10+ Tempat Wisata Garut (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.co.id, Tempat Wisata — akhir ini nampaknya tempat Wisata Garut sudah mulai mendapatkan perhatian dari kalangan traveler yang doyang menjajaki setiap sudut kota untuk menikmati ragam keunikan yang sangat menarik.

Garut termasuk daerah Jawa barat dengan banyak tempat wisata menarik nan hits yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga atau teman. Kota Garut juga menawarkan udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Destinasi wisata Garut dan sekitarnya saat ini sedang hits dan tak kalah populer dari tempat wisata daerah lainnya.

Beberapa tempat wisata yang wajib untuk kamu sambangi saat berkunjung ke Garut, antara lain sebagai berikut:

Rekomendasi Tempat Wisata Garut Favorit Keluarga

1. Situ Bagendit

Situ Bagendit
Situ Bagendit

Objek wisata Situ Bagendit merupakan danau yang cukup terkenal dari daerah Garut. Sudah lama Situ Bagendit menjadi tempat wisata favorit sebab menyajikan pemandangan alam yang indah, udara sejuk, dan lingkungan yang bersih.

Tempat ini sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga karena berbagai kegiatan bisa kamu lakukan, termasuk piknik pada area pinggir danau.

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di Situ Bagendit, seperti berlayar ke tengah situ menggunakan rakit bambu, main sepeda air, kano, memancing, dan berbagai aktivitas lainnya.

Selain itu, setiap tahun, Pemerintah Kabupaten Garut menggelar Festival Bagendit yang diisi dengan kesenian daerah dan berbagai lomba wisata air.

Maka dari itu, jika kamu sedang mencari tempat wisata Garut, Situ Bagendit ini bisa lho, kamu jadikan tujuan barenag keluarga ataupun pasangan.

2. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas
Pemandian Air Panas Cipanas

Tempt wisata Gaurt ini terletak sekitar 6 km dari Kota Garut, pemandian air panas Cipanas bisa menjadi tempat wisata bersama keluarga yang pas.

Di tempat ini, kamu ataupun wisatawan lainnya bisa beristirahat dengan nyaman sambil berendam dalam air hangat.

Tak hanya itu, ternyata air panas alami di pemandian ini mengandung banyak mineral yang memiliki khasiat bagi kesehatan, lho!

Oleh karena itu, untuk kamu yang berminat mengunjungi tempat wisata Garut yang satu ini, lokasinya terletak Jl. Raya Cipanas No.16, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 

Baca Juga:   Keunikan Curug Naga: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

3. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

Bagi kamu yang suka mendaki atau ingin merasakan liburan berbeda, wajib untuk datang ke Gunung Papandayan. Daya tarik utama dari gunung ini adalah air panas alaminya yang memiliki kemampuan menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Seperti yang sudah kita tahu, wirehing, bahwasanya Gunung Papandayan adalah merupakan salah satu Gunung berapi teraktif yang ada daerah Jawa Barat, khususnya berada pada kabupaten Garut.

Letak Gunung Papandayan berada sekitar 30km sebelah Selatan dari pusat kota Garut, dan dapat ditempuh kurang lebih 90 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi kamu yang suka menikmati suasana malam di pegunungan, Gunung Papandayan juga memiliki lokasi yang berada di ketinggian 2400Mdpl yaitu camping ground Pondok Saladah.

Selain wisata alamnya, Gunung Papandayan dilengkapi juga dengan pasilitas buatan, seperti menara pandang yang dipergunakan untuk para wisatawan yang tidak kuat untuk mendaki gunung, bisa melihat keindahan kawasan tersebut dari atas menara pandang

4. Curug Orok

Curug Orok Garut
Curug Orok Garut

Selanjutnya tempat wisata Garut yang satu ini berlokasi pada kawasan Desa Cikandang, Curug Orok merupakan air terjun paling terkenal daerah Garut.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk yang dapat menenangkan pikiran.

Curug Orok Cikajang Garut ini merupakan wisata yang cukup populer untuk dikunjungi selain Kawah Papandayan dan Kawah Kamojang.

Selain itu, saat ini kondisi beberapa fasilitas yang ada di Curug Orok sudah kurang terawat, namun keindahan alamnya tetap mempesona.

Curug Orok memiliki tiga aliran air terjun, dengan ketinggian yang beragam. Satu air terjun memiliki tinggi skeitar 45 meter, sedangkan yang lainnya merupakan air terjun mini yang mengeluarkan air dari balik bebatuan.

5. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig
Leuwi Jurig

Masi bingung untuk mencari tempat wisata Garut? Jika iya, Leuwi Jurig ini bisa lho, kamu jadikan pilihan untuk berlibur menikmatai wakti wekeend.

Leuwi Jurig merupakan nama yang diberikan oleh warga sekitar dalam bahasa Sunda. Kata ‘Leuwi’ sendiri memiliki makna sungai atau cekungan yang cukup dalam.

Banyak wisatawan yang penasaran dengan sungai yang memiliki panjang kurang lebih 500 meter ini.

Leuwi Jurig bagaikan surga dunia yang tersembunyi di balik tebing karang yang tinggi. Warna airnya terlihat lebih hijau dan tenang karena kedalaman Leuwi Jurig memang lebih dari 10 meter.

Jadi, tunggu apa lagi saat sedang mencari tempat wisata Garut, Leuwi Jurig ini bisa lho,kamu jadikan tujuan untuk menikmati keindahan yang masi asri.

Baca Juga:   10+ Tempat Wisata Gresik (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

6. Talaga Bodas

Talaga Bodas Garut
Talaga Bodas Garut

Selanjutnya Talaga Bodas merupakan salah satu wisata populer, yakni kawah gunung yang membentuk sebuah danau bersulfur jenuh berwarna putih.

Wisata populer yang satu ini menjadi favorit wisatawan sebab memiliki berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan. Seperti kegiatan hiking, tracking, camping, fotografi, hingga pemandian air panas.

Fakta unik lainnya adalah, bahwa puncak gunung setinggi 2.201 mdpl ini membatasi Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

Selain itu, Jika kamu ingin menginap, tempat ini menyediakan camp area. Tempat wisata ini mengizinkan wisatawan yang ingin berkemah untuk membawa kendaraan sampai ke lokasi telaga.

7. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha Garut
Pantai Puncak Guha Garut

Kesejukan udara khas laut bisa kamu rasakan dari Pantai Puncak Guha, Garut. Tempat wisata ini menawarkan keindahan panorama pantai yang sangat mengagumkan dari atas tebing.

Tak hanya pemandangan pantai yang indah, kamu juga bisa melihat ratusan kelelawar yang hidup pada bagian bawah tebing, lho!

Lokasi ini kerap dijadikan tempat camping terutama oleh mereka yang menggemari aktivitas outdoor dan yang suka berburu keindahan alam.

Selain itu, salah satu yang menjadi daya tarik tempat ini yaitu pemandangan sunset dan sunrisenya yang mempesona dan bisa membuat siapa saja berdecak kagum.

Oleh karena itu, untuk wisata Puncak Guha berlokasi di Kampung Sinarjaya Bungbulang, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

8. Darajat Pass

Darajat Pass
Darajat Pass

Nah, tempat wisata berikutnya adalah Darajat Pass, termasuk salah satu tempat rekreasi taman air panas yang masih menjadi favorit untuk keluarga.

Ya, tempat satu ini menyediakan berbagai wahana menarik, mulai dari permainan ember tumpah, waterboom, pemandian air panas, wisata berkuda, flying fox terpanjang di Garut, hingga outbound.

Darajat Pass Garut ini sangat cocok untuk berlibur keluarga, pasangan, anak sekolah atau pun family gathering perusahaan kamu, so tunggu apalagi segera reservasi kunjungi Wisata Alam Darajat Pass Garut.

Selain itu, untuk daya tarik wisata utama di Darajat Pass Garut ini adalah mata air panas bersumber dari kawah kamojang dan bisa digunakan untuk semua orang. 

Oleh karena itu, dengan adanya tempat wisata Garut yang satu ini kamu tidak perlu bingung untuk menikmati wekeend mu karena Darajat Pass bisa jadi pilihan yang tepat.

9. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang

Selanjutnya jika kamu ingin melihat peninggalan zaman kerajaan Sunda pertama, maka Candi Cangkuang adalah pilihannya.

Baca Juga:   Mengetahui 10 Tempat Wisata Lombok Utara yang Wajib Kamu Kunjungi

Candi ini merupakan sebuah cagar budaya yang masih terpelihara hingga saat ini.

Di sini kamu juga bisa menemukan pohon Cangkuang atau Pandanus Furcatus di sekitar makam Embah Dalem Arif Muhammad.

Menarik bukan? Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatanmu untuk berlibur ke tempat ini ya.

10. Pantai Santolo

Pantai Santolo Garut
Pantai Santolo Garut

Selain Pantai Puncak Guha, Pantai Santolo juga merupakan salah satu tempat wisata andalan dari daerah Garut.

Bagaimana tidak, objek wisata yang berjarak sekitar 88 km ke arah selatan Kota Garut ini tergolong masih hening.

Sehingga cocok untuk berelaksasi sambil menikmati indahnya panorama pantai.

Cara Agar dapat Liburan Hemat dan Menyenangkan

Liburan yang hemat dan menyenangkan bisa kamu dapatkan jika kamu menerapkan beberapa hal sebelum bepergian.

Hal utama yang harus kamu ingat saat liburan adalah melakukan survey lokasi, pesan tiket dari jauh hari, dan cermat dalam menggunakan keuangan.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga wajib untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

Tak hanya itu, menjaga kesehatan sangat penting kamu lakukan terutama jika kamu bepergian cukup jauh.

Temat Wisata Garut Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Jawa Barat, jangan lupa untuk mampir ke Kabupaten Garut. kamu bisa asik berwisata di tempat wisata Garut yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata Garut di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Garut lainnya:

  • Kawah Papandayan
  • Sabda Alam Water Park
  • Leuwi Tonjong Cihurip
  • Pantai Karang Papak
  • Curug Batu Nyusun
  • Pantai Cijeruk Indah
  • Kamojang Ecopark
  • Tegal Panjang Garut

Itulah beberapa tempat wisata Garut. Semoga informasi yang admin sampaikan bisa bermanfaat dan bisa jadi referensi liburanmu nanti ya!

Akhir Kata

Nah, demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami bagikan buat kamu mengenai 10 tempat wisata Garut dan tips liburan yang hemat dan menyenangkan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mengutamakan kenyamanan daripada kemewahan saat liburan bersama orang-orang tercinta, ya!

Selamat membaca dan semoga liburanmu menyenangkan…!

Baca Juga: