10+ Tempat Wisata Praya, Lombok Tengah (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata — Praya merupakan salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia yang terkenal dengan keindahaan alamnya.

Biacara tentang Lombok, pasti yang terlintas di benak kamu, suatu daerah yang terkenal dengan keindahaan alamnya, bukan? Terutama daerah Praya, Lombok Tengah.

Kabupaten yang beribukota Praya ini memang mempunyai lebih banyak suguhan pantai keren yang diketahui telah berkembang sebagai sebuah tujuan wisata jika kamu bandingkan dengan daerah lain yang ada pada pulau yang sama.

Selain itu diketahui ada banyak pilihan wisata petualangan ke Gunung serta berbagai wisata budaya ke desa adat, yang bisa kamu kunjungi.

Nah, jika kamu membutuhkan referensi tempat wisata Praya, pada artikel kali ini admin akan merekomendasikan 10 tempat wisata Praya, Lombok Tengah.

Maka dari itu, yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya!

Tempat Wisata Praya, Lombok Tengah

1. Desa Adat Sukarara

Desa Adat Sukarara

Desa Adat Sukarara merupakan salah satu tempat wisata Praya, yang bisa menjadi referensi kamu untuk berlibur baik itu dengan keluarga ataupun pasangan.

Tempat ini merupakan pusat kerajinan tenun alatnya masih memakai peralatan tradisional. Masyarakat desa ini sangat ahli dalam menenun kain songket dan kerajinan lainnya.

Bahkan kamu juga bisa lho belajar cara menenun kain songket dan mengenal lebih dalam kebudayaan daerah desa Sukarara ini.

Selain pusat kerajinan tenun tempat ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu wekeend mu.

Dengan begitu, jika kamu masi bingung mau kemana? Desa Adat Sukarara ini bisa lho, kamu kunjungi lokasinya berada Jl. Tenun Sukarare, Sukarara, Kec. Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

2. Desa Sade

Desa Sade

Desa Sade ini terletak pada Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Desa Sade berada satu dusun dengan Desa Rembitan.

Akses menuju desa Sade sangatlah mudah karena terletak pada pinggir jalan raya. Hal unik dari tempat ini adalah terdapat banyak rumah tradisional yang harus memakai kotoran sapi untuk mengepel lantainya.

Desa Adat Sade memiliki sejarah panjang, adat suku Sasak telah berlangsung kurang lebih 1.500 tahun yang lalu.

Selain itu, Desa Sade juga terdapat banyak souvenir khas Lombok yang bisa kamu jadikan cenderamata.

Jadi, jika kamu sdang bingung untuk mencari temat wisata Praya, Desa Sade ini bisa lho, untuk kamu yang ingin berlibur nuansa pedesaan tradisional sangat terasa.

Baca Juga:   Mau Liburan Seru ke Malang? Inilah 10 Tempat Wisata Batu Malang yang Instagramable

3. Air Terjun Benang Kelambu

 Air Terjun Benang Kelambu

Sebagai tujuan para wisatawan, Lombok memang memiliki banyak tempat yang menakjubkan srta ramai oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Destinasi Tempat wisata Praya tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, salah satunya Air Terjun Benang Kelambu yang patut untuk kamu kunjungi.

Selain itu, Air terjun yang berada pada ketinggian 40 m ini menawarkan keindahan yang membuatmu terpesona.

Meskipun melalui medan yang terbilang memantang, tetapi hal itu terbayarkan dengan halus dan lembutnya aliran air yang jatuh. Terdapat 3 buah tingkatan tebing yang dikelilingi tumbuhan yang membuat udara semakin sejuk.

Saat kamu berkunjung ke daearah ini pasti liburan kamu akan merasa menyenangkan,

Oleh karena itu, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wsisata Praya, karena Air Terjun Benang Kelambu ini adalah pilihan yang tepat.

4. Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel

Ada banyak lho, wisata Lombok yang bisa kamu kunjungi, terutama daerah Praya, selain indah tempat ini sangat cocok kamu jadikan tempat untuk bersantai, sambil menikmati keindahan alamanya.

Nah, untuk keunikan dari tempat ini yaitu mempunyai tiga buah air terjun sangat berdekatan. Debit air dari aliran airnya terbilang sangat deras dan terletak pada tengah-tengah hutan yang alami.

Hal itu lah yang membuat semak belukar dan berbagai pepohonan tumbuh rindang dan subur pada tempat ini ketinggia air terjun ini cukup menantang yakni sekitar 30 meter. 

Air Terjun Benang Stokel menyajikan pemandangan yang indah. Kamu juga bisa bermain-main air seperti menyelam atau berenang. Tidak hanya itu, pemandangannya cocok sekali kamu jadikan background pengambilan foto.

Selain itu, tak cuma indah Air Terjun Setokol menyimpan sebuah legenda yang masih masyarkat mempercayai sampai sekarang. Konon katanya, air terjun ini merupakan tempat Dewi Anjani untuk membersihkan, khususnya rambut.

Maka dar itu, jika kamu berkunjung ke Praya, jangan sampai kelewatan ya, untuk berkunjung ke Air Terjun Benang Stokel.

5. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Taman Wisata Alam Gunung Tunak merupakan hasil kolaborasi antara Ecotourism Park Indonesia dan Korea Cooperation. Pada Tempat ini, kamu dapat melihat rusa Timor dan burung langka, seperti Burung Gosong.

Tempat ini juga memiliki penangkaran kupu-kupu dan rusa, menjadikannya destinasi yang menarik bagi kamu pecinta alam. 

Dari puncak bukit taman wisata ini, kamu dapat melihat hamparan samudra lepas dan tebing-tebing karang yang sangat menawan.

Selain itu, pada bibir tebing terdapat menara pandang yang tinggi, guna memudahkan pengunjung saat menikmati suasananya. Hati-hatilah saat menaikinya, sebab angin yang cukup kencang.

Baca Juga:   Tiga Curug Gunung Salak: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Tiket masuk untuk wisatawan nusantara biasa sekitar Rp5 ribu, sedangkan wisatawan mancanegara Rp100 ribu. Untuk hari libur, tiketnya sekitar Rp7.500 untuk wisatawan nusantara dan Rp150 ribu untuk mancanegara. 

Jadi, dengan adanya tempat wisata Praya ini, kamu bisa dengan mudah mencari tempat untuk liburan, lokasinya berada pada Mertak, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

6. Gua Bangkang

Gua Bangkang

Lombok Tengah banyak destinasi wisata yang indah, mulai dari pemandangan pantai, bukit, gunung, air terjun, hingga gua. Salah satu wisata terkenal daerah Lombok Tengah adalah Gua Bangkang.

Menyusuri Gua Bangkang sebagai salah satu situs geologi juga memiliki daya tariknya sendiri yang tidak dapat kamu temukan pada tempat lainnya. 

Supaya pengalaman berkunjung ke gua lebih berkesan, sebaiknya datanglah pada siang hari atau ketika senja tiba.

Nah, untuk waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat siang hari. Di mana matahari berada tepat pada atas sehingga cahaya yang menembus hingga ke dasar gua terlihat maksimal.

Maka dari itu, jika kamu bosan dengan wisata seperti pantai, air terjun, sekarang kamu bisa datang ke Gua Bangkang.

7. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Kamu masi bignung untuk mencari tempat wisata Praya? Jika iya, Pantai Selong Belanak ini bisa lho, kmau jadikan pilihan untuk kamu kunjungi.

Salah satu pantai yang terkenal daearah Lombok tengah ini, dikelilingi oleh 2 bukit yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lainnya.

Selain itu, Pantai ini sangat aman untuk berenang, snorkeling, ataupun berselancar, karena Ombaknya terbilang cukup tinggi. Airnya yang jernih pasir putihnya yang lembut melengkapi keindahan pada pantai ini.

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan berbagai aktivitas pada pantai admin sarankan untuk berada pada bagian utara pantai. Karena, bagian selatan pantai banyak terdapat perahu nelayan.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi mencari tempat wisata Praya, karena Pantai Selong Belanak adalah pilihan yan tepat.

8. Pantai Mawun

Pantai Mawun

Nah, Satu lagi pantai yang wajib kamu kunjungi daerah Lombok tengah, yaitu pantai Mawun. Karena letaknya jauh dari kebisingan dan tidak banyak pengunjung, jadi cocok untuk kamu yang ingin mencari ketenangan.

Sama seperti pantai lainnya, tempat ini kamu akan menikmati indahnya air laut dan hamparan pasir putih yang sangat eksotis.

Selain itu, Pantai Mawun memiliki keindahan alam yang menakjubkan yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali yang memiliki hamparan pasir yang luas dan indah dipandang mata dengan garis pantai melengkung seperti tapal kuda.

Ini yang paling menari,

Saat musim kemarau bukit tersebut akan berwarna kuning kecoklatan karena tumbuhan yang berwarna hijau berubah warna sesuai musim.

Baca Juga:   Curug Cikanteh: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru 2022

Dengan begitu, saat kamu sedang berkunjung ke Lombok Tengan, jangan sampai kelewatan ya, untuk mengunjungi Pantai Mawun.

Pastinya liburan kamu akan merasa menyenangkan,

9. Batu Payung, Tanjung Aan

Batu Payung, Tanjung Aan

Batu Payung, Tanjung Aan ini menjadi distinasi yang pupuler di Lombok Tengan karena terdapat hal unik yang tidak akan dijumpai di pantai manapun.

Ketika kamu berkunjung ke Tanjung Aan, di sana banyak hal yang bisa kamu lakukan mulai dari berenang, bermain pasir, bersantai, atau mengelilingi pantai untuk memburu foto yang bagus.

Hal yang membuat pantai ini unik yaitu terdapat batu alam yang berdiri dengan kokoh seperti menara. Keunikan lainnya yaitu memiliki 2 pasir dengan warna berbeda, yaitu kecoklatan dan putih. Pastinya kamu tidak boleh melewatkan keunikan di pantai ini.

Jadi, jika kamu berminat untuk berkunjung ke tempat wisata di Praya ini, lokasinya berada di Jalan Kuta Lombok, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

10. Pantai Merese

Pantai Merese

Nah, tempat wisata di Praya yang terakhir admin rekomendasikan adalah Pantai Merese yang memiliki pemandangan yang berbeda pada musim kemarau dan musim penghujan.

Di sepanjang bibir pantai, kamu akan disuguhkan hamparan pasir putihnya yang cantik. Jika kamu ingin melihat keindahan matahari terbenam, cobalah untuk mengunjungi pantai ini.

Selain itu, Pantai Merese ini juga memiliki banyak spot foto bagus dan estetik membuat destinasi wisata ini banyak diburu oleh para turis, baik turis lokal maupun turis mancanegara.

Maka dari itu, tunggu apa lagi saat kamu sedang mencari tempat wisata di Praya, Pantai Merese adalah pilihan yang paling tepat.

Tempat Wisata Di Praya Lainnya

Sangat menarik, bukan? tempat wisata di Praya tersebut? Selain tempat indah suasananya juga nyaman, tentunya kamu akan puas menghabiskan akhir pekan di sana.

Jika kamu sedang mencari tempat wisata Praya asik dan nyaman, maka salah satu dari tempat wisata tersebut dapat menjadi pilihan kamu.

..Oh iya,

Berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Praya lainnya:

  • Bendung Sejerok dan Gua Jepang
  • Telawas Beach
  • Pantai Nambung
  • Desa Wisata Lantan
  • Sade Village

Itulah, 10 tempat wisata Praya, Lombok Tengah yang wajib untuk kamu kunjungi bersama teman ataupun keluarga.

Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut akan memberikan sensasi yang mendalam dan ingin membuatmu merasa ingin kembali lagi untuk mengunjunginya.

Selamat Berlibur ya!

Baca Juga Informasi Lainnya: