utama pala yang dipotong tipis dan digoreng kering.

Rasanya yang gurih dan renyah membuat keripik Pala sebagai salah satu oleh-oleh yang paling dicari oleh wisatawan.

Keripik pala bisa menjadi oleh-oleh yang tepat untuk saudara atau teman Anda. Untuk membeli Keripik Pala ini, anda bisa mendatangi beberapa toko oleh oleh khas Banda Aceh, ada banyak kok!

Sirup Markisa

Sirup Markisa
Sirup Markisa

Sirup Markisa menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat terkenal di Kota Banda Aceh. Untuk anda yang sudah bersantai sambil minum sirup, maka admin rekomendasikan untuk mencoba sirup markisa khas Banda Aceh ini.

Sirup markisa terbuat dari buah markisa segar yang diproses dengan gula dan air.

Sirup ini memiliki rasa yang manis asam dan sangat menyegarkan. Sirup markisa khas Aceh bisa menjadi oleh-oleh yang cocok bagi teman dan saudara Anda.

Oleh Oleh Khas Banda Aceh Lainnya

Selain beberapa jenis oleh oleh khas Banda Aceh yang sudah admin jelaskan diatas, masih ada banyak jenis lainnya yang bisa anda beli dan bawa pulang.

Berikut ini beberapa rekomendasi oleh oleh khas Banda aceh lainnya:

  1. Kue Bhoi
  2. Keukarah
  3. Dendeng Aceh
  4. Songket Aceh
  5. Kupiah Meukeutop
  6. Ikan Kayu

Itulah beberapa oleh-oleh khas Kota Banda Aceh yang harus dibeli saat berkunjung ke Bumi Serambi Mekah.

Sangat tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Banda Aceh tanpa membawa oleh-oleh khas Aceh yang lezat dan menggiurkan ini bagi keluarga dan teman-teman Anda.

Happy Shopping!

Baca juga informasi lainnya :