10+ Tempat Wisata Tanjung Balai Karimun (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata — Tanjung Balai Karimun ini merupakan salah ibu kota Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). Memiliki luas wilayah 7.984 Km2, pada kota ini terdapat ratusan pulau kecil.

Wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Negara Singapura dan Malaysia membuatnya menjadi salah satu daerah yang sangat strategis. Selain letak geografisnya, Karimun juga memiliki potensi alam dan wisata yang sangat indah.

Banyak orang yang tertarik untuk melintas dan singgah sebentar ke wilayah ini karena memiliki panorama wisata alam yang sangat indah.

Ada banyak sekali wisatawan yang datang untuk mengisi waktu libur bersama keluarga, bukan hanya wisatawan domestik, namun banyak juga yang datang dari luar negeri, terutama Singapura karena letak kedua wilayah ini berdekatan.

Nah, Untuk menyempurnakan liburan kamu , ada beberapa rekomendasi tempat wisata Tanjung Balai karimun yang menawan. tempat yang menarik dengan daya tarik utama yakni pesisir pantai nan eksotis serta lengkap dengan pesona bawah laut yang tiada duanya.

Jika kamu penasaran? yuk simak terus artikel kali ini hingga selesai supaya kamu bisa memilih tempat wisata Tanjung Balai Karimun sesuai dengan keinginan kamu.

Berikut ini informasi selengkapnya!

Tempat Wisata Tanjung Balai Karimun

1. Pantai Telunas

Pantai Telunas
Pantai Telunas

Kamu masi bingung untuk mencari tempat wisata Tanjung Balai Karimun? Pantai Telunas mungkin masih belum begitu populer di Indonesia umumnya, dan Provinsi Kepri khususnya. Namun, bagi masyarakat Karimun, Telunas Beach dikenal sebagai resort kelas atas.

Pantai Telunas ini berlokasi pada Desa Mentangun, pantai ini menyuguhkan hamparan laut biru dan pasir putih yang menyejukkan mata. Pantainya panjang, landai, berpasir putih, sementara area tepinya terdapat pepohonan yang rindang serta beberapa bale bengong dan hammock untuk bersantai.

Selain itu, Tempat ini juga cocok untuk kamu yang ingin menyingkir dari sibuknya aktivitas kota dan ingin merasakan ketenangan dan kedamaian di alam.

Pulau ini telah menjadi sebagai surga dunia bagi wisatawan domestik maupun mancanegara karena keindahan yang ada pada pantai ini sangat memukau.

Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat wisata Tanjung Balai Karimun, karena Pantai Telunas adalah pilihan yang paling tepat.

2. Pantai Tanjung Ambat

Pantai Tanjung Ambat
Pantai Tanjung Ambat

Bicara tentang tempat wisata Tanjung Balai Karimun ini memang tidak ada habisnya, Pantai Tanjung Ambat merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk kamu kunjungi.

Pantai yang termasuk masih sangat bersih dan alami ini memang belum banyak dikunjungi. Namun itulah yang memberikan kesan tenang, damai, dan sejuk ketika berada area pantai ini. Tidak hanya menikmati pemandangannya, kamu juga bisa berenang pada permukaan lautnya.

Selain itu, Pasir pantai yang putih dan terdapat sebuah batu di sekitar pantai, ternyata menyimpan kisah dan legenda tersendiri, terkait asal-usul pemberian nama Tanjung Ambat tersebut.

Baca Juga:   Yuk Simak 10 Tempat Wisata Jember dengan Daya Tariknya yang Beragam

Nah, untuk lokasi pantai ini berada pada kampung teluk dalam, sehingga terdapat pada lubuk puding kecamatan buru. adapun lokasi yang memiliki jarak tempuh tak sesulit dalam menggapainya.

Maka dari itu, dengan adanya tempat wisata Tanjung Balai Karimun yang satu ini, kamu lebih lebih mudah untuk menikmati waktu wekeendmu, baik bareng kelaurga ataupun pasangan.

3.  Pantai Batu Limau

 Pantai Batu Limau
Pantai Batu Limau

Selanjutnya tempat wisata Tajung Balai Karimun yang admin rekomendasikan adalah Pantai Batu Limau yang menawarkan keindahan bebatuan alami yang terdapat pada area sekitar pantai.

Pantai Batu Limau berada pada Desa Batu Limau, pantai ini terkenal karena keunikannya yang menyuguhkan pemandangan batu dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Pantai ini sudah termasuk ramai dikunjungi dan menjadi andalan wisata masyarakat sekitar.

Selain itu, Pantai batu limau menjadi pantai yang tepat untuk menikmati keindahan terbitnya matahari di balik bebatuan besar yang berada pada sekitar pantai. 

Nah, untuk rute menuju Pantai Batu Limau ini kamu bisa naik perahu pancung. Untuk harganya juga tidak sampai membuat kantong kamu bolong kok.

Oleh karena itu, pada saat kamu mengunjungi pantai Batu Limau ini, kamu dapat mengabadikan momen-momen saat kamu berkunjungke tempat ini. Kamu dapat berfoto pada bebatuan besar yang terdapat pada sekitar pantai.

4. Pantai Pelawan

Pantai Pelawan
Pantai Pelawan

Populer pada kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara, pantai yang memiliki pemandangan alam luar biasa ini bisa menjadi destinasi wisata pilihan kamu ketika berada pada Tanjung Balai Karimun.

Pantai Pelawan menjadi salah satu tempat wisata Tanjung Bali karimun yang terbilang bagus banyak kamu minati masyarakat Karimun.

Selain memiliki pasir yang putih, Pantai Pelawan juga memiliki pemandangan sunset atau matahari tenggelam terbilang sangat menawan.

Pantai ini tidak hanya menarik wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara, khususnya wisatawan Singapura dan Malaysia.

Ada beberapa fasilitas yang terdapat gunakan pada pantai pelawan ini lumayan lengkap seperti gazebo pada area sepanjang pantai. Tempat yang cocok untuk kamu bersantai dan bisa menikmati indahnya suasana pantai serta banyak warung yang menjual makanan dan minuman untuk kamu beli.

Maka dari itu, tempat wisata Tanjung Balai Karimun ini sangat cocok untuk kamu kunjungi, selain tempatnya bagus fasilitasnya juga lumayan lengkap untuk kamu bersatai sambil menikmati keindahan yang tersuguhkan oleh pantai Palawan ini.

5. Air Terjun Pongkar

Air Terjun Pongkar
Air Terjun Pongkar

Tanjung Balai Karimun tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya, namun Karimun juga memiliki air terjun yang sayang untuk kamu lewatkan jika berwisata ke Karimun.

Destinasi wisata ini terletak pada kaki Gunung Jantan, kamu bisa mengakses air terjun ini hanya dalam beberapa menit saja dan lintasan perjalanan yang cukup mudah. Kamu akan merasakan kesegaran air dari gunung langsung dan kesejukan alam di sekitarnya.

Selain itu, untuk kamu yang menyukai treking, Air Terjun Pongkar juga cocok untuk kamu kunjungi. Berjalan hingga ke puncak air terjun, dapat melihat keindahan hamparan lautan serta dapat melihat Negara Malaysia dari atas puncak.

Baca Juga:   10+ Objek Wisata Pantai Lombok Barat (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Nah, untuk mencapai air terjun ini, harus berjalan kaki sekitar 200 meter dari lokasi parkir. Meski harus berjalan kaki, namun perjalanan tidak akan membosankan, karena kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang hijau dan masih terjaga keasriannya

Dengan begitu, tentu liburan kamu akan lebih seru, bukan?

Oleh karena itu, tempat wisata Tanjung Balai Karimun ini sangat cocok untuk kamu kunjungi, bareng kelaurga ataupun pasangan, untuk menghabiskan waktu wekeenmu.

6. Pantai Gading

Pantai Gading
Pantai Gading

Masi bingung saat libur akhir pekan mau kemana? Pantai Gading ini bisa lho, jadi tujuan kamu untuk menikmati keindahan pantai dengan hamparan pasir yang begitu indah.

Pantai Gading ini berada pada Kecamatan Kundur, kamu bisa menyaksikan tumpukan batu granit yang ada area sepanjang garis pantai ini.

Selain itu, Pantai Gading ini juga memiliki keindahan yang menjadi daya tarik denga nuansa pantai yang masih alami serta jajaran batu granit dengan berbagai ukuran, menambah keasrian pantai gading ini.

Pastinya, Jika kamu berkunjung ke Pantai Gading, kamu dapat menikmati suasana pantai yang alami karena keliling pantai terdapat banyak bebatuan, serta pepohonan yang menjadikan pantai terlihat lebih asri.

Dengan begitu, saat kamu masi bingung untuk mencari tempat wisata Tanjung Balai Karimun, Pantai Gading ini menjadi destinasi yang harus kamu kunjungi.

7.  Gunung Jantan

 Gunung Jantan
Gunung Jantan

Tanjung Balai karimun tidak lepas dari keindahan wisata alamnya. Satu tempat wisata Tanjung Balai Karimun bernuansa alam yang bisa kamu kunjungi yakni Gunung Jantan.

Gunung Jantan ini kerap didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya berada pada Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau 

Nah, Jika kamu berada pada puncak Gunung Jantan, kamu akan menyaksikan keindahan wilayah Tanjung Balai Karimun dari ketinggian. Untuk sampai pada puncak tentu membutuhkan usaha, namun akan terbayar lunas dengan pemandangan dari puncaknya.

Untuk perjalanan menuju Gunung Jantan berjarak lebih kurang 15 kilometer dari pusat Kota Tanjung Balai Karimun. Saat ini memang belum ada kendaraan umum yang lalu lalang pada lokasi wisata alam ini.

Ini yang paling menarik,

Saat kamu ke gunung tersebut juga bisa merasakan segarnya mandi air terjunnya. Biasanya juga lokasi wisata tersebut dibuat ivent lomba heaking. Semakin banyak ivent, semakin banyak yang tertarik untuk datang.

Oleh karena itu, Gunung Jantan ini sangat cocok untuk kamu kujungi, selain bisa menikmati pemandangan yang indah, kamu juga bisa mengikuti ivent lomba heaking.

Tentu liburan kamu akan merasa lebih seru, bukan?

8.  Masjid Agung Karimun

 Masjid Agung Karimun
Masjid Agung Karimun

Didominasi dengan warna biru kehijauan, masjid ini menjadi salah satu ikon Kota Karimun. Memiliki arsitektur yang indah dan megah, masjid ini bisa menjadi salah satu list yang bisa kamu kunjungi ketika berada pada Kota Tanjung Balai Karimun.

Masjid Agung Karimun terletak di Jln. Jenderal Soedirman RT/RW 03/05, Kampung Sidodadi, Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Riau. 

Baca Juga:   Wajib Disimak! Curug Cigamea: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Selain itu, Masjid Agung Karimun ini juga termasuk salah satu tempat wisata Tanjung Balai Karimu, selain bisa menikmati pemandagan masjid yang megah, kamu juga bisa menunaikan ibadah sholat.

Jadi, dengan adanya tempat wisata Tanjung Balai karimun ini, kamu bisa menikmati keindahan masjid yang megah sambil mendekatkan diri kepada yang maha esa.

9.  Makam Si Badang

  Makam Si Badang
Makam Si Badang

Selain masjid, Makam Si Badang ini juga termasuk objek wisata religi pada Kota Karimun yang bisa kamu kunjungi. Makam ini dipercaya milik Hulubalang bernama Badang yang berasal dari Kerajaan Riau Lingga.

Makamnya, yang terletak pada Desa Kandis, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, adalah tempat peristirahatan terakhir Datok Badang.

Si Badang merupakan sosok tokoh masyarakat lokal pada masa Kesultanan Riau-Lingga yang memiliki kekuatan dan kesaktian luar biasa.

Selain itu, Makamnya, berada pada tengah hutan dan memiliki panjang sekitar 427 cm dengan lebar 60,05 cm, sekarang dihormati sebagai tempat di mana permohonan bisa dikabulkan.

Kisah tentang Si Badang tidak hanya menjadi warisan berharga bagi warga setempat, tetapi juga menarik wisatawan dari Singapura dan Malaysia yang datang berziarah.

Si Badang ini adalah sosok yang makamnya dianggap suci oleh masyarakat setempat.

Maka dari itu, tempat wisata Tanjung Balai Karimun yang satu ini, cocok untuk kamu kunjungi, baik bersama keluarga ataupun teman.

10.  Pantai Ketam

Pantai Ketam
Pantai Ketam

Tempat wisata Tanjung Balai Karimun yang terakhir admin rekomendasikan adalah Pantai Ketam yang mempunyai keindahan alam yang unik dan menawan.

Pantai Ketam ini berlokasi di Desa Pongkar, asal nama “ketam” ini karena dahulu daerah pantai ini dijadikan tempat penangkaran ketam oleh penduduk sekitar.

Meskipun pantai ini belum dikelola dengan maksimal, seperti belum tersedianya penginapan di sekitar pantai, namun pemandangan alam di pantai ini tidak kalah indah dengan pantai lainnya.

Selain itu, keindahan dari kondisi alam ini yang membuat Karimun memiliki segudang destinasi wisata yang menarik perhatian pengunjung baik masyarakat lokal ataupun mancanegara.

Dengan begitu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Tanjung Balai Karimun, Pantai Ketam adalah pilihan yang paling tepat.

Tempat Wisata Tanjung Balai Karimun Lainnya

Bagaimana? Tempat wisata Tanjung Balai Karimun yang telah admin ulas? Atau mungkin kamu masi bingung mau pilih yang mana.

Berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Tanjung Balai Karimun lainnya:

  • Coastal Area Tanjung Balai
  • Pantai Lubuk
  • Kolam Renang Tamara
  • Pantai Timun
  • Wisata Buket Patong
  • Pantai Pasir Putih Tulang
  • Pantai Berangan

Itulah, informasi mengenai 10 tempat wisata Tanjung Balai Karimun yang ada di Kepulauan Riau, kini kamu sudah memiliki referensi objek wisata yang indah, unik, dan menarik yang bisa kamu kunjungi jika ingin menghabiskan waktu liburan di Kabupaten Karimun ini.

Baca Juga: