Curug Citambur: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru yang Harus Kamu Ketahui

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Jawa Barat selama ini terkenal sebagai salah satu provinsi dengan banyak destinasi wisatanya yang menakjubkan.

Salah satunya adalah Curug Citambur: daya tarik, lokasi, dan harga tiket masuk terbaru.

Potensi alam yang terdapat pada kawasan ini terbilang menarik, lantaran memiliki kontur alam tak biasa yang jelas akan memanjakan mata para wisatawan.

Untuk mengetahui informasi jelasnya, simak artikel ini hingga selesai ya!

Daya Tarik Curug Citambur

Daya Tarik Curug Citambur
Daya Tarik Curug Citambur

Wisata Curug Citambur memiliki keindahan alam bebas, sejuk dan cukup asri.

Keunikan lainnya, juga terletak pada debit airnya yang cukup deras sehingga menyemburkan air yang cukup besar serta kabut pada area sekitarnya.

Penamaannya sendiri berasal dari air deras yang jatuh persis dari atas bukit menyerupai tambur, sehingga diberi nama Citambur.

Saat kamu mengunjungi kawasan ini, terdapat debit air yang cukup besar, membuat air menguap dan menimbulkan gumpalan kabut tebal.

Hal ini adalah salah satu spot foto terbaik yang banyak dipilih oleh masyarakat karena memiliki latar pemandangan yang unik. Belum lagi, panorama alam dari tebing.

Baca Juga:   10 Tempat Wisata Pantai Bali Paling Hits yang Wajib Kamu Kunjungi

Mitos Curug Citambur

Mitos Curug Citambur
Mitos Curug Citambur

Selain pemandangan alamnya yang menarik, wisata curug yang satu ini juga memiliki sejumlah mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat.

Sejauh ini, terdapat dua versi mitos mengenai asal mula penamaan yang cukup terkenal.

Versi pertama yakni suara air jatuh yang berbunyi berdegebum, suara ini memang menyerupai alat musik drum macam tambur yang dipukul.

Dari sisi lain, versi kedua juga menyebutkan, jika penamaan ini berkaitan dengan kerajaan yang berdiri zaman dulu.

Menurut cerita rakyat, pada awalnya kawasan air terjun ini bernama Tangjung Anginan.

Kerajaan ini sendiri berada di Pasir Kuda, juga masuk di Area Desa Simpang serta Karangjaya, Kecamatan Pagelaran yang terletak tak jauh dari air terjun.

Konon katanya, raja dari kerajaan tersebut bernama Prabu Tanjung Anginan kerap bertapa sekaligus mandi pada curug tersebut.

Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, Curug Citambur tetap menjadi salah satu kawasan wisata yang selalu ramai oleh pengunjung baik dalam maupun luar kota.

Lokasi Curug Citambur

Lokasi Curug Citambur
Lokasi Curug Citambur

Selanjutnya untuk lokasi Curug Citambur berada pada kawasan Desa Karangjaya, Kecamatan Pasir Kuda, Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga:   Berkunjung Ke Cirebon? Mampir Yuk Ke 10 Tempat Wisata Cirebon!

Estimasi jarak tempuh untuk sampai ke kawasan ini adalah 3 jam untuk jam normal. Sementara untuk rute, kamu bisa memilih dua opsi yakni lewat bandung atau melalui jalur puncak.

Jika kamu memilih jalur puncak, rute pertama yang harus kamu lewati adalah Tol Jagorawi kemudian keluar melalui Gerbang Ciawi untuk selanjutnya melewati jalur puncak pada pertigaan Cianjur dan memutar balik dari Pasir Hayam.

Selanjutnya, belok kiri menuju Cibeber lalu sampai pada Kecamatan Pagelaran, lewati Desa Pusaka Jaya hingga masuk ke Karang Jaya untuk menempuh perjalanan sekitar 8 jam.

Beda halnya jika kamu melewati Bandung, maka rutenya adalah Tol Jagorawi kemudian belok ke arah Tol Soroja lalu keluar dari Tol Soreang.

Dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Ciwidey.

Harga Tiket Masuk Terbaru Air Terjun Citambur

Harga Tiket Masuk Terbaru Air Terjun Citambur
Harga Tiket Masuk Terbaru Air Terjun Citambur

Nah, untuk harga tiket masuk terbaru Air Terjun Citambur sangat terjangkau yakni hanya sebesar Rp 7.000 per orangnya.

Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu saat musim liburan tiba. Biaya ini khusus biaya masuk belum termasuk parkir dan fasilitas tambahan lain yang tersedia.

Baca Juga:   Wajib! Coba Datangi 10 Tempat Wisata Pangkajene Paling Populer Saat Ini!

Yang jelas, kamu tak akan menyesal selama berkunjung ke sini karena akan melihat pemandangan alam indah dan juga suasana yang sejuk.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai Curug Citambur: daya tarik, lokasi, dan harga tiket masuk terbaru yang harus kamu ketahui.

Ulasan ini merupakan informasi terbaru yang bisa kamu jadikan referensi sebelum berkunjung. Pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan juga ya!

Selamat berlibur dan selamat berakhir pecan guys!

Baca Juga: