10+ Oleh Oleh Khas Kota Langsa, Dapatkan Pilihan Terbaik Untuk Anda!

Wisatalombok.co.id, Oleh oleh Khas Kota Langsa — Ketika berkunjung ke suatu tempat, mencari oleh-oleh khas daerah adalah salah satu kegiatan yang tak boleh terlewatkan, ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan, benar nggak sih?

Selain sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman, oleh-oleh juga menjadi sebuah cara untuk merasakan dan mengenal lebih dalam tentang budaya dan cita rasa setempat.

Akan sangat tidak lengkap rasanya jika anda tidak membawa oleh oleh khas dari daerah yang sudah di kunjungi tersebut.

Salah satu kota di Indonesia yang menawarkan oleh-oleh khas yang kaya akan citarasa dan budaya lokalnya adalah Kota Langsa. Terletak di provinsi Aceh, Kota Langsa menyimpan sejuta pesona dan keunikan tersendiri.

Kota yang dikelilingi oleh keindahan alam Aceh dengan pegunungan dan sungai yang mengalir indah ini juga dikenal dengan warisan budayanya yang kental.

Ketika berjalan-jalan di Kota Langsa,

Anda akan disambut dengan beragam oleh-oleh khas yang dapat memanjakan lidah Anda dan sekaligus merayakan budaya lokal yang tak ternilai harganya.

Salah satu oleh-oleh khas Kota Langsa yang patut dicoba adalah dodol Langsa. Dodol merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan gula kelapa.

Di Kota Langsa, dodol ini memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang kenyal. Dodol Langsa sering dijadikan oleh-oleh favorit para wisatawan yang datang ke kota ini.

Nah,

Berikut ini beberapa ulasan lengkap seputar oleh oleh khas Langsa yang bisa menjadi referensi anda saat sedang berada di daerah ini, simak selengkapnya:

Dodol Khas Kota Langsa

Dodol Khas Kota Langsa
Dodol Khas Kota Langsa

Dodol Khas Kota Langsa bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas yang pas untuk dibawa pulang. Dodol ini terbuat dari ketan, gula kelapa, santan, dan semangka.

Anda tidak perlu ragu dengan cita rasa yang dimiliki dodol Langsa ini,

Rasa manisnya yang khas pasti akan membuat lidah siapa saja tergoda. Dodol Khas Kota Langsa sudah dikenal di Aceh bahkan hingga ke luar Provinsi Aceh.

Serupa dengan dodol pada umumnya, dodol khas Aceh ini juga lengket dan kenyal.

Dodol ini juga seringkali dihidangkan dalam acara tahlilan, syukuran, maupun dijadikan makanan penutup pada acara pernikahan.

Kue Lapis Khas Kota Langsa

Kue Lapis Khas Kota Langsa
Kue Lapis Khas Kota Langsa

Kue Lapis Khas Kota Langsa terbuat dari tepung sagu, gula merah, santan, dan pewarna alami berupa daun pandan atau ubi jalar.

Kue ini memiliki rasa manis dengan aroma wangi pandan atau ubi jalar yang khas.

Kue lapis ini dipanggang dengan teknik lapis demi lapis hingga menghasilkan tekstur yang lembut dan enak. Selain itu, kue lapis khas Aceh ini juga enak dimakan bersama kopi atau teh.

Kerupuk Kulit Ikan Khas Kota Langsa

Kerupuk Kulit Ikan Khas Kota Langsa
Kerupuk Kulit Ikan Khas Kota Langsa

Kerupuk Kulit Ikan Khas Kota Langsa juga bisa menjadi oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang.

Bahan utamanya adalah kulit ikan, tepung kanji, dan bumbu-bumbu lainnya.

Rasanya gurih, renyah, dan sedikit pedas. Kerupuk kulit ikan ini diolah secara tradisional dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Cocok dikonsumsi sebagai camilan saat santai atau sebagai pelengkap makanan berat.

Kacang Atom Khas Kota Langsa

Kacang Atom Khas Kota Langsa
Kacang Atom Khas Kota Langsa

Kacang Atom Khas Kota Langsa juga bisa menjadi oleh-oleh khas yang pas untuk dibawa pulang. Kacang atom yang digunakan adalah kacang tanah dengan kulit merah.

Kacang atom Khas Aceh ini biasanya digoreng dengan menggunakan minyak kelapa hingga matang dan renyah.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Labuhanbatu Utara (Rantauprapat), Bikin Ngiller!

Kacang atom ini juga diolah dengan bumbu-bumbu khas Aceh sehingga menghasilkan rasa gurih dan sedikit pedas.

Srikaya Khas Kota Langsa

Srikaya Khas Kota Langsa
Srikaya Khas Kota Langsa

Srikaya Khas Kota Langsa juga bisa menjadi oleh-oleh khas yang pas untuk dibawa pulang. Srikaya ini terbuat dari kelapa muda, tepung kanji, gula, pandan, dan air.

Proses pembuatannya cukup mudah, namun memerlukan keahlian khusus agar bisa mendapatkan rasa dan tekstur yang pas.

Srikaya khas Aceh ini memiliki rasa manis yang pas dan tekstur yang kenyal.

Untuk mendapatkan kuliner yang satu ini cukup mudah, anda bisa mencarinya di beberapa toko oleh oleh khas Langsa atau bisa langsung mendatangi pasar tradisional yang ada di Kota Langsa ini.

Dodol Durian Khas Kota Langsa

Dodol Durian Khas Kota Langsa
Dodol Durian Khas Kota Langsa

Dodol Durian Khas Kota Langsa juga bisa menjadi oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang. Dodol ini terbuat dari durian lokal Aceh yang rasanya sangat enak.

Dodol ini juga dikenal karena ketebalannya dan rasa manis yang pas. Biasanya, dodol ini disajikan pada acara-acara tertentu dan juga cocok dimakan sebagai camilan.

Untuk anda pecinta durian,

Sepertinya dodol duria khas Langsa ini akan membuat anda ‘nagih’ akan cita rasa durian khas Langsa yang cukup menggiurkan.

Coba dech ~

Tape Ketan Khas Kota Langsa

Tape Ketan Khas Kota Langsa
Tape Ketan Khas Kota Langsa

Tape Ketan Khas Kota Langsa bisa menjadi oleh-oleh khas yang pas untuk dibawa pulang.

Tape ketan ini terbuat dari ketan yang diolah dengan ragi khusus dan gula merah. Rasa tape ketan Aceh ini manis dan sedikit asam karena proses fermentasinya yang cukup lama.

Tape ketan ini juga sering dihidangkan pada acara-acara tertentu atau dimakan sebagai camilan.

Serunding Ikan Khas Kota Langsa

Serunding Ikan Khas Kota Langsa 
Serunding Ikan Khas Kota Langsa

Serunding Ikan Khas Kota Langsa bisa menjadi oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang. Serunding ini terbuat dari ikan yang diasinkan kemudian diiris tipis-tipis dan dijemur.

Baca Juga:   10+ Oleh Oleh Khas Kabupaten Simeulue (Sinabang), Coba Mie Lobster?

Serunding ikan Aceh ini memiliki rasa gurih dan asin yang khas. Cocok dikonsumsi sebagai pelengkap nasi atau sebagai camilan saat santai.

Mungkin ini akan sedikit terasa asing di lidah anda, tapi ini enak banget lho ~

Kopi Gayo Khas Kota Langsa

Kopi Gayo Khas Kota Langsa
Kopi Gayo Khas Kota Langsa

Kopi Gayo Khas Kota Langsa juga bisa menjadi oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang. Kopi ini ditanam di dataran tinggi yang berada di kawasan Gayo.

Kopi Gayo Aceh ini terkenal karena keunikannya yang dicampur dengan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang pas.

Cocok sebagai minuman penyemangat atau dijadikan oleh-oleh untuk teman atau keluarga.

Rujak Aceh Khas Kota Langsa

Rujak Aceh Khas Kota Langsa
Rujak Aceh Khas Kota Langsa

Rujak Aceh Khas Kota Langsa dapat menjadi oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang.

Rujak Aceh ini terbuat dari bahan-bahan yang segar seperti buah mangga, nanas, kedondong, dan sayuran seperti timun dan kacang panjang.

Rujak Aceh ini disiram dengan bumbu kacang yang diolah dengan rempah-rempah khas Aceh sehingga menghasilkan rasa yang pas dan unik.

Oleh Oleh Khas Langsa Aceh Lainnya

Ada banyak hal menarik yang bisa anda dapatkan saat sedang berada di Kota Langsa ini. Selain menelusuri alam yang indah, anda juga bisa berburu oleh oleh khas Langsa dan ini bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Oh ya,

Selain beberapa yang sudah admin jelaskan, masih ada banyak Oleh Oleh Khas Langsa Aceh Lainnya yang bisa anda dapatkan, berikut referensi lainnya:

  1. Songket khas Langsa, Aceh
  2. Sulam Kasab
  3. Batik Khas Aceh
  4. Dendeng Aceh
  5. Ikan Kayu
  6. Kue Keukarah
  7. Bakpia Aceh.

Ini akan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk teman atau keluarga. Jangan lupa beli ya!

Baca juga informasi lainnya :