10+ Tempat Wisata di Pekanbaru (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata Pekanbaru — Pekanbaru merupakan salah satu ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia.

Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di pulau Sumatra dan termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi. 

Refreshing sudah menjadi kebutuhan rohani yang harus dipenuhi. Tak hanya laptop atau komputermu saja yang perlu direfresh tapi otak juga perlu.

Jika kamu merasa bingung weekend akan pergi kemana, Pekanbaru ini bisa lho kamu kunjungi, karena ada banyak tempat wisata yang bisa kamu nikmati keindahan alamnya.

Apalagi jika berniat menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat tempat-tempat ini akan sangat cocok untuk kamu kunjungi.

Namun, sebelum admin lanjut, kamu sudah tahu belum tempat wisata Pekanbaru? jika kamu belum kamu tidak perlu khawatir.

Karena pada artikel kali ini admin akan merekomendasikan beberapa tempat wisata Pekanbaru yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati waktu wekeend mu.

Yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya!

Rekomendasi 10 tempat wisata di Pekanbaru yang lagi hits

1. Taman Wisata Alam Mayang

Taman Wisata Alam Mayang

Masi bingung untuk mencari tempat wisata Pekanbaru? jika iya, Taman Wisata Alam Mayang ini bisa kamu jadikan pilihan untuk kamu yang sedang mencari tempat untuk menghabiskan wekend mu.

Taman wisata ini terletak di Jalan H. Imam Munandar, Tengkerang, Tenayan Raya, Pekanbaru. Dengan jam operasi pukul 07.00 sampai 18.00 WIB setiap hari, kamu akan menikmati kesejukan taman lengkap dengan wahana-wahana yang disediakan.

Selain itu, dengan keindahan alamnya yang memukau, Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru telah menjadi salah satu primadona wisata alam di Riau dan Indonesia.

Makanya, tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai penjuru datang kesini untuk menikmati keindahan alam.

Alam Mayang Pekanbaru menawarkan daya tarik alam yang begitu memesona. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang asri dan segar.

Dengan begitu, untuk kamu yang sedang mencari temat wisata yang menyajikan keindahan alam yang masi asri Taman Wisata Alam Mayang adalah pilihan paling tepat.

2. Desa Wisata Okura

 Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura merupakan salah satu tempat wisata Pekanbaru yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berlibur baik bersama keluarga ataupun pasangan.

Sekilas, Desa Okura seperti sebuah penamaan tempat di Jepang. Namun faktanya, desa ini terletak di Riau dan memiliki banyak potensi pariwisata yang sedang berkembang.

Baca Juga:   10+Tempat Wisata di Aceh (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Selain itu, Desa Wisata Okura menawarkan atraksi alam seperti susur Sungai Ukai, Berkuda dan Memanah yang menjadi daya tarik wisata halal.

Desa dengan pemandangan hijau nan asri ini berlokasi di Jalan Raja panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Rumbai pesisir. Buka selama 24 jam, desa ini akan memanjakan mata dengan keindahan alam aliran sungai dan pepohonan rindang yang menyejukkan mata.

Pada musim-musim tertentu, Desa Wisata Okura menjadi lebih ramai dari biasanya. Sebab, di bibir sungai Siak Pekanbaru terdapat hamparan taman bunga yang mekar menawan.

Maka dari itu, saat kamu berlibur ke Pekanbaru, Desa Wisata Okura ini bisa lho jadipilihan untuk kamu menikmati pemandangan yang masi asri.

3. Labersa Riau Fantasi

Riau Fantasi

Mungkin kamu tak asing lagi dengan tempat rekreasi terbesar di Sumatera ini. Pasalnya, taman ini memiliki luas hingga 6,5 hektar, loh. Dengan berbagai wahana baik darat maupun air taman ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Labersa merupakan wisata taman air yang cukup terkenal di kota pekanbaru. Pasalnya waterpark ini memiliki wahana yang cukup lengkap dan tempatnya bersih serta menjadi wisata taman air terbesar di sumatra.

Selian itu, fasilitas di objek wisata tersebut yang dapat kamu nikmati, yakni wahana bermain berupa taman wisata air dengan beberapa sentuhan alam yang hijau dan menyegarkan serta menawarkan banyak keceriaan dengan udara yang sejuk.

Nah, untuk lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru yang beralamat Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Oleh karena itu, Labersa Riau Fantasi ini sangat cocok untuk kamu kunjungi bareng keluarga karena terdapat wahana bermain berupa taman wisata air dengan beberapa sentuhan alam yang hijau.

4. Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills Rumbai

Selanjutnya tempat wisata Pekanbaru yang admin rekomendasikan adalah Rainbow Hills Rumbai bisa kamu jadikan pilihan untuk menghbiskan waktu wekeend mu.

Super estetik bengat nih. Perbukitan dengan warna-warni yang memukau ini cocok banget untuk berfoto ria bersama teman maupun keluarga. Warna-warna yang sangat colorfull menambah keindahan perbukitan bak dunia pelangi ini.

Selain itu, keindahan alam ini dapat kamu saksikan apabila berkunjung ke Pekanbaru. Membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai objek wisata ini.

Jadi, dengan adanya tempat wisata Pekanbaru yang satu ini kamu tidak perlu bingung lagi, untuk lokasinya berada di, Jl. Kemping, Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau

5. Kawah Biru

Kawah Biru

Kawah Biru ini juga salah satu temat wiasata Pekanbaru yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keindahan kawah yang memiliki air berwarna biru.

Sesuai namanya kawah ini memiliki air berwarna biru cerah dengan perpaduan batuan putih yang menambah daya tarik tempat ini. Lokasinya berada di Desa Tanah Merah, Siak Hulu, Kampar. Tak perlu khawatir biaya, untuk memasuki tempat ini kamu tak perlu membayar.

Baca Juga:   Green Canyon Curug Putri Carita: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Banyak orang yang berkunjung karena memang pemandangan yang indah dan cocok untuk latar belakang foto yang instagramable.

6 . Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim merupakan salah satu tempat wisat Pekanbaru yang banyak digemari banyak orang, kerana memiliki beragam jenis satwa, mulai dari reptil, aves, mamalia, dan lainnya.

Tempat wisata ini beralamat di Jalan Kubang Raya, Siak Hulu, Kampar. Buka setiap hari di jam 08.00 sampai 17.00 kamu akan disuguhi berbagai macam binatang sekaligus area bermain anak. Tiket masuknya pun terjangkau yaitu Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak.

Selain dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan satwa, Kasang Kulim Zoom juga menyediakan wahana lain yang dapat kamu nikmati seperti kolam renang, kolam pancing, camping ground, tempat bermain anak-anak seperti ayunan hingga perosotan.

Tak hanya itu, Kebun Binatang Sang Kulim ini juga menyediakan panggung hiburan, bagi kamu yang ingin bernyanyi. Sesekali kebun binatang ini juga menyelenggarakan konser dari band lokal dan nasional.

7.  Teluk Jering

 Teluk Jering

Ingin menikmati suasana layaknya di pantai namun tidak mau jauh-jauh ke pantai? Kamu harus coba kunjungi tempat ini. Sungai ini memiliki tepian pasir putih layaknya di pantai, loh. Rerumputan hijau yang terhampar juga menambah keindahan sungai ini.

Kawasan pantai ini tergolong tempat wisata yang unik karena berlokasi di dekat sungai namun dengan pasir seperti di pantai.

Tempat wisata ini juga menjadi lokasi liburan favorit bagi sebagian besar masyarakat sekitar dan wisatawan luar Kabupaten Kampar. 

Selain itu, view Sungai Kampar yang eksotik, dan spot foto yang menarik, serta kamu juga bisa menikmati berbagai wanaha yang tersedia untuk menikmati wisata tersebut.

Jadi, dengan adanya tempat wisata Pekanbaru yang satu ini, kamu bisa dengan mudah untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang masi asti.

Untuk lokasinya berada di Jl. Dusun Tlk. Jering, Tlk. Kenidai, Kec. Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

8.  Candi Muara Takus

 Candi Muara Takus

Candi Muara Takus merupakan sebuah situs candi Buddha yang terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Situs ini berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Kamu harus mengunjungi tempat ini jika kamu menggemari wisata berbau sejarah. Candi yang merupakan jejak peninggalan sejarah ini satu-satunya di Riau, loh. Tempatnya pun sangat indah dan instagrammable banget.

Di dalam situs Candi Muara Takus ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi Tua, Candi Bungsu, Stupa Mahligai, serta Palangka. Candi Tua merupakan bangunan utama dalam kompleks candi ini.

Baca Juga:   Kunjungilah 10 Tempat Wisata Soppeng Ini, Serunya Bikin Kamu Geleng-Geleng

Nah, jika kamu ingin menikmati wisata yang berbau dengan sejarah, Candi Muara Takus ini bisa lho, kamu kunjungi karena lokasinya tidak jauh dari Pusat kota Pekanbaru.

Untuk lokasinya berada di Muara Takus, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau

9. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam juga salah satu tempat wisata Pekanbaru lho, yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keindahan alam yang masi arsi,

Spot wisata yang sedang hits ini merupakan salah satu favorit anak muda untuk berfoto bahkan foto prewedding, loh.

Tak heran, keindahan bukit batuan kapur berwarna putih ini sangat memukau dengan latar langit biru dan awan putih akan menghiasi feed instagrammu.

Nah, untuk menuju ke sana kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 10 km dengan lama perjalanan sekitar 20 menit dari pusat kota Pekanbaru menuju ke wilayah Air Hitam.

Kondisi jalan yang cukup mulus semakin memudahkan kamu untuk mendatangi lokasi wisata yang satu ini, baik dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. 

10.  Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Riau memiliki sejumlah destinasi wisata yang selalu ramai oleh pengunjung. Bukan hanya alamnya saja, bahkan wisata sejarah dan religi seperti Istana Siak Sri Indrapura juga ramai pengunjung terlebih di hari libur.

Istana ini menjadi salah satu tempat wisata Pekanbaru yang selalu ramai pengunjung karena paduan arsiteknya yang berasal dari berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya ada unsur Eropa klasik, Arab dan Melayu.

Nah, Lokasi Istana Siak terletak di Sri Indrapura, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kabupaten Siak, Riau. Jika dari Pekanbaru, jaraknya sekitar 112 km dengan waktu tempuh hampir 3 jam.

Dengan begitu, untuk menikmati waktu libur, kamu bisa berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura, bareng keluarga ataupun pasangan.

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi.

Tempat wisata Pekanbaru Lainnya

Bagaimana? List tempat Wisata Pekanbaru yang telah admin sebuatkan, atau mungkin kamu tambah bingung mau pilih yang mana?

..Oh iya,

Admin masih punya beberapa referensi tempat wisata Pekanbaru lainnya yang bisa menjadi referensi kamu mencari tempat wisata, berikut selengkapnya:

  • ASIA FARM HAYDAY
  • Asia Heritage
  • Danau Lembah Sari
  • Museum Sang Nila Utama
  • Air Terjun Batu Tilam
  • Air terjun Batang Kapas
  • Sungai Gulamo, Kampar
  • Sungai Siak
  • Puncak Kompe

Itulah, 10 tempat wisata di Pekanbaru yang lagi hits, semoga dengan adany artikel kali ini bisa menjadi referensi untuk kamu ya. Selamat berlibur!

Baca Juga: