Mau Traveling Low Budget? Simak Yuk 10 Tips Mengatur Budget Travelling Ke Luar Negeri!

Wisatalombok.id, Tempat Nongkrong — Anda sedang merencanakan liburan ke luar negeri? Maka anda wajib untuk mengetahui 10 tips mengatur budget travelling ke luar negeri untuk membantu anda dalam mengatur keuangan yang tepat selama perjalanan wisata anda ke luar negeri.

10 Tips Mengatur Budget Travelling Ke Luar Negeri

Berlibur ke luar negeri memang hal yang menyenangkan dan diimpikan oleh banyak orang. Namun berlibur tanpa mengatur keuangan dengan baik bisa menyebabkan masalah pada keuangan anda. Oleh karena itu, simaklah tips berikut ini agar anda bisa mengatur budget liburan dengan tepat.

1. Riset Tempat Tujuan

Riset Tempat Tujuan
Riset Tempat Tujuan

Melakukan riset tempat tujuan untuk liburan adalah hal yang sangat penting. Hal ini berkaitan dengan biaya yang dibutuhkan untuk berlibur di tempat tersebut dan harus disesuaikan dengan budget liburan yang sudah anda tentukan.

Baca Juga:   Traveling Sendirian, Ikuti 10 Tips Solo Traveling untuk Wanita Berikut Ini

2. Pergi Saat Low Season

Pergi Saat Low Season
Pergi Saat Low Season

Perlu anda ketahui, low season disini maksudnya pada saat tidak banyak orang berlibur. Jika anda pergi pada high season yaitu saat musim liburan maka biaya untuk perjalanan bisa naik berkali – kali lipat. Oleh karena itu usahakan cari waktu berlibur saat hari biasa untuk menghemat budget liburan.

3.      Rancangan Anggaran

Merancang anggaran adalah hal yang sangat penting dalam perjalanan liburan. Anda harus mengontrol pengeluaran dengan membuat rincian biaya atau menentukan budget untuk biaya transportasi, akomodasi, konsumsi dan lainnya.

4. Cari Penginapan Hemat

Cari Penginapan Hemat
Cari Penginapan Hemat

Carilah penginapan yang murah seperti menyewa kamar di sekitar tempat wisata atau memilih penginapan yang sederhana. Hindari menginap di hotel, apalagi hotel berbintang karena pasti akan membutuhkan banyak biaya.

5. Atur Biaya Belanja Souvenir

Atur Biaya Belanja Souvenir
Atur Biaya Belanja Souvenir

Disarankan untuk tidak berbelanja di tourist spot yang biasanya menjual souvenir khas dari tempat wisata tersebut, karena harga barangnya relatif mahal. Anda bisa mengunjungi tempat lain yang tidak termasuk tourist spot untuk harga yang lebih murah.

Baca Juga:   Berencana Liburan Ke Timur Tengah? Ini Dia 10 Tips Travelling Ke Wisata Timur Tengah!

6.  Cari Tempat Makan Lokal

Cari Tempat Makan Lokal
Cari Tempat Makan Lokal

Selain souvenir, makan di tempat wisata pasti membutuhkan biaya yang lebih mahal. Oleh karena itu, jika ingin berhemat anda lebih baik mencari tempat makan lokal di luar tempat wisata. Hindari juga makan di restoran mewah, karena harganya pasti mahal.

7. Pakai Angkutan Umum

Pakai Angkutan Umum
Pakai Angkutan Umum

Tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saat melakukan perjalanan liburan karena akan membutuhkan biaya yang lebih mahal. Selain itu, dengan angkutan umum akan mempermudah anda untuk berpindah dari  objek wisata satu ke objek lain.

8. Cari Tempat Wisata Baru

Cari Tempat Wisata Baru
Cari Tempat Wisata Baru

Tips ini mungkin tidak banyak yang tahu. Tempat wisata baru biasanya belum memasang tarif atau tiket yang mahal. Disarankan jangan mengunjungi tempat wisata yang sudah populer karena harganya relatif mahal.

9.  Bawa Air Minum Sendiri

 Bawa Air Minum Sendiri
Bawa Air Minum Sendiri

Ini juga yang tidak kalah penting. Anda bisa membawa botol minum sendiri untuk menghemat pengeluaran. Apalagi jika anda membeli minuman di tempat wisata, harganya relatif mahal dibanding harga biasanya.

Baca Juga:   Simak 10 Tips Wisata Murah Bali Jika Mau Kantong Aman!

10.  Lakukan Perjalanan Malam

 Lakukan Perjalanan Malam
Lakukan Perjalanan Malam

Perjalanan malam ini bertujuan agar anda bisa menghemat pengeluaran terutama untuk biaya menginap. Jika anda bermalam di kendaraan maka anda bisa beristirahat sekaligus melakukan perjalanan tanpa membayar biaya penginapan pada malam itu.

Demikian 10 tips mengatur budget travelling ke luar negeri yang bisa menjadi panduan anda ketika ingin berlibur ke luar negeri dengan biaya yang lebih hemat. Bijaklah dalam mengatur keuangan anda, jangan terlena dengan kesenangan liburan kemudian tidak mengontrol pengeluaran.