10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Pasaman, Bikin Kangen Pengen Travelling Lagi!

Wisatalombok.co.id, Oleh oleh Khas Kabupaten Pasaman — Dear traveller, apakah anda sedang bingung ketika ingin mencari oleh oleh di Pasaman? Sebagai informasi, ada banyak jenis yang bisa anda dapatkan mulai dari kuliner hingga hasil kerajinan seni masyarakat Pasaman ini.

Ketika ada travelling atau liburan di suatu daerah, maka kurang rasanya jika tidak membeli barang-barang ‘buah tangan’ yang khas dari daerah tersebut.

Termasuk berkunjung di Kabupaten Pasaman ini ~

Sebagai informasi untuk anda, Kabupaten Pasaman merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat

Pasaman menjadi salah satu tempat yang kaya akan keindahan alam dan warisan budaya.

Ada banyak yang ada bisa dapatkan di kawasan ini. Mulai dari pesona keindahan alam hingga berbagai kuliner yang unik dan lezat hingga kerajinan seni oleh masyarakat yang ada di sana.

Dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik, kabupaten ini juga terkenal dengan oleh-oleh khasnya.

Ketika mengunjungi Pasaman, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas yang menggambarkan keunikan daerah ini.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa oleh-oleh khas Kabupaten Pasaman yang patut dijajakan dan dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Kue Kaik

Kue Kaik
Kue Kaik

Hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia memiliki makanan (kue) khas dari daerah tersebut, termasuk Kabupaten Pasaman ini. Ada berbagai jenis Kue Khas pasaman, salah satunya Kue Kaik ini.

For your information:

Kabupaten Pasaman ini merjadi salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang terkenal dengan kue tradisionalnya yang lezat dan enak. Jadi, tak salah jika anda membeli beberapa jenis kue khas Pasaman ini.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Deli Serdang, Ada Bika Ambon Lho!

Nah, untuk jenis Kue Kaik terbuat dari tepung beras dan gula merah.

Kue ini memiliki cita rasa yang manis dan lezat, serta tekstur yang kenyal dan empuk. Kue Kaik dapat menjadi oleh-oleh khas dari Kabupaten Pasaman yang cocok dibawa pulang untuk disajikan kepada keluarga dan teman.

Cita rasanya bikin nagih lho ~

Latok

Latok
Latok

Nah, jajanan unik yang satu ini bernama Latok. Apakah anda pernah mencicipi jenis kue khas Pasaman yang satu ini?

Namanya terdengar sedikit unik!

Siapa sangka kue yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat enak. Latok sendiri merupakan salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Pasaman yang terbuat dari ketan dan kelapa parut yang dicampur dengan gula kelapa dan garam secukupnya.

Memiliki rasa yang manis dan sedap, serta teksturnya yang kenyal dan lembut membuat sebagian besar masyarakat Pasaman menyukai makanan yang satu ini.

Latok dapat diolah dalam berbagai bentuk dan jenis, seperti dalam bentuk bulat, panjang, atau bahkan dalam bentuk kue.

Hanya saja, jenis kue yang satu ini bisa menjadi santapan saat anda sedang bersantai atau dalam perjalanan pulang menuju rumah.

Lempuk Durian

Lempuk Durian
Lempuk Durian

Lempuk Durian, setiap daerah yang mempunyai perkebunan durian pasti sudah tidak asing dengan Lempuk Durian.

Olahan kue kering dengan bahan dasar buah durian ~

Seperti yang kita ketahui bahwa buah durian merupakan buah yang sangat terkenal di Indonesia, dan Kabupaten Pasaman memiliki keunggulan dalam hal pengolahan durian menjadi oleh-oleh khas yang enak dan lezat.

Jadi, salah satu oleh-oleh khas dari Kabupaten Pasaman adalah Lempuk Durian yang mereka olah dari buah durian hasil perkebunan yang ada di sekitar Kabupaten Pasaman.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Tapanuli Utara (Tarutung) yang Wajib Dicoba

Lempuk durian terbuat dari daging durian yang dicampur dengan gula dan garam secukupnya, kemudian diolah hingga menghasilkan tekstur yang lembut dan kenyal.

Tak banyak daerah di Indonesia yang mengenal ‘Lempuk Durian’ ini.

Lempuk durian sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas karena bisa bertahan dalam waktu yang lama dan dapat dinikmati oleh semua orang.

Oh ya,

Anda tidak kesulitan kok untuk mendapatkan Lempuk Durian di Pasaman, tinggal pergi ke toko oleh oleh yang ada di kawasan Pasaman.

Jika masih bingung, bisa tanya masyakat sekitar kok!

Sate Mak Syukur

Sate Mak Syukur
Sate Mak Syukur

Kuliner Sate Mak Syukur merupakan salah satu salah satu jenis sate yang terkenal dari Kabupaten Pasaman. Sate ini terbuat dari daging ayam atau kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk pada tusuk sate.

…Bagaimana proses pengolahannya?

Sangat sederhana kok! Sate ini dibakar seperti membuat sate pada umumnya. Pengolahan menggunakan arang hingga matang dan diberi bumbu kacang sebagai pelengkap. Sate Mak Syukur memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, serta tekstur yang empuk dan juicy.

Kalian penasaran nggak sih bagaimana enaknya Sate Mak Syukur ini? Enak Sekali lho ~

Hanya saja, untuk anda yang melakukan perjalanan jauh hanya bisa dijadikan sebagai makanan saat perjalanan pulang.

Untuk makanan atau kuliner jenis ini akan mudah untuk basi!

Tapai

Tapai
Tapai

Hampir semua daerah di Indonesia mengenal kuliner Tapai. Hanya saja, masing-masing daerah memiliki tata cara dan resep yang bervariasi sehingga menciptakan cita rasa yang berbeda pula.

Namun, pada proses umumnya sama-sama hasil fermentasi ~

Kabupaten Pasaman memiliki kelebihan dalam hal pengolahan tapai menjadi oleh-oleh khas yang enak dan lezat.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Tapanuli Selatan (Sipirok) yang Harus Kamu Coba

Tapai terkenal dengan cita rasanya yang manis dan sedap, serta memiliki kandungan alkohol yang membuat daya tariknya semakin tinggi.

Tapai dapat dijadikan oleh-oleh khas yang cocok untuk disajikan pada keluarga dan teman saat berkumpul di rumah.

Tapai ini sangat special lho, anda bisa mendapatkan kuliner jenis ini dengan sangat mudah saat sedang berada di Kabupaten Pasaman.

Oleh Oleh Khas Pasaman Lainnya

Oh ya, tidak hanya oleh oleh dengan katagori kuliner yang bisa anda beli saat sedang melakukan travelling ke daerah Pasaman, Sumatera Barat ini.

Masih banyak jenis oleh oleh dari Pasaman yang bisa anda beli dan di bawa pulang untuk dijadikan ‘buah tangan’.

Berikut beberapa oleh oleh Khas Pasaman lainnya:

  1. Camilan Jagung
  2. Bakso kelapa
  3. Sala lauak makanan khas lubuk sikaping
  4. Kue pare
  5. Kerajinan Khas Pasaman
  6. kipang pulut bonjol
  7. Ikan bakar lubuk sikaping
  8. Gulai Langkitang Lado Kutu
  9. Lele Asap
  10. Panggang Pacak
  11. Gulai Sabo.

Semua jenis oleh-oleh khas Pasaman yang sudah admin ulas ini diproduksi dengan cara yang terbaik oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Pasaman.

Jadi,

Anda tidak perlu risau, ini terjamin higines dan halal kok! Ini akan menjadikan pengalaman yang tak terlupakan dan kepulangan dengan membawa oleh-oleh khas Pasaman akan menjadi sesuatu yang tidak kalah spesial.

Baca juga informasi lainnya :