10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Aceh Utara (Lhoksukon), Bisa Bikin Ngiler Lho!

Wisatalombok.co.id, Oleh oleh Khas Kabupaten Aceh Utara — Provinsi Aceh terdiri dari beberapa Kabupaten dan Kota yang mempunyai view yang sangat indah, yang mampu dijadikan tempat wisata dengan kenikmatan berbagai kuliner yang tiada duanya.

Termasuk Kabupaten Aceh Utara ini,

Aceh Utara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang dikenal dengan keindahan alamnya juga menjadi tempat wisata kuliner yang tak boleh dilewatkan.

Jika Anda berencana ingin berkunjung di kawasan ini, jangan lewatkan tempat tempat wisata yang ada serta mencicipi kulinernya.

Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi selama di Kabupaten Aceh Utara seperti Air Terjun Bidadari, Rumah Adat Cut Nyak Meutia, Pantai Sawang, Waduk Pusong, Buket Guha Jepang, atau wisata Gunung Salak dan masih banyak pilihan lainnya.

Jika Anda sampai ke tempat tersebut jangan lupa mengabadikan moment bersama setiap tempat wisata yang bisa Anda abadikan di sosial media Anda tentunya!

Oh iyaa, tidak hanya mengabadikan moment spot wisatanyan saja, Anda juga perlu mencicipi makanan khas dari Kabupaten Aceh Utara ini yang tidak kalah nikmatnya dari pemandangan yang ada.

Nah, berikut ini admin akan memberikan beberapa pilihan oleh oleh khas daerah Kabupaten Aceh Utara yang bisa Anda bawa pulang, simak selengkapnya:

Kue Ku

Kue Ku
Kue Ku

Kue Ku merpukan salah satu jenis kue tradisional yang berwarna merah dan berbentuk oval seperti cangkang kura-kura. Tampilan yang sangat menarik ini pasti akan membuat Anda tertarik untuk mencobanya.

Jika sedang bingung, kue ku bisa menjadi alternatif oleh oleh khas Aceh Utara!

Kuliner kue yang satu ini memiliki rasa yang nikmat dan terbuat dari tepung ketan yang dicampur santan dan gula, setelah itu di kukus dan ditaburkan kelapa parut.

Udah pernah nyoba belum?

Mungkin saja Anda pernah merasakan kue ku di daerah lain, namun kue ku Khas Aceh Utara ini berbeda karena rasanya manis dan gurih dari kue ini menjadi ciri khas dari budaya Aceh Utara.

Untuk Anda yang ingin membawa pulang Kue ini biasanya dijual di pasar tradisional, dan mudah ditemukan di Kabupaten Aceh Utara.

Keripik Pisang

Kripik Pisang
Keripik Pisang

Mendengar kata keripik pisang mungkin sudah tidak asing lagi, bukan? Di sekitar tempat Anda tinggal juga dengan mudah bisa Anda temukan jajanan keripik pisang ini.

Keripik pisang ini wajib anda coba lho!!

Keripik pisang asli Aceh Utara berbeda dengan keripik pisang pada umumnya. Keripik pisang ini memiliki ciri khas tersendiri dengan rasa manis dan pedas.

Rasanya begitu nikmat dan tentunya menjadi oleh oleh khas yang pas untuk dibeli bagi kerabat di rumah.

Inilah alasan mengapa Anda wajib mencicipi rasa dari Keripik pisang ini dan wajib dijadikan oleh oleh untuk perjalanan Anda.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kota Pematangsiantar, Ada Baju Bolak Balik Lho!

Kopi Gayo

Kopi Gayo
Kopi Gayo

Pecinta kopi pasti sudah kenal dengan cita rasa khas dari Kopi Gayo, bukan? Aceh adalah penghasil kopi terbaik di Indonesia, salah satunya Kopi Gayo.

Kopi gayo ini sudah cukup populer di kalangan para pecinta kopi tanah air, jenis ini merupakan varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah, Indonesia

Kopi ini memiliki cita rasa khas, dan banyak pengunjung datang ke Aceh Utara untuk mencoba kopinya. Bukan hanya dari cita rasanya saja, namun Kopi Gayo ini juga memiliki aroma kopi yang khas nikmatnya.

Jika kamu mencari oleh oleh khas yang cenderung ke arah minuman, Kopi Gayo bisa menjadi pilihanmu.

Sale Pisang

Sale Pisang
Sale Pisang

…Berikutnya ada Sale Pisang!

Sale pisang ini sangat special dan berasal dari bahasa Aceh yang artinya salam pisang. Jenis kuliner khas Aceh Utara ini banyak diminati pendatang yang berkunjung.

Tahan lama serta rasanya yang gurih menjadi alasan untuk menemani Anda yang sedang menikmati perjalananya.

Selain itu makanan ini sudah cukup sangat di kenal di khalayak umum, jadi dengan mudah di dapatkan serta bentuk nya yang praktis dan harganya ekonomis menjadi pelaris setiap orang.

Sale pisang yang tentunya berbahan dasar pisang, banyak di cari setiap peminatnya. Untuk pecinta pisang, makanan ini sangat cocok untuk Anda nimati.

Sale pisang yang berasal dari Aceh Utara ini berbeda dengan sale pisang yang ada di daerah lainnya. Makanan ini terbuat dari pisang yang dilumuri gula pasir, setelah itu dijemur.

Bentuknya yang kering menunjukan makanan yang bisa di makan dalam waktu lama.

Rasanya tidak perlu diragukan lagi, rasa manis dan asin, membuat siapa saja yang mencicipinya terkesan, dan membuat ketagihan. sale pisang ini bisa dijadikan oleh oleh yang pas untuk dibawa pulang.

Untuk mendapatkannya tidak sulit kok!

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di setiap toko oleh oleh atau pasar tradisonal yang ada di Aceh Utara. Untuk sale pisangnya wajib di coba lho!

Durian Montong

Durian Montong
Durian Montong

Rugi sekali bagi Anda yang tidak menyukai durian?

Durian adalah buah termahal dan terlangka di kalangan dunia. Buah durian ini sendiri banyak macam jenisnya dan tentunya memiliki perbedaan rasa serta ukuran setiap jenisnya.

Salah satunya Durian Montong!

Durian montong merupakan oleh oleh yang sangat terkenal di Aceh Utara. Durian ini bernama montong karena durian ini lumayan kecil jika dibandingkan dengan durian yang lainnya. Namun ukurannya yang kecil, tidak merusak cita rasa durian montong.

Buah durian ini banyak sekali peminatnya, apalagi durian jenis montong yang memang banyak memiliki keunggulan dari durian lainnya.

Selain memiliki rasa yang lezat, bau khas menyengat dari durian, buahnya yang begitu besar dengan isi yang sangat tebal serta biji yang kecil menjadi satu kesatuan kelezatan yang di lengkapi dengan rasa manisnya menjadikan durian montong sebagai oleh oleh dari perjalanan Aceh Utara.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Dairi (Sidikalang), Mudah Kok Dapatnya!

Naah, daripada Anda penasaran pastikan Anda mencicipinya!

Durian ini bisa Anda temukan di warung atau pasar durian yang berada di Aceh Utara. Harganya terbilang cukup lebih mahal dari harga durian lokal.

Namun Anda tidak akan rugi merogohkan uang saku Anda untuk kelezatan yang akan anda rasakan.

Sambal Aceh

Sambal Aceh
Sambal Aceh

Makan tanpa ada sensasi pedas pasti terasa ada yang kurang! Selanjutnya ada Sambal Aceh. Sambal Aceh ini berbeda dari sambal daerah lain pada umumnya, kenapa?

Iyaa, tentunya berbeda !

Sambal ini terbuat dari bahan bahan alami yang perpaduan setiap rasanya sangat menyatu. Adapun bahan dari sambal ini ada Belimbing Wuluh, Cabe Merah, Bawang Merah, Serai, Daun Jeruk, dan udang serta bahan lainnya sesuai selera.

Di ulek dengan cara yang sederhana dan masih tradisional menambah cita rasa dan budaya khas Aceh Utara. Rasanya sangat pedas dan nikmat.

Sambal Aceh ini bisa kamu konsumsi bersama dengan nasi atau bahkan sebagai bahan utama untuk membuat masakan khas Aceh.

Anda bisa temukan Sambal Aceh ini dimana saja karena cara buat dan resepnya yang begitu banyak tersedia di rumah makan Aceh atau bisa di oleh sendiri di rumah.

Madu Hutan

Madu Hutan
Madu Hutan

Masyarakat Aceh Utara merupakan masyarakat yang cukup terkenal dengan penghasil madu hutan. Madu ini dihasilkan oleh lebah hutan yang menghisap nektar dari bunga.

Madu ini sangat nikmat dan berkhasiat, dan bisa dijadikan oleh oleh yang cocok sebagai hadiah untuk kerabat di rumah.

Madu hitam kaya akan manfaatnya terhadap kesehatan seperti untuk kesehatan kulit dan rambut, sumber nutrisi dan stamina, menjaga kesehatan pencernaan,  serta pemanis alami yang bebas resiko dan masih banyak lainnya.

Kandungan yang terdapat di Madu hutan seperti antibakteri, antioksidan, antiinflamasi dan nutrisi yang tinggi karena berasal dari bahan alami. Maka tidak salah lagi jika Madu Hutan kaya akan manfaatnya.

Apakah Anda pernah merasakan Madu Hutan?

Madu hutan memiliki warna hitam pekat dan cenderung lebih encer, karena kandungan airnya yang sangat tinggi dibandingkan madu ternak dan untuk cita rasanya lebih cukup manis.

Madu hutan ini boleh dijadikan oleh oleh saat Anda berkunjung ke Aceh Utara karena kaya akan manfaatnya serta mudah ditemukan di pasar tradisionalnya.

Lempuk Durian

Lempuk Durian
Lempuk Durian

Siapa yang tidak suka dengan Lempuk Durian yang sangat legit ini? Banyak pecinta durian menikmati makanan olahan dari durian. Lempuk adalah panganan sejenis dodol yang berbahan durian.

Lempuk durian merupakan oleh oleh khas Aceh Utara yang terbuat dari durian dengan campuran kelapa parut, gula pasir, dan sedikit garam. Rasanya yang manis dengan sedikit rasa gurih dari kelapa parut dan garam, membuat lempuk durian ini cocok bagi mereka yang menyukai durian.

Makanan ini merupakan makanan khas daerah, bahkan mudah juga ditemukan di daerah lainya.

Namun yang membedakan nya yaitu cita rasanya yang unik dan lezat dengan bentuk seperti dodol yang lebih sedikit keras berwarna hitam kelat serta dikemas dengan bahan alami pula yaitu dari pelepah pinang yang semakin menambah kenikmatan cita rasanya.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Nias Selatan (Nisel) yang Wajib Dibawa Pulang

Makanan ini cocok untuk pecinta durian ~

Bagi Anda yang menyukai durian makanan ini sangat di sarankan untuk dijadikan oleh oleh dari perjalanan anda dan mudah di temukan di pasar tradisonal serta toko oleh oleh yang ada di Aceh Utara.

Pia Rencong

Pia Rencong
Pia Rencong

Pia rencong merupakan oleh oleh khas Aceh Utara yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau atau coklat.

Pia rencong ini memiliki bentuk yang unik, melingkar seperti senjata tradisional Aceh yang bernama rencong. Rasanya manis dan gurih, cocok bagi kamu yang suka dengan cemilan.

Pia rencong ini bersifat kering dan tahan lama sehingga cocok untuk menemani anda yang sedang dalam perjalanan jauh alias cocok dijadikan oleh oleh saat pulang dari perjalanan.

Dodol Durian

Dodol Durian
Dodol Durian

Nah, kalau yang sebelumnya ada lempuk durian berikut ini ada dodol durian. Makanan yang sama sama berbahan durian.

Tekstur dan bentuknya hampir sama namun, dodol ini lebih manis serta gurih.

Dodol durian ini terbuat dari durian, dan sangat banyak ditemukan di Kabupaten Aceh Utara. Rasanya yang manis dengan aroma durian yang khas, membuat dodol durian ini cocok bagi kamu yang menyukai manisan.

Oleh oleh Khas Aceh Utara Lainnya

Aceh Utara mempunyai cukup banyak oleh oleh khas daerahnya yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenang kenangan perjalananmu.

Maka tidak heran bagi Anda pecinta kuliner berburu makanan khas daerah untuk dijadikan oleh oleh bagi kerabat rumah Anda.

Banyak pilihan yang bisa Anda bawa pulang!

Kue Ku, Kripik Pisang, Kopi Gayo, Sale Pisang, Durian Montong, Sambal Aceh, Madu Hutan, Lempuk Durian, Pia Rencong, dan Dodol Durian adalah beberapa oleh oleh khas yang pas untuk dibeli.

Selain yang Admin sebutkan di atas masih banyak oleh oleh lainnya yang bisa Anda bawa pulang selain dari 10 macam makanan di atas, seperti :

  1. Kain songket Aceh
  2. Kupiah Meukeutop
  3. Kupiah Riman
  4. Socolatte
  5. Ikan kayu
  6. Kue Bhoi
  7. Keukarah
  8. Tas Motif Aceh
  9. Sie Reuboh
  10. Martabak Durian

Selain itu ada juga beberapa semboyan lainnya yang mempunyai pengaruh besar terhadap wisata Aceh, seperti Baiturrahman, Pasir Putih, dan lain sebagainya.

Semua oleh oleh tersebut bisa kamu beli di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

Baca juga Informasi lainnya :