10+ Tempat Wisata Purwakarta (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — Purwakarta merupakan salah satu kecamatan sekaligus menjadi ibu kota kabupaten di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Purwakarta sebagai kota di Jawa Barat yang terkenal dengan Sate Maranggi sebenarnya menyimpan banyak wisata menarik yang bisa dikunjungi. 

Terletak tidak jauh dari Kota Bandung, Purwakarta kerap menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin berlibur jauh dari hiruk pikuk kota.

Tempat Wisata Purwakarta memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan destinasi wisata baru di kota tersebut.

Nah, untuk kamu yang sedang membutuhkan referensi tempat wisata Purwakarta, simak terus artikel kali ini hingga selesa ya.

Berikut ini admin bakal rekomendasikan beberapa tempat wisata Purwakarta yang bisa kamu jadikan tujuan untuk menikmati liburan akhir pekan nantinya.

Penjelasan selangkapnya berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Purwakarta yang Lagi Hits!

1. Curug Tilu

Curug Tilu Purwakarta
Curug Tilu Purwakarta

Tempat wisata Purwakarta pertama yang admin rekomendasikan buat kamu adalah Curug Tilu yang terletak di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari. Adapun karena lokasinya cukup jauh dari perkotaan.

Wisata Curug Tilu ini juga menyuguhkan pesona keindahan alam yang sangat luar biasa. Pepohonan asri dan rindang di kawasan wisata ini pastinya bakal bikin kamu betah berlama-lama

Hanya dengan membayar sebesar Rp 5.000 saja, kamu bisa menikmati paket wisata yang lengkap, seperti berfoto, berenang, hingga eksplorasi alam.

Selain itu, karena lokasinya jauh dari kebisingan, pemandangan curug yang indah yang disertai suara gemericik air pastinya bakal bikin kamu tambah nyaman berwisata ditempat ini.

Dengan begitu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Purwakarta, Curug Tilu ini bisa menajdi opsi untuk kamu kunjungi.

2. Gunung Lembu

Gunung Lembu Purwakarta
Gunung Lembu Purwakarta

Selanjutnya objek wisata Gunung dengan tinggi 792 mdpl ini menyuguhkan panorama alam yang sangat memukau. Untuk sampai ke puncaknya, kamu harus melalui jalur pendakian yang cukup menantang.

Namun, itu semua akan terbayar dengan indahnya pemandangan Tebing Parang dan Waduk Jatiluhur yang akan memanjakan matamu.

Lokasi Gunung Lembu terletak di Dukuh Manunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:   Usir Penat, 10 Tempat Wisata Probolinggo Ini Wajib Banget Kamu Datangi!

Nah, untuk kamu yang ingin menikmati Gunung Lembu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan tarif parkir sebesar Rp 5.000.

Selain itu, Gunung Lembu buka selama 24 jam setiap hari mulai dari hari Senin hingga Minggu.

3. Desa Wisata Tajur

Desa Wisata Tajur Purwakarta
Desa Wisata Tajur Purwakarta

Apabila bosan dengan hiruk pikuk perkotaan, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi desa wisata yang satu ini.

Dari desa ini kamu dapat menyaksikan betapa istimewanya kekayaan alam dari kabupaten Purwakarta dan sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Akan lebih terkesan lagi, jika kamu mencoba untuk berinteraksi dengan para penduduk setempat, karena mereka sangat ramah.

Nah, Untuk satu malam penginapan di rumah panggung, warga memasang tarif mulai dari Rp 300 Ribu hingga Rp 500 ribu per rumah, satu rumah dapat diisi oleh 8 orang. Harga itu belum termasuk biaya makan.

Jika kamu yang berkeinginan datang ke lokasi ini sangat mudah, dari arah Bandung maupun Jakarta dapat keluar di Gerbang Tol Jatiluhur di Ruas Jalan Tol Cipularang dan mengambil arah ke Wilayah Wanayasa.

4. Mata Air Cijanun

Mata Air Cijanun Purwakarta
Mata Air Cijanun Purwakarta

Destinasi wisata ini merupakan mata air terbesar dari Kota Purwakarta, dengan ukuran kolam 10×6 meter dan kedalaman yang mencapai 3 meter. Hanya dengan Rp 10.000 saja kamu bisa menikmati keindahan alamnya.

Destinasi ini orang-orang juga mengenalnya dengan sebutan “Stone Garden”, sebab pada area sekitarnya terdapat bebatuan yang cukup besar.

Dengan banyak warung makan di pinggir kolam, setelah selesai berenang, kamu bisa mengisi perut dengan menyantap sajian kuliner tradisional seperti karedok, lotek, nasi liwet, dan aneka sajian lainnya.

Jika hendak berkunjung ke tempat ini ada baiknya kamu datang pada pagi hari atau siang hari, jangan terlalu sore, karena bila arah pulang kamu adalah arah kota, jalanan yang akan kamu lewati amat sepi dan kurang penerangan jalan.

Nah, untuk rutenya kamu bisa mulai dari Situ Wanayasa lurus ke arah Bojong hingga melewati Pasar Bojong, Kantor Kecamatan Bojong dan Polsek Bojong.

5. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur Purwakarta
Waduk Jatiluhur Purwakarta

Setelah berjalan-jalan ke ke Mata Air Cijanun, selanjutnya kamu dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Wisata Waduk buatan yang sangat terkenal ini memiliki luas 8.300 hektare dan juga menjadi PLTA dan kebutuhan air untuk warga setempat.

Baca Juga:   Inilah 10 Tempat Wisata Toraja Paling Hits yang Harus Kamu Ketahui

Kombinasi dari birunya langit dan hijaunya pepohonan rimbun membuat pemandangannya sangat eksotis dan romantis.

Bahkan kamu bisa mengelilingi waduk dengan menaiki speedboat maupun perahu tradisional masyarakat setempat.

6. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan Purwakarta
Giri Tirta Kahuripan Purwakarta

Daya tarik dari tempat ini yaitu kolam renang yang berada di atas bukit dengan ketinggian 500 mdpl. Dari ketinggian ini kamu dapat menikmati indahnya pemandangan alam Kota Purwakarta yang mempesona.

Kamu juga bisa menikmati fasilitas lainnya, seperti ATV, lapangan futsal, flying fox, serta sepeda air.

Selain itu, harga tiket masuk wahana di Giri Tirta Kahuripan dipatok mulai Rp 20.000 per orang untuk wahana permainan air, kemudian, agrowisata Rp 25.000 dan Rp 60.000 untuk tiket kolam renang skypool.

Giri Tirta Kahuripan sendiri terletak di Jalan Raya Wanayasa, Desa Taringgul Tonggoh, RW 13/RT 04, Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. Dengan lokasi tersebut, kamu dapat seolah-olah berada di atas awan.

7. Desa Sejuta Batu

Desa Sejuta Batu Purwakarta
Desa Sejuta Batu Purwakarta

Sama seperti namanya, tempat ini menyuguhkan berbagai jenis bebatuan alam dari ukuran kecil hingga besar. Tidak hanya itu, tempat wisata yang satu ini juga mempunyai berbagai wahana esktrim, seperti flying fox, panjat tebing, hingga off road.

Bagi yang tidak menyukai tantangan, kamu juga bisa mencoba berkemah dan memancing di sini.

Lokasi Desa Sajuta Batu terletak di kawasan Desa Pasanggrahan. Adapun alamat Desa Sajuta Batu berada di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, untuk harga tiket masuk ke wisata yang satu ini tidak dipungut biaya alis gratis, jadwal bukanya dalam kondisi normal, Desa Sajuta Batu buka selama 24 jam.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata Purwakarta, karena Desa Sejuta Batu menajdi pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi.

8. Tebing Boyer, Tempat Wisata Purwakarta

Tebing Boyer Purwakarta
Tebing Boyer Purwakarta

Destinasi alam ini mempunyai luas mencapai 4 hektar dengan tinggi tebing mencapai 100 meter. Untuk sampai ke puncak, kamu harus trekking dulu sepanjang I,5 km.

Dari atas tebing, terpampang pemandangan dari Waduk Jatiluhur beserta berbagai keramba jaring apung yang ada di waduk.

Lokasi wisata Tebing Boyer berada di alamat Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Tebing Boyer saat ini masih gratis, karena belum dikelola secara maksimal. Jadi Tebing Boyer ini merupakan tempat wisata Purwakarta yang gratis.

Baca Juga:   Curug Sawer: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

9. Tempat Wisata Purwakarta, Parang Gombong

Parang Gombong Purwakarta
Parang Gombong Purwakarta

Satu lagi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Parang Gombong. Wisata ini merupakan tempat favorit para pengunjung yang ingin berkemah untuk refreshing atau menenangkan pikiran.

Area wisata akan terasa agak panas pada siang hari dan sejuk pada malam hari. Panoram alam tersebut juga dapat menjadi spot selfie yang instagramable.

Hanya membutuhkan waktu lebih kurang 1 jam dari pusat kota untuk sampai ke camping ground.

Selain itu, kamu tidak akan dikenakan tiket masuk untuk menikmati Parung Gombong Purwakarta alias gratis. Namun, tarif parkir sekitar Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

Nah, untuk fasilitas wisata Parung Gombong Purwakarta cukup lengkap, seperti mushola, toilet, dan warung makan.

10. Sungai Cidomas, Tempat Wisata Purwakarta

Sungai Cidomas Purwakarta
Sungai Cidomas Purwakarta

Jangan lupa, Purwakara termasuk kabupaten yang kaya akan wisata alam. Salah satunya adalah Sungai Cidomas.

Sungai yang terletak di kaki Gunung Burangrang ini mempunyai warna air hijau kebiruan yang jernih dan alami.

Sungai ini mempunyai kedalaman 10 cm – 2 meter dan di pinggirannya terdapat banyak batuan besar dan mata air yang dapat mengalirkan air sungainya.

Rimbunnya pepohonan hijau, Suara air gemericik, hingga udara sejuknya pastinya dapat memikat hati dan menenangkan pikiran.

Tempat Wisata Purwakarta Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Jawa Bart , jangan lupa untuk mampir ke Purwakarta. kamu bisa asik berwisata di tempat wisata yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari tempat wisata Purwakarta di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Purwakarta lainnya:

  • Hidden Valley Hills
  • Urban Farming Purwakarta
  • Curug Cipurut Purwakarta
  • Hotel Gantung di Skylodge Padjadjaran Anyar
  • Cikao Park Purwakarta
  • Gunung Lembu
  • Waduk Jatiluhur
  • Jatiluhur Water World 

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami sampaikan buat kamu mengenai 10 tempat wisata Purwakarta yang lagi hits.

Dengan mengunjunginya, pastinya kamu akan memperoleh pengalaman yang tidak terlupakan. Dijamin kamu akan ketagihan untuk mengunjunginya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Baca Juga: