10+ Tempat Wisata Blitar (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wistalombok.co.id, Tempat Wisata — Blitar merupakan salah satu kota yang terletak di bagian Selatan provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Kota ini bahkan kita juluki sebagai Kota Proklamator karena menjadi tempat kelahiran sekaligus tempat peristirahatan terakhir presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Sebagai salah satu daerah tujuan wisata daearahJawa Timur, Blitar memiliki destinasi yang cukup lengkap. Mulai dari wisata sejarah, budaya, alam, kuliner serta wisata buatan yang kekinian dan instagramable.

Selain itu, Blitar juga terkenal sebagai destinasi wisata yang paling ramah pada kantong, terutama bagi kalangan backpacker. Berbagai destinasi menarik daerahBlitar bisa menjadi referensi liburan dan melepas penat.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari referensi tempat wisata Blitar, kamu telah berada pada tempat yang tepat. Karena admin bakal merekomendasikan beberapa wisata Blitar yang patut untuk kamu kunjungi.

Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap? Yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya. Berikut ini informasi selengkapnya!

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Blitar

1) Air Terjun Coban Wilis

Air Terjun Coban Wilis Blitar
Air Terjun Coban Wilis Blitar

Jika ingin mengunjungi tempat wisata Blitar yang satu ini, sebaiknya jangan pada saat musim hujan. Sebab khawatir akan terjadi banjir dan lahar dingin.

Walaupun membutuhkan pengorbanan yang berat untuk sampai, tetapi keindahan alam dari air terjun ini sangatlah mempesona. Apalagi tebing-tebing berlumut pada area pinggirannya yang menambah kesan asri dan sejuk tempat ini.

Air terjun ini sebenarnya terletak  tak jauh dari Kampung Wisata Ekologi Puspa Jagad, Desa Semen, Kec. Gandusari. 

Selain itu, keindahan air terjun ini terpancar dari tebingnya yang menjulang tinggi. Penampakanya begitu anggun namun kokoh. Debit airnya cukup deras, dengan aliran air yang langsung turun menghujam bumi.

Pada kawasan air terjun terbentuk kolam kecil dengan air yang begitu jernih dan menyegarkan. Dingin, magis dan sunyi. Sungguh keindahan ciptaan Tuhan yang begitu menawan.

Maka dari itu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Blitar, Air Terjun Coban WilisMaka dari itu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Blitar, Air Terjun Coban Wilis ini bisa menjadi tujuan kamu.

Baca Juga:   10 Tempat Wisata Alam Favorit di Bali, Bagai Surga yang Tersembunyi

2) Desa Wisata Semen

Desa Wisata Semen Blitar
Desa Wisata Semen Blitar

Ingin menikmati suasana desa yang asri dan jauh dari kebisingan? Desa Wisata Semen adalah solusinya. Dengan berkunjung ke sini kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat Desa Wisata Semen yang sangat ramah.

Desa Wisata Semen terletak di antara lereng Gunung Kelud dan lereng Gunung Kawi dengan ketinggian 700 Mdpl.

Desa Wisata ini terkelola oleh para pemuda dengan mengedepankan pariwisata berbasis kearifan lokal.

Selain itu, beberapa atraksi wisata lainnya yang bisa kamu adalah hiking, susur sungai, menikmati tarian Langen Beksan, outbond, berkemah, belajar pembuatan gula kelapa, edukasi batik, edukasi sapi perah, hingga edukasi nanas.

Jadi, saat kamu sedang mencari tempat wisata Blitar, Desa Wisata Semen ini bisa kamu kunjungi selain menikmati keindahan alam kamu juga bisa menikmati berbagai tradisi area Desa Wisata Semen.

3) Gua Pohsarang

Gua Pohsarang Blitar
Gua Pohsarang Blitar

Selanjutnya tempat wisata Blitar yang bisa kamu kunjungi adalah Gua Pohsarang yang berlokasi pada Kelurahan Ngadirejo, Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Gua Maria Sendangrejo biasanya ramai yang satang saat libur Natal. Meski demikian, wisata religi satu-satunya pada Kota Blitar ini juga kerap kunjungi wisatawan dari berbagai umat beragama.

Selain itu, ada gua kecil yang berisikan sumber air. Air itu diyakini bisa membantu menyembuhkan penyakit.

Gua Maria Sendangrejo buka setiap hari, Senin – Minggu mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung tidak ada biaya atau tiket masuk alias gratis.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari lokasi untuk berlibur karena, Gua Pohsarang ini bisa kamu kunjungi.

4) Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island Blitar
Gumul Paradise Island Blitar

Wsata Gumul Paradise Island adalah salah satu wahana air Kediri yang sayang untuk kamu lewatkan bersama keluarga. Sembari menikmati waktu Bersama keluarga, kamu dapat berenang dan mencoba menaiki beberapa wahana yang tentunya seru dan menyenangkan.

Wisata air Gumul Paradise Island beralamat area Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Selain itu, untuk hari biasa (Selasa hingga jumat), kamu kena biaya sebesar Rp. 35.000,00 sedangkan akhir pekan (Sabtu, Minggu) dan hari libur Rp. 40.000,00. Bagi anak usia di bawah 2 tahun dan lansia dengan usia 60 tahun tidak kene tarif masuk alias gratis.

Nah, kamu yang datang ke sini tidak perlu khawatir mahal. Karena harga tiketnya cukup terjangkau untuk ukuran water park dengan berbagai wahana seru.

Baca Juga:   Curug Leuwiliang: Daya Tarik, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Dengan begitu, jika kamu sedang mencari tempat wisata Blitar, Gumul Paradise Island ini sangat cocok untuk kamu kunjungi bareng keluar untuk menikmati bermain air.

5) Jurug Bening

Jurug Bening Blitar
Jurug Bening Blitar

Wisata tersembunyi di Blitar ini sangat mempesona, Air Terjun Jurug Bening Blitar.Keindahan air terjun Jurug Bening Blitar ini memang tak diragukan lagi.

Selain memiliki view yang eksotis, air terjun Jurug Bening Blitar ini juga menyimpan keunikan. Lanskap yang tersaji sangat instagramable

Keunikan air terjun Jurug Bening Blitar ini keindahannya bisa dinikmati dari dua sisi, baik dari atas maupun dari bawah.

Selain itu, saat kamu berada di atas air terjun, kamu juga bisa turun melihat pemandangan kebawah. Meski begitu, tak ada akses jalan yang baik.

Sebab hanya bisa dijangkau dengan menyusuri pematang sawah, semak-semak dan jalur yang melewati makam umum. Jadi kamu harus hati-hati sekali.

6) Kampung Coklat, Tempat Wisata Blitar

Kampung Coklat Blitar
Kampung Coklat Blitar

Dari Namanya saja, sudah pasti tempat ini berhubungan dengan cokelat. Berkunjung ke tempat ini kamu akan mengetahui proses pengolahan cokelat, mulai dari penjemuran biji hingga berubah menjadi cokelat.

Kampung Coklat merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke Blitar.

Terutama bagi para pecinta coklat. Disini kamu selain mengetahui proses budidaya tanaman coklat, hingga proses produksi coklat.

Maka dari itu, tunggu apa lagi saat sedang membutuhkan refensi tempat wisata Blitar, Kampung Coklat ini bisa menajdi tujuan kamu.

7) Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad

Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad Blitar
Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad Blitar

Masi bignung untuk mencari tempat wisata Blitar? Jika iya? Kampung Wisata yang satu ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi bersama keluarga.

Selain menampilkan keindahan alam, fasilitas dari tempat ini juga sangat lengkap. Tersedia berbagai spot foto, outbound, flying fox, dan sebagainya.

Nah, untuk fasilitas bermain, pada area ini juga tersedia tempat makan, pasar yang menjual makanan ringan, hingga toilet.

Jadi, dengan adanya temat wisata Blitar yang satu ini, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari lokasi berlibur, karena Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad adalah pilihan yang tepat.

8) Makam Bung Karno

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno

Selanjutnya, Makam seluas 1,8 hektare ini selalu ramai oleh para pengunjung. Selain menampilkan makam Bung Karno, di sini pengunjung juga akan melihat sejarah perjuangan yang dilalui Bung Karno.

Baca Juga:   Gua Sempit Curug Ciletuh: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Ada juga perpustakaan yang menyimpan berbagai buku yang memuat informasi tentang perjuangan Bung Karno.

Makam Soekarno atau biasa disebut Makam Bung Karno disingkat MBK adalah kompleks pemakaman presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, yang didesain dengan arsitektur khas Jawa, yaitu bangunan joglo.

Kompleks tersebut terletak di Bendogerit, Sananwetan, Blitar, dan dibangun di akhir 1970-an. 

9) Tempat Wisata Blitar, Omah Djadoel

Omah Djadoel Blitar
Omah Djadoel Blitar

Bagi kamu yang menyukai sejarah, jangan lupa untuk mengunjungi Omah Djadoel. Museum ini memperlihatkan berbagai macam koleksi barang-barang antik.

Selain berlibur, tentunya juga menjadi sarana edukasi yang mengingatkanmu betapa kayanya Indonesia. Jika ingin bertanya-tanya, jangan segan-segan bertanya kepada pemandu yang ada di sana.

Selain menyenangkan, kamu juga akan mendapat banyak wawasan baru. Untuk tiket masuknya, cukup membayar Rp10.000,- saja per orangnya.

Maka dari itu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Blitar, Omah Djadoel ini bisa menajdi tujuan untuk kamu kunjungi.

10) Pantai Tambakrejo, Tempat Wisata Blitar

Pantai Tambakrejo Blitar
Pantai Tambakrejo Blitar

Selain dikunjungi wisatawan, pantai yang memiliki pasir putih ini juga dijadikan sebagai tempat upacara adat oleh warga sekitar pada saat memasuki bulan Oktober.

Selain menampilkan keindahan alamnya, tempat ini juga menyediakan kuliner yang khas dan lezat.

Tidak lupa juga dengan fasilitasnya, seperti tempat sewa tenda, perahu, hingga motor trail untuk mengelilingi pantai.

Tempat Wisata Blitar Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Blitar. kamu bisa asik berwisata di tempat wisata yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari tempat wisata Blitar di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Blitar lainnya:

  • Pantai Pangi
  • Pantai Tambakrejo
  • Perkebunan Teh Sirah Kencong
  • Pantai Serang
  •  Hutan Pinus Loji
  • Kolam Renang Penataran
  • Kebun Kopi Karanganyar

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami sampaikan terkait 10 tempat wisata Blitar yang layak untuk kamu kunjungi.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang hendak bepergian ke Blitar. Selamat membaca dan semoga liburanmu menyenangkan!

Baca Juga: