10+ Tempat Wisata Papua (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata — Papua merupakan salah satu Provinsi yang terletak di pesisir utara Papua, Indonesia, yang memiliki luas wilayah sekitar 81.049,30 km2.

Bicara tentang tentang dearah bagian timur emang juara soal pemandangan alamnya, kamu bisa menikmati segala keindahan alam yang tak ada habis-habisnya untuk dijelajahi.

Tempat wisata Papua bisa kamu jadikan alternatif destinasi liburan seru bareng keluarga, teman, hingga pasangan, cocok banget untuk kamu pecinta alam.

Selain itu, bukan hanya alamnya yang indah, Papua juga menyimpan kearifan budaya lokal yang masih ada di zaman serba modern ini. 

Menjelajahi tempat wisata Papua tentu akan menjadi sebuah pengalaman menarik yang bisa kamu coba.

Nah, untuk kamu yang ingin berlibur ke Papua, kali ini admin bakal merekomendasikan beberapa tempat wisata Papua yang memukau yang bisa kamu kunjungi.

Penjelasan selengkapnya berikut ini.

Tempat Wisata Papua yang Patut Dikunjungi oleh Para Wisatawan

1. Raja Ampat

Raja Ampat
Raja Ampat

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah memiliki impian untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Ya, Raja Ampat sudah terkenal dengan keindahan alamnya yang masih sangat cantik, dan disini kamu juga bisa menikmati pemandangan 4 pulau kecil yang berada di sekelilingnya.

Selain gugusan pulaunya yang indah, Raja Ampat juga memiliki ragam kekayaan biota laut yang bisa kamu nikmati saat menyelam.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan trekking di setiap pulau-pulau yang ada. Tak perlu takut tersesat, karena kamu bisa menggunakan jasa pemandu.

Sebagai informasi untuk kamu,

Waktu terbaik untuk menyelam di sini adalah pada bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan ini cuaca sedang bagus dan air sangat jernih, sehingga jarak pandang saat menyelam sangat ideal.

Yakin gak mau coba liburan ke Raja Ampat?

Maka dari itu, jika kamu ingin berlibur ke Papua, jangan sampai kelewatan ya untuk mengunjungi tempat wisata Papua yang satu ini.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Ada yang membuat taman nasional ini berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya, karena Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah kawasan konservasi yang dijaga langsung oleh pemerintah. Disini, kamu bisa menemukan kekayaan alam bawah laut yang sangat mengagumkan.

Baca Juga:   Curug Jonggol Ciherang: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Tempat wisata Papua ini sangat cocok bagi kamu yang suka diving. Pasalnya, di sini terdapat beragam flora dan fauna bawah laut yang sangat menarik. 

Selain itu, tidak hanya menikmati keindahan alam bawah lautnya saja, di sini kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulaunya, seperti Pulau Mioswaar, Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi.

Dengan begitu, saat kamu berkunjung ke tempat wisata Papua yang satu ini, tentunya libuaran kamu akan merasa lebih seru.

Jangan sampai kelewatan ya!

3.  Taman Nasional Lorentz

 Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorentz

Berkunjung ke tempat wisata Papua yang satu ini membuatmu tidak berhenti mengagumi keindahan alam yang ada di sekitarnya.

Bahkan, saking indahnya pemandangan dan alam yang ada di tempat ini, membuatnya meraih prestasi tersendiri yaitu warisan dunia dari UNESCO.

Selain itu, tempat ini juga sudah menjadi tempat tinggal bagi beberapa flora dan fauna, sehingga kamu bisa membayangkan sendiri betapa menyenangkannya ketika berlibur kemari.

Terdapat juga beberapa keunikan di Taman Nasional Lorentz, yaitu adanya gletser di Puncak Jaya dan sungai yang menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di Lembah Baliem. 

Taman Nasional Lorentz memiliki 34 tipe vegetasi, di antaranya hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan rawa, dan padang rumput. Di wilayah ini juga terdapat persediaan mineral dan pertambangan berskala besar.

Saat kamu berkunjung ke Taman Nasional Lorentz ini, kamu bisa memiliki berbagai keindahan alam yang sangat indah di pandangan.

Jadi, tunggu apa lagi saat ingin liburan, dearah bagian timur ini sangat cocok untuk kamu jadikan pilihan liburan terutama Taman Nasional Lorentz.

4. Danau Habema

Danau Habema
Danau Habema

Masi bingung untuk mencari tempat wisata Papua? jika iya, Danau Habema ini bisa lho, kamu jadikan pilihan untuk menikmati berbagai keindahan alam yang sangat mempesona.

Danau Habema merupakan salah satu danau yang terletak di Kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Danau ini merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia sehingga dapat dikatakan sebagai danau di atas awan.

Selain sering dikenal sebagai Danau Habema, tempat wisata ini juga sering dikenal sebagai Danau Yuginopa. Cukup berbeda dengan danau-danau di Indonesia lainnya.

Oleh karena itu, saat kamu ingin berlibur ke Papua, Danau Habema adalah tempat wisata yang patut untuk kamu kunjungi.

5. Danau Paniai

 Danau Paniai
Danau Paniai

Selanjutnya tempat wisata Papua yang admin rekomendasikan adalah Danau Paniai yang bisa kamu jadikan opsi untuk liburan baik bereng teman ataupun keluarga.

Kamu bisa menikmati pemandangan senja yang indah di tempat ini. Selain itu, keindahan pemandangan di tempat ini juga semakin terlihat cantik dengan adanya latar belakang perahu-perahu nelayan yang baru saja pulang dari menghabiskan waktu di lautan.

Baca Juga:   Curug Leuwi Bumi: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Danau Paniai merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat populer terutama di masyarakat Papua. Pemandangan alam yang ditawarkan di danau tersebut bukan hanya main-main, melainkan cukup berkelas. 

Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh ke negeri orang untuk menikmati danau yang sangat eksotis, karena Danau Paniai adalah tempat wisata yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya.

6. Danau Idenberg

 Danau Idenberg
Danau Idenberg

Meskipun keindahan danaunya sendiri sudah membuat banyak orang merasa kagum, tetapi keindahan tebing-tebing batu berwarna putih yang mengelilingi danau ini akan semakin membuatmu terperangah dengan kecantikannya.

Bahkan, penampakan alam yang masih sangat cantik ini dijamin dapat membuatmu enggan untuk pulang.

Uniknya, air di danau ini kadang penuh, tetapiterkadang juga hilang. Inilah alasan mengapa Danau Idenberg dianggap sebagai danau misterius, karena tidak ada yang tahu ke mana air itu berada ketika hilang.

Pada saat kamu berkunjung ke Danau Idenberg kamu juga akan dimanjakan dengan tebing-tebing yang berselimutkan salju abadi. Tebing-tebing ini berada di sekeliling Danau Idenberg seolah sedang membentengi danau tersebut.

Kebayang dong keindahan yang ditawarkan oleh Danau Idenberg ini?

Oleh karena itu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Papua, Danau Idenberg inii bisa lho kmau jadikan opsi untuk menikmati keindahan alamnya.

7. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik
Pantai Bosnik

Beralih dari danau ke pantai, sekarang kamu bisa berlibur ke Pantai Bosnik yang lokasinya tidak terlalu susah untuk dijangkau.

Untuk masuk ke pantai ini, kamu perlu menyiapkan dana untuk membeli tiket masuk yang seharga Rp. 10.000,00 saja.

Dengan berlibur ke tempat ini, kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang indah, tapi kamu juga bisa menikmati kuliner yang khas.

Dengan begitu, tunggua apa lagi untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Papua, Pantai Bosnik wajib kamu kunjungi selain indah, kamu juga bisa menikmati kuler khas daerah papua.

8. Pantai Amai

Pantai Amai
Pantai Amai

Selanjutnya tempatt wisata Papua yang admin rekomendasikan adalah Pantai Amai yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menikmati keindahan pantai dengan hamparan pasir putih.

Pantai ini sering dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi warga di sekitarnya, karena Pantai Amai memiliki nuansa yang tenang, sehingga semua orang yang menghabiskan waktunya disini, akan merasa nyaman meski hanya duduk diam saja di pasir pantai.

Baca Juga:   Liburan Asik Bersama Keluarga ke 10 Tempat Wisata Samarinda

Selian itu, Pantai Amai ini memiliki daya tarik yang cukup menawan dari pasir putihnya dan juga air laut yang jernih. Dengan kontur pantai yang cukup landai, ombak yang ada di kawasan ini bisa dikatakan sangat bersahabat.

Keunikan dari pantai yang satu ini yaitu terdapat muara sungai. Lokasi pantai ini menjadi tempat perbatasan laut dan juga sungai. Sehingga, kamu bisa menemukan keunikan dari perpaduan air tawar dan air asin.

9. Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek
Desa Wisata Sauwandarek

Dengan berkunjung ke desa wisata ini, kamu bisa menikmati bersantai di rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan jerami.

Tentu pengalaman seperti ini tergolong masih baru bagi sebagian orang. Bahkan, kamu juga bisa menikmati pemandangan telaga yang masih kaya akan alam yang menyegarkan.

Salah satu keindahan yang belum banyak orang tahu adalah Desa Wisata Sauwandarek. Pemandangan dan keindahan alam di desa ini, sangat menarik untuk dijelajahi para petualang.

Pemandangan dan keindahan alam di desa ini, sangat menarik untuk dijelajahi para petualang. Desa ini terletak di pulau Maswar, Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

10. Lembah Belim

Lembah Belim
Lembah Belim

Suhu di sekitar lembah ini mencapai sekitar 15 derajat Celsius di malam hari. Jadi, ketika berlibur ke sini, kamu perlu menyiapkan baju tidur yang tebal, supaya kamu tidak akan merasa kedinginan dan waktu tidurmu tidak akan terganggu.

Perpaduan antara hamparan rumput dan pepohonan yang tumbuh membuat Lembah Belium terlihat seperti hamparan permadani hijau.

Sepanjang mata memandang, hanya ada vegetasi hijau dibalut birunya langit, sangat cocok untuk kamu kunjungi bereng kluarga ataupun pasangan.

Tempat Wisata Papua Lainnya

Demikian 10 tempat wisata Papua yang bisa kamu kunjungi ketika ingin merasakan suasana berlibur atau bersantai di kota Jayapura ini.

Kamu bisa mengunjungi pulau ketika menginginkan suasana damai dan sepi, atau mengunjungi wisata sejarah untuk menambah wawasan sejarah.

Oh iya,

Berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Papua lainnya:

  • Puncak Jaya
  • Taman Nasional Wasur
  • Pantai Base-G
  • Air Terjun Karmon
  • Wafsarak Waterfall
  • Bukit Tungku Wiri (Bukit Teletubbies)

Jadi, apakah kamu tertarik berkunjung ke salah satu tempat dari daftar rekomendasi 10 tempat wisata Papua yang ada di atas? Pilih salah satu tempat yang paling menarik perhatianmu, dan ajak keluargamu untuk berlibur kesana.

Baca Juga: